SOAL ULANGAN TENGAH SEMESTER/PENILAIAN TENGAH SEMESTER BAHASA INDONESIA SMA/MA KELAS X DILENGKAPI KUNCI JAWABAN DAN PEDOMAN PENILAIAN



SOAL PENILAIANTENGAH SEMESTER

BAHASA INDONESIAKELAS X

1. Setiap teksmemiliki struktur yang tidak selaras dengan jenis teks yang lain. Jelaskan struktur tekslaporan hasil observasi!

2. Cermatilahteks berikut!

MAPAG PANGANTEN

Perkembangan zaman mengubah pola pikir serta olahrasamasyarakatnya. Mereka lebih cenderung menggandrungi hal-hal yang bersifat “dariluar” dan hampir meninggalkan tradisi yang kaya menggunakan nilai-nilai. Contohnya,prosesi upacara istiadat mapag penganten yg dari berdasarkan Jawa Barat. Rata-ratagenerasi belia melengahkan nama upacara ini.

Hampir setiap wilayah memiliki prosesi upacara dalammenyambut kedatangan pengantin. Salah satu yang mengundang perhatian adalahkeseruan menurut prosesi upacara adat “mapag penganten” yg asal menurut JawaBarat. Prosesi ini biasanya nir hanya ada pada pesta pernikahan, tetapikerap pula ditampilkan dalam menyambut kedatangan para pejabat atau tamunegara. Upacara Adat “mapag panganten” adalah salah satu ritual yang menjadibagian dari seluruh rangkaian upacara norma penyambutan dalam warga Sunda.kesenian ini melibatkan sejumlah pemain gamelan, penari, pembawa umbul-umbul,serta Ki Lengser (acapkali dianggap “lengser” saja).

Gamelan dalam “mapag penganten”menjadi musik pengiring upacara. Gamelan adalah kesenian yg memadukanberbagai indera musik. Gamelan Sunda terdiri atas bonang, saron panjang,jenglong, gong, kendang, suling, dan rebab. Jumlah pemainnya sesuai denganjumlah instrumen yang digunakan. Penamaan pemain (nagaya) sinkron menggunakan instrumenyang dimainkannya ditambah istilah tukang.misalnya, pemain bonang disebut tukang bonang, pemain jenglong dianggap tukangjenglong, dan seterusnya.

Untuk kelengkapan pemikat, gamelanmengiringi tarian Merak. Sesuai menggunakan nama tariannya, sandang dan gerakannyamenggambarkan kehidupan merak yaitu binatang sebesar ayam dengan bulunya yanghalus, bermahkota di kepala serta selalu membuatkan bulu ekor buat menarikmerak betina. Para penari memakai kain serta baju yang menggambarkan bentuk danwarna bulu-bulu merak misalnya rona hijau, biru, dan hitam. Ditambah sepasangsayap yg melukiskan sayap atau ekor merak yg sedang dikembangkan sertamahkota motif burung merak.

Selain musik serta tariannya,kehadiran Ki Lengser atau Mang lengser biasanya menjadi sosok yg menarikperhatian penonton atau tamu undangan. Ki Lengser, orang yg mengarahkanjalannya upacara tadi. Begitu rombongan kedua mempelai tiba kegedung/tempat resepsi, lengser menyambut serta mengarahkan mereka ke kursi pelaminandengan diiringi para penari serta pembawa umbul-umbul. Peran lengser ini dilakonioleh seseorang laki-laki . Sosok lengser diperankan sebagai seorang kakek denganpakaian yang dikenakan terdiri berdasarkan: baju kampret,celana pangsi dilengkapidengan sarung yang diselendangkan, dan totopong (ikat ketua). Denganmemperlihatkan giginya yang ompong dan gerakan tari yg lucu, kehadirannya takpelak mengundang tawa penonton/tamu undangan.

Upacara Mapag Panganten tidakberlangsung usang, lantaran fungsinya hanya buat menyambut kedatangan keduamempelai/pejabat/tamu negara serta mengantarkannya ke kursi pelaminan. Namunmeski begitu, kehadirannya kerap ditunggu serta mengundang decak kagum banyakorang. (Yeni Elvira Syofyan)

Analisislahciri kebahasaan teks laporan hasil observasi yang meliputi kata/frasa verba dannomina, derivasi, kalimat definisi/deskripsi, serta kalimat simpleks/kompleks.

3. Setiap teksmemiliki struktur yang tidak selaras menggunakan teks yang lain. Jelaskan struktur teks eksposisi!

4. Permasalahanlingkungan sangat majemuk dan kompleks. Tulislah teks eksposisi bertemapermasalahan lingkungan.

5. Analislahkebahasaan teks eksposisi yg telah Anda buat yg meliputi kata teknis/istilah,kata sifat, afiksasi, serta kalimat verba.

KUNCIJAWABAN DAN PEDOMAN PENILAIAN
PENILAIANTENGAH SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019 
MataPelajaran: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester: X/1
Kurikulum: 2013
Guru Mapel:Muh Zuhri, S.pd., M.pd.

1.struktur teks laporan hasil observasi
Tekslaporan hasil observasi disusun dengan struktur (a) pernyataan umum atauklasifikasi, (b) deskripsi bagian, dan (c) deskripsi manfaat. Pernyataanumum berisi pembuka atau pengantar hal yang akan disampaikan. Bagian ini berisihal umum tentang objek yang akan dikaji, menyebutkan secara garis besarpemahaman tentang hal tersebut. Deskripsi per bagian berisi penerangan detailmengenai objek atau bagian yg diklasifikasikan.deskripsi manfaat menampakan bahwa setiap objekyang diamati memiliki manfaat atau fungsi pada kehidupan.
Pedoman Penskoran:

No.
Uraian Jawaban/Kata kunci
Skor
1
Peserta didik menjelaskan struktur teks laporan hasil observasi mencakup definisi generik, pelukisan per bagian, serta deskripsi manfaatdengan sangat tepat.
4
2
Peserta didik menyebutkan struktur teks laporan hasil observasi mencakup mencakup definisi umum, pelukisan per bagian, dan pelukisan manfaatdengan tepat.
3
3
Peserta didik menjelaskan struktur teks laporan hasil observasi mencakup definisi generik, pelukisan per bagian, serta deskripsi manfaatdengan kurang sempurna.
2
4
Peserta didik menjelaskan struktur kebahasaan teks laporan hasil observasi mencakup definisi generik, deskripsi per bagian, serta deskripsi manfaatdengan tidak sempurna.
1

Total Skor


2.aspek kebahasaan teks laporan hasil observasi

1. Kata dan Frasa Verba dan Nomina
Frasa nomina: Perkembangan zaman, prosesi upacara

Frasa verba: hampir meninggalkan, sedang dikembangkan

2. Afiksasi

meng- + ubah = mengubah

meng-I + gandrung = menggandrungi

ke-an + datang = kedatangan
3. Kalimat Definisi dan Kalimat Deskripsi

Adat “mapag panganten”merupakan salah satu ritual yg sebagai bagian berdasarkan seluruh rangkaian upacaraadat penyambutan pada masyarakat Sunda.

Gamelan merupakankesenian yg memadukan banyak sekali indera musik.

4. Kalimat Simpleks serta Kompleks

Simpleks:Rata-homogen generasi muda melengahkan nama upacara ini.

Kompleks:Mereka lebih cenderung menggandrungi hal-hal yangbersifat “dari luar” serta hampir meninggalkan tradisi yang kaya dengan nilai-nilai.
Pedoman Penskoran:

No.
Uraian Jawaban/Kata kunci
Skor
1
Peserta didik menganalisis kebahasaan teks laporan hasil observasi mencakup istilah/frasa verba dan nomina, afiksasi, kalimat definisi/deskripsi, dan kalimat simpleks/kompleks menggunakan sangat tepat.
4
2
Peserta didik menganalisis kebahasaan teks laporan hasil observasi mencakup istilah/frasa verba dan nomina, afiksasi, kalimat definisi/deskripsi, dan kalimat simpleks/kompleks menggunakan tepat.
3
3
Peserta didik menganalisiskebahasaan teks laporan output observasi mencakup kata/frasa verba dan nomina, afiksasi, kalimat definisi/deskripsi, dan kalimat simpleks/kompleks dengan kurang sempurna.
2
4
Peserta didik menganalisis kebahasaan teks laporan hasil observasi mencakup istilah/frasa verba dan nomina, afiksasi, kalimat definisi/deskripsi, dan kalimat simpleks/kompleks menggunakan tidak sempurna.
1

Total Skor


3.struktur teks eksposisi

Tekseksposisi adalah teks yg dibangun sang pendapat atau opini. Sejalan denganisi teks eksposisi, struktur teks eksposisi meliputi (a) tesis atau penyataanpendapat, (b) argumentasi, dan (c) penegasan ulang.
Tesis atau pernyataan pendapat merupakan bagian pembuka pada teks eksposisi.bagian tadi berisi pendapat umum yang disampaikan penulis terhadappermasalahan yang diangkat pada teks eksposisi.

Argumentasimerupakan unsur penjelas untuk mendukung tesis yang disampaikan. Argumentasidapat berupa alasan logis, data hasil temuan, warta-liputan, bahkan pernyataanpara ahli. Argumen yang baik harus mampu mendukung pendapat yang disampaikanpenulis atau pembicara.

Bagianterakhir adalah penegasan ulang, yaitu bagian yang bertujuan menegaskanpendapat awal serta menambah rekomendasi atau saran terhadap pertarungan yangdiangkat.
Pedoman Penskoran:

No.
Uraian Jawaban/Kata kunci
Skor
1
Peserta didik mengungkapkan struktur teks eksposisi meliputi tesis/ pernyataaan pendapat, argumentasi, serta penegasan ulang/rekomendasi dengan sangat tepat.
4
2
Peserta didik mengungkapkan struktur teks eksposisi meliputi tesis/ pernyataaan pendapat, argumentasi, serta penegasan ulang/rekomendasi dengan tepat.
3
3
Peserta didik mengungkapkan struktur teks eksposisi meliputi tesis/ pernyataaan pendapat, argumentasi, serta penegasan ulang/rekomendasi dengan kurang sempurna.
2
4
Peserta didik mengungkapkan struktur kebahasaan teks eksposisi mencakup tesis/pernyataaan pendapat, argumentasi, serta penegasan ulang/rekomendasi menggunakan tidak sempurna.
1

Total Skor


4.contoh teks eksposisi bertema lingkungan

NilaiAkhir : (skor angka 1+ 2+3+4+lima ) X 5

Nilaimaksimal : 20 X 5 = 100

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel