PENGANTAR PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA/SMK TAHUN PELAJARAN 2018/2019


Pengantar Pembelajaran BahasaIndonesia SMA/Sekolah Menengah Kejuruan Tahun Pelajaran 2018/2019

Pada rendezvous pertama ataukegiatan sebelum pembahasan materi pembelajaran, pengajar perlu menyampaiakanhal-hal menjadi berikut.

1. Tujuan Pembelajaran BahasaIndonesia
2. Ruang Lingkup atau Jenis-JenisTeks pada Pembelajaran Bahasa Indonesia
3. Kompetensi Inti dan KompetensiDasar 
4. Metode Pembelajaran
5. Teknik Penilaian
6. Kriteria Ketuntasan Minimal.

Tujuan PembelajaranBahasa Indonesia buat Sekolah Menengah Atas/MA/SMK 
Pembelajaran bahasa Indonesiadiarahkan untuk menaikkan kemampuan peserta didik buat berkomunikasi dalambahasa Indonesia dengan baik serta sahih, baik secara ekspresi maupun tulis, sertamenumbuhkan apresiasi terhadap output karya kesastraan manusia Indonesia. Denganpembelajaran
bahasa Indonesia, peserta didik dapat menguasai pengetahuan, keterampilan berbahasa,dan perilaku positif terhadap bahasa dan sastra Indonesia. Hal tersebut merupakandasar bagi siswa buat memahami serta merespons situasi lokal, regional,nasional, dan dunia.

Peserta didik dapat membuatkan potensinya sinkron menggunakan kemampuan,kebutuhan, dan minatnya, serta dapat menumbuhkan penghargaan terhadap hasilkarya kesastraan serta hasil intelektual bangsa sendiri. 
Mata pelajaran Bahasa Indonesia pula bertujuan supaya peserta didik memilikikemampuan menjadi berikut.
1. Berkomunikasi secara efektif serta efisien sesuai dengan etika yg berlaku, baiksecara verbal juga tulis.
2. Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuandan bahasa negara.
3. Memahami bahasa Indonesia serta menggunakannya menggunakan sempurna dan kreatif untukberbagai tujuan.
4. Menggunakan bahasa Indonesia untuk menaikkan kemampuan intelektual, sertakematangan emosional serta sosial.
5. Menikmati serta memanfaatkan karya sastra buat memperluas wawasan, memperhalusbudi pekerti, dan meningkatkan pengetahuan serta kemampuan berbahasa.
6. Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khasanah budaya danintelektual manusia.
(Sumber: Pedoman Mata PelajaranBahasa Indonesia, Depdikbud, 2016)

JENIS-JENIS TEKS DI SMA/MA/SMK
KURIKULUM 2013 (REVISI)

No.
Kelas X
Kelas XI
Kelas XII
1
Laporan hasil observasi
Prosedur
Surat lamaran pekerjaan
2.
Eksposisi
Eksplanasi
Teks sejarah
3.
Anekdot
Ceramah
Editorial
4.
Hikayat
Cerpen
Novel
5.
Negosiasi
Proposal
Artikel
6.
Debat
Karya ilmiah
Esai
7.
Biografi
Resensi

8.
Puisi
Drama


(sumber permendikbud nomor 24 tahun2016 serta Silabus Bahasa Indonesia SMA/Sekolah Menengah Kejuruan/MA/MAK versi 2016 KementerianPendidikan dan Kebudayaan)

KOMPETENSIINTIBAHASA INDONESIA Sekolah Menengah Atas/SMK
Kelas X
Kelas XI
Kelas XII

KI 1 Menghayati serta mengamalkan ajaran kepercayaan yg dianutnya

KI 1 Menghayati serta mengamalkan ajaran kepercayaan yg dianutnya

KI 1 Menghayati serta mengamalkan ajaran kepercayaan yg dianutnya
KI 2 Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural menurut rasa ingin tahunya mengenai ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, serta humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, serta peradaban terkait penyebab fenomena serta kejadian, dan menerapkanpengetahuan pada bidang kajian yg khusus sinkron dengan talenta serta minatnya buat memecahkan masalah
KI 2 Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, serta metakognitif menurut rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, serta humaniora menggunakan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab kenyataan dan kejadian, dan menerapkanpengetahuan pada bidang kajian yg spesifik sesuai dengan bakat serta minatnya buat memecahkan masalah
KI 2 Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, serta metakognitif menurut rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, serta humaniora menggunakan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab kenyataan dan kejadian, dan menerapkanpengetahuan pada bidang kajian yg spesifik sesuai dengan bakat serta minatnya buat memecahkan masalah
KI 3 Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dari rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, serta humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab kenyataan serta kejadian, dan menerapkan pengetahuan prosedural dalam bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta serta minatnya untuk memecahkan masalah
KI 3Memahami, menerapkan, serta menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, serta metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya mengenai ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan humanisme,kebangsaan, kenegaraan, serta peradaban terkait penyebab kenyataan dan kejadian, dan menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai menggunakan bakat serta minatnya buat memecahkan masalah
KI 3Memahami, menerapkan, menganalisis serta mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif menurut rasa ingin tahunyatentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, serta humaniora dengan wawasan humanisme,kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab kenyataan serta peristiwa, serta menerapkan pengetahuan prosedural dalam bidang kajian yang khusus sinkron menggunakan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah

KI 4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah nyata dan ranah abstrakterkait dengan pengembangan menurut yg dipelajarinya pada sekolah secara mandiri, serta sanggup menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
KI 4 Mengolah, menalar, serta menyaji dalam ranah nyata serta ranah abstrak terkait dengan pengembangan menurut yang dipelajarinya pada sekolah secara berdikari, bertindak secara efektif serta kreatif, serta mampu menggunakan metoda sinkron kaidah keilmuan
KI 4 Mengolah, menalar, menyaji, serta mencipta pada ranah konkret serta ranah tak berbentuk terkait menggunakan pengembangan menurut yang dipelajarinya di sekolah secara berdikari dan bertindak secara efektif dan kreatif, serta sanggup memakai metoda sesuai kaidah keilmuan

Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Atas/SMK
Kelas x
Kelas XI
Kelas XII
3.1Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan verbal serta tulis.
3.1Mengorganisasikan berita berupa pernyataan-pernyataan generik serta tahapan-tahapan dalam teks prosedur
3.1Mengidentifikasi isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan yg dibaca.
4.1Menginterpretasi isi teks laporan output observasi dari interpretasi baik secara verbal juga tulis.


4.1Merancang pernyataan umum serta tahapan-tahapan pada teks mekanisme dengan organisasi yg sempurna secara mulut serta tulis.
4.1Menyajikan simpulan sistematika serta unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan dalam bentuk visual

3.2Menganalisis isi serta aspek kebahasaan menurut minimal 2 teks laporan hasil observasi

3.2Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur
3.2Memformulasikan unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan
4.2Mengonstruksi teks laporan hasil observasidengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan.




4.2Mengembangkan teks prosedur menggunakan memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, serta kebahasaan
4.2Menyusun surat lamaran pekerjaan menggunakan memerhatikan isi, sistematika serta kebahasaan.
3.3Menganalisis struktur, isi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), kebahasaanteks eksposisi yang didengar serta atau dibaca
3.3Mengidentifikasi kabar (pengetahuan serta urutan insiden) dalam teks ekplanasi ekspresi dan tulis

3.3Mengidentifikasi fakta, yg mencakup orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan, komplikasi serta resolusi, pada cerita sejarah verbal atau tulis
4.3Mengembangkan isi (perseteruan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi secara verbal serta / tulis.
4.3Mengkonstruksi berita (pengetahuan serta urutan kejadian) pada teks eksplanasi secara verbal dan tulis
4.3Mengonstruksi nilai-nilai dari kabar cerita sejarah dalam sebuah teks eksplanasi

3.4Menganalisisstruktur dan kebahasaan teks eksposisi.
3.4Menganalisisstruktur serta kebahasaan tekseksplanasi

3.4Menganalisis kebahasaancerita atau novel sejarah
4.4Mengonstruksikan teks eksposisi menggunakan memerhatikan isi (pertarungan, argumen, pengetahuan, serta rekomendasi), struktur serta kebahasaan.
4.4Memproduksi teks eksplanasi secara mulut atautulis dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan
4.4Menulis cerita sejarah langsung menggunakan memerhatikan kebahasaan


3.5Mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna tersirat.

3.5Mengidentifikasi unsur-unsur ceramah, kebahasan, isi kabar berupa pertarungan aktual yang tersaji pada ceramah
3.5Mengidentifikasi kabar (pendapat, alternatif solusi dan simpulan terhadap suatu informasi) dalam teks editorial

4.5Mengonstruksi makna implisit dalam sebuah teks anekdot.
4.5Menyusun bagian-bagian krusial berdasarkan perseteruan aktual menjadi bahan buat tersaji pada ceramah
4.5Menyeleksi ragam berita sebagai bahan teks editorial

3.6Menganalisis struktur dan kebahasaan teks anekdot.
3.6Menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan pada ceramah.
3.6Menganalisisstruktur serta kebahasaan teks editorial
4.6Menciptakan kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur, serta kebahasaan.
4.6Mengkonstruksi ceramah tentang konflik aktual menggunakan memerhatikan aspek kebahasaan serta menggunakan struktur yang tepat.
4.6Merancang teks editorial menggunakan memerhatikan struktur serta kebahasaan .
3.7Mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yg terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik ekspresi juga tulis.
3.7Menemukan buah-butir penting berdasarkan satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca
3.7Menilai isi dua kitab fiksi (perpaduan cerita pendek atau perpaduan puisi) serta satu kitab pengayaan (nonfiksi) yg dibaca
.
4.7Menceritakan pulang isi cerita warga (hikayat) yang didengar serta dibaca.


4.7Menyusun laporan buah-butir penting dari satu kitab pengayaan (nonfiksi)
4.7Menyusun laporan output diskusi buku tentang satu topik
3.8Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan cerita warga serta cerpen.

3.8Mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek yang dibaca
3.8Menafsir pandangan pengarang terhadap kehidupan pada novel yang dibaca


4.8Mengembangkan cerita rakyat (hikayat) ke dalam bentuk cerpen menggunakan memerhatikan isi serta nilai-nilai.
4.8Mendemonstrasikan salah satu nilai kehidupan yg dipelajari pada cerita pendek
4.8Menyajikan output interpretasi terhadap pandangan pengarang
3.9Menyebutkan butir-buah krusial menurut 2 kitab nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel yg dibacakan nilai-nilai dan kebahasaan cerita warga dan cerpen.

3.9Menganalisisunsur-unsur pembangun cerita pendek dalam kitab deretan cerita pendek
3.9Menganalisisisi dan kebahasaan novel
4.9Menyusun ikhtisar dari dua kitab nonfiksi (buku pengayaan) serta kompendium dari satu novel yang dibaca.
4.9Mengkonstruksi sebuah cerita pendek menggunakan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen.














4.9Merancang novel atau novelet dengan memerhatikan isi dan kebahasaan.
3.10Mengevaluasipengajuan, penawaran serta persetujuan dalam teks perundingan verbal maupun tertulis.
3.10Menemukanbutir-buah krusial menurut dua kitab pengayaan (nonfiksi) yang dibaca

3.10Mengevaluasi warta, baik berita juga opini, pada sebuah artikel yang dibaca
4.10Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan serta epilog dalam teks perundingan secara mulut atau tulis.

4.10Mempertunjukkan kesan eksklusif terhadap keliru satu buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk teks eksplanasi singkat
4.10Menyusun opini dalam bentuk artikel
3.11Menganalisisisi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran,persetujuan,penutup) serta kebahasaan teksnegosiasi.

3.11Menganalisis pesan menurut satu kitab fiksi yg dibaca.

3.11Menganalisis kebahasaan artikel dan/atau kitab ilmiah

4.11Mengkonstruksikan teks perundingan dengan memerhatikan isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran,persetujuan,penutup) dan kebahasaan.

4.11Menyusun ulasan terhadap pesan berdasarkan satu kitab fiksi yg dibaca.
4.11Mengonstruksi sebuah artikel dengan memerhatikan fakta dan kebahasaan
3.12Menghubungkan pertarungan/ berita, sudut pandang serta argumen beberapapihak serta simpulan berdasarkan debat buat menemukan esensi menurut debat.
3.12Menentukan informasi krusial yg terdapat dalam proposal aktivitas atau penelitian yang dibaca
3.12Membandingkan kritik sastra dan esai menurut aspek pengetahuan dan pandangan penulis
4.12Mengonstruksi perseteruan/info, sudut pandang serta argumen beberapapihak, dan simpulan berdasarkan debat secara mulut buat menunjukkan esensi menurut debat.
4.12Melengkapi warta dalam proposal secara ekspresi agar lebih efektif
4.12Menyusun kritik serta esai menggunakan memerhatikan aspek pengetahuan dan pandangan penulis
3.13Menganalisisisi debat (perseteruan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapapihak, serta simpulan).

3.13Menganalisis isi, sistematika, dan kebahasaansuatu proposal

3.13Menganalisissistematika serta kebahasaan kritik serta esai
4.13Mengembangkan pertarungan/isu menurut berbagai sudut pandang yg dilengkapi argumen dalam berdebat.
4.13Merancang sebuah proposal karya ilmiah menggunakan memerhatikan warta, tujuan, dan esensi karya ilmiah yg diperlukan
4.13Mengonstruksi sebuah kritik atau esai dengan memerhatikan sistematika dan kebahasaan
3.14Menilai hal yg bisa diteladani dari teks biografi
3.14Mengidentifikasi berita, tujuan serta esensi sebuah karya ilmiah yang dibaca
3.14Mengidentifikasi nilai-nilai yg terdapat pada sebuah buku pengayaan (nonfiksi) serta satu buku drama (fiksi)
4.14Mengungkapkan balik hal-hal yg bisa diteladanidari tokoh yg masih ada pada teks biografiyang dibaca secara tertulis.

4.14Merancang keterangan, tujuan, serta esensi yang harus tersaji pada karya ilmiah
4.14Menulis refleksi mengenai nilai-nilai yang terkandung pada sebuah buku pengayaan (nonfiksi) serta satu kitab drama (fiksi)
3.15Menganalisis aspek makna dan kebahasaan pada teks biografi.


3.15Menganalisis sistematika serta kebahasaan karya ilmiah


4.15Menyusun teks biografi tokoh
4.15Mengonstruksi sebuah karya ilmiah dengan memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan.
3.16Mengidentifikasi suasana, tema, serta makna beberapa puisi yg terkandungdalam antologi puisi yang diperdengarkan atau dibaca.
3.16Membandingkan isi banyak sekali resensi buat menemukan sistematika sebuah resensi
4.16Mendemonstrasikan (membacakan atau memusikalisasikan) satu puisi dari antologi puisi atau perpaduan puisi denganmemerhatikan vokal, ekspresi, dan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo)
4.16Menyusun sebuah resensi menggunakan memerhatikan hasil perbandingan beberapa teks resensi
3.17Menganalisisunsur pembangun puisi.


3.17Menganalisis kebahasaan resensi setidaknya 2 karya yang berbeda.

4.17Menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangunnya.
4.17Mengkonstruksi sebuah resensi dari bukukumpulan cerita pendek atau novel yang telah dibaca.
3.18Menganalisis isi berdasarkan minimal satu kitab fiksi serta satu buku nonfiksi yang telah dibaca.
3.18Mengidentifikasi alur cerita, babak demi babak, serta konflikdalam drama yg dibaca atau ditonton
4.18Mereplikasi isi buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk resensi.
4.18Mempertunjukkan keliru satu tokoh pada drama yg dibaca atau ditonton secara lisan

3.19Menganalisis isi dan kebahasaan drama yg dibaca atau ditonton
4.19Mendemonstrasikan sebuah naskah drama menggunakan memerhatikan isi serta kebahasaan
3.20Menganalisis pesan berdasarkan dua buku fiksi (novel serta kitab gugusan puisi) yang dibaca
3
4
4.20Menyusun ulasan terhadap pesan dari 2 kitab kumpulan puisi yg dikaitkan menggunakan situasi kekinian

Unduh Lampiran Permendikbud Nomor24 tahun 2016 Klik //drive.google.com/open?Id=1L5wnIApkE5fcrdz5POFYPA_hwu3uD0zg
Unduh Silabus Bahasa IndonesiaSMA/Sekolah Menengah Kejuruan Klik (3 Kolom) //drive.google.com/open?Id=1Dju6fOwu1iuFIGNZ5sFD0WGJGPt7TPeY
Unduh Pedoman Mata Pelajaran BahasaIndonesia Sekolah Menengah Atas/SMK Klik //drive.google.com/open?Id=1Sc8SUm8ymEa5dYxTlxWUh6zp4DeYA61B

Baca juga

1. MATERI PEMBELAJARAN KELAS X TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI KLIK //cara-pramuka.blogspot.com/2018/07/materi-pembelajaran-teks-laporan-hasil.html
2. MATERI PEMBELAJARAN KELAS XI TEKS PROSEDUR KLIK //cara-pramuka.blogspot.com/2018/07/materi-pembelajaran-teks-prosedur.html
3. MATERI PEMBELAJARAN KELAS XII SURAT LAMARAN PEKERJAAN KLIK //cara-pramuka.blogspot.com/2018/07/materi-pembelajaran-surat-lamaran.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel