prinsip dasar kepramukaan

Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan
Pendidikan kepramukaan merupakan proses pendidikan yg praktis, pada luar lingkungan sekolah serta di luar lingkungan famili yang dilakukan di alam terbuka pada bentuk aktivitas yang menarik,menantang, menyenangkan, sehat, teratur dan terarah dengan menerapkan Prinsip Dasar kepramukaan serta Metode Kepramukaan, yang sasaran akhirnya adalah terbentuknya watak kepribadian serta akhlak mulia.
Gerakan Pramuka mendidik kaum muda Indonesia dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan yang pelaksanaannya diserasikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan bangsa dan masyarakat Indonesia agar menjadi manusia Indonesia yang lebih baik, dan anggota masyarakat Indonesia yang berguna bagi pembangunan bangsa dan negara.

Prinsip Dasar Kepramukaan
(1)Prinsip Dasar Kepramukaan merupakan:
a.Iman serta takwa pada Tuhan Yang Maha Esa.
b.Peduli terhadap bangsa serta tanah air, sesama hidup serta alam seisinya.
c.Peduli terhadap diri eksklusif.
d.Taat pada Kode Kehormatan Pramuka.
(dua)Prinsip dasar kepramukaan menjadi norma hidup sebagai anggota Gerakan Pramuka, ditanamkan serta ditumbuhkembangkan kepada setiap peserta didik melalui proses penghayatan oleh serta buat diri eksklusif menggunakan donasi para Pembina, sebagai akibatnya pelaksanaan serta pengalamannya bisa dilakukan dengan inisiatif sendiri, penuh pencerahan, kemandirian, kepedulian, tanggungjawab dan keterikatan moral, baik sebagai eksklusif juga sebagai anggota warga .
(3)Pada hakekatnya anggota Gerakan Pramuka wajib menerima Prisip Dasar Kepramukaan, pada arti:
a.Menaati perintah Tuhan Yang Maha Esa dan menjauhi laranganNya serta beribadah sinkron rapikan cara menurut agama yang dipeluknya.
b.Memiliki kewajiban buat menjaga dan melestarikan lingkungan sosial, memperkokoh persatuan, serta mendapat kebinekaan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.
c.Memerlukan lingkungan hidup yang higienis dan sehat supaya bisa menunjang dan menaruh kenyamanan serta kesejahteraan hidup dan karena itu setiap anggota Gerakan Pramuka harus peduli terhadap lingkungan hidup menggunakan cara menjaga, memelihara serta menciptakan kondisi yang lebih baik.
d.Mengakui bahwa manusia nir hayati sendiri, melainkan hidup bersama dari prinsip peri-kemanusiaan yg adil serta beradab menggunakan makhluk lain ciptaan Tuhan, khususnya menggunakan sesama insan.
e.Memahami prinsip diri langsung untuk dikembangkan dengan cerdas guna kepentingan masa depan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Metode Kepramukaan
Adalah suatucara menaruh pendidikan watak kepada siswa melalui kegiatan kepramukaan. Pendidikan kepramukaan adalah proses belajar berdikari yang progresif bagi kaum belia buat mengembangkan diri eksklusif seutuhnya, mencakup aspek mental, moral, spiritual, emosional, sosial, intelektual serta fisik, baik bagi individu juga sebagai anggota masyarakat maka diharapkan suatu Metoda /ketentuan khusus yg kita sebut Metoda Kepramukaan.
Metode Kepramukaan dalam hakekatnya tidak dapat dilepaskan dari Prinsip Dasar Kepramukaan yang keterkaitanya keduanya terletak dalam pelaksanaan Kode Kehormatan Pramuka. PDK (Prinsip Dasar Kepramukaan) serta MK (Metode Kepramukaan ) wajib dilaksanakan secara terpadu, keduanya harus berjalan seimbang serta saling melengkapi. Setiap unsur dalam Metode Kepramukaan adalah subsistem tersendiri yg memiliki fungsi pendidikan spesifik, yg secara bersama-sama dan keseluruhan saling memperkuat serta menunjang tercapainya tujuan pendidikan kepramukaan.
Metode kepramukaan adalah galat cara belajar interaktif progresif melalui:
a.Pengamalan Kode Kehormatan Pramuka.
b.Belajar sambil melakukan.
c.Sistem beregu.
d.Kegiatan yg menantang dan menarik dan mengandung pendidikan yang sinkron menggunakan perkembangan rohani dan jasmani anggota belia.
e.Kegiatan pada alam terbuka.
f.Kemitraan menggunakan anggota dewasa dalam setiap kegiatan.
g.Sistem tanda kecakapan.
h.Sistem satuan terpisah buat putra dan buat putri.
i.Kiasan dasar.

Kesimpulan :
a.pdk dan MK merupakan ciri khas yang membedakan kepramukaan berdasarkan pendidikan lain.
b.pdk serta MK merupaka 2 unsur proses pendidikan terpadu yang harus diterapkan dalam setiap kegiatan.
c.pdk serta MK dilaksanakan sesuai menggunakan kepentingan, kebutuhan situasi serta syarat masyarakat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel