PEMBAHASAN SOAL UN BAHASA INDONESIA SMA/MA TAHUN 2018/2019 NOMOR 31 KATA ULANG


31. Cermati paragraf Berikut!
Akumenjauhi trotoar, berjalan beberapa langkah dengan wajah tengadah. Laludari tengah jalan seraya mengatupkan ke 2 tangan agar membentuk corong disekitar verbal, saya berteriak sekeras-keras: “ Lihat saja, aku sanggup lebih darikalian. Aku bisa, aku pasti mampu!!” Semua orang melihatku, tapi aku tidakpeduli. Aku lebih memilih melanjutkan berjalan menuju rumah menggunakan mataberkaca-kaca, sembari pada hati memohon, “Ibu, tolong bantu aku .” Denganperlahan-huma, aku berbisik dalam diriku sendiri. 
Perbaikan kata ulang dicetak miringpada paragraf tersebut merupakan . . . .
A. Keras-keras
B. Sekeras-kerasnya
C. Sekeras-keras
D. Keras-kerasan
E. Mengeras-keras
Kunci Jawaban: B
Pembahasan
Perbaikan istilah ulang tadi yangtepat adalah sekeras-kerasnya (opsiB). Kata ulang sekeras-kerasnyabermakna menyatakan tingkat paling.
RINGKASAN MATERI
Pembentukan Kata denganPengulangan
Reduplikasiatau perulangan adalah proses pengulangan istilah atau unsur istilah. Reduplikasi jugamerupakan proses penurunan kata dengan iterasi utuh juga sebagian(//id.wikipedia.org/wiki/Reduplikasi)
Pengulangan pada bahasa Indonesiajuga termasuk bagian dari proses pembentukan kata.
Dalam hal ini, khususnya pada ragam tulis, ditambahkan indikasi hubung pada antaraunsur yang
diulang serta unsur pengulangnya. Tanda hubung tersebut ditulis rapat, tidakdidahului atau diikuti
spasi.
Misalnya:
tanda
à tanda-tanda
lari -
àberlari-lari
kejar --
àberkejar-kejaran
tolong -
à tolong-menolong
tembak
àtembak-menembak
tanam
àtanam-tanaman
Catatan:
Bentuk ulang adonan istilah ditulis menggunakan mengulang unsur pertama.
Misalnya:
surat informasi ®surat-surat kabar
kapal barang ®kapal-kapal barang
rak kitab ®rak-rak buku
kereta barah cepat ® kereta-kereta api cepat
Mustakim. 2014. Bentuk dan Pilihan Kata. Jakarta:Pusat Pembinaan dan Pemasyarakatan
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan


PEMBAHASAN SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMA/MA 











14. Kalimat Utama serta KalimatPenjelas dalam Paragraf Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_27.html


















Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel