KEBIJAKAN PELAKSANAAN UJIAN NASIONAL TAHUN 2019 BERDASARKAN RAPAT KOORDINASI PERSIAPAN UNBK JAKARTA 8 OKTOBER 2019


KEBIJAKANPELAKSANAAN UJIAN NASIONAL TAHUN 2019
RapatKoordinasi Persiapan UNBK
Jakarta,8 Oktober 2018

Beberapakebijakan Ujian Nasional 2019 
Kebijakan UN tahun 2019 nir jauh berbeda dengan kebijakan UN tahun 2018
Perbedaan pada Jadwal dan proyeksipeserta UN
MODAUJIAN
Mengutamakan UN Berbasis Komputer(UNBK)
• Sekolah Menengah Atas sederajat 100%
• SMP sederajat 100persen
UN Berbasis Kertas-Pensil (UNKP)
• Kasus tertentu saja
IsuStrategis Terkait menggunakan Pendataan
1.pemutakhirandata peserta didik pada kelas akhir Sekolah Menengah pertama/MTs sederajat dan Sekolah Menengah Atas/MA sederajat
2.pilihan mata pelajaran buat murid Sekolah Menengah Atas/MA (berbasis individu)
a. IPA : Fisika, Kimia, atau Biologi
b. IPS : Geografi, Sosiologi, atau Ekonomi
c. Bahasa : Antropologi, Sastra Indonesia atau Bahasa Asing (Mandarin, Jepang,Arab, Jerman atau Perancis)
3.data satuanpendidikan pelaksana UN
a. Status akreditasi
b. Moda UNBK
c. Moda UNKP
d. Mandiri
e. Bergabung
4.data Peserta UN
• Persyaratanpeserta UN
• Keterlambatan pendataan
• Data siswa berkebutuhan khusus yang mengikuti UN
5.data Pengawas
6.data proktor
7.data teknisi

SOALUJIAN
1. SoalUN berorientasi pada penalaran
(HOTS)
2. Bentuk soal pilihan ganda
3. Bentuk soal isian singkat untuk Matematika Sekolah Menengah Atas sederajat
Soal-soal UN terdiri dari tiga level:
1. Level 1 (pemahaman) sebanyak 25-30 %,
2. Level dua (aplikasi) sebanyak 50-60 %,
3. Level tiga (penalaran) 10-15 %. ➔ HOTS

PENGISIANJAWABAN SOAL ISIAN SINGKAT MATEMATIKA Sekolah Menengah Atas/MA/Sekolah Menengah Kejuruan/PAKET C DI LJUN (1)
37.diagram lingkaran berikut menunjukkan hobi berdasarkan siswa kelas XI IPS 2 SMA.


Diketahui 60 anak didik hobi menonton. Jumlah anak didik yang memiliki hobi membaca ada... Orang

CONTOHSOAL PENALARAN MATEMATIKA SMA
1. Dalam suatu kelas terdapat 22 anak didik. Pengajar mengadakan ulangan matematika.hasil ulangan
siswa diperoleh homogen-rata lima serta jangkauan 4. Jika nilai seorang anak didik yangpaling rendah dan
nilai seseorang siswa yang paling tinggi tidak disertakan, nilai homogen-rataberubah sebagai 4,9. Nilai
siswa yg paling rendah dan paling tinggi tersebut berturut-turut adalah ….
A. Dua dan 6
B. Tiga dan 7
C. 4 serta 8
D. 5 serta 9
E. 6 serta 10
Kunci: C





UNDUH PPT LENGKAP KEBIJAKAN UN 2019 KLIK //drive.google.com/open?Id=1N_s_IoCDlVk_7w-cdjIhD5qntPQLV-OK

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel