Prinsip Dasar kepramukaan Dan Metode kepramukaan

Prinsip Dasar Kepramukaan serta Metode Kepramukaan
Pendidikan kepramukaan adalah proses pendidikan yang praktis, pada luar lingkungan sekolah dan pada luar lingkungan famili yang dilakukan pada alam terbuka dalam bentuk aktivitas yang menarik,menantang, menyenangkan, sehat, teratur serta terarah dengan menerapkan Prinsip Dasar kepramukaan serta Metode Kepramukaan, yang target akhirnya adalah terbentuknya tabiat kepribadian serta akhlak mulia.
Gerakan Pramuka mendidik kaum muda Indonesia dengan Prinsip Dasar Kepramukaan serta Metode Kepramukaan yang pelaksanaannya diserasikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan bangsa dan masyarakat Indonesia agar menjadi manusia Indonesia yang lebih baik, dan anggota masyarakat Indonesia yang berguna bagi pembangunan bangsa dan negara.

Prinsip Dasar Kepramukaan
(1)Prinsip Dasar Kepramukaan merupakan:
a.Iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
b.Peduli terhadap bangsa serta tanah air, sesama hayati serta alam seisinya.
c.Peduli terhadap diri eksklusif.
d.Taat pada Kode Kehormatan Pramuka.
(2)Prinsip dasar kepramukaan menjadi kebiasaan hayati menjadi anggota Gerakan Pramuka, ditanamkan serta ditumbuhkembangkan kepada setiap peserta didik melalui proses penghayatan sang serta buat diri pribadi dengan donasi para Pembina, sehingga pelaksanaan serta pengalamannya bisa dilakukan dengan inisiatif sendiri, penuh pencerahan, kemandirian, kepedulian, tanggungjawab serta keterikatan moral, baik sebagai eksklusif maupun sebagai anggota masyarakat.
(tiga)Pada hakekatnya anggota Gerakan Pramuka harus menerima Prisip Dasar Kepramukaan, pada arti:
a.Menaati perintah Tuhan Yang Maha Esa serta menjauhi laranganNya dan beribadah sesuai rapikan cara dari agama yg dipeluknya.
b.Memiliki kewajiban buat menjaga dan melestarikan lingkungan sosial, memperkokoh persatuan, dan menerima kebinekaan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.
c.Memerlukan lingkungan hidup yang bersih dan sehat agar dapat menunjang serta memberikan kenyamanan dan kesejahteraan hidup serta karena itu setiap anggota Gerakan Pramuka wajib peduli terhadap lingkungan hidup dengan cara menjaga, memelihara serta membangun kondisi yang lebih baik.
d.Mengakui bahwa insan nir hayati sendiri, melainkan hayati beserta berdasarkan prinsip peri-humanisme yg adil dan beradab menggunakan makhluk lain ciptaan Tuhan, khususnya menggunakan sesama insan.
e.Memahami prinsip diri langsung buat dikembangkan dengan cerdas guna kepentingan masa depan bermasyarakat, berbangsa serta bernegara.

Metode Kepramukaan
Adalah suatucara menaruh pendidikan watak kepada siswa melalui kegiatan kepramukaan. Pendidikan kepramukaan adalah proses belajar mandiri yang progresif bagi kaum muda buat mengembangkan diri pribadi seutuhnya, mencakup aspek mental, moral, spiritual, emosional, sosial, intelektual serta fisik, baik bagi individu juga sebagai anggota warga maka diperlukan suatu Metoda /ketentuan khusus yg kita sebut Metoda Kepramukaan.
Metode Kepramukaan dalam hakekatnya tidak dapat dilepaskan dari Prinsip Dasar Kepramukaan yg keterkaitanya keduanya terletak pada pelaksanaan Kode Kehormatan Pramuka. PDK (Prinsip Dasar Kepramukaan) serta MK (Metode Kepramukaan ) harus dilaksanakan secara terpadu, keduanya harus berjalan seimbang dan saling melengkapi. Setiap unsur pada Metode Kepramukaan merupakan subsistem tersendiri yang mempunyai fungsi pendidikan khusus, yg secara beserta-sama dan holistik saling memperkuat serta menunjang tercapainya tujuan pendidikan kepramukaan.
Metode kepramukaan adalah keliru cara belajar interaktif progresif melalui:
a.Pengamalan Kode Kehormatan Pramuka.
b.Belajar sambil melakukan.
c.Sistem beregu.
d.Kegiatan yg menantang dan menarik dan mengandung pendidikan yang sinkron dengan perkembangan rohani dan jasmani anggota belia.
e.Kegiatan pada alam terbuka.
f.Kemitraan dengan anggota dewasa dalam setiap aktivitas.
g.Sistem indikasi kecakapan.
h.Sistem satuan terpisah untuk putra serta untuk putri.
i.Kiasan dasar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel