RISALAH AKADEMIK BABAK FINAL OGN 2019


RISALAHAKADEMIK
MENJADIGURU CERMAT (CERDAS, MENYENANGKAN, AMANAH, DAN TAKWA)
UNTUK MENCETAKGENERASIINDONESIA YANG UNGGUL
Disusununtuk Memenuhi Salah Satu Syarat
MengikutiOlimpiade Pengajar Nasional (OGN)Tingkat Nasional
Tahun2016
Diajukanoleh :

Nama:MuhZuhri, S.pd., M.pd.

NIP:197207081998011001

NUPTK:4040750652200013

Namasekolah:Sekolah Menengah Atas N dua Boyolali

Kabupaten:Boyolali

Provinsi:JawaTengah

PEMERINTAHPROVINSI JAWA TENGAH

DINASPENDIDIKAN

2016



KATAPENGANTAR

Pujisyukur saya ucapkan kepada Allah SWT yg sudah memberikankarunia-Nya sehingga sayadapat merampungkan penulisan Risalah Akademik dalamrangka mengikuti Olimpiade GuruNasional (OGN) tingkat nasional ini.
Dalampenulisan Risalah Akademik ini aku mendapatbantuan menurut banyak sekali pihak. Oleh karenanya, dalam kesempatan ini sayamenyampaikan terima kasih pada:
1.kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah
2.kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Boyolaliyang telah menaruh ijin dan petunjuk kepada aku dalam mengikuti kegiatan OGN.
3.kepala Sekolah Sekolah Menengah Atas Negeri dua Boyolali yang telah memberikankesempatan,untuk mengikuti kegiatan OGN.
4.rekan-rekan guru serta karyawan dan semuasiswa SMA Negeri 2 Boyolaliyang telah memberikan dorongan semangat dan doanya sehingga aku sampai lolos OGNTingkat Nasional.
5.istri dan anak-anakku tercinta yg selalumemberi dukungan doa serta memberikan kekuatan dalam setiap langkah.
6.semua pihak yg tidak mampu saya sebutkansatu persatu yang telah memberikan donasi berupa apapun dalam dalammenyelesaikan risalah akademik ini.
Semogarisalah akademik ini bermanfaat bagi pembaca. Saya menyadari bahwa tulisan inimasih jauh berdasarkan sempurna sehingga saya selalu menantikan saran dan kritik yangbersifat membentuk.

Boyolali,Oktober2016
Penulis

DAFTAR ISI



Halaman Judul....................................................................................................I

Kata Pengantar...................................................................................................ii

Daftar Isi............................................................................................................iii

A. LatarBelakang............................................................................1

1. Motivasi yg Mendasari buat Mengikuti Seleksi OGNTingkat Nasional….1

2. Visi, Misi, Tujuan dan Strategi Kerja Sebagai Guru...............................................3

3. Pengalaman Mengikuti Proses PenyelengaraanOGN……………………….

B. Deskripsi Keunggulan Sebagai Pengajar Bahasa Indonesia

1. Deskripsi Prestasi Unggul.………………………………….................5

2. DeskripsiProsesdanProdukPengembangandalamPembelajaran Bahasa Indonesia..............................................................................6

3. Deskripsi Proses dan Produk atau Penemuan Teknologi Tepat Guna...............................7

4. Deskripsi Pengalaman serta Nilai Tambah dari Pelatihan atauKegiatan PengembanganProfesi Pengajar.................................................................8

C. Harapan Dan Rencana Kegiatan Masa Datang

1. Harapan Pembelajaran Matematika pada Masa Datang..............................12

2. Rencana Kegiatan Masa Datang..................................................12

D. Penutup .............................................................................................13

Lampiran …………………………………………………………………… 14

A.Latar Belakang

1.Motivasiyang Mendasari buat Mengikuti Seleksi Olimpiade Guru Nasional TingkatNasional

Motivasipertama saya pada mengikuti Olimpiade Pengajar Nasional (OGN) adalahmeningkatkan profesionalitas aku menjadi pengajar.hal tersebut mampu terjadi lantaran melalui OGN saya mampu berinteraksidengan poly teman seprofesi dalam aneka macam kegiatan. Melalui hubungan tadi saya mampu mengembangkan danmendapatkan poly pengalaman berkaitan menggunakan profesi aku . Dengan demikianwawasan, pengetahuan serta kompetensi aku akan bertambah. Pada diri aku jugaakan ada dorongan akbar buat selalu menaikkan kompetensi. Dengan kompetensidan profesionalitas yang tinggi, aku berharap bisa menghasilkan proses danproduk pembelajaran yang berkualitas unggul.

Motivasisaya berikutnya dalam mengikuti OGN adalah menaruh contoh pada anak didik danteman sejawat buat selalu berkompetisi dan berprestasi. Sebagai pengajar, sayaberusaha menjadi sosok yang bisa digugu dan ditiru. Saya selalu memotivasisiswa buat berkompetisi dan berprestasi melalui berbagai lomba. Mengikuti OGNmemberikan kesempatan pada saya buat menaruh model berkompetisi danberprestasi pada anak didik dan sahabat sejawat.

2.Visi,Misi, Tujuan, danStrategi Kerja dalam Mengikuti OGN Tingkat Nasional

a.Visi

Visi sayaadalahCerdas,Menyenangkan, Amanah, dan Takwa (CERMAT). Cerdasartinya memiliki ketajaman pikiran serta sanggup mencari pemecahan suatupermasalahan. Dalam hal ini, aku bercita-cita memiliki kompetensi pedagogikdan profesional yg mumpuni.

Menyenangkanartinya mampu menciptakan pihak lain bahagia, bersuka hati, serta tanpa rasa susah. Dalamhal ini, terutama aku bercita-cita bisa melaksanakan pembelajaran yangmenyenangkan sehingga anak didik memiliki minat dan motivasi tinggi mengikutipembelajaran. Saya pula bercita-cita mempunyai perilaku, ungkap istilah, serta perilakuyang menyenangkan sebagai wujud kompetensi kepribadian serta sosial.

Amanah merupakan bonafide serta mampumelaksanakan tugas. Dalam hal ini, saya bercita-cita bisa secara konsisten dansungguh-sungguh melaksanakan tugas yg sebagai kewajiban aku .

Takwa artinyaterpelihara diri, selalu melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya.dalam hal ini, aku bercita-cita sebagai hamba Allah yang taat beribadah,selalu melaksanakan perintah serta menjauhi larangan-Nya.

b.Misi

Untuk mencapai visi tadi, aku memilikimisi menjadi berikut.

1).mengembangkan dan mempertinggi keprofesionalan sebagai guru.
2) Melaksanakantugas menggunakan sebaik-baiknya, beretos kerja tinggi, disiplin, dan bertanggungjawab.
3) Mendidikdan mengajar sepenuh hati dengan metodedan contoh pembelajaran yg bervariasi.
4) Menanamkan karakter pesertadidik melalui pembelajaran bahasaIndonesia .
5) Meningkatkanprestasi siswa melaluipembelajaran dan ikut banyak sekali lomba.
6) Selalutaat menjalankan perintah Allah serta menjauhi embargo-Nya.
c.Tujuan

Tujuan saya pada mengikuti OGN Tingkatnasional adalah sebagai pengajar yang profesional. Guru yang profesional adalahguru yang mempunyai kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, serta profesional.dengan mempunyai kompetensi pedagogik aku dapat melaksanakan pembelajaran bahasa Indonesia yg mendidik, menyenangkan, selaras menggunakan perkembangan, dan potensipeserta didik. Dengan mempunyai kompetensi kepribadian, saya bisa menjunjung tinggi nilai-nilai kepercayaan , nilai-nilai moral, kepribadian, kejujuran, dan disiplindalam melaksanakan tugas. Dengan memiliki kompetensi sosial, aku dapat menjagahubungan yang serasi serta selaras, dan kolaborasi dengan teman-sahabat sejawat,peserta didik, serta lingkungan rakyat. Dengan mempunyai kompetensiprofesional, saya bisa menyebarkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yangdilandasi semangat darma kepada warga , bangsa, dan negara.

d.Strategisaya pada mengikuti OGN Tingkat Nasional merupakan menjadi berikut.

1)Mengunduhpedoman OGN melalui internet.
2)Berkoordinasi dengan DinasPendidikan Kabupaten Boyolali untuk memperoleh keterangan mengenai OGN.
3)Mempersiapkan dan menyusun selebaran akademik sebagaisalah satu persyaratan mengikuti OGN Tingkat Nasional.
4)Mengumpulkan dan mempelajarireferensi yang berkaitan menggunakan profesi saya sebagai guru, baikbuku-buku/referensi di bidang pedagogik juga profesional mata pelajaranBahasa Indonesia.
5)Berlatihmengerjakan soal-soal kompetensi pedagogik dan profesional
6)Berdiskusidengan sahabat pengajar Bahasa Indonesia tentang materi eksklusif yg aku merasaperlu lebih memahaminya.
7)Mengikuti RapatKoordinasi yg diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah
8)Berdoa kepadaAllah serta mohon doa restu pada orang tua, famili, saudara , atasan, danteman guru agar diberikan kemudahan, kelancaran, dan kesuksesan pada mengikutibabak final OGN.

3.Pengalamansaya mengikuti proses penyelenggaraan OGN pada taraf sekolah, kabupaten/kota,serta provinsi tahun 2016

Pengalamansaya mengikuti OGN tahun 2016 di taraf sekolah merupakan ditugaskan sang kepala sekolah buat mengikutiseleksi OGN di tingkat kabupaten, yaituKabupaten Boyolali Provinsi Jawa Tengah. Pada taraf kabupaten, Dinas Pendidikan Kabupaten Boyolalimenyerahkan penyelengaraan OGN pada Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP)Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA Kabupaten Boyolali.

MGMPMata Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Atas Kabupaten Boyolali tetapkan saya untukmewakili Kabupaten Boyolali mengikuti penyelenggaraan OGN tingkat Provinsi JawaTengah. Panitia serta pengurus MGMP meyampaikan bahwa mereka setuju menentukan sayadengan aneka macam pertimbangan. Pertimbangan yg dipakai panitia atau pengurusMGMP diantaranya lantaran aku dipercaya berkompeten mengikuti OGN menggunakan dasarpernah menjuarai lomba menulis tingkat nasional dan lomba pidato tingkatprovinsi. Alasan lain karena aku sebagai narasumber serta instruktur nasionalprogram guru pembelajar.

Pengalamanlain yang aku peroleh dalam persiapan mengikuti OGN tingkat provinsi adalahmengikuti pelatihan yang difasilitasi oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Boyolalipada lepas 22 Agustus 2016. Pada aktivitas pembinaan tadi aku mendapatkanarahan serta motivasi dari Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Boyolali dan dariguru yg pernah mengikuti babak final OSN. Pada.

PenyelenggaraanOGN tingkat provinsi Jawa Tengah dilaksanakan pada hari Rabu, 24 Agustus 2016bertempat di Sekolah Menengah Kejuruan 8 Surakarta. Setelah acara seremonial sambutan dan penjelasanteknis, tes dimulai. Soal tes bahasa Indonesia berbentuk pilihan ganda sejumlahdelapan puluh angka. Materi tes mencakup kompetensi professional sejumlah enampuluh butir soal yaitu angka satu sampai menggunakan enam puluh. Sedangkan materites kompetensi pedagogik sebesar 2 puluh angka yaitu, nomor enam puluh satusampai nomor delapan puluh. Alhamdulillah aku bisa mengerjakan soal denganlancar dan relatif optimis lolos ke babak final.

B.DeskripsiKeunggulan menjadi Guru

1.DeskripsiPrestasi Unggul yangDicapai menjadi Guru

a.Hasil belajar siswa

Perolehan nilai Ujian Nasional bahasaIndonesia peserta didik SMAN dua Boyolali selama dua tahun terakhir saya bertugasdapat aku sampaikan menjadi berikut.pada Tahun Pelajaran 2014/2015 rata-rata nilai ujian nasional siswa program IPAyang saya ajar sebanyak 77, 98 menggunakan kategori B. Sedangkan mata pelajaran lainbahasa Inggris 54, 28, Matematika 32, 05, Fisika 47,87, Kimia 47, 34, Biologi50, 29, dengan kategori D. Pada Tahun Pelajaran 2015/2016 rata-homogen nilai ujiannasional murid program IPA yang saya ajar sebesar 71, 12 menggunakan kategori B.sedangkan mata pelajaran lain bahasa Inggris 52, 20, Matematika 38, 52, Fisika47,21, Kimia 51,02,Biologi 58, 75,dengan kategori D. Berdasarkan capaian nilai bahasa Indonesia yang pada atasrata-rata dan kategori mata pelajaran lain merupakan salah satu indikator sayamampu memaksimalkan potensi anak didik.

b.Prestasidalam membina siswa

1)Juara asa 3 atasnama Istina dalam lomba puisi tingkat provinsi Jawa Tengah bertempat di IKIPPGRI Semarang dalam 1 Oktober 2002.

2)Juara I LombaKIR tingkat Kabupaten pada tahun 1999 atas nama Siti Asaniah

3)Juara III LombaMenulis esai se-eks karisidenan Surakarta tahun 2003 atas nama Yeli Kristi

4)Juara III lombamengarang taraf kabupaten tahun 2005 atas nama Asri Wijayanti.

5)Juara IV lombabaca puisi taraf Sekolah Menengah Atas se-Jateng serta DIY tahun 2013 atas nama Khalis Sekarwati.

6)juara I Lombapuisi taraf Sekolah Menengah Atas/sederajat regional Jawa Tengah pada tahun 2015 atas nama KhalisSekarwati.

7)Juara I LombaKarya Tulis Ilmiah tingkat Sekolah Menengah Atas/SMK/MA dalam 22 Maret 2015 atas nama Wulan FatikaSari, Heni Listiyani, dan Cici Arfian Istiqomah

8)Juara III LombaKarya Tulis Ilmiah tingkat SMA/SMK/MA se-Eks Karesidenan Surakarta pada 11November tahun 2015 atas nama Heni Listiyani serta Cici Arfian Istiqomah.

c.Prestasisebagai guru

Selama menjadi pengajar saya mendapatkanberbagai prestasi sebagai berikut.

1)Finalis GuruKreatif Se-Jateng dan DIY tahun 2002 yg dilaksanakan Universitas KatolikSoegijapranata Semarang;

2)Juara Harapan ITingkat Nasional Lomba Mengarang pada Rangka Hari Pahlawan 10 November 2003yang dilaksanakan Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata Nasional;

3)Juara I TingkatPropinsi Jawa Tengah dalam Lomba Membaca-kan Teks Pidato Proklamator RI tahun2008 yang dilaksanakan Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi JawaTengah;

4)Finalis Lomba Teacher’s Idol taraf provinsi JawaTengah tahun 2013 yang dilaksanakan sang yayasan Al-Firdaus-Penerbit TigaSerangkai Solo.

2.Deskripsiproses serta produk pengembangan (inovasi) pada pembelajaran Bahasa Indonesia.

a.Pembelajarandengan contoh Jigsaw dalam pembelajaran menulis berbagai jenis paragraf (narasi,pelukisan, eksposisi, argumentasi, serta persuasi). Dengan contoh jigsaw mampumeningkatkan motivasi serta output belajar anak didik. Pembelajaran juga lebihmenyenangkan serta mengasyikkan. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan modelpembelajaran jigsaw aku dokumentasikan serta aku ikutkan pada lomba gurukreatif se-Jateng dan DIY tahun 2002. Dengan karya tersebut aku berhasilmencapai babak final lomba pengajar kreatif se-Jateng- DIY.

b.Penanaman nasionalisme melalui pembelajaranbahasa Indonesia melalui pembelajaran puisi bertema kepahlawanan, penulisanesai serta bermain drama bertema cinta tanah air dan menggunakan memakai medialagu-lagu wajib /lagu-lagu nasional. Pelaksanan pembelajaran bahasa Indonesiauntuk menanamkan nasionalisme mampu menumbuhkan dan mengembangkan rasa cintatanah air murid. Proses serta hasil pembelajaran buat penanaman nasionalisme itusaya dokumentasikan dan aku ikutkan lomba mengarang tingkat nasional tahun2003 dan saya berhasil meraih juara asa 1 lomba mengarang taraf nasional.

c.pemanfaatan mediabatang pisang, wayang kertas, dan speakeraktif dalam pembelajaran mendengarkan cerita rakyat dengan kompetensi dasarmenemukan hal-hal yg menarik tentang tokoh cerita masyarakat yang disampaikansecara pribadi serta atau melalui rekaman. Inovasi Pembelajaran yg sayalaksanakan tadi aku dokementasikan serta saya ikutkan lomba Teacher’s Idoltahun 2013 taraf Jawa Tengah. Saya berhasil masuk babak final (peringkat lima)dalam lomba tadi.

d.Memanfaatkanperkembangan teknologi warta. Dalam membicarakan materi pembelajaran bahasaIndonesia aku membuat media tayangan powerpoint. Media tayangan powerpoint ituantara lain materi persiapan menghadapi Ujian Nasional serta aku sampaikan dalamkegiatan bedah SKL menghadapi Ujian Nasional yg diikuti pengajar bahasa IndonesiaSMA se-kabupaten Boyolali, Dalam aktivitas tersebut aku sebagai fasilitator.

3.Deskripsiproses dan produkatau penemuanteknologi sempurna guna dalam pembelajaran Bahasa Indonesia

a.CD pembelajaran berisitayangan powerpoint materi sinkron kompetensi dasar. Media tayangan powerpointyang aku buat antara lain pada kompetensi menulis paragraf, apresiasi puisi,prosa, dan drama, serta lain-lain.

b.CD pembelajaran berisipraktik pembelajaran drama serta wawancara siswa. Pemanfaatan CDpembelajarantersebut menjadi contoh bagisiswa pada praktik berdrama serta berwawancara.

c.Naskah atau teksdrama. Teks drama yang saya ciptakan khususnya teks drama adaptasi dan ciptaan daricerita rakyat.

d.Media wayangterbuat menurut kertas dan ditempeli gambar yg mewakili tokoh dalam ceritarakyat. Proses pembuatannya memanfaatkan kertas karton bekas kemudian digambariatau ditempeli gambar tokoh cerita masyarakat serta dipakai sebagai indera peragasaat mendongeng.

4.Deskripsipengalaman dan nilai tambah yang saya peroleh dari pembinaan atau kegiatanpengembangan keprofesian lain

Peran saya dalam pembinaan atau aktivitas pengembangankeprofesian lain mencakup sebagai berikut.

a.Peran menjadi fasilitator /Instruktur/Narasumber serta nilai tambah yg diperoleh, antara lainsebagai berikut.

1)Pada bulanAgustus-Desember 2007 saya menjadi Fasilitator/Pengajar Pemandu programPemberdayaan MGMP Bahasa Indonesia SMA Kabupaten Boyolali melalui blockgrant LPMPJateng dengan pola 84 Jam.

2)Pada bulan Agustus-Desember 2008 aku menjadiFasilitator/Guru Pemandu program Pemberdayaan MGMP Bahasa Indonesia SMAKabupaten Boyolali melalui blockgrant LPMP Jateng menggunakan pola 84 Jam.

3)Pada lepas 12Januari 2013 serta 12 Januari 2014 saya sebagai fasilitator kegiatan Bedah SKLUjian Nasional mata pelajaran Bahasa Indonesia SMA Kabupaten Boyolali.

4)Pada tanggal15-24 Juli 2016 aku sebagai Fasilitator/Narasumber aktivitas Pembekalan InstrukturNasional Guru Pembelajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA/Sekolah Menengah Kejuruan dengan pola100 jam di Hotel Hariston Jakarta. Adapun peserta aktivitas merupakan paraInstruktur Nasional Pengajar Pembelajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Atas dariProvinsi Aceh.

5)Pada lepas 3Oktober 2016, 10 Oktober 2016, serta 17 Oktober 2016 aku menjadiFasilitator/Instruktur aktivitas diklat pengajar pembelajar di MGMP mata pelajaranBahasa Indonesia Sekolah Menengah Atas Kabupaten Boyolali yang difasilitasi dana blockgrant dariDirjen GTK.

Nilaitambah yg saya peroleh berdasarkan aktivitas ini merupakan saya sanggup mengembangkankemampuan saya sebagai fasilitator/narasumber bagi para Instruktur GuruPembelajar di taraf Nasional buat berbagai mata aktivitas yg berkaitandengan Diklat Pengajar Pembelajar. Saya pula belajar beserta peserta sinkron materidiklat atau aktivitas pengembangan keprofesian lain. Dengan demikianprofesionalitas saya sebagai pengajar meningkat.


b.Peran sebagaipemakalah/pembahas dan nilai tambah yang diperoleh, antara lain sebagaiberikut.

1)Pada lepas 28April 2008 aku sebagai pemakalah dalam seminar NasionalBahasa Indonesia pada Universitas Sebelas MaretSurakarta.

2)Pada lepas 7Juli 2008 aku menjadi pemakalah pada Seminar dan Workshop Nasional Penulisandan Penerbitan Buku Ajar.

3)Pada lepas 1November 2009 aku sebagai pembicara dalam kegiatan Seminar serta Temu Almuni“Tantangan Peningkatan Profesionalisme Alumi dalam Menghadapi Dunia Kerja” diJurusan Pendidikan Bahasa dan Seni FKIP Universitas Sebalas Maret (UNS).

4)Pada tanggal 29 Oktober2012 aku menjadi Pembahas Utama bedah buku “Jokowi Si Tukang Kayu” karyaGatotkoco Suroso pada Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Andong.
            Nilaitambah yg saya peroleh yaitu sanggup melatih kemampuan membicarakan gagasan di            muka generik dan menambah wawasan mengenai profesionalitas guru.
c.Peran sebagaipembimbing/pamong dan nilai tambah yg diperoleh, antara lain sebagai berikut.

1)Pada tanggal 12September-12 Desember 2013 menjadi Guru Pamong PPL S1 semester Agustus –JanuariTA. 2013/2014 Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta.

2)Pada bulanSeptember-November 2014 menjadi Guru Pamong PPL S1 semester Agustus –JanuariTA. 2013/2014 Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Nilai tambah yang saya peroleh sanggup memberikanbimbingan atas empat kompetensi guru kepada mahasiswa calon guru. Saya jugamendapatkan tambahan pengetahuan serta wawasan menurut mahasiswa yg PPL.

d.Sebagai Jurilomba;

1)Pada tanggal 16-22 Desember 2008 aku menjadi juri Lomba Sinopsis Sekolah Menengah Atas Tingkat KabupatenBoyolali.

2)Pada tanggal 13Juni 2012 aku sebagai juri Lomba Siswa Berprestasi Cabang Berpidato Siswa SMPKabupaten Boyolali.

3)Pada tanggal 22Oktober 2012 aku sebagai juri kegiatan Lomba Cipta Cerpen tingkat Sekolah Menengah pertama/MTsse-Kabupaten Boyolali Sekolah Menengah Atas N 1 Andong, Boyolali.

4)Pada lepas 5April 2014 saya sebagai juri aktivitas Lomba Cipta Cerpen serta Cipta Puisi dalamFLS2N pada Sekolah Menengah pertama N tiga Mojosongo, Boyolali.

Nilaitambah yg saya peroleh berdasarkan aktivitas ini adalah saya mampu mengetahui danmenilai berbagai hasil karya cerpen serta puisi synopsis, serta praktik pidato terbaik.

e.Peran sebagaipendamping dan nilai tambah yg aku peroleh, diantaranya sebagai berikut.

1)Pendamping siswadalam Lomba Karya Tulis Ilmiah pada lepas 15 Juni 2011 pada UniversitasMuhammadiyah Surakarta

2)Pendamping siswadalam lomba baca puisi dalam lepas 13 Mei 2015 serta 3 November 2015 diUniversitas Muhammadiyah Surakarta 
             Nilaitambah yang aku peroleh berdasarkan kegiatan ini adalah aku sanggup mengetahuiberbagai   hasil karya puisi terbaik dan juga berkesempatan melatih diri sayauntuk memberikan penilaian terhadap puisi.
f.Peran sebagaipeserta serta nilai tambah yang saya peroleh, antara lain menjadi berikut.

Sejak tahun 1998 hingga menggunakan tahun 2016 saya telahmengikuti empat puluh satu (41) kali kegiatan diklat, workshop, lokakarya,seminar serta kegiatan keprofesian lain. Beberapa diklat yang aku ikutimerupakan diklat buat menjadi pelatih atau pelatih.

Nilai tambah yg saya peroleh adalah meningkatkanprofesionalitas aku sebagai pengajar. Dengan berbagai kegiatan tadi kompetensisaya menjadi guru semakin semakin tinggi dan mendukung kemampuan saya melaksanakanpembelajaran yang sanggup membentuk generasi yang memiliki pengetahuan, sikap,dan Keterampilan yg unggul.

C.Harapan dan Rencana KegiatanMasa datang

1.Harapan

Harapan saya pada upaya menaikkan mutu pendidikan, terutama buat bidangtugas aku menjadi pengajar Bahasa Indonesia merupakan menjadi berikut.

a)Dapatmelaksanakanpembelajaran bahasa Indonesia yang inovatif dengan berbagai contoh serta mediapembelajaran sehingga membentuk pembelajaran berkualitas .

b)Menghantarkan peserta didik aku menjuarai berbagai ajang lomba.

c)Dapat ikut berpartisipasi mengembangkan pendidikan yang berkarakter,kreatif serta inovatif.

d)Menjadi pengajar cerdas, menyenangkan, jujur, danbertakwa.
2. Rencana di MasaDatang.
Rencana aku di masa datangantara lain sebagai berikut.
a)Melakukan penelitian dan menyebarkan modelpembelajaran yg bisa menaikkan kemampuan siswa.

b)Menciptakan dan menyebarkan media pembelajaran

c)Menulis hasil penelitian, jurnal, serta artikel ilmiah serta mengirimkan kejurnal atau majalah ilmiah

d)Meningkatkan kompetensi serta profesionalitas sebagaiguru melalui banyak sekali forum dan aktivitas ilmiah bersama dengan sahabat-teman gurulain.

e)Menjalin kerja sama dengan berbagai pihak untukmelaksanakan kegiatan pengembangan kompetensi guru, khususnya pengajar matapelajaran bahasa Indonesia.

D.Penutup

1.Simpulan

Pelaksanaan OGNbenar-sahih bisa meningkatkankompetensi serta profesionalitas pengajar. Peningkatan kompetensi guru bisa dilihatdari bisnis setiappesertaOGNuntukbelajarmenghadapi tes bidang pedagogic danprofessional. Disamping itu peserta OGN jua terpacu buat menulis karyailmiah.
Pelaksanaan OGN jua adalah sarana berkumpul serta bersilaturrohim bagi para pengajar. Guru mampu bertemu denganteman-sahabat seprofesi menurut berbagai daerah di Indonesia dengan kondisi dan permasalahanpendidikan yang nir sama. Dengan demikian, para pengajar mampu mengembangkan ilmu dan pengalaman di daerahnya masing-masing. Para pengajar pula dapatberdiskusi untuk memecahkan konflik yg berkaitan dengan tugas mereka.
2.Saran

Mengingat pentingnya OGN, makasaran yg mampu aku sampaikan diantaranya sebagai berikut.

1.Pelaksanaan OGN diperlukan berlangsung secarakontinue setiap tahun

2.Pemerintah daerah,khususnya pada taraf kabupaten hendaknya memberikan pelatihan kepada para gurusehingga lebih siap menghadapi OGN

3.Pemerintah wilayah hendaknya memfasilitasi pertemuanantara peserta yang sudah serta belum mengikuti OGN agar terdapat kesempatan berbagipengalaman serta ilmu.

 POSTINGAN TERKAIT
BACA BAHAN PERSIAPAN LENGKAP OGN 2017 DI SINI
BACA CONTOH BEST PRACTICE BABAK FINAL OGN 2016 DI SINI DAN DI SINI




























Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel