ZUHRI INDONESIA PEMBAHASAN SOAL UN SMP/MTS BAHASA INDONESIA NOMOR 11 MENENTUKAN MAKNA UNGKAPAN



MENENTUKANMAKNA UNGKAPAN DALAM TEKS

11.bacalah kutipan cerita berikut!

Nasiborang tidak pernah diduga. Benar istilah orang bijak, jodoh, meninggal, senang dancelaka, itu misteri Tuhan. Manusia hanya mampu berikhtiar, namun Sang Kuasayang memilih. Namun, bukan berarti wajib pasrah. Berusaha merupakan Jalanterbaik. Bahkan, disukai Tuhan. Banyak orang yang tadinya biasa saja, datang-tibasetelah sekian saat jadi orang luar biasa. Ketua RT yg tiga tahun mengabdiitu telah menjadi orang penting pada perusahaan yang telah berdiri bertahunlamanya. Ia tengah dipercaya sebagai tangan kanan pimpinan perusahaan itu.

Maknaungkapan tangan kanan dalam kutipan cerita tadi merupakan….

A.orang kesayangan

B.orang kepercayaan

C.orang kebanggaan

Dkekeluargaan

Kunci Jawaban: B

Pembahasan

Kelompok istilah tangan kanan termasuk ungkapan, yaitu gerombolan kata atau gabungankata yang menyatakan makna spesifik (makna unsur-unsurnya tak jarang kali menjadikabur). Ungkapan adalah adonan kata yang maknanya sudah menyatu dan tidakditafsirkan dengan makna unsur yg membentuknya.

Makna ungkapan tangan kanan adalahorang kepercayaan atau pembantu utama (//kbbi.istilah.web.id/tangan-kanan/)

RINGKASAN MATERI
Pengertian Ungkapan

Ungkapan merupakan grup kata ataugabungan kata yang menyatakan makna khusus (makna unsur-unsurnya tak jarang kalimenjadi kabur); (//kbbi.web.id/ungkap)

Ungkapan adalah campuran katayang maknanya sudah menyatu dan nir ditafsirkan menggunakan makna unsur yangmembentuknya. (//id.wikibooks.org/wiki/Bahasa_Indonesia/Ungkapan)

Contoh:

ütinggihati : 'sombong'

üringankepala : 'gampang belajar'

üdarahdaging : 'anak kandung'

üdinginhati : 'tidak bersemangat

üuangpanas : 'uang nir halal'

üpanasrezeki : 'sukar mencari rezeki'

Langkah-langkah memilih ungkapanyang tepat sesuai ilustrasi

  1. Bacalah dengan cermat gambaran yang dimaksud.
  2. Data insiden-insiden atau penerangan-penjelasan pada ilustrasi.
  3. Tentukan gagasan pokok sesuai dengan peristiwa-insiden atau penjelasan-penerangan dalam ilustrasi tersebut.
  4. Cari dan tentukan ungkapan yg sinkron dengan gagasan utama ilustrasi. Untuk bisa menentukan ungkapan yg sinkron dengan ilustrasi wajib memahami makna ungkapan-ungkapan.

Contoh soal

1.Memangtidak tahu diri anak itu. Sudah disoraki penonton masih tertawa juga. Bahkan,dia tampak sangat percaya diri. Padahal penampilannya jauh berdasarkan istilah menarik.ah, benar-benar nir punya rasa membuat malu anak itu.

Ungkapanyang sempurna menggambarkan isi paragraf tersebut adalah ... .

A.bermuka licin

B.bermuka dua

C.tebal muka

D.berminyak muka

2.kamu jangan memberi tahu rahasia ini kepada Narsih. Saya nir percayalagi kepadanya sejak kejadian itu. Dia sudah membeberkan rahasia keluarga sayakepada teman-teman kita pada sekolah ini sehingga sahabat-sahabat menjadi tahumasalah famili aku . Saya membuat malu sekali.

Ungkapanyang semakna menggunakan isi paragraf tadi merupakan merupakan ... .

A.panjang kalam

B.panjang ingatan

C.panjang lanjut

D. Panjang pengecap

BAHAN LES/PERSIAPAN UN TAHUNPELAJARAN 2018/2019 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA JENJANG SMP/MTs.

PEMBAHASAN SOAL UN TAHUN PELAJARAN2017/2018 BAHASA INDONESIA Sekolah Menengah pertama/MTs.


2. Menentukan MaksudKalimat/Kalimat Pro serta Kontra Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_28.html










12. Menentukan Pernyataan yangSesuai Isi Teks Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/09/12.html

13. Menentukan Keistimewaan Tokohdalam Teks Biografi Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-tahun-20172018.html

14. Menentukan Keteladanan Tokohdalam Teks Biografi Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/12/keteladanan-tokoh-dalam-teks-biografi.html



17. Menentukan Cara Penggambaran WatakTokoh Dalam Cerita Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/12/cara-pengarang-menggambarkan-tabiat.html





22. Menentukan Perbedaan PolaPengembangan Cerita Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/12/menentukan-perbedaan-pola-pengembangan.html



BEDAH KISI-KISI UN 2019 SMP/MTs.mapeL BAHASA INDONESIA KLIK //cara-pramuka.blogspot.com/2018/12/bedah-terali-un-2019-smpmts-mapel.html



RINGKASAN MATERI, SOAL DANPEMBAHASAN, KISI-KISI SOAL UJI COBA UN 2017/2018 SMP/MTs.

MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

BACA DI BLOG: BELAJAR PRAMUKA

  1. Pertanyaan yg jawabannya ada dalam teks


  1. Pernyataan yg sesuai dengan isi teks


  1. Makna istilah dalam teks


  1. Ide utama paragraf


  1. Kalimat primer paragraf


  1. Simpulan paragraf


  1. Kalimat persetujuan dalam teks


  1. Kalimat interaksi sebab akibat


  1. Kalimat yg memberitahuakn (bukti) tabiat tokoh cerita


  1. Konflik dalam cerita


  1. Amanat cerita


  1. Kalimat yang tidak padu pada teks


  1. Peristiwa yang tergambar dalam teks


  1. Teks laporan


  1. Urutan kalimat teks sastra


  1. Mengubah teks ke bentuk teks lain


  1. Perbaikan penulisan ejaan


  1. Perbaikan kalimat (kalimat efektif)


  1. Ringkasan teks


  1. Tokoh primer cerita


  1. Konflik, penyebab permasalahan, dan dampak konflik


  1. Amanat tersirat dan tersurat pada cerita


  1. Kalimat yang menyatakan keunngulan buku


  1. Struktur teks resensi


  1. Pendapat pro dan kontra


  1. Jenis-jenis teks mekanisme


  1. Melengkapi teks prosedur


  1. Menyunting teks prosedur


  1. Keistimewaan tokoh dalam teks biografi


  1. Keteladanan tokoh dalam teks biografi


  1. Fakta serta opini pada teks biografi


  1. Membandingkan nilai moral 2 teks fabel


  1. Membandingkan penggunaan bahasa dua teks fabel


  1. Bagian-bagian teks ulasan film/drama


  1. Cara memvariasikan kalimat


  1. Pemakaian indikasi titik dua (:) dan koma (,)


  1. Makna simbol pada cerpen


  1. Menentukan bagian alur cerpen


  1. Syarat-kondisi paragraf yang baik


  1. Melengkapi kalimat menggunakan istilah yg tepat


  1. Melengkapi kalimat dengan kata bentukan


42.Menentukanmakna kata/istilah pada kalimat


  1. Melengkapi kalimat dengan kata penghubung


  1. Kalimat nir efektif


  1. Alasan penggunaan kata yang salah


  1. Penulisan alfabet kapital


  1. Penggunaan ejaan yg nir tepat


  1. Kesalahan penggunaan tanda baca


  1. Penggunaan ejaan yg tepat


  1. Alasan ketidaktepatan penggunaan indikasi baca







Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel