SOAL OGN 2019 SMP BAHASA INDONESIA MENULIS PEDAGOGIK


BAHAN PERSIAPAN OGN 2017 SMP

MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

KOMPETENSI PEDAGOGIK MENULIS

1. Berdasarkan KD "Menulis naskah dramaberdasarkan cerpen yg telah dibaca" rancangan pembelajaran PAKEM yangtepat merupakan....

A.Gurumeminta anak didik buat membaca cerpen yg mereka sukai lalu menuliskannyamenjadi naskah drama sebagai tugas rumah.

B.Guru meminta siswa membaca sebuah novelsecara berkelompok, kemudian mengubahnya menjadi naskah drama danmementaskannya.

C.Guru membacakan sebuah cerpen yangdisukai sang murid kemudian anak didik diminta buat menuliskan balik pada bentuknaskah drama.

D.Guru meminta murid berdiskusi diperpustakaan mengenai cerpen dan mengidentifikasi tokoh cerpen untuk dibuatnaskah dramanya kemudian dipentaskan.

2. Dalam pembelajaran menulis menggunakan KD"Mendeskripsikan konduite insan melalui dialog

naskahdrama". Pengajar membentuk siswa dalam sebuah gerombolan . Kemudian, siswadiminta mendiskusikan konduite manusia pada drama tersebut. Setelah itu,setiap kelompok mempresentasikan output diskusi.

Berdasarkan rancangan pembelajaran tadi berikutini media yang sempurna adalah....

A.Videopementasan drama.

B.Pementasan drama.

C.Simulasi drama.

D.Naskah drama.



3. Perhatikan tabel berikut.

KD
Indikator
Teknik penilaian
Soal
Menulis naskah – drama menurut insiden nyata
Mampu menulis perseteruan dalam naskah drama dari gambar peristiwa
1. Tes tertulis
1. Tulislah sebuah obrolan drama yg menggambarkan perseteruan menurut gambar.
2. Penugasan
2.Buatlah sebuah naskah drama menurut insiden nyata!
3.unjuk kerja
3. Buatlah sebuah dialog drama yang mendeskripsikan permasalahan dari gambar.



Berdasarkan tabel di atas hal yang kurang tepatadalah....

A.Soaluntuk penugasan tidak sinkron dengan indikator.

B.Teknik tes unjuk kerja tidak tepatsesuai dengan indikator.

C.Indikator nir dapat mengukurkompetensi dasar.

D.Soal angka tiga kurang sesuai denganindikator.

4. Berdasarkan KD "Menulis output observasidalam bentuk paragraf naratif. Berikut ini materi pembelajaran yang tepatuntuk KD tersebut adalah....

A.Paragraf pelukisan dan laporan.

B.Paragrafdeskriptif serta observasi.

C.Jenis-jenis paragraf serta laporan.

D.Jenis-jenis paragraf dan observasi.

5. Berdasarkan KD "Menulis surat langsung denganmemperhatikan komposisi, isi, serta bahasa" ini dia merupakan kriteriapenilaian yg tepat....

A.Kualitas isi, organisasi danpenyajian isi, gaya bahasa, prosedur tulisan.

B.Komposisi surat, pilihan bentuk surat,organisasi isi, bentuk goresan pena, tata bahasa.

C.Ruang lingkup isi, gaya bahasa,prosedur penulisan surat, tata bahasa.

D.Bentuk surat, organisasi dan penyajianisi, pilihan kata, dan tata

6. Berdasarkan KD "Menulis notulen kedap sesuaidengan pola penulisannya" ini dia merupakan rancangan pelaksanaanpembelajaran dengan tepat.

A.Guru memutarkan sebuah rekaman kedap.pengajar meminta anak didik mendiskusikan hal-hal yang dibahas dalam kedap tersebut.kemudian, guru meminta siswa mendiskusikan hal-hal yang dilakukan dalam sebuahrapat. Setelah itu, pengajar memberi penerangan mengenai notulen kedap. Kemudiandalam kelompok siswa diminta buat menulis notulen rapat.

B.Guru mengawali dengan penjelasantentang tujuan serta latar belakang pembelajaran Setelah itu, pengajar memberikannotulen kedap kepada anak didik lalu siwa diminta buat mendiskusikan hal-halyang terdapat pada notulen kedap. Kemudian pengajar menciptakan simulasi kedap dansiswa diminta untuk membuat notula menurut model notula yg diberikan.

C.Guru memutarkan sebuah rekaman kedap.setelah itu, guru meminta setiap siswa menuliskan satu kalimat berdasarkanrekaman kedap tadi dan

menempelkannyadi papan tulis. Guru beserta-sama menggunakan murid mengidentifikasi kalimat-kalimatefektif dan kalimat yg berisi utama-utama kedap. Kemudian, pengajar meminta siswauntuk mendiskusikan kalimat efektif tersebut pada kelompok.

D.Guru melakukan curah pendapat dengansiswa mengenai notulen rapat. Setelah itu, siswa membentuk kelompok untukmendiskusikan tentang notula rapat, Kemudian, setiap grup mempresentasikanhasil diskusinya. Bersama-sama dengan murid pengajar melakukan konfirmasi.

PEMBAHASAN KOMPETENSI PEDAGOGIK BACA DI SINI

POSTINGAN TERKAIT

SOAL MENULIS PROFESIONAL BACA DI SINI

SOAL MENDENGARKAN BACA DI SINI

SOAL MEMBACA BACA DI SINI

SOAL BERBICARA BACA DI SINI


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel