SOAL OGN 2019 TEORI DAN GENRE SASTRA INDONESIA

BAHAN PERSIAPAN OLIMPIADE GURU NASIONAL 2017
MATERI TEORI DAN GENRE SASTRA : PUISI, PROSA, DRAMA
     1.cermatilah kutipan cerpen berikut ini.

Tiba-tiba, saya ingat lagi pada Kakek dan kedatanganAjo Sidi kepadanya. Apakah Ajo

Sidi telah menciptakan bualan tentang Kakek? Dan bualanitulah yg mendurjakan Kakek? Aku ingin tahu. Lalu saya tanya Kakek lagi.

"Apa ceritanya, Kek?”

"Siapa?"

"Ajo Sidi."

"Kurang ajar dia," Kakek menjawab Iesu.

Ada berapa rona bunyi yg diperlukan pada membacakanpenggalan cerita pada atas?

(Robohnya SurauKami oleh A.A. Navis)

A.duawarna suara

B.tiga rona suara

C.empat warna suara

D.lima warna suara

2. Bacalah puisi pada bawah inil

Puisi 4

(Tengsoe Tjahjono)

Graffiti kutorehkan pada dinding tanpa batas :

inilah puisi terakhir yg didaraskan seusai dzikirpanjang itu

rohnya hidupi

gairah tualang

senja yang nguning

Intonasiyang indah buat membacakan larik pertama (Graffitikutorehkan pada dinding tanpa batas) puisi di atas merupakan...

A.nada rendah serta tempo lambat

B.nadasedang serta tempo cepat

C.nadatinggi dan tempo sedang

D.nadatinggi dan tempo lambat

3. Perhatikan kutipan resensi sastra di bawah ini!

Judul Buku : Laskar Pelangi

Pengarang: Andrea Hirata

Penerbit : Bentang Pustaka

Teba! Buku : 534 halaman

Hal yang menarik darinovel ini merupakan bisa membangkitkan kita agar tidak gampang putus harapan apabila inginmeraih mimpi; mengajarkan kita supaya baik terhadap teman sesama dan mau untuksaling membantu.... Namun, dengan segala keindahan serta kelebihannnya, novel inimembuat para pembacanya mendapat sedikit kesulitan karena adanya bahasa Melayu,adanya ungkapan, dan khiasan pada kalimat menciptakan cerita

inisedikit terasa sulit. Walaupun begitu, cerita ini permanen memikat dan penuhdengan muatan pesan yang bisa direnungkan dan diterjemahkan menggunakan lebihdalam. (//denyisapri.blogspot.com/2011/04/resensi-novel-laskar-pelangi.html)

Aspekyang menjadi kelemahan novel LaskarPelangi yang diungkapkan pada resensi di atas adalah aspek

A.pesan

B.bahasa

C.cerita

D.gaya
4. Perhatikankritik sastra di bawah ini!
(1)Secara keseluruhan, novel Sang Pemimpi inibisa dikatakan luar biasa. (2) Alur cerita disuguhkan begitu menarik dan awalhingga akhir. (tiga) Di setiap peristiwa, Andrea menggunakan cerdas menggambarkankarakteristik dan pelukisan yang begitu kuat pada tiap karakter tokoh-tokohnya.(4) Pembaca menyambut kehadiran ini dengan senang cita, terbukti novel inidicetak ulang beberapa kali pada waktu singkat.

Pernyataan pada atas mencoba mengkritik mutu karyasastra Sang Pemimpi, kecualipernyataan

A.1

B.2

C.3

D.4

5. Bahasa kritik sastra yg santun tampak padapernyataan...

A.merupakan kecerobohan jika sastrawanmenggunakan sudut pandang orang ketiga

B.tidak sepatutnya sastrawan melakukankesalahan pada pelukisan latar budaya yg telah dipahami sang orang awam

C.tema yg diangkat sudah basi. Hal inimenunjukkan ketidakmampuan sastrawan untuk menentukan masalah yang diangkat dinovelnya.

D.gayabahasa yg dipakai bisa lebih baik lagi apabila kosa kata yang berkenaan denganbudaya lokal tidak diterjemahkan dalam bahasa Indonesia.

6. Cermatilah kutipan cerita berikut adalah.

Kakiku menapak tanah dunia kupu-kupu ini lagi, masihtanah yang sama

sepertidulu ……………….telingaku menangkap sebuah irama yang riuh dan merdu, masih airterjun dan sungai yang dulu. Kulitdan napasku dibuai kedamaian, masih udara yang dulu, Masih sanggup kurasakan alurkenangan dulu. Kenangan masa lalu. Bantimurung. Ini aku !

Gambaran latar pada kutipan pada atas menjadi lengkapbila bagian yg rumpang dilengkapi menggunakan pernyataan

A.Mataku menyimak sekeliling tempat ini,masih tembok tebing-tebing tinggi serta menakutkan misalnya dulu.

B.Mataku menyimak sekeliling sungai ini,masih tembok tebing-tebing tinggi serta sepi misalnya dulu.

C.Mataku menyimak sekeliling loka parkirini, masih tembok tinggi serta keindahan seperti dulu.

D.Matakumenyimak sekeliling tempat ini, masih tembok tebing-tebing tinggi dan keindahanseperti dulu.

7. Cermatilah kutipan cerpen ini dia.

Tahunini, aku dipromosikan buat sebagai kepala sekolah. Segala tes serta penataransudah aku lakoni. Sekarang tinggal blanko kesediaan buat menjadi kepalasekolah yg harus aku isi. Seandainya saja ketika itu tidak aku beritahukankepala Mas Tono, barangkali surat pernyataan ini telah saya isi. Dugaanku sahih.setelah saya minta pendapatnya, istilah-kata pertama yang keluar dari mulutnyaadalah jangan.

"Kalau engkau ingin nikmat sebagai pengajar, janganmenjadi ketua sekolah",

(Di Kaki Panderman, W. Siswanto)

Pernyataanyang sempurna untuk petunjuk tokoh pada obrolan cerita pendek yang dirumpangkan diatas adalah

A."Kalau engkau ingin nikmat menjadiguru, jangan menjadi ketua sekolah", begitukataku.

B."Kalaukamu ingin nikmat sebagai guru, jangan menjadi ketua sekolah", begitu kata Mas Tono.

C."Kalau engkau ingin nikmat menjadiguru, jangan menjadi ketua sekolah", begitukata suaminya.

D."Kalau engkau ingin nikmat menjadiguru, jangan menjadi ketua sekolah", begitukata istrinya.

8. Bagian kutipan cerpen di atas jika diubah sudutpandangnya sebagai sudut pandang orang ketiga serba tahu akan menjadi

A.Seandainya saja ketika itu tidak akuberitahukan pada Mas Tono, barangkali surat pernyataan ini sudah aku isi.

B.Seandainyasaja saat itu tidak beliau beritahukan kepada suaminya, surat pernyataan itusudah ia isi.

C.Seandainya saja saat itu tidak akuberitahukan pada suamiku, surat pernyataan ini sudah aku isi.

D.Seandainya saja waktu itu tidakdiberitahukan kepada Mas Tono, barangkali surat pernyataan ini sudah aku isi.

Bacalah kutipan cerita pendek pada bawah ini untukmengerjakan soal nomor 9-11!

"Kak Galang...!„teriak mereka menurut depan tangga rumah panggung.

Akuberdiri di puncak tangga. Bukan hanya murid-muridku yg datang, akan tetapi jugaorangtuanya, beserta oleh-sang untukku. Bawang merah, Kolonel, kentang, wortel, danbanyak lagi jenis sayuran lain. Telah berdiri satu karung penuh isi, masihtersisa beberapa sayuran lagi yg belum masuk pada karung. Kutatap satu persatu. Dua puluh tujuh orang.

("Sekolah Kundang", S. Gegge Mappangewa)

9. Siapakah tokoh Kak Galang pada cerita pendek diatas?

A.Guruyang disayangi murid dan orang tua murid

B.Wali anak didik yang menghormati pengajar anaknya

C.Kakak yang disayangi siswa-muridnya

D.Kakak yang berperan menjadi guru

10. Di manakah cerita "Sekolah Kundang"itu terjadi?

A.Perbatasan desa

B.Perkebunan

C.Sawahdan kebun

D.Di antara sawah serta ladang

11. Siapakah yg bercerita dalam cerpen itu?

A.Orang pertama yg bertindak sebagaipengarang

B.Orang pertama yang serba tahu

C.Orangpertama yg bertindak menjadi tokoh

D.Orang pertama yang bertindak sebagaipengamat.

12. Perhatikan kutipan cerpen di bawah inn

Akubahagia hidup bersama Mas. Dia bekerja pada kantor telekomunikasi dengan gajibesar, Ditambah menggunakan gajiku sebagai guru, kami sanggup hayati nyaman. Kebutuhanhidup kami terpenuhi. Tapi, tentu saja semuanya belum sanggup kami miliki. Masihada yang hampa.

Kamisering mengunjungi Bantimurung, terutama buat berlibur. Tak jarang pula Masatau aku berangkat sendiri. Aku ke sana biasanya sekali sebulan. Sementara Masmengunjungi tempat itu lebih seringkali, paling nir selalu sekali pada seminggu.aku mengerti dia tumbuh pada tanah ini serta amat mencintainya.

Kutipan cerita pendek itu cocok apabila diletakkan padabagian....

A.penyelesaian

B.peleraian

C.konflik

D.perkenalan

Bacalah teks drama pada bawah ini buat mengerjakansoal nomor 13-16!

Di perkampungankumuh di pinggir sungai, Margono berjalan sedikit sempoyongan sembari memegangiperutnya karena lapar. Sehari penuh ia menarik becak, nir satu pun penumpangmau menggunakan jasanya. Di ujung jalan ada Dono menunggunya pada bawah tianglistrik yg bayangannya memanjang ke timur dan mulai redup.

Dono:"Ini beliau. Sudah hampir menghabiskan satu sepatu aku mencarimu, Mar.

Kucari engkau di pangkalan becak, nir ketemu. Dirumah, nir ketemu. Kamu mau sembunyi, ya?"

Margono : "Sembunyi?"

Dono:"Ya. Kamu memang perlu diberi pelajaran, Mar. Di kampung ini tinggal

kamu seseorang yang belum setor uang buat danaTsunami Jepang, dana buat menolong saudara-saudara kita pada Jepang. Jangan mengelaklagi, ini hari terakhir. Aku tak mau pusing hanya memikirkanmu."

Margono : Ha,... (Margono hanya sayup-sayupmendengar bunyi Dono. Detak jantung semakin keras. Tanpa terasa Margonotersenyum)

Dono:"He, malah tersenyuml Ayo cepat bayar. Kalau nir, akan aku laporkan

pada Pak Lurah, nanti"

Margono : Ha, ha, ...

Dono:"Kamu menghina pegawai kelurahan ya, Mar?"

Margono : "0, tidak, nir, Pak. Tidak."

Dono:"Kalau tidak, kenapa senyum-senyum? Mana uangnya, cepat? Kasihan

teman-sahabat kita yang kelaparan pada Jepang"

Dono:Ha, ha, ha, ha, .... (Margono tidak hanya tersenyum, namun justru tertawa

terbahak-bahak. Tiba-tiba badannya ambruk, jatuh,dan tidak beranjak lagi)

13. Seandainya drama pada atas dipakai untukmendidik murid, bagaimanakah cerita sebelumnya?

A.Margono akan makan pada warung nasi tetapitidak ada warung yg buka

B.Margono baru pergi berdasarkan kantor desauntuk membayar dana Tsunami

C.Margonomenunggu penumpang, namun tidak terdapat satu pun yg mau naik becak

D.Margono menghindari Dono lantaran pernahmenghina Dono

14. Pesan yg mampu kita dapatkan dari penggalandrama pada atas adalah

A.janganmenghina pada orang lain

B.janganbersembunyi berdasarkan orang lain

C.janganpelit terhadap orang lain

D.jangan memaksakan kehendak kepadaorang lain

15. Tema drama di atas adalah

A.kemiskinan

B.keramahan

C.kedermawanan

D.kemalasan

16. Peristiwa pada dalam drama itu terjadi pada...

A.pagi

B.siang

C.petang

D.malam

17. COBAN RONDO

Rupanya,is bertanya-tanya dengan kejernihan air itu. Ia ingin mencari mata aimya. Ia segeramenelusuri sungal itu.

RadenBaron Kusumo terkesima relatif lama . Tidak tahan melihat pemandangan yg indahitu, ia pun mandi di situ. Sungguh segar. Kalau saja pembantunya tidakmengingatkannya, la barangkali lupa diri. Akhimya beliau kembali dengan membawa airminum yang diminta istrinya

Pernyataanyang tepat buat melengkapi bagian latar dongeng yg dirumpangkan di atasadalah

A.Sungai itu sangat deras danbergelombang. Tiba-tiba ada seekor ikan akbar tampak di tepi sungai.

B.Tidakberapa usang, terdengar suara gemericik dan berdesis. Makin usang suara itu makinkeras. Temyata air itu asal berdasarkan sebuah air terjun yang cukup tinggi.

C.Angin bertiup lembut di atas sungal.pohon-pohon bergoyang berirama. Udara terasa segar.

D.Tampak pohon-pohon cemarabergoyang-goyang ditiup angin. Di muka formasi cemara ada pohon pisang yangdaunnya seperti tangan akbar melambai-lambai.

18.asalMula Pulai Si Kantan

Betapa musnah hatiibunya mendapat perlakuan anaknya seperti itu. Dengan perasaan kecewa, sesal,serta murung , ibunya menyampaikan saat kapal si Kantan akan bertolak, "Kalau akubukan ibumu, biarlah air susuku ini menjadi ombak samudera yg akanmenghancurkanmu Biarlah Tuhan yg akan memilih kekuasaannya kepadamu..."

Seketika,menggunakan kekuasaan Tuhan yg berlaku, turuniah hujan serta topan yang amat kencangdisertai ombak yang amat kencang menghancurkan kapal si Kantan. Pada saat itu,sadarlah si Kantan. La memanggil-manggil ibunya, tapi badai yang dahsyat telahmenghancurkan kapalnya. Lama kelamaan dalam loka si Kantan karam itumuncullah sebuah pulau yang lalu dinamakan Pulau Si Kantan.

Jikakita ingin menuliskan tanggapan terhariap hal-hal yang menarik pada tokohdongeng pada atas, maka tanggapan yg sinkron merupakan....

A.nama tokoh cerita itu khas dan nir adadi pada kehidupan nyata

B.tokohnya batu serta pulau

C.adaperistiwa yang luar biasa yang menimpa dalam diri tokoh

D.tokohnya akhirnya insyaf serta sadar

19. Perhatikan baris-baris puisi yg telah diacakdi bawah ini!

Hujan Bulan Juni

(1) tidak ada yang lebihbijak

(2) yg ragu-ragu dijalan itu

(tiga) dari hujan bulan Juni

(4) dihapusnya jejak-jejak kakinya

•••••

Baris-baris yg telah diacak di atas sanggup disusunmenjadi bagian berdasarkan puisi

"Hujan Bulan Juni" karya Sapardi DjokoDamono dengan urutan

A.1,2,tiga,4

B.1, tiga, 4,2

C.1,4,3,2

D.1,dua,4,3

Bacalah puisi di bawah ini buat menjawab soal nomor20-22!

AKUINGIN

(SapardiDjoko Damono)

akuingin mencintaimu dengan sederhana: dengan istilah yg tak sempat diucapkan kayukepada barah yang menjadikannya abu

akuingin mencintaimu dengan sederhana: dengan isyarat yg tak sempat disampaikanawan kepada hujan yang menjadikannya tiada

20. Dalam puisi di atas, Sapardi Djoko Damonomenggunakan imaji visual. Dengan imaji ini, pembaca seakan-akan dapatmembayangkan apa yang dilihat /dibayangkan sang penyair. Imaji visual yangterdapat pada puisi "Aku Ingin" pada atas ditunjukkan oleh

A.aku ingin mencintaimu menggunakan sederhana

B.dengan kata yg tidak sempat diucapkan

C.kayukepada barah yang menjadikannya abu

D.dengan isyarat yg tidak sempatdisampaikan

21. Pesan yang mampu diambil menurut puisi di atasadalah

A.jangan mencintai orang berlebihan,lantaran cinta itu bersifat sementara

B.cinta nir sanggup diduga lantaran datangnyabisa cepat sekali

C.cinta itu terdapat yang palsu, seperti kayuyang sanggup sebagai abu

D.cintaterkadang tidak bisa diungkapkan dengan kata atau isyarat

22. Tema puisi pada atas adalah

A.bahasaalam

B.bahasaisyarat

C.sikapsederhana

D.cinta sejati

23. Bacalah puisi di bawah ini

KEMARAU PANAS

musim kering panas

rumput-rumput tidur ... (1)

kepala-kepalaberpayung tangan berlari… (dua)

tanahmengeriput memberi ruang udara ... (tiga)

Puisidi atas akan menjadi puisi yang latif apabila kata-kata yg rumpang dilengkapidengan istilah-istilah berima

A.(1)malu, (2) sayu, (tiga) keliru

B.(1) mengenas, (2) bergegas, (tiga)bermalas

C.(1)suri, (2) lari, (tiga) lagi

D.(1)mati, (2) lari, (tiga) berseri

24. Bacalah puisi pada bawah inil

Tanah Air

(Rustam Efendi)

O, tanah airku yg sangat kaya

Bergoa penyompan logam

Berkolam penerang malam

Lautan menyimpan hartamutiara

O, tanahairku yg sangat kaya

….

Pilihan dan makna kata yg sesuai dengan untukmelengkapi puisi di atas adalah

A.bersungai berbatu ratna

B.bertikarbersawah pada

C.berladangberkebun kopi

D.berhartadi dalam hutan

Bacalah puisi pada bawah ini buat mengerjakan soalnomor 25-26!

Embun Pagi

andaikan kamu kristal hari

akan kutengok dalam ventilasi cahaya pagi

tentang tirai malam menyelimuti hari

tentang parade malaikat pembagi rizki

atau mungkin seorang hamba sedang rindu Kekasih tapidi mana embun pagi akan kucari

bila tiba-datang engkau rindu matahari

25. Apakah arti dari larik "jika tiba-tibaengkau rindu mentari "?

A.orangyang rindu cinta kasih

B.orangyang ingin melihat matahari

C.matahariyang rindu embun pagi

D.embun yg menguap karena sinarmatahari

26. Majas personifikasi dalam puisi "EmbunPagi" di atas masih ada dalam baris ....

A.andaikanengkau kristal hari

B.akankutengok pada jendela cahaya pagi

C.tentang tirai malam menyelimutihari

D.tentangparade malaikat pembagi rizki

Bacalahkutipan novel di bawah ini buat menjawab soal nomor 27-28!

Sebenarnya Pak Mustaradalah orang penting. Tanpa dia, kampung kami tidak 'kan pernah punya Sekolah Menengah Atas. Lasalah satu perintisnya. Akhirnya, kampung kami mempunyai Sebuah Sekolah Menengah Atas, sebuah SMANegeri! Bukan main! Dulu kami wajib sekolah SMA ke Tanjong Pandan, 120kilometer jauhnya. Sungguh hebat Sekolah Menengah Atas kami itu, sebuah Sekolah Menengah Atas Negeri! Benar-benarbukan main! Namun, Pak Mustar berubah sebagai monster karena justru anak lelakisatu-­satunya tak diterima di SMA Negeri itu. Bayangkan, anaknya ditolak di SMAyang susah payah diusahakannya, sebab NEM anak manja itu kurang 0,25 menurut batasminimal. Bayangkan lagi, 0,25! Syaratnya 42, NEM anaknya hanya 41,75.

…….

(AndreaHirata-Sang Pemimpi)

27. Bila hanya berdasarkan dalam kutipan novel diatas, tema apakah yang mampu disimpulkan?

A.orangharus diperlakukan adil meskipun berjasa

B.orang berjasa harus diperlakukanistimewa

C.orang berjasa wajib diperlakukanterhormat

D.orang krusial wajib diberi jasa

28. Dari kutipan novel Sang Pemimpi di atas, kita menerima pesan yang berhargayaitu....

A.setiaporang wajib menjadi orang penting

B.setiaporang harus sabar menghadapi ujian

C.setiap orang harus jujur dan tegas

D.setiaporang harus menjadi perintis
POSTINGAN TERKAIT
PEMBAHASAN / MATERI TEORI DAN GENRE SASTRA BACA DI SINI
SOAL MATERI EJAAN   BACA DI SINI
SOAL MATERI 4 KETERAMPILAN BERBAHASA BACA DI SINI
SOAL PERKEMBANGAN BAHASA BACA DI SINI
SOAL KEDUDUKAN, FUNGSI, DAN RAGAM BAHASA BACA DI SINI
SOAL KOMPETENSI PEDAGOGIK BACA DI SINI


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel