ZUHRI INDONESIA PEMBAHASAN SOAL UN BAHASA INDONESIA SMP/MTS TAHUN 2018/2019 NOMOR 7 KALIMAT SIMPULAN PARAGRAF


KALIMAT SIMPULANPARAGRAF
7. Bacalah teks berikut!
Bagi anak-anak, bermain merupakanaktivitas yang menyenangkan. Selain itu, bermain bisa digunakan buat melatihotak si kecil agar siap belajar. Belajar pun bisa menangani emosi. Hal inidapat diibaratkan otot, kalau nir dilatih nir akan terbentuk. Permainanmemiliki poly manfaat bagi anak dalam usia perkembangan. 
Simpulan isi teks tadi merupakan….
A. Bermain tidak punya kaitan dengankecerdasan anak.
B. Setiap anak usia perkembanganperlu diberikan permainan.
C. Permainan dapat mempengaruhikondisi emosional anak.
D. Permainan hanya menciptakan anakmenjadi senang semata. 
Kunci Jawaban: B
Pembahasan
Kalimat simpulan adalah pendapatterakhir yang dihasilkan menurut uraian yg telah disampaikan sebelumnya.simpulan dapat diperoleh menurut holistik isi bacaan yg terdapat pada paragraf. 
Kalimat simpulan yg sempurna sesuaiisi teks tersebut adalah Setiap anak usiaperkembangan perlu diberikan permainan.(opsi B).hal ini, berdasarkanisi pernyataan-pernyataan sebelumnya yang berisi penerangan mengenai manfaatpermainan buat hiburan serta menjadi sarana belajar.
Opsi A serta D nir sesuai denganisi teks. Opsi C adalah keliru satu pernyataan yg terdapat dalam teks. 
RINGKASAN MATERI
MENYUSUN KALIMAT SIMPULAN PARAGRAF 
Kalimat simpulan merupakan kalimatyang berisi opini atau pendapat akhir atas data-data yang ada dalam teks.rumusan kalimat simpulan bukan berupa keliru satu kalimat pada teks. 
Langkah-langkah menyusun kalimatsimpulan paragraf
1.Identifikasilahhal-hal penting pada teks.
2.Buatlahopini atau pendapat yang mencakupi keseluruhan hal penting tersebut.

Mengidentifikasi kalimat simpulanparagraf
1.Perhatikan ciri khusus kalimatsimpulan dalam paragraf contohnya kata jadi,oleh karena itu, dengan demikian, dan sebagainya
2.Perhatikan isi kalimat/pernyataan.kalimat simpulan berisi opini atau pendapat akhir yang meliputi holistik isiparagraf.
Contoh
Data kriminalitasmenunjukkan bahwa sebesar 5987 perkara kejahatan menimpa anak-anak. Hal initentu menyita perhatian publik. Pasalnya sebesar 2007 anak terlibat dalamtindak kejahatan, ad interim sisanya menjadi korban. Kasus kejahatan inimeliputi pencurian, pembegalan, narkoba, serta seks. Meningkatnya masalah kejahatanyang melibatkan anak-anak tentu menyita perhatian rakyat. Pendidikankarakter yg digadang-gadang dapat menciptakan karakter anak sesuai dengankarakter bangsa pun belum jelas terlihat. Pakar psikologi anak menjelaskanbahwa pendidikan karakter anak adalah tanggung jawab orang dewasa, meliputipendidikan orang tua, masyarakat / lingkungan, serta juga sekolah. Oleh karenaitu, pendidikan anak merupakan tanggung jawab beserta bukan hanya satu pihak. (//www.kelasindonesia.com/2015/06/pengertian-kesimpulan-cara-memilih-serta-misalnya.html)
Contoh Soal Menentukan Kesimpulan dari Paragraf
Cermatilah paragraf berikut!
      Banyak iklan yg menawarkan jasa buat menurunkan berat badan.ada yang melalui tusuk jarum, sedot lemak, minum jamu, atau minum teh hijau.jenis diet pun beragam. Ada diet macan yang lebih mementingkan konsumsidaging. Ada diet butir-buahan membatasi makan nasi serta kuliner berkarbohidrattinggi. Beragam kiat bisa dilakukan buat menurunkan berat badan ....
Simpulan yg sempurna buat melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A.kita tidak akan mengalami kesulitan buat menurunkan berat badan dan merawatkecantikan.
B.kaum perempuan berlomba-lomba melakukan diet dengan berbagai cara supaya terlihatcantik.
C.biaya yang diharapkan untuk menurunkan berat badan tidaklah mahal biladilakukan menggunakan berolahraga.
D.banyaknya iklan penawaran diet membingungkan konsumen buat menentukan cara yangefektif.
Jawaban:D
Pembahasan: 
Kalimat-kalimat sebelumnyamenjelaskan tentang beragam iklan yg memberikan jasa menurunkan beratbadan. Dengan demikian, kesimpulannya adalah “banyaknya iklan penawaran itu,dapat membingungkan konsumen buat memilihnya”.(//brendaandreansyah16.blogspot.com/2013/11/menentukan-konklusi-menurut-paragra.html)

BAHAN LES/PERSIAPAN UN TAHUNPELAJARAN 2018/2019 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA JENJANG SMP/MTs.

PEMBAHASAN SOAL UN TAHUN PELAJARAN2017/2018 BAHASA INDONESIA Sekolah Menengah pertama/MTs.


2. Menentukan MaksudKalimat/Kalimat Pro serta Kontra Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_28.html









RINGKASAN MATERI, SOAL DAN PEMBAHASAN SOAL UN MATA PELAJARANBAHASA INDONESIA
1.Pertanyaan yg jawabannya terdapat pada teks
2.Pernyataan yang sesuai menggunakan isi teks
3.Makna istilah pada teks
4.Ide utama paragraf
5.Kalimat primer paragraf
6.Simpulan paragraf
7.Kalimat persetujuan pada teks
8.Kalimat hubungan sebab akibat
9.Kalimat yang memperlihatkan (bukti) tabiat tokohcerita
10.Konflik pada cerita
11.Amanat cerita
12.Kalimat yg nir padu dalam teks
13.Peristiwa yang tergambar dalam teks
14.Teks laporan
15.Urutan kalimat teks sastra
16.Mengubah teks ke bentuk teks lain
17.Perbaikan penulisan ejaan
18.Perbaikan kalimat (kalimat efektif)
19.Ringkasan teks
20.Tokoh utama cerita
21.Konflik, penyebab konflik, serta dampak konflik
22.Amanat implisit serta tersurat pada cerita
23.Kalimat yang menyatakan keunngulan buku
24.Struktur teks resensi
25.Pendapat pro serta kontra
26.Jenis-jenis teks mekanisme
27.Melengkapi teks prosedur
28.Menyunting teks prosedur
29.Keistimewaan tokoh pada teks biografi
30.Keteladanan tokoh pada teks biografi
31.Fakta dan opini pada teks biografi
32.Membandingkan nilai moral 2 teks fabel
33.Membandingkan penggunaan bahasa dua teks fabel
34.Bagian-bagian teks ulasan film/drama
35.Cara memvariasikan kalimat
36.Pemakaian pertanda titik 2 (:) serta koma (,)
37.Makna simbol pada cerpen
38.Menentukan bagian alur cerpen
39.Syarat-syarat paragraf yang baik
40.Melengkapi kalimat dengan istilah yang sempurna
41.Melengkapi kalimat menggunakan kata bentukan
42.Menentukanmakna kata/istilah dalam kalimat
43.Melengkapi kalimat dengan kata penghubung
44.Kalimat tidak efektif
45.Alasan penggunaan istilah yg salah
46.Penulisan huruf kapital
47.Penggunaan ejaan yg tidak tepat
48.Kesalahan penggunaan pertanda baca
49.Penggunaan ejaan yang tepat
50.Alasan ketidaktepatan penggunaan pertanda baca


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel