BEDAH KISIKISI UN SMA/MA BAHASA INDONESIA LINGKUP MATERI MEMBACA SASTRA INDIKATOR SOAL DAN PEMBAHASAN



BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA BAHASAINDONESIA LINGKUP MATERI MEMBACA SASTRA: INDIKATOR, SOAL, DAN PEMBAHASAN

II. Lingkup Materi Membaca Sastra
A. Level Kognitif Pengetahuan danPemahaman ( Mengidentifikasi,Memaknai)

1.mengidentifikasidan memaknai istilah simbolik/majas/kias pada karya sastra

a. Mengartikan kata simbolik/istilah berlambang

Indikator soal: Disajikan paragraf kutipancerpen/novel, peserta didik dapat memilih makna kata berlambang pada teks



b. mengartikan ungkapan

Indikator soal: Disajikan kutipan cerpen , murid mampu mengartikan ungkapan dalam kutipan cerpentersebut dengan tepat.


c. Mengidentifikasikalimatyang bermajas

Indikator soal: Disajikanparagraf kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat memilih kalimat yangberupa majas


2.memaknai isi tersurat dalam karya sastra

a. Menentukan maksud gurindam

Indikator soal: Disajikansebait gurindam, siswa dapat menentukan maksud isi atau amanat yangterkandung pada bait gurindam tersebut.



b. menentukancara pendeskripsian tabiat tokoh

Indikator soal: Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, pesertadidik dapat menentukan pendeskripsian tabiat tokoh.



B. Level Kognitif Aplikasi (Menginterpretasi,Menggunakan)

1.menyimpulkanisi tersirat pada cerpen/novel (pertarungan, sebab konflik, akibat perseteruan,amanat, nilai-nilai)

a. Memilih pertarungan, karena permasalahan, dampak konflik

Indikator: Disajikan kutipan cerpen/novel, siswa dapat dapatmenentukan permasalahan/perkara pada kutipan yg tersaji.



b. menentukanamanat

Indikator: Disajikankutipan cerpen/novel (yang pada dalamnya tergambar: watak tokoh, nilai, danamanat), peserta didik dapat memilih amanat yg terkandung dalam kutipancerpen/novel tersebut



c. Menentukan nilai



C. Level Kognitif Penalaran (Membandingkan, Menunjukkan bukti, Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari,Merefleksi, Mengevaluasi, Memvariasikan)

1.membandingkanisi, pola penyajian, dan bahasa karya sastra (dari gaya, tema, unsur)

Disajikan 2 kutipan teks cerpen/novel, pesertadidik bisa menentukan persamaan/disparitas pertarungan/hal yg diungkapkandalam kedua teks



2.menganalisishubungan antarbagian karya sastra

3.membuktikansimpulan dengan data dalam karya sastra (bukti tabiat, setting, nilai)

a. Soal UN 2017/2018


b. Soal UN 2016/2017

Menentukan kalimat yg memperlihatkan watak tokoh

Indikator: Disajikan kutipan cerpen/novel (yg didalamnya tergambar: watak tokoh, nilai, dan amanat), siswa dapatmenentukan pernyataan verifikasi tabiat tokoh eksklusif dalam kutipancerpen/novel tersebut


Menentukan kalimat yangmenyatakan latar tempat


4.mengaitkanisi menggunakan kehidupan ketika ini

Disajikan kutipan cerpen/novel (yang di dalamnyatergambar: tabiat tokoh, nilai, dan amanat), peserta didik dapat menentukanpernyataan yang menunjukkan nilai-nilai eksklusif pada kutipan cerpen/noveltersebut yg ditemukan pada kehidupan saat ini



5.menilaikeunggulan/kelemahan karya sastra

Indikator soal: Disajikan kutipan teks cerpen/novelkarya pengarang Indonesia yang mendeskripsikan keunggulan/kelemahan cerita,peserta didik bisa menentukan kalimat resensi berupa keunggulan/kelemahan cerpensesuai kutipan yang tersaji



Indikator soal: Disajikan sebuah puisi ataukutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan kalimat esai yg sesuaidengan isi puisi tersebut



6.meringkasisi karya sastra

Indikator soal: Disajikan kutipan cerpen/novel,peserta didik dapat menentukan kalimat berupa kompendium kutipan tersebut







BACABEDAH KISI-KISI UN SMA/MA BAHASA INDONESIA
1.ruang Lingkup Materi Membaca Nonsastra Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/11/bedah-terali-un-smama-bahasa.html
4.ruang Lingkup Materi Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/11/bedah-kisi-kisi-un-smama-bahasa_67.html
5.ruang Lingkup Materi Menyunting Ejaan dan Tanda Baca Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/11/bedah-terali-un-smama-bahasa_81.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel