ZUHRI INDONESIA PEMBAHASAN SOAL UN BAHASA INDONESIA 2018/2019 SMA/MA NOMOR 18 KALIMAT TIDAK PADU



18.cermatiparagraf berikut!
(1)Lagi-lagi gaya hayati yg nir sehat dituduh menjadi salah satu biangkeladimenurunnya fungsi otak.(2) kebiasaan makan makanan yang galat bisa dianggap menjadi model. (3)Apalagi, maraknya kuliner yg “enak-enak” berkadar gula, garam, serta lemaktinggi yang dijajakan membuat kita kerap tidak kuasa menahan diri. (4) Hal inidapat kita lakukan menggunakan pengecekan gula darah, kadar asam urat, serta tensi kelaboratorium. (5) akibatnya, aliaran darah ke otak terhambat oleh pengerasandan penyempitan pembuluh darah.
Kalimat nir padu dalam paragraftersebut terdapat dalam kalimat angka . . .
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (lima)
Kunci Jawaban: D
Pembahasan 
Kalimat nir padu merupakankalimat yg tidak memiliki korelasi menggunakan kalimat lainnya pada suatuparagraf. Kalimat nir padu pada paragraf tersebut merupakan kalimat bernomor(4). Kalimat bernomor (1), (dua), (tiga), dan (lima) berisi gaya hayati yg tidaksehat, sedangkan kalimat bernomor (4) berisi pemeriksaan kesehatan. 
RINGKASAN MATERI
KALIMAT TIDAK PADU DALAM PARAGRAF
Kalimat nir padumerupakan kalimat yang tidak memilikikorelasi dengan kalimat lainnya pada suatu paragraf. Kalimat nir padu jugaseringkali bertentangan dengan ide paragraf yang hendak disampaikan. Kalimatini bisa saja terjadi karena kesalahan penulisan pada saat menyisipkan gagasanke dalam kalimat. Berikut beberapa ciri dari kalimat tidak padu :
a. Kalimat nir padu seingkalibertentangan dengan ide pokok pada kalimat utama dalam paragraf. Jika pembacamencermati tiap kalimat pada paragraf, maka akan dengan mudah mengidentifikasikalimat tak padu tersebut.
b. Kalimat nir padu jika diperhatikan konten kalimatnya tidak sambung atautidak berkesinambungan serta tidak mendukung kalimat lainnya dalam paragraf.
c. Kalimat tidak padu seringkali keluar berdasarkan inti pertarungan yg sedangdibicarakan dalam kalimat.
Hal-hal yg harus dilakukan gunamengidentifikasikan kalimat sumbang merupakan terlebih dahulu menentukan kalimatutama yang memuat ide pokok paragraf. Setelah itu tentukan beberapa kaliamapenjelas yg mendukung dan berkesesuaian dengan kalimat utama. Jika terdapatkalimat yg nir sambung dengan kalimat primer serta penjelas, maka dapatdipastikan bahwa kalimat tersebut adalah kalimat tidak padu.
Contoh Kalimat Tak Padu
Contoh 1 :
(1) Andi merupakan anak yg cerdas.(dua) Tak heran apabila dirinya selalu menerima peringkat pertama pada kelasnya.(tiga) Beberapa kali juga ia sempat mewakili sekolahnya dalam ajang perlombaancerdas cermat ataupun olimpiade sains. (4) beliau pula tak jarang memboyong banyaktropi pada beberapa event perlombaan sejenis Lomba Cepat Tepat (LCT). (5) Karenadianggap sebagai siswa yang cerdas, dia seringkali dimintai tolong sang gurunyauntuk membimbing teman-temannya yg merasa kesulitan pada hal materipelajaran sekolah. (6) Andi sangat piawai sekali pada memainkan bidak caturpada pertandingan peringatan kemerdakaan RI minggu kemudian. (7) Di tahun terakhirsekolahnya ia tidak lagi bingung buat mencari tempat berkuliah. (8) Ia telahditerima pada salah satu pergutuan tinggi negeri terkemuka di Indonesia danmendapatkan beasiswa penuh selama studi.
Penjelasan :
Kalimat satu yakni “Andi adalahanak yg cerdas“ merupakan kalimat utama yg memuat ilham utama paragraf.kalimat lainnya berperan sebagai kalimat penjelas yang berkaitan menggunakan kalimatutama kecuali dalam kalimat nomor 6 yakni “Andi sangat piawai sekali dalammemainkan bidak catur pada pertandingan peringatan kemerdakaan RI minggu lalu.”Kalimat tersebut menyimpang dari fokus kasus yang dibahas dalam kalimat utamadan kalimat penjelas.
Contoh dua :
(1) Nugroho sangat menyukai animeonepiece. (dua) Tak hanya menyukai alur ceritanya, beliau jua sangat senang denganlagu-lagu yg sebagai Oroginal Soundtrack (OST) menurut manga karya Eichiro Odhaini. (3) Koleksinya hingga kini sudah mencapai 75 butir komik dan 750 serialanimenya. (4) Nugroho juga sangat menyukai butir anggur dan pisang. (lima) Iamengaku sangat mengagumi beberapa tokoh yang ada dalam cerita anime inidiantaranya merupakan Monkey D. Luffy, Potgas D. Ace, Akagami No Shanks, TrafalgarLaw serta lainnya. (6) Dalam komunitas sosialnya, Nugroho tergabung pada sebuahkomunitas pecinta serial animasi Jepang ini.
Penjelasan :
Kalimat satu yakni “Nugroho sangatmenyukai anime onepiece “ adalah kalimat utama yg masih ada gagasan utamaparagraf. Sedangkan kalimat lainnya berperan sebagai kalimat penjelas yangmendukung gagasan kalimat utama kecuali yg masih ada dalam kalimat angka 4yakni “(4)Nugroho jua sangat menyukai buah anggur dan pisang.” Kalimat angka 6tersebut nir sesuai serta tidak terdapat hubungannya dengan gagasan serta intimasalah yang dibahas dalam kalimat Utama.
Contoh tiga :
(1) Pesisir Barat adalah salahsatu kabupaten yang terdapat pada Provinsi Lampung yang menyimpan surga destinasiwisata. (2) Provinsi hasil pemekaran dari kabupaten Lampung Barat ini merupakansurga bagi para pecinta destinasi wisata pantai. (tiga) Ikan-ikan segar banyakterdapat pada pasar ikan kota Krui yg dihasilkan sang para nelayan setempat.(4) Banyak turis domestik juga mancanegara yg mengunjungi pantai-pantaiyang terdapat di kabupaten ini hanya buat menikmati estetika panorama alamnyaataupun hendak berselancar.
Penjelasan :
Kalimat satu pada paragraf di atasmerupakan kalimat primer yang mengandung pandangan baru pokok paragraf. Kalimat-kalimatlainnya semestinya berperan menjadi kalimat penjelas yang mendukung kalimatutama. Pada pragraf pada atas kalimat yg tidak berkesinambungan menggunakan kailmatutama dan kalimat penjelas masih ada dalam kalimat angka 3 yakni “Ikan-ikan segarbanyak terdapat pada pasar ikan kota Krui yg didapatkan sang para nelayansetempat.” Kalimat ini bertentangan dengan fokus kasus yang terdapat pada kalimatutama yakni yg membahas mengenai destinasi wisata kabupaten Pesisir Barat.
Contoh 4 :
(1) Di sekolah baruku terdapatbermacam-macam kegiatan ektrakulikuler. (2) Bagi murid yg menyukai kegiatanolah raga mampu menentukan klub bulu tangkis, sepak bola, voli, basket, sepaktakraw, serta masih poly lagi. (tiga) Adapula klub-klub musik misalnya klub dangdut,rock, jaz, serta keroncong yang dapat dipilih dari kesukaan musikmasing-masing murid. (4) Semua anggota klub sangat menyukai mie ayam kantin PakHusein. (5) Di bidang olah raga bela diri sekolahku jua memfasilitasi berbagaijenis seni bela diri diantaranya adalah pencak silat, taekwondo, wushu, dankarate.(6) Selain itu ada jua klub jurnalistik, fotografer, pecinta film, danmasih poly lagi.
Penjelasan :
Kalimat primer di atas ditunjukanpada kalimat pertama yakni “Di sekolah baruku masih ada bermacam-macam kegiatanektrakulikuler”. Kalimat lainnya berkedudukan sebagai kalimat penjelas yangsaling berkaitan menggunakan kalimat primer kecuali dalam kalimat no 4 yakni “Semuaanggota klub sangat menyukai mie ayam kantin Pak Husein.” Kalimat no empattidak ada kaitannya sama sekali dengan wangsit utama yang ada dalam paragraftersebut.(//www.bahasaindonesiaku.net/2016/01/pengertian-serta-model-kalimat-tidak sinkron-tidak-padu-lengkap.html)

BACA JUGA

SOAL DAN PEMBAHASAN UN 2016/2017 TENTANG KALIMAT TIDAK PADU KLIK //cara-pramuka.blogspot.com/2017/09/pembahasan-soal-un-20162017-bahasa.html



14. Kalimat Utama serta KalimatPenjelas dalam Paragraf Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_27.html
26. Melengkapi Teks menggunakan Ungkapanyang Tepat Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_2.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel