PEMBAHASAN SOAL UN BAHASA INDONESIA SMA/MA TAHUN 2019 NOMOR 47 MELENGKAPI PARAGRAF DESKRIPSI



MELENGKAPI PARAGRAF DESKRIPSI

47. Cermati paragraf berikut!

Iamencatat murid yang menunggak, menutup kitab , lalu meregangkan badan sambilmenguap. Buku dimasukkan ke laci serta serta mengeluarkan bungkusan menurut situ. Iakeluar, pulang ke tepian pangkal jembatan. … Pengajar tidak mengira bahwa daerahilalang dapat ditaklukkan begitu rupa.

Kalimat naratif yg tepatuntuk melengkapi paragraf tersebut merupakan . . .

A.Mereka kenal pada Guru, namun Gurutak mengenal mereka satu per satu hanya tahu bahwa mereka artinya tentara, yangditempatkan sebanyak satu kompi pada situ.

B.Sejak zaman Belanda ia sudahmenjadi Pengajar, beberapa kali sebagai pengurus organisasi, jadi penghulu, tetapibelum pernah cukup buat membeli sawah.

C.Semakin banyak orang yangmencontoh beliau membuka kebun karet dan cengkeh di sini akan semakin jauhpenduduk Tinjau Laut mencari perhumaan.

D.Mereka dahulu meninggalkan daerahperhumaan lalu mereka pergi ke wilayah gunung lantaran ingin mencari kehidupanyang layak.

E.Semak ilalang dekat jembatan yangdulu banyak ditumbuhi cerek-cerek, sejenis tanaman pemakan serangga,kini telah dibentuk lahan.

KunciJawaban: E

Pembahasan

Teksdeskripsi merupakan teks yang bertujuan mendeskripsikan suatu objek atau suatuperistiwa. Teks di atas mendeskripsikan suasana sekolah serta lading/lahanpertanian.

Untukmelengkapi paragraf pelukisan yang rumpang haruslah memilih kalimat yangberhubungan dengan kalimat sebelum dan sesudahnya. Kata-kata kunci untukmelengkapi paragraf tadi terdapat dalam kalimat sebelumnya yaitu ke tepian pangkal jembatandan kata ilalang pada sesudahnya. Denganmencermati isi kalimat sebelum dan sesudahnya maka kalimat yang sempurna untukmelengkapi paragraf tersebut adalah Semakilalang dekat jembatan yg dulu poly ditumbuhi cerek-cerek, homogen tumbuhanpemakan serangga, kini sudah dibuat huma. (opsi E).

RINGKASAN MATERI

MELENGKAPITEKS DESKRIPSI

Teksdeskripsi merupakan teks yg bertujuan memberikan citra atau kesan kepadapembaca terhadap objek, gagasan, tempat, insiden, dan semacamnya yg ingindisampaikan penulis. Dengan karangan ini,pembaca dapat dibentuk seolah-olah melihat, mendengar, merasakan, atauterlibat dalam peristiwa yang diuraikan penulis baik secara alat, akal,maupun emosi.

Langkah-langkahmelengkapi teks deskripsi

1.Cermati jenis teks serta tujuan teks. Teksdeskripsi bertujuan menggambarkan suatu objek. Kalimat-kalimat pada teksdeskripsi berisi kata-istilah yg bertujuan menggambarkan objek secaraterperinci.

2.Cermati isi kalimat sebelum serta sesudahbagian yg rumpang. Perhatikan pilihan istilah yg digunakan

3.Pilihlah kalimat yang berafiliasi dengankalimat sebelum serta selesainya bagian yg rumpang.

Contohteks deskripsi

Musim semi sudah tiba serta saljumencair di ladang-ladang serta lembah-lembah. Salju pada atas zenit-puncak gunungsecara berangsur-angsur mencair dan menggenangi jalan-jalan setapak yangberliku-liku menuju ke dalam lembah ngarai, bergabung menggunakan sebuah aliran airyang deras dan berdebur memperlihatkan kesadaran alam

Contohsoal melengkapi teks deskripsi.

1.Cermati paragraf pelukisan berikut!

Sungai Bengawan Solo saat  ini  airnya  berwarna  cokelat.  Sampah plastikdan sampah rumah tangga lainnya bertebaran pada badan sungai. Di pinggir sungai tersebut berdiripula industri yang menggelontorkan limbah ke sungai. ….

Paragraf pelukisan tersebut dapat dilengkapi menggunakan kalimat ….

A.   Di beberapa titik, bau menyengat pun tercium.

B.   Penduduk di bantaran sungai tak jarang membuang sampah ke sungai itu.

C.   Air sungai itu pun dipakai buat mencuci dan mandi.

D.   Pembuangan limbah ke sungai itu dapat mengancam lingkungan.

E.   Kondisi ini tentu saja sangat memprihatinkan kita.

2.Bacalah paragrafberikut!

Rumah bambu itu cukup jauh masuk darijalan utama. Selain sempit sekali (tiga x 3,5meter) tempat tinggal itu pula sangat sederhana. Sebuah dipan lengkap menggunakan kelambuantinyamukdan kipas angin kecil tertata apa adanya. [....] Kursi itu biasa digunakanSudiharjo melihat-lihat sekitar tempat tinggal . Satu alat-alat lagi yg selalu dekatdengan Sudiharjo merupakan pispot serta indera bantu jalan (kerk). Semuaperalatan tadi harus selalu tersedia supaya Sudiharjo bisa beraktivitas.

Kalimat sempurna buat melengkapi bagian rumpang dalamparagraf deskripsi tersebut merupakan ...

A. Sebuah kursi roda tergeletak di luar kamar.

B. Sebuah kursi roda diletakkan di luar kamar.

C. Sebuah kursi roda teronggok pada luar kamar.

D. Sebuah kursi roda didudukkan pada luar kamar.

E. Sebuah kursi roda tersimpan pada luar kamar.

3.Bacalah paragraf berikut menggunakan saksama !

Pantai Pasir Padi menyajikan pemandangan pantai yangmemesona. Lautnya yang membiru dan berpasir putih bersih memanjang sejauh matamemandang. Dengan ombak bahari yg hening, wisatawan bisa berjemur, mandi, atauberenang pada pantai ini. [ . . . ] Dua pulau ini terletak sekitar dua mildari bibir pantai.

Kalimat tepat buat melengkapi paragraf deskripsi tersebutadalah ....

A. Di Pulau Panjang wisatawan bisa melihat kesibukanpara nelayan.

B. Wisatawan dapat membeli serta menikmati hasiltangkapan ikan.

C. Pulau Semajun merupakan pulau mini yang tidakberpenghuni.

D. Para wisatawan akan selalu kembali menikmatipemandangan pantai yg latif.

E.wisatawan juga dapat berlayar menuju Pulau Panjang atau Pulau Semajun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel