SOAL HOTS PADA UJIAN NASIONAL UN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA/MA TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Thursday, August 12, 2021
Edit
SOALHOTS PADA UJIAN NASIONAL (UN) MATAPELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA/MA TAHUN PELAJARAN 2017/2018
HOTSatau higher order thinking skill merupakan proses berpikir tingkat tinggi. Dalamtaksonomi Bloom yg direvisi Anderson, HOTS menduduki level C4, C5 dan C6, analisis,penilaian. Serta ciptaan. HOTS adalahkemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatifyang adalah kemampuan berpikir taraf tinggi
Dalamsoal ujian nasional (UN) tahun pelajaran 2017/2018 mata pelajaran BahasaIndonesia soal HOTS mengkategorikan ke level kognitif penalaran (L3) meliputikompetensi menjadi berikut.
1.Membandingkan
2.Menunjukkanbukti
3.Menganalisis
4.Menanggapi/Mengomentari
5.Merefleksi
6.Mengevaluasi
7.Memvariasikan
Berikutcontoh soal HOTS dalam UN 2017/2018 mata pelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA
A.ruanG LINGKUP MATERI MEMBACA NONSASTRA
Indikatorsoal
Pesertadidik bisa membandingkan isi, pola penyajian, serta atau bahasa teks
Cermati teks berikut!
Teks 1 Seorangkakek hidup serumah bersama anak, menantu, serta cucu berusia 6 tahun. Keluargaitu biasa makan malam bersama. Si kakek yg telah pikun seringkali mengacaukan segalanya. Tangan bergetardan mata rabunnya membuat kakek susahmenyantap kuliner. Sendok dan garpu kerap jatuh. Saat si kakek meraih gelas,sering susu tumpah membasahi taplak. Anak serta menantunya sebagai gusar. Suami-istri itu lalu menempatkansebuah meja mini di sudut ruangan, tempat sang kakek makan sendirian. Merekamemberikan mangkuk melamin yang tidak gampang pecah. Saat keluarga sibuk denganpiring masing-masing, seringkali terdengar ratapkesedihan darisudut ruangan. Namun, suami-istri itu jusrtumengomel agar si kakek tidak menghamburkan makanan lagi.
Sang cucu yg berusia 6tahun mengamati semua insiden pada dalam diam. Suatu hari si ayah memerhatikananaknya sedang menciptakan replika mainan kayu.“Sedang apa, Sayang?” tanya ayah dalam anaknya. “Aku sedang membuat mejabuat ayah serta mak . Persiapan buat ayah dan ibu apabila aku besar nanti.” Ayah anakkecil itu pribadi terdiam.iaberjanji dalam hati, mulai hari itu, kakek akan balik diajak makan di mejayang sama. Tak kan ada lagi omelan saat piring jatuh, makan tumpah, atau taplakternoda kuah.
Teks 2
Di kantin sebuahuniversitas, Udin serta Tono, dua orangmahasiswa sedang berbincang-bincang.“Saya heran pada dosen ilmu politik, kalau ngajar selalu duduk, tidak pernah mau berdiri,” istilah Tono kepada Udin. Udin ogah-ogahan menjawab pertanyaan Tono.udin beranggapan bahwa masalah yang dibicarakan Tono itu nir krusial.
Namun, Tono permanen memintaagar Udin mau menduga teka-tekinya.
“Barangkali saja, dia capek atau kakinyatidak kuat berdiri,” jawab Udin merasa jengah. Ternyata jawaban Udin masih jugasalah. Menurut Tono, dosen yg pula pejabat itu tidak bersedia berdiri sebabtakut kursinya diambil oranglain.”
Mendengar pernyataan Tono, Udin menanyakan apa interaksi antaramenjadi dosen dan pejabat. “Ya, jika dia berdiri, takut kursinya diduduki orang lain.” kata Tono.
Persamaan kedua teks cerita tersebut merupakan . . .
A.menggunakan sudut pandang orang ketiga
B.menguraikan tabiat tokoh kakek serta dosen yang lugu
C.konflik mengenai masa depan tokohkakek dan dosen
D.latar cerita di tempat tinggal tokoh utama
E.tema cerita tentang kesabaran tokoh
Kunci Jawaban: A
B. RUANG LINGKUP MATERI MEMBACASASTRA
Indikator soal
1. Peserta didik bisa membuktikansimpulan menggunakan data pada karya sastra (bukti watak, setting, nilai)
Cermati kutipan berikut!
Bagi nenek, wibawa wajib terus dijaga agar orang pada luar griyamau menghargainya. Kenyataannya? Memang nenek sanggup mengatur famili. Bahkan Ida Bagus Tugur, suaminya,takkan berkutik hanya dengan batuk kecil. Anehnya, nenek hanya pandai membacakesalahan-kesalahan yg dibuat suaminya. Tapi beliau tidaklihai membaca kesalahan anak kesayangannya,anak lelaki satu-satunya yg teramat beliau kagumi serta terlalu tak jarang membuatmasalah itu. Pembuktian latarsuasanatidak nyaman dalam kutipantersebut merupakan . . .
A.Nenek selalu mempermasalahkan suaminya.
B.Nenek selalu menjaga wibawanya.
C.Nenek tidak bisa mengatur keluarga.
D.Cucu nenek sering membuat kasus.
E.Suami nenek tidak berkutik menggunakan batuk kecil.
Kunci Jawaban: E
2.peserta didik mengaitkan isi menggunakan kehidupan saat ini
Cermati kutipan cepen berikut!
Satu jam berlalu, kami terdiam danterhanyut dalam angan masing-masing. Persoalan yang kami hadapi waktu inibenar-sahih di luar batas kemampuan. Tapi saya konfiden bahwa Tuhan tidak membericobaan melebihi kemampuan hamba-Nya. Namun, Ranti Istriku, tetap ngotot danterus-menerus mendesakku. Kami masih tetap terdiam, aku berdiri dan berjalan kesana-ke mari. “Jangan mondar-mandir, Mas, cepat cari jalan keluar, kepalaku rasanyamau copot, lagi jua dilema ini tidak bisa menunggu, harus segera caripinjaman lantaran jika hujan turun menggunakan lebat takutmya tempat tinggal ini akan rubuh.”
Keterkaitan isi cerpendengan kehidupan sehari-hari adalah . . .
A.Suami umumnya tidakpeduli dengan perkara tempat tinggal tangga.
B.Seorang istri menuntut suami buat mencari penghasilan tambahan.
C.Istri lebih emosionaldalam mengatasi perseteruan daripada suami.
D.Perlu pinjaman dana yangbesar buat memperbaiki tempat tinggal .
E.Selalu terdapat jalan bilakita berusaha untuk memperbaiki rumah yg rubuh.
Kunci jawaban: C
C.ruanG LINGKUP MATERI MENULIS TERBATAS
Indikatorsoal peserta didik bisa memvariasikan kalimat yg bertujuan sama
Cermati kalimat berikut!
Jika kecelakaan menimpa Anda ketika sendirian dirumah serta mengalami pendarahan, terutama waktu masih sadar, segera hentikanpendarahan tadi. Gunakan handuk atau sejenisnya untuk menghentikanpendarahan.
Kalimattanya yg mempunyai tujuan sama dengan kalimat bercetak miring tadi adalah...
A.SudahkanAnda memakai handuk atau sejenisnya buat menghentikan pendarahan?
B.ApakahAnda telah menghentikan pendarahan dengan cepat serta sempurna?
C.Apakahhanduk atau sejenisnya bisa menghentikan pendarahan?
D.Mengapahanduk ataus sejenisnya digunakan buat menghentikan pendarahan?
E.Siapakahyang bisa menghentikan pendarahan pada saat kritis?
2.peserta didik bisa menggabungkan beberapa kalimat dengan konjungsi yg sesuai
KunciJawaban: A
Cermati paragrafberikut!
Diperlukan proses yang panjang untuk menghasilkan kopi luwak yang nikmat.biji kopi yang sahih-benar segar dan berwarna merah yg akan dipakai.…,biji kopi dipilih menggunakan memisahkan biji kopi yang segar serta busukdengan cara direndam. Biji kopi yang baik akan tenggelam, … yg busuk akanmengapung, … biji kopi teresbut diberikan kepada musang atau luwak jenisbinturong serta bulan (luwak pemakan kopi). Dalam proses ini, luwak mempunyaiperan yg sangat penting karena indera penciumannya hanya akan memilih bijikopi paripurna.
Konjungsi yang sempurna buat melengkapi paragraftersebut adalah . . .
A.kemudian,karena, sementara
B.sementara, bahkan, kemudian
C.selanjutnya,sedangkan, kemudian
D.kemudian,bahkan, selanjutnya
E.jika,sementara, kemudian
KunciJawaban: C
D.menyUNTING KATA, KALIMAT, DAN PARAGRAF
1.peserta didik dapat memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat
Cermati paragraf berikut!
Plaza Amabarroso akan menggelar JogjaFashion Festival (JFF) padabulanMaret 2017.JFF ke-10 ini akan menghadirkan sesuatuyang baru yang mana berupa “Fashion Show” kostum pria dengan memiliki temaMystique Man.Peragaan pakaian iniakan menjadisalah satu daya tarik padakegiatan yang digelar buat meramaikan ulang tahun Plaza Ambarroso. Kegiatankali ini menampilkan peragaan busana pria. Lelaki pun mempunyai gaya kostum yangtidak kalah menariknya menggunakan gaya kostum wanita.
Perbaikan kalimat yang dicetak miring padaparagraf tersebut adalah . . .
A.JFFke-10 ini dihadirkan menggunakan sesuatu yang baruyang berupa fashion show busana laki-laki dengan tema Mystique Man.
B.JFFke 10 ini menghadirkan sesuatu yang baruberupa fashion show busana priadengan mempunyai tema Mystique Man.
C.JFFkesepuluh ini akan hadirkan sesuatu yg baru berupa fashion show busana laki-laki dengan tema Mystique Man.
D.JFFkesepuluhini akan menghadirkan fashion show yang baru berupa pakaian pria dengantema Mystique Man.
E.JFFkesepuluh ini akan menghadirkan sesuatu yangbaru berupa fashion show denganbertema Mystique Man.
Kunci Jawaban: D
2. Peserta didik dapat menentukanalasan berdasarkan segi pilihan istilah/kalimat dalam paragraf
Cermati paragraf berikut!
(1) Berdasarkanhasil penelitian, tahun ini luas hutan bakau di Indonesia sangat berkurang sekalidibandingkan tahun lalu. (dua) Sebagian besar huma hutan bakau berubah fungsimenjadi tambak udang juga ikan. (3) Ada pula yang berubah fungsi menjadiwilayah indusrti maupun permukiman. (4) selain itu, terjadi penebangan hutanbakau yang sebagain besar dipakai untuk kayu bakar. (lima) Hal ini jua menambahparahnya hutan bakau.
Perbaikankalimat yg galat serta karena yang sempurna adalah . . .
No
Perbaikan Kalimat
Alasan
A
Berdasarkan penelitian, tahun ini luas hutan bakau di Indonesia sangat berkurang sekali di banding tahun lalu
Kata penelitian sudah menyatan hasil.
B
Berdasarkan hasil penelitian, tahun ini luas hutan bakau pada Indonesia sangat berkurang dibandingkan tahun kemudian.
Kata sangat sudah bermakna intensitas, tidak perlu kata sekali.
C
Sebagian besar huma hutan bakau berubah fungsi menjadi tambak udang serta ikan.
Konjungsi maupun seharusnya berkait menggunakan konjungsi baik yang menyatakan pilihan.
D
Namun, terjadi penebangan hutan bakau yg sebagian akbar dipakai buat kayu bakar.
Konjungsi selain itu menyatakan penambahan hal lain, seharusnya pertentangan.
E
Selain itu, terjadi penebangan hutan bakau dan sebagian besar dipakai untuk kayu bakar.
Konjungsi yang tidak menyatakan penguhung antarklausa.
E.menyUNTING EJAAN DAN TANDA BACA
1.peserta didik dapat memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
Cermati paragraf berikut!
Akumenjauhi trotoar, berjalan beberapa langkahdengan wajah tengadah. Lalu berdasarkan tengah jalan seraya mengatupkan kedua tangan supaya membangun corong disekitar ekspresi, aku berteriak sekeras-keras:“ Lihat saja, aku sanggup lebih berdasarkan kalian. Akubisa, aku pasti mampu!!” Semua orang melihatku, tapi saya nir peduli. Aku lebihmemilih melanjutkan berjalan menuju tempat tinggal dengan mata berkaca-kaca, sambil dalam hati memohon, “Ibu,tolong bantu saya.” Dengan perlahan-huma, saya berbisik dalam diriku sendiri.
Perbaikan istilah ulangdicetak miring dalam paragraf tadi merupakan . . . .
A.keras-keras
B.sekeras-kerasnya
C.sekeras-keras
D.keras-kerasan
E.mengeras-keras
Kunci Jawaban: B
Cermati paragraf berikut!
Pembelajaran Bahasa Indonesia waktu ini mulaidikembangkan menggunakan pendekatan komunikasi. Penerapan metode ini akanmemberikan tambahan wawasan, baik kepada murid maupun guru. Peran pengajar di dalamkelas hanya menjadi fasilitas dan motivitas, bukan lagi menjadisumber warta satu-satunya.
Perbaikan kata serapan yang sempurna buat katabercetak miring tersebut adalah . . .
A.komunikasi,fasilitas, motivatior
B.komunikan,fasilitas, motivasi
C.komunikatif,fasilitator, motivasi
D.komunikatif,fasilitator, motivator
E.komunikan,fasilitas, motivator
Kunci Jawaban: D
2. Menentukan alasan kesalahan dari segiejaan serta tanda baca
Cermati kalimat berikut!
Gedung itu dibangun diatas lahan seluas 1,732 meter persegi porto sebesarRp2,95 triliun.
Keselahan tanda baca koma(,) pada kalimat tadi beserta alasannyaadalah . . .
A.Penulisan Rp dua,95 triliun karenamenyatakan jumlah uang memakai tanda koma dan nomor 00 di belakang jumlah.
B.Penuliisan 1,732 meter karena untukmenunjukkan jumlah digunakan indikasi titik setiap tiga angkadari belakang.
C.Penulisan Rp dua,95 triliun karena hanya terdiri atas tiga angka sehinggatidak memerlukan pertanda baca.
D.Penulisan 1,732 meter karena untukmenunjukan jumlah tidak dibutuhkan indikasi baca apapun.
E.Penulisan Rp 2,95triliun karena istilah rupiah merupakan singkatan wajib diikuti tanda titik.
KunciJawaban: B
BACA JUGA
1. LANGKAH-LANGKAH MENYUSUN SOAL HOTS KLIK //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/langkah-langkah-menyusun-soal-hots.html
2. MENYUSUN DESAIN PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS KLIK //cara-pramuka.blogspot.com/2018/09/langkah-langkah-menyusun-desain.html
3. RPP BERORIENTASI HOTS KLIK //cara-pramuka.blogspot.com/2018/09/model-rpp-berorientasi-hots-mata.html
4. SOAL HOTS PADA UJIAN NASIONAL KLIK //cara-pramuka.blogspot.com/2018/09/oal-hots-dalam-ujian-nasional-un-mata.html
5. MENGAPA HOTS?
PEMBAHASAN SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMA/MA
1. Kalimat Resensi Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa.html
2. Pendeskripsian Watak TokohKlik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/pembahasaan-un-tahun-pelajaran-20172018.html
3. Latar Suasana Cerita Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/kuncijawaban-e-pembahasan-menurutkbbi.html
4. Permasalahan pada Cerpen Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/soal-un-20172018-serta-pembahasan-smama.html
5. Keterkaitan Isi Cerpen Dengan Kehidupan Sehari-hari Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/soal-un-20172018-dan-pembahasan-mapel.html
3. Latar Suasana Cerita Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/kuncijawaban-e-pembahasan-menurutkbbi.html
4. Permasalahan pada Cerpen Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/soal-un-20172018-serta-pembahasan-smama.html
5. Keterkaitan Isi Cerpen Dengan Kehidupan Sehari-hari Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/soal-un-20172018-dan-pembahasan-mapel.html
6. Persamaan Dua Teks Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/soal-un-smama-tahun-pelajaran-20172018.html
7. Ringkasan Isi Teks Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/kunci-jawaban-soal-un-tahun-pelajaran.html
8. Kalimat Bermajas Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-tahun-pelajaran.html
9. Nilai dalam Cerpen Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia.html
10.: Penilaian terhadap Isi TeksKlik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-tahun-pelajaran_19.html
11. Opini Penulis dalam TajukRencana Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un.html
12. Keberpihakan Penulis dalam TajukRencana Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-20172018-bahasa.html
13. Keteladanan Tokoh dalamBiografi Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_33.html
14. Kalimat Utama serta KalimatPenjelas dalam Paragraf Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_27.html
15. Kalimat Fakta Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_70.html
16. Tujuan Penulis Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia_28.html
17. Kata Tidak Baku Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_99.html
18. Kalimat Tidak Padu Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_56.html
19. Kata Rujukan Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_68.html
20. Kalimat Simpulan Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_34.html
21. Menentukan ilham utama paragrafKlik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_29.html
22. Makna Kata/Istilah Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_38.html
23. Jawaban berdasarkan Pertanyaan SesuaiIsi Teks Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_25.html
24. Makna Kata Lambang Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_31.html
25. Makna Ungkapan pada Teks Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un.html
26. Melengkapi Teks dengan Ungkapanyang Tepat Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_2.html
27. Memperbaiki Kata Tidak BakuKlik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_3.html
28. Alasan Kesalahan PenggunaanTanda Baca Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_4.html
29. Penulisan Nama Geografi Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_5.html
30. Pengembangan Topik Cerita Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-20172018-smama.html
31. Kata Ulang Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia.html
32. Penulisan Judul Karangan Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-smama-bahasa.html
33. Menyusun Esai Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia_12.html
34. Kalimat Berimbuhan Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-20172018-bahasa.html
35. Melengkapi Teks Drama Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/09/melengkapi-teks-drama.html
PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASAINDONESIA SMA/MA NOMOR 1-25
1.Menentukan kalimat utama
2.Menentukanmakna kata
3.Menentukankalimat nir padu dalam paragraf
4.Menjawabpertanyaan sinkron isi bacaan
5.Menentukankalimat berita dalam paragraf
6.Menentukanide pokok paragraf
7.Menentukantujuan penulis sesuai isi teks
8.Menentukankalimat yg menggunakan istilah tidak baku
9.Menentukanketeladanan tokoh dalam biografi
10.Menjawabpertanyaan sesuai isi biografi
11.Menentukanopini redaksi pada tajuk rencana
12.Menentukanpihak yang dituju pada redaksi
13.Menentukankata rujukan
14.Menentukanperbedaan isi 2 teks (laporan output observasi)
15.Menentukaninti kalimat
16.Menentukanmakna lambang
17.Menentukankalimat bermajas
18.Menentukancara pendeskripsian tabiat tokoh
19.Menentukankalimat yang menyatakan latar tempat
20.Menentukankonflik cerita
21.Menentukankalimat yang memperlihatkan tabiat tokoh
22.Menentukannilai budaya pada cerpen
23.Menentukanamanat cerpen
24.Menentukankesamaan unsur intrinsik dua kutipan cerpen
25.Menentukankaitan isi cerpen dengan kehidupan ketika ini
PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASAINDONESIA SMA/MA NOMOR 26-50
26.menentukanmaksud isi gurindam
27.menilaikeunggulan serta kelemahan buku
28.menyusunringkasan teks
29.mengurutkankalimat acak
30.menentukankalimat argumen
31.menyusunkalimat simpulan paragraf
32.menentukanperibahasa yang sempurna sesuai ilustrasi
33.menentukanungkapan yg tepat sinkron ilustrasi
34.melengkapiteks deskripsi
35.melengkapiteks argumentasi
36.melengkapilarik pantun
37.melengkapiteks prosedur
38.menyusunteks esai
39.menggunakankonjungsi temporal
40.menggunakankata berimbuhan
41.menggunakankata ulang
42.melengkapiparagraf menggunakan kalimat simpulan
43.menggunakanfrasa adjektiva
44.memperbaikikalimat nir efektif
45.menentukanalasan penyebab ketidakbakuan kata
46.memperbaikikata nir baku menjadi kata baku
47.memperbaikipenulisan kata serapan yang tidak tepat
48.mengidentifikasipenulisan judul yang benar
49.menggunakantanda baca menggunakan tepat
50.menentukanalasan kesalahan pemakaian tanda baca