BEDAH KISIKISI UN SMA/MA BAHASA INDONESIA LINGKUP MATERI MEMBACA SASTRA INDIKATOR SOAL DAN PEMBAHASAN
Thursday, September 23, 2021
Edit
BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA BAHASAINDONESIA LINGKUP MATERI MEMBACA SASTRA: INDIKATOR, SOAL, DAN PEMBAHASAN
II. Lingkup Materi Membaca Sastra
A. Level Kognitif Pengetahuan danPemahaman ( Mengidentifikasi,Memaknai)
1.mengidentifikasidan memaknai istilah simbolik/majas/kias pada karya sastra
a. Mengartikan kata simbolik/istilah berlambang
Indikator soal: Disajikan paragraf kutipancerpen/novel, peserta didik dapat memilih makna kata berlambang pada teks
1) Soal UN 2017/2018 Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_31.html
2) Soal UN 2016/2017 Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2017/09/makna-istilah-berlambang-simbolik.html
b. mengartikan ungkapan
Indikator soal: Disajikan kutipan cerpen , murid mampu mengartikan ungkapan dalam kutipan cerpentersebut dengan tepat.
Soal UN 2017/2018 Klik//cara-pramuka.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un.html
c. Mengidentifikasikalimatyang bermajas
Indikator soal: Disajikanparagraf kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat memilih kalimat yangberupa majas
Soal UN 2016/2017 Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2017/10/mengidentifikasi-kalimat-bermajas.html
2.memaknai isi tersurat dalam karya sastra
a. Menentukan maksud gurindam
Indikator soal: Disajikansebait gurindam, siswa dapat menentukan maksud isi atau amanat yangterkandung pada bait gurindam tersebut.
1) Soal UN 2017/2018 Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/10/zuhri-indonesia-pembahasaan-soal-un.html
2) Soal UN 2016/2017 Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2017/10/memilih-maksud-isi-gurindam.html
b. menentukancara pendeskripsian tabiat tokoh
Indikator soal: Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, pesertadidik dapat menentukan pendeskripsian tabiat tokoh.
1) Soal UN 2017/2018 Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/pembahasaan-un-tahun-pelajaran-20172018.html
2) SoalUN 2016/2017 Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2017/10/cara-pendeskripsian-tabiat-tokoh-cerita.html
B. Level Kognitif Aplikasi (Menginterpretasi,Menggunakan)
1.menyimpulkanisi tersirat pada cerpen/novel (pertarungan, sebab konflik, akibat perseteruan,amanat, nilai-nilai)
a. Memilih pertarungan, karena permasalahan, dampak konflik
Indikator: Disajikan kutipan cerpen/novel, siswa dapat dapatmenentukan permasalahan/perkara pada kutipan yg tersaji.
1) Soal UN 2017/2018 Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/soal-un-20172018-serta-pembahasan-smama.html
2) Soal UN 2016/2017 Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2017/10/memilih-pertarungan-cerita.html
b. menentukanamanat
Indikator: Disajikankutipan cerpen/novel (yang pada dalamnya tergambar: watak tokoh, nilai, danamanat), peserta didik dapat memilih amanat yg terkandung dalam kutipancerpen/novel tersebut
1) Soal UN 2017/2018 Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_14.html
2) Soal UN 2016/2017 Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2017/10/memilih-amanat-cerita.html
c. Menentukan nilai
1) Soal UN 2017/2018 Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia.html
2) SoalUN 2016/2017 Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2017/10/memilih-nilai-pada-karya-sastra.html
C. Level Kognitif Penalaran (Membandingkan, Menunjukkan bukti, Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari,Merefleksi, Mengevaluasi, Memvariasikan)
1.membandingkanisi, pola penyajian, dan bahasa karya sastra (dari gaya, tema, unsur)
Disajikan 2 kutipan teks cerpen/novel, pesertadidik bisa menentukan persamaan/disparitas pertarungan/hal yg diungkapkandalam kedua teks
a. Soal UN 2017/2018 Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/soal-un-smama-tahun-pelajaran-20172018.html
b. Soal UN 2016/2017Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2017/10/unsur-inrinsik-karya-sastra-cerpen.html
2.menganalisishubungan antarbagian karya sastra
3.membuktikansimpulan dengan data dalam karya sastra (bukti tabiat, setting, nilai)
a. Soal UN 2017/2018
Bukti Latar SuasanaCerita Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/kuncijawaban-e-pembahasan-menurutkbbi.html
b. Soal UN 2016/2017
Menentukan kalimat yg memperlihatkan watak tokoh
Indikator: Disajikan kutipan cerpen/novel (yg didalamnya tergambar: watak tokoh, nilai, dan amanat), siswa dapatmenentukan pernyataan verifikasi tabiat tokoh eksklusif dalam kutipancerpen/novel tersebut
Menentukan kalimat yangmenyatakan latar tempat
4.mengaitkanisi menggunakan kehidupan ketika ini
Disajikan kutipan cerpen/novel (yang di dalamnyatergambar: tabiat tokoh, nilai, dan amanat), peserta didik dapat menentukanpernyataan yang menunjukkan nilai-nilai eksklusif pada kutipan cerpen/noveltersebut yg ditemukan pada kehidupan saat ini
a. Soal UN 2017/2018 Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/soal-un-20172018-serta-pembahasan-mapel.html
b. Soal UN 2016/2017 Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2017/10/kaitan-isi-karya-sastra-dengan.html
5.menilaikeunggulan/kelemahan karya sastra
Indikator soal: Disajikan kutipan teks cerpen/novelkarya pengarang Indonesia yang mendeskripsikan keunggulan/kelemahan cerita,peserta didik bisa menentukan kalimat resensi berupa keunggulan/kelemahan cerpensesuai kutipan yang tersaji
a. Soal UN 2017/2018 Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa.html
b. Soal UN 2016/2017 Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2017/10/menilai-keunggulan-serta-kelemahan-karya.html
Indikator soal: Disajikan sebuah puisi ataukutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan kalimat esai yg sesuaidengan isi puisi tersebut
a. Soal UN 2017/2018 Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia_12.html
b. Soal UN 2016/2017Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2017/10/model-soal-esai-serta-pembahasan-soal-un.html
6.meringkasisi karya sastra
Indikator soal: Disajikan kutipan cerpen/novel,peserta didik dapat menentukan kalimat berupa kompendium kutipan tersebut
a. Soal UN 2017/2018 Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/08/kunci-jawaban-soal-un-tahun-pelajaran.html
b. Soal UN 2016/2017 Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2017/10/meringkas-isi-karya-sastra.html
BACABEDAH KISI-KISI UN SMA/MA BAHASA INDONESIA
1.ruang Lingkup Materi Membaca Nonsastra Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/11/bedah-terali-un-smama-bahasa.html
2.ruang Lingkup Materi Membaca Sastra Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/11/bedah-terali-un-smama-bahasa_20.html
3.ruang Lingkup Materi Menulis Terbatas Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/11/bedah-kisi-kisi-un-smama-bahasa_0.html
4.ruang Lingkup Materi Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/11/bedah-kisi-kisi-un-smama-bahasa_67.html
5.ruang Lingkup Materi Menyunting Ejaan dan Tanda Baca Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/11/bedah-terali-un-smama-bahasa_81.html