LANGKAHLANGKAH MENYUSUN SOAL HOTS FORMAT KISIKISI SOAL HOTS DAN KARTU SOAL HOTS


LANGKAH-LANGKAH MENYUSUN SOAL HOTS
HOTSatau higher order thinking skill merupakan proses berpikir taraf tinggi. Dalamtaksonomi bloom yg direvisi Anderson menduduki level C4, C5 serta C6, analisis,penilaian. Serta ciptaan. HOTS adalahkemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, serta berpikir kreatifyang adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi
Guru dituntut buat melakukanproses pembelajaran yang HOTSsehingga muaranya siswa sanggup menuntaskan soal HOTS. Soal HOTSharus bisa mengukur transferof knowledge, Problem solving dan Criticalthinking. Soal HOTS merupakaninstrumen pengukuran yg dipakai buat mengukur keterampilan berpikirtingkat tinggi, yaitu keterampilan berpikir yang tidak sekadar mengingat (remember), memahami (undestand), atau menerapkan (apply).
Langkah-Langkah Menyusun Soal HOTS
Untuk menulis butir soal HOTS, penulis soal dituntut untuk dapatmenentukan konduite yang hendak diukur serta merumuskan materi yg akandijadikan dasar pertanyaan (stimulus) dalam konteks tertentu sinkron denganperilaku yang diperlukan. Selain itu uraian materi yang akan ditanyakan (yangmenuntut penalaran tinggi) tidak selalu tersedia pada dalam kitab pelajaran. Olehkarena itu dalam penulisan soal HOTS,diperlukan dominasi materi ajar, keterampilan dalam menulis soal (kontruksisoal), serta kreativitas pengajar dalam memilih stimulus soal sesuai dengan situasidan kondisi daerah di kurang lebih satuan pendidikan.berikut dipaparkanlangkah-langkah penyusunan soal-soal HOTS.
1. Menganalisis KD yang dapatdibuat soal-soal HOTS
Terlebih dahulu pengajar-pengajar memilihKD yang dapat dibuatkan soal-soal HOTS. Tidak semua KD bisa dibuatkanmodel-model soal HOTS. Pengajar-gurusecara berdikari atau melalui lembaga MGMP bisa melakukan analisis terhadap KDyang dapat dibuatkan soal-soal HOTS.
2. Menyusun kisi-kisi soal
Kisi-kisi penulisan soal-soal HOTSbertujuan buat membantu para pengajar dalam menulis butir soal HOTS. Secaraumum, terali tadi dibutuhkan buat memandu guru pada: (a) memilih KDyang dapat dibentuk soal-soal HOTS, (b) menentukan materi pokok yg terkait denganKD yang akan diuji, (c) merumuskan indikator soal, dan (d) menentukan levelkognitif.
3. Memilih stimulus yg menarikdan kontekstual.
Stimulus yg digunakan hendaknyamenarik, merupakan mendorong peserta didik buat membaca stimulus. Stimulus yangmenarik umumnya baru, belum pernah dibaca sang peserta didik. Sedangkanstimulus kontekstual berarti stimulus yg sesuai menggunakan fenomena dalamkehidupan sehari-hari, menarik, mendorong siswa buat membaca.dalamkonteks Ujian Sekolah, pengajar dapat menentukan stimulus dari lingkungan sekolah ataudaerah setempat.
4. Menulis buah pertanyaan sesuaidengan kisi-kisi soal
Butir-buah pertanyaan ditulissesuai menggunakan kaidah penulisan buah soal HOTS.Kaidah penulisan butirsoal HOTS, agak tidak sinkron menggunakan kaidah penulisan buah soal pada umumnya.
Perbedaannya terletak dalam aspekmateri, sedangkan pada aspek konstruksi dan bahasa relative sama. Setiap butirsoal ditulis dalam kartu soal, sesuai format terlampir.
5. Membuat pedoman penskoran(rubrik) atau kunci jawaban
Setiap buah soal HOTS yangditulis hendaknya dilengkapi menggunakan pedoman penskoran atau kuncijawaban.pedoman penskoran dibuat buat bentuk soal uraian.sedangkan kuncijawaban dibuat buat bentuk soal pilihan ganda, pilihan ganda kompleks(sahih/salah , ya/tidak), serta isian singkat.


TRIKDAN TIPS MENYUSUN SOAL HOTS
1.gunakan Konteks Dunia Nyata
Contohsoal
SoalA.1 (nir memakai konteks global konkret)
Seorangpeneliti menetapkan taraf signifikansi 0,05. Berapakah nilai uji signifikansiyang bisa dapat diterima buat menolak hipotesis penelitian? 
SoalA.2 (memakai konteks global nyata)
Seorangpeneliti membandingkan berat badan dua kelompok buat meneliti efektivitas obatpelangsing. Peneliti tadi tetapkan taraf signifikansi 0,05. Hasil ujisignifikansi memperoleh nilai 0,017. Apakah yang bisa disimpulkan olehpeneliti tersebut?
Penjelasan: PenyajianKasus Nyata memungkinkan proses menyelidiki informasi

2.berikan Pertanyaan yg terkait analisis visual
Contohsoal
SoalB.1
Apakahperan burung Elang dalam suatu rantai makanan?
SoalB.2
Cermatigambar berikut!


Seorangilmuwan berhasil menemukan pestisida digdaya pembasmi ulat sebagai akibatnya jumlah ulatmenurun menggunakan drastis. Apakah yang akan terjadi kepada Elang?
Penjelasan: Melaluianalisa visual bagan yg kompleks, maka taraf berfikir ordenya lebih tinggi
3.tanyakan alasan berdasarkan jawaban yang diberikan
Abadke-21 adalah abad digital dan abad warta. Arus warta yang begitu derasberdampak negatif terhadap disintegrasi bangsa. Misalnya peristiwa SARA pada suatusekolah yg belum terverifikasi kebenarannya, diunggah seseorang pelajar dimedia sosial. Berita tersebut akan cepat beredar ke masyarakat luas sehinggamemicu konflik antar gerombolan . Oleh karena itu, pembatasan penggunaan mediasosial harus diterapkan kepada seluruh pelajar.  
SetujukahKamu menggunakan pernyataan tersebut? Jelaskan alasanmu!
4.soal pilihan ganda dan soal objektif DAPAT mengukur HOTS


Sumber
Widana, I Wayan. 2017. ModulPenyusunan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jakarta:Direktorat Pembinaan SMA Direktorat JenderalPendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan 
BACA JUGA

1. MENGAPA HOTS? KLIK //cara-pramuka.blogspot.com/2018/10/mengapa-hots.html


2. MENYUSUN DESAIN PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS KLIK //cara-pramuka.blogspot.com/2018/09/langkah-langkah-menyusun-desain.html


3. RPP BERORIENTASI HOTS KLIK //cara-pramuka.blogspot.com/2018/09/contoh-rpp-berorientasi-hots-mata.html


4. SOAL HOTS PADA UJIAN NASIONAL KLIK //cara-pramuka.blogspot.com/2018/09/oal-hots-pada-ujian-nasional-un-mata.html
Unduh 
1. Modul Penyusunan Soal HigherOrder Thinking Skill (HOTS) KLIK //drive.google.com/open?Id=1Ch-Vb9iyp_BYlJ3lKzQjQrghxnjh9QgF
3.format Kartu Soal HOTS Pilihan Ganda KLIK //drive.google.com/open?Id=1GahcMLPfRI6enQ3kuSbUBeomyo66Xy9i
5.format Istrumen Telaah Soal HOTS Pilihan Ganda serta Uraian KLIK //drive.google.com/open?Id=1vbmKCIr1KqRqQvj58PNOJWo08eB8stuq
6. PPTMateri Workshop Penyusunan Soal HOTS KLIK //drive.google.com/open?Id=1w-AIgeAU4YkJWCsg1U6YRJ5HniFT21KC

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel