KISIKISI SOAL UJIAN NASIONAL BAHASA INDONESIA SMA/MA PROGRAM IPA/IPS


KISI-KISI SOAL UJIAN NASIONAL BAHASA INDONESIASMA/MA PROGRAM IPA/IPS

A. RUANG LINGKUP MATERI: MEMBACA NONSATRA

1.Memaknai kata/kata

2.Mengidentifikasi informasitersurat

a.Kalimat informasi serta opini

b.Informasi tersurat pada bacaan

c.Keistimewaan serta keteladanan tokohdalam teks biografi

d.Mengidentifikasi InformasiTersurat pada Teks Biografi

3.Menemukan ide pokok

4.Menemukan inti kalimat

5.Menentukan makna rujukan

6.Menyimpulkan isi tersirat dalamteks

a.Tujuan penulis

b.Opini redaksi pada tajuk rencana

c.Pihak yang dituju dalam tajukrencana

7.Menentukan kalimat utama

8.Menyimpulkan disparitas ataupersamaan isi

9.Mengomentari isi teks


B. RUANG LINGKUP MATERI: MEMBACA SASTRA

1.Mengidentifikasi serta memaknai katasimbolik/majas/kias pada karya sastra

a.Kata simbolik

b.Majas

2.Memaknai isi tersurat pada karya sastra

a.Maksud gurindam

b.Cara penggambaran tabiat tokoh

3.Menyimpulkan isi tersirat dalamcerpen/novel (pertarungan, sebab pertarungan, dampak perseteruan, amanat, nilai -nilai)

a.Konflik cerita

b.Amanat cerita

c.Nilai cerita

4.Membandingkan isi, pola penyajian, danbahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur)

5.Membuktikan simpulan menggunakan data padakarya sastra (bukti watak, seting, nilai)

a.Bukti tabiat tokoh

b.Bukti latar/settting

c.Kaitan isi novel dengan kehidupan masakini

6.Menilaikeunggulan/kelemahan karya sastra

a.Kalimat keunggulan/ kelemahan cerita

b.Kalimat tanggapan/esai

7.meringkas isi karya sastra

C. RUANG LINGKUP MATERI: MENULIS TERBATAS

1.Melengkapi unsur teks eksposisi

2.Melengkapi unsur teks pelukisan

3.Melengkapi unsur teks argumentasi

4.Melengkapi unsur teks ulasan

5.Melengkapi teks prosedur

6.Melengkapi teks sastra (prosa, puisi,drama)

7.Menggabungkan kalimat (mengurutkankalimat acak)

8.Memvariasikan kalimat yang bertujuansama

a.Peribahasa

b.Ungkapan

D. RUANG LINGKUPMATERI: MENYUNTING KATA, KALIMAT, DAN PARAGRAF

1.Mengidentifikasi kesalahan penggunaankata/kata

2.Mengidentifikasi kalimat tidak padudalam paragraf

3.Menggunakan kata bentukan (mengisisesuai kaidah bentukan kata)

a.Kata berimbuhan

b.Kata ulang

4.Mengisi menggunakan konjungsi yg sesuai

5.Memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat

6.Menentukan alasan kesalahan dari segipilihan istilah, kalimat dalam paragraph 

E. RUANG LINGKUP MATERI: MENYUNTINGEJAAN DAN TANDA BACA

1.Mengidentifikasi kesalahan penggunaanejaan (judul, sapaan/gelar, nama geografi, nama diri, istilah tugas)

2.Menggunakan pertanda baca

3.Menggunakan ejaan

4.Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan

5.Menentukan alasan kesalahan dari segiejaan dan indikasi baca 



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel