SOAL PERSIAPAN PENILAIAN AKHIR SEMESTER 1 BAHASA INDONESIA KELAS X SMA/MA TAHUN PELAJARAN 2018/2019 KURIKULUM 2019



SOAL PERSIAPAN PENILAIAN AKHIR SEMESTER 1 BAHASA INDONESIA KELAS X Sekolah Menengah Atas/MA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Pilihlah jawaban yang paling benardengan cara memberi tandasilang (x) dalam alfabet a, b, c, d atau e pada lbr jawaban yang tersedia!



1.Secara umum/lengkap teks anekdot disusun menggunakan struktur sebagai berikut....
A.tujuan^langkah-langkah
B.pernyataan generik atauklasifikasi^anggota atau aspek yang dilaporkan.
C.abstraksi^orientasi^krisis^reaksi^koda
D.pernyataanpendapat(tesis)^argumentasi^penegasan ulang pendapat
E.pembukaan^isi^penutup

Bacalah cerita lucu berikut menggunakan akurat!
Kakaktua Pintar
Suatu hari Badrun pulang kepasar hewan buat membeli burung kakaktua. Ia melihat seekor kakaktua yangkakinya diikat dengan senar. Kaki sebelah kiri dengan senar putih, dansebelahnya lagi dengan senar warna hitam. Lantaran tertarik ingin membeli, iabertanya mengenai fungsi senar itu.“Wah,engkau beruntung sekali. Ini bukan sembarang kakaktua. Ini kakaktua yangterlatih,” istilah penjualnya.“Oh,ya?” Badrun nggak percaya.“Sumprit! Jika ditarik yang hitam, ia akan berbicara bahasaInggris. Terus jikalau kamu tarik yg putih, dia akan berbicara bahasaIndonesia,’ ungkapnya meyakinkan.“Terus,jika saya tarik keduanya?” tanya Badrun.“Akuakan jatuh, kolot!!” teriak oleh kakaktua menggunakan lantang.
(AgitaDewi S.A., 1D)
2.Abstraksi teks anekdot tadi adalah ....
A.Suatuhari Badrun pergi ke pasar fauna buat membeli burung kakaktua
B.Badrun melihat seekor kakaktua yang kakinyadiikat menggunakan senar.
C.Badrun tertarik ingin membeli kakaktua serta bertanya kepada penjual tentangfungsi senar.
D.Badrun nir peracaya terhadap semua perkataan penjual kakaktua
E.Penjual kakaktua menyebutkan fungsi senar pada Badrun

Bacalah teks anekdot berikut menggunakan cermat!
KUHP pada Anekdot
Seorang dosenfakultas hukum suatu universitas sedang menaruh kuliah aturan pidana. Suasanakelas biasa-biasa saja.
Saat sesitanya-jawab datang, Ali bertanya kepada pak dosen. “Apa kepanjangan kitab undang-undang hukum pidana, Pak?”Pak dosen nir menjawab sendiri, melainkan melemparkannya pada Ahmad.“Saudara Ahmad, coba dijawab pertanyaan Saudara Ali tadi,” pinta pak dosen.dengan tegas Ahmad menjawab, “Kasih Uang Habis Perkara, Pak …!”
Mahasiswalain tentu tertawa, sedangkan pak dosen hanya menggeleng-gelengkan kepalaseraya menambahkan pertanyaan pada Ahmad, “Saudara Ahmad, dari mana Saudaratahu jawaban itu?” Dasar Ahmad, pertanyaan pak dosen dijawabnya menggunakan tegas,“Peribahasa Inggris menyampaikan pengalaman adalah pengajar yg terbaik, Pak …!”Semua mahasiswa pada kelas itu tercengang. Mereka berpandang-pandangan. Lalu,mereka tertawa terbahak-bahak.
3.Gelak tawa mereda.kelas pulang berlangsung normal. Unsur krisisteks anekdot tadi adalah ....
A.Seorang dosenmemberikan kuliah Hukum Pidana
B.Suasana kelasbiasa-biasa saja
C.KUHP dipelesetkanmenjadi “Kasih Uang Habis Perkara”
D.Mahasiswa tercengangdan tertawa, sedangkan dosen menggeleng-gelengkan kepala
E.Kelas kembaliberlangsung normal

Bacalah teks anekdot berikut!
AKAL PENGEMIS
Seorang nyonya yg pelitkedatangan seseorang pengemis di rumahnya. Berkatalah beliau kepada pengemis itu,“Kau akan kuberi uang 5 ribu, tapi syaratnya kau harus menyanyikan lagu“Anak Ayam Turun Sejuta!” “Baik, nyonya!” jawabnya. Lalu dia mulai bernyanyi, “Tekkotek kotek kotek, anak ayam turun sejuta. Anak ayam turun sejuta, digranatmati semua.” Sambil bersungut-sungut, menggunakan terpaksa nyonya itu memberikanuangnya pada oleh pengemis.

4.Hal yang merupakan unsur reaksi dalam teks anekdot tersebut merupakan....
A.Seorangnyonya yang pelit kedatangan seorang pengemis di rumahnya.
B.Nyonya akan memberi uang lima ribu jika pengemis bersediamenyanyikan lagu “Anak Ayam Turun Sejuta.”
C.Pengemis bersedia menyanyikan lagu “Anak Ayam TurunSejuta.”
D.Dengan terpaksa nyonya itu memberikan uangnya pada sangpengemis.
E.Nyonya sangat membenci dengan ulah pengemis.

Bacalah teks anekdot berikut!
Raden Saleh merupakan pelukis Indonesia yg tersohor diseluruh dunia. Lama ia belajar dan tinggal di negeri Belanda, serta dinegeri-negeri lain di Eropa dan Afrika Utara.
Pada suatu waktu temannya, seseorang pelukis Belanda,membanggakan diri pada hadapan Raden Saleh. Sambil memilih ke arah lukisanbuah-buahan yg bagus sekali beliau menyampaikan “Lihat, lukisan aku mirip sekali,lalat terkecoh dan hinggap pada atasnya, model naturalisme yg paripurna!” RadenSaleh hanya tersenyum saja.
Beberapa minggu lalu, Raden Saleh mengundangtemannya itu tiba ke rumahnya. Ketika masuk melangkahi pintu, pelukis ituterkejut bukan main lantaran melihat Raden Saleh tergeletak pada lantai berlumurandarah. Belum hilang rasa terkejutnya, datang-tiba ada Raden Saleh berdasarkan pintusamping sambil mengungkapkan, “Tuan, lukisan saya tidak mengecoh lalat!”

5.Kelucuan cerita di atas merupakan ...
A.Lukisan orang Belanda berhasil mengakali lalat.
B.Lukisan butir-buahan seperti aslinya.
C.Lalat terkecoh-kecoh sang lukisan naturalisme.
D.Raden Saleh tergeletak berlumuran darah.
E.Lukisan Raden Saleh berhasil mengakali temannya.

Bacalah teks anekdot berikut!

Politisi Blusukan Banjir
Pada malamJumat, paling poly ditemukan politisi melakukan blusukan, termasuk Darman(maaf bukan nama sebenarnya dan bukan sebenarnya nama). Darman mendatangikampung yang diterjang banjir paling parah. Kebetulan pada sana banyak wartawanmeliput sebagai akibatnya dia makin semangat menyerahkan bingkisan.
Darman jugatidak mau menyia-nyiakan sorotan kamera wartawan. Dia mencari strategi agartetap menjadi perhatian media. Darman berusaha masuk ke loka banjir danmenceburkan diri ke air. Sial baginya, dia terperosok ke selokan serta terseretderasnya air. Darman berusaha sekuat energi melawan arus, namun tak berdaya,beliau hanyut.
Untung regupenolong sangat sigap. Meskipun terseret relatif jauh, Darman masih bisadiselamatkan. Dia dibawa ke posko kesehatan serta dibaringkan pada bangsal. Waktuitu seluruh bangsal penuh oleh orang pingsan. Darman kaget melihat orang yang adadi situ. Semuanya beliau kenal, para politisi sedang blusukan. Lebih kaget lagiketika beliau melihat doa tertulis pada dinding: “Ya Allah, hanyutkanlah mereka yangtak nrimo”. Darman pingsan!
6.Pihak yang dikritik/disindir dalam tek anekdot diatas adalah ....
A.Pejabat pemerintah pada negeri ini
B.Potilisi yang nir tulus dalam bekerja
C.Anggota dewan yg sedang bekerja
D.Presiden serta para menteri
E.Pemerintah serta anggota masyarakat

Bacalah teks anekdot berikut!
Singapura termasuk keliru satu negara yang bersih.siapa pun yg membuang sampah sembarangan bisa didenda meskipun hanya membuangpuntung rokok. Suatu ketika si Azam sedang berlibur, tetapi sepertinya ia taktahu akan adanya peraturan itu. Ia merokok sendirian sembari duduk pada bangku.karena rokoknya sudah hampir habis, dia membuang puntung rokoknya begitu sajadan jatuh persis di sisi kaki kanannya.
Tanpa disangka-sangka, datang-tiba tiba petugas danmenegur Azam dengan bunyi tegas.
“ Anda tahu bahwa Anda telah melakukanpelanggaran?”
“Tidak memahami. Apa gerangan yg sudah aku perbuat?”Jawab Azam.
“Anda telah membuang sampah asal-asalan, yaitupuntung rokok”, tegas petugas itu.
Dengan sigap Azam menjawab, “Oh…, maaf terjatuh.”
Lalu, diambilnya puntung rokok itu serta langsungdiisapnya lagi.
Petugas itu hanya terbelalak keheranan. Kemudian,beliau pulang meninggalkan Azam.

7.Isi teks anekdot tersebut merupakan....
A.Kebiasaan Azam membuang sampah sembarangan dilingkungan rumahnya
B.Petugas kebersihan Singapura yang telah bekerjadengan penuh tanggung jawab
C.Pengalaman Azam membuang puntung rokok sembarangandi Singapura
D.Petugas kebersihan Singapura heran melihatkebiasaan orang Indonesia
E.Petugas kebersihan Singapura sangat memerhatikansopan santun

Bacalah teks anekdot berikut!

Penjual Cendol
Ginting
:
“Mas, beli cendol!”
Penjual
:
Sampun telas.”
Ginting
:
“Iya ..., emang harus pakai gelas!”
Penjual
:
Boten wonten
Ginting
:
“Iya, emang saya senang pakai santan.”
Penjual
:
(sambil kesal) “O, wong sinting!”
Ginting
:
“Kok, memahami namaku Ginting!”
Penjual
:
(tambah kesal) “Dasar wong edan!”
Ginting
:
“Wah, mas benar lagi ... Saya memang dari Medan.”

8.Kelucuan/kekonyolancerita pada atas masih ada dalam ...
A.panjangcerita dansuasana
B.gaya bahasa serta waktu
C.kalimatdan suasana
D.para pelaku dan cerita
E.logikadan pilihan kata

Bacalahteks berikut buat menjawab soal angka 9-10!
(1)Ketika tiba di mimbar, diamendapati bahwa sebagian akbar hadirin pada majelis itu nir terlalu bersemangat buat mendengarkankhotbahnya. (dua) Suatu saat, orang-orang di kota mengundang Nasruddin untukmenyampaikan khotbah. (tiga) Hadirin setuju menjawab, “Tidak!” (4) Sesudahmenyampaikan salam, Nasruddin bertanya pada hadirin,”Apakah kalian tahumateri apa yg akan saya sampaikan kini ?” (lima) Ia pun berjalan turun darimimbar dan meninggalkan ruang tanpa menaruh khotbah apapun. (6) Oleh karenaitu, Nasruddin menyampaikan,”Saya nir punya harapan buat berbicara kepadaorang-orang yang tidak mengetahui apa pun mengenai apa yg akan aku bicarakansekarang.

9.Urutankalimat yang tepat supaya menjadi teks anekdot yang baik adalah ….
A.1-2-tiga-4-5-6
B.2-4-tiga-6-lima-1
C.2-1-4-tiga-6-5
D.2-4-1-5-6-3
E.6-5-1-dua-4-3

10.Makna kata majelis pada teks anekdot di atasadalah….
A.Pertemuanorang banyak
B.Kelompokpengajian
C.Perkumpulanatau organisasi
D.Rombonganatau kelompok
E.Tempatuntuk pertemuan
Cermatiteks anekdot berikut!
Teks 1
Sapuan angin yangmempermainkan rambut anak-anak terasa sejuk kala menjejakkan kaki pada DesaWisata Cikadu Indah, Tanjung Lesung, Pandeglang, pagi itu. Lamat-lamatterdengar bunyi kincir angina yg khas bagaikan musik alam. “Ah hening sekalirasanya,” celetuk seseorang sahabat. Rasanya memang penat bepergian selama dua jamyang kami tempuh dari Jakarta. Tertebus telah saat melihat pemandangan nandamai.
Teks 2
Rombongan jamaah hajidari Tegal tiba pada bandara King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi. Langsung sajakuli – kuli berdasarkan Yaman berebutan untuk mengangkut barang- barang yang merekabawa.
Pada kesempatan itu,2 orang pada antara kuli – kuli itu terlibat percekcokan serius pada bahasaArab. Melihat itu, rombongan jamaah haji tadi spontan mengerubungi merekasambil berucap, “Amin, amin, amin!” seraya menengadahkan tangan.
Gus Dur yang sedangberada pada bandara itu menghampiri mereka, “lho, mengapa berkerumun pada sini?”
“mereka terlihatsangat fasih berdoa. Apalagi pakai sorban. Mereka itu pasti kiai. Makanyaomongan mereka kami amini, Gus”.

11.Kedua teks tersebutmemilikikesamaan pada hal…
A.Memilikikelucuan
B.Mengandungsindiran
C.Terdapattokoh dan latar
D.Menggambarkansuatu keadaan
E.Mengandungpesan

12.Teks pertama tidak bisadikategorikan menjadi anekdot lantaran….
A.Merupakancerita faktual
B.Mengandung tidak masih ada humor
C.Mengandungperistiwa serta tokoh
D.Bersifatlugas tanpa pesan tertentu
E.Terdapatseting atau latar

13.Isi anekdot pada teks keduaadalah ….
A.Ketidaktahuanyang mengakibatkan kesalahpahaman
B.Ketidaktahuanyang menimbulkan kebingungan
C.Keluguanyang menyebabkan permasalahan
D.Pertentangandua tokoh yg berbeda pendapat
E.Kesederhanaan yang berakibatkesalahpahaman
Bacalahteksberikut buat menjawab soal nomor14-15!
Gus Dur dan OrangMati
Mungkinkah Gus Durbenar-sahih percaya dalam isyarat berdasarkan makam-makam leluhur? Kelihatannya diamemang sahih-sahih percaya, sebab Gus Dur selalu siap menggunakan gigih dansungguh-benar-benar membela keyakinannya itu. Hal tadi seringkali membuat repotpara koleganya. Akan tetapi, ini mungkin jawaban yang benar, waktu ditanyamengapa Gus Dur tak jarang berziarah ke makam para ulama serta leluhur. “Saya datangke makam lantaran aku tahu. Mereka yg mangkat itu sudah nir punya kepentinganlagi,” katanya.

14.Monolog yg tepatdari teks anekdot di atas adalah….
A.GusDur yg gigih serta benar-benar-benar-benar acapkali membuat para koleganya reput karenamereka mempunyai kepentingan.
B.GusDur mempercayai isyarat para leluhur, sehingga beliau seringkali berziarah ke makampara ulama dan leluhur.
C.GusDur menyatakan kedatanganya ke makam karena beliau punya kepentingan.
D.Gus Dur merupakan tokoh yang seringkali menciptakan repotdengan pernyataan yang membingungkan.
E.GusDur menyatakan bahwa Kedatangan Gus Dur ke makam karena beliau memahami bahwa paraleluhur serta ulama yg telah tewas itu sudah tidak memiliki kepentingan.

15.Reaksi yang timbul daripernyataan Gus Dur pada atas merupakan….
A.Tertawa
B.Bingung
C.Jengkel
D.Sedih
E.Tersinggung

Bacalahteks berikut!
Suatu kali, Kabayanmenunjukkan keahliannya menjadi orang yg mampu menguasai bahasa burung.kepala kampung mendengar hal itu serta membawa Kabayan pergi berburu ke hutan. Dihutan mereka melihat sebuah pohon yang tumbuh serta burung hantu menciptakan sarangdi atasnya. Bertanyalah ketua kampung pada Kabayan,”Coba beri memahami aku apayang diutarakan burung hantu itu?”
“Ia bilang jikakepala kampung tidak berhenti menyusahkan warganya, kekuasannya akan segeratumbang seperti pohonku ini,”

16.Pesan yg terkandung dalamanekdot pada atas adalah ….
A.Seorangharus bersikap adil seperti halnya burung hantu.
B.Perbuatanmenyengsarakan rakyat akan membuahkan pada status kepemimpinannya.
C.Berbaik-baiklahpada siapa pun, tidak boleh menyusahkan masyarakat.
D.Untukmenjadi seseorang pemimpin harus memahami harapan warga .
E.Kesadaranseorang pemimpin sangat diperlukan kapan pun dan di mana pun.

Kutipan berikut buat soal nomor 1719.

Ide mengalihkan rakyat menggunakan minyak tanah ke elpijimemang tidak seketika. Program itu sudahdigulirkan sejak Agustus 2006. Mestinya, poly pengalaman dipetik olehPemerintah supaya nir terjadi kerumitan dalam menjalankan programkonversi.
Sejauh penerangan pihak pertamina, jumlah rumah tangga serta usaha kecilmenengah pada Jakarta yg berhak mendapat paket konversi kurang lebih 1,lima jutakeluarga. Masih ada lebih kurang 300.000 keluarga yang belum mendapat paket konversiberupa tabung dan kompor.
Masyarakat menggugat efektivitasdistribusi paket tersebut. Selama ini poly terjadi distribusi paket yangsalah target. Sering yg berhak menerima kenyataannya justru tidakmendapatkannya. Sementara itu, pihak yg tidak berhak mendapat paket tersebutjustru mudah mendapatkannya.

17.Bagian pernyataan ( tesis ) terdapat dalam paragraf....
A.kesatu
B.kedua
C.ketiga
D.kesatu dan kedua
E.kedua dan ketiga

18.Argumentasi teks tersebut adalah ....
A.Distribusi paket yg galat sasaran lantaran seringkali yangberhak mendapat kenyataannya justru tidakmendapatkannya.
B.Masyarakat menggugat lantaran distribusi paket tersebut.
C.Jumlah rumah tangga serta usah mini menengah pada Jakarta menerima paketkonversi tadi.
D.Program itu telah digulirkan sejak Agustus 2006.
E.Masih ada sekitar 300.000 keluarga yg belum mendapat paket konversiberupa tabung dan kompor.

19.Kalimat pendapat yang terdapat pada teks tadi merupakan ....
A.Program konversi gassudah dikenalkan dari tahun 2006.
B.Semua keluargamiskin berhakmenerima satu paket konversi.
C.Penduduk yang belummenerima paket konversi merupakan 300.000 famili.
D.Pemerintah harus belajardari pengalaman agar tidak terjadi kerumitan pada menjalankan programtersebut.
E.Jumlah penduduk yangberhak mendapat paket konversi kurang lebih 1,lima juta famili.

Kutipan berikut buat soal angka 20 serta 21.
Kebebasandemokrasi kini telah melenceng berdasarkan demokrasi pancasila yang menjadipedoman hidup bangsa indonesia. Saat ini rakyat beranggapan tidak mempunyaipemimpin. Hal tadi dikarenakan kekuatan rakyatyangbesar menjadi mayoritas bagi penentu kebijakan pemerintahan ini. Namunsayangnya, kekuatan masyarakat yg akbar ini didominasi sang rakyat bayaran.rakyat yg senang terimauang suap daripara politis serta koruptor. Rakyat yg intelektulitasnya rendah. Rakyat yangmudah dipengaruhi oleh para pemimpin yg suka pamer kekuatan.
20.Makna kata koruptor pada teks di atas adalah ....
A.Orang yg menerima suap
B.Orang yg diberi uangtambahan
C.Orang yg korup
D.Perbuatan buruk
E.Uang output korupsi

21.Kalimat persetujuan yang sesuai dengan isi teks adalah ....
A.Saya sepakat bila jumlah warga yg gampang dipengaruhi dengan uang bertambahbanyak.
B.Saya putusan bulat apabila masyarakat harus mempunyai panduan hidup yang bertenaga.
C.Saya sepakat bahwa pemuda wajib berani menentang para koruptor.
D.Saya sepakat apabila seluruh masyarakat Indonesia membentuk suasana yg bersihdari suap serta koruptor.
E.Saya setuju bahwa taraf korupsi pada Indonesia tinggi terbukti dengankoruptor yg ditangkap.
Perhatikan penggalan teks berikut!
Saat ini politik sedang mendominasi wacana di media. Layaknya gula yangsedang dikelillingi semut. Media selalu memberitakan syarat politik diIndonesia dengan gamblang.
Media memberitakan elit politikIndonesia yang sedang memperebutkan kekuasaan.para pejabat yg memilikikekuasaan telah melupakan rakyat. Janji – janji dulu yang dibuat para pejabatjustru dilupakan seiing menggunakan kursi kekuasaan yg diperoleh. Seolah tidakmenerima menggunakan kemenangan oleh musuh, mereka berusaha mencari kesalahan untukdapat mengungkapkan.

22.Ide pokok paragraf pertama adalah....
A.Kedudukan elit politikdi Indonesia
B.Dominasi informasipolitik di media
C.Cara memperoleh kursikekuasaan
D.Kondisi politik di Indonesia semakin terbuka
E.Pejabatmelupakan nasib masyarakat kecil

Cermatiparagrafberikut!

Teks 1
Sejumlahtempatpembuangansampahbarudi bantaransungaidiKota Semarang bermunculan.tempatpembuangansampahitukebanyakanditemukandi Kali Garang, BanjirKanalBarat, danBanjirKanalTimur.jikadibiarkan,haliniakanmenjaditempatpembuangansampahyang besar .
KepalaSubdinasPengairanDinasPekerjaanUmum(DPU ) Kota Semarang, Fauzi, Rabu (24/10),Menyayangkanperilakumasyarakatyang membuangsampahdi loka-tempatbaru.belumlagimasalahpembuangansampahditempat usang selesai, sekarangjustrubertambahlagitempatpembuanganbaru.

Teks 2
WargakotaSemarangharusmakinpedulidengankebersihanlingkungan.saluran air dansungaibukanlahtempatpembuangansampah.musimhujansudahdi ambangpintu.perilakupositifmembuangsampahpadatempatnyatidakperlumenunggudatangnyabanjir.
Membuangsampahpadatempatnyadapatmencegahterjadinyabencanalingkungan,sepertibanjir,bautidaksedap,sertatimbulnyapenyakit.selainuntukmemperlancarDinasKebersihandalammengangkutsampahdariTPS ketempatpembuanganakhir(TPA ). Kepeduliandankesadaranmasyarakatmenjadikuncikebersihanlingkungandanpencegahanbencana. Maklum, produksi sampah pada Kota Semarang. Semakin tadak sebandingdengan wahana dan prasarana pengelolaan kebersihannya.

23.Kesamaanisii nformasi berdasarkan kedua teks tadi adalah ….
A.Persoalan pembuangan sampah pada Kota Semarang.
B.Sampah sebagai pemicubanjirdi Kota Semarang.
C.Kesadaranmembuangsampahpadatempatnyaperluditumbuhkan.
D.Akibatpembuangansampahdi Kota Semarang.
E.PerilakumasyarakatKota Semarang sekarangini.

Perhatikankalimat-kalimatberikut!
1)Pengairan selanjutnya dikurangi, terutama pada fase penuaan rimpang,karena tanah yang terlalu basah (menggenang) dapat mengakibatkan buruknya rimpangjahe.
2)Mula-mula air dimasukkansaluranpemasukankemudiandibiarkanmenggenangipetakan/bedenganhinggatanahcukupbasah.tiga)Selanjutnyaairsegeradialirkanmelaluisaluranpembuangan.4)Pengairanharusdilakukansecarakontinu3-5harisekaliatautergantungpadakeadaancuacadankelembabantanah.lima)Pengairandilakukandengancaradigenangi15 menitataulebihsehinggatanahcukupbasah.

24.Susunankalimat-kalimat tersebut supaya menjadi paragraf eksposisi yang padu merupakan….
A.1), tiga), 2), lima), 4)
B.2),1), lima), 4), tiga)
C.3),1), lima), 2), 4)
D.4),5), 1), 2), tiga)
E.4),1), 5), dua), 3)

Bacalah pargraf berikut menggunakan saksama !
Salah satukearifanlokal yang terdapat diseluruhnusantaraadalahbahasadanbudayadaerah. Bahasa wilayah merupakan salah satu bahasa yang dikuasai olehhampir seluruh anggota masyarakat pemiliknya yang tinggal pada wilayah itu. Oleh karenaitu, sangat lumrah bila istiadat, norma, tradisi, tata nilai, dan kebudayaan masyarakatlingkungannya pula terekam pada dalam bahasa wilayah tersebut. Bahkan, ada beberapamasyarakat sangat membanggakan bahasa wilayahnya. Akibatnya, muncul perilaku-perilaku meremehkanbahasa serta budaya lain.

25.Informasiparagraf tersebut adalah ….
A.Bahasadanbudayadaerah,duahalyang menjadikebanggaansetiapsukudi nusantara.
B.Setiapwargamasyarakatmenjunjungtinggipenggunaanbahasadaerahsebagaisaranakomunikasi.
C.PengaruhpenggunaanbahasadaerahsangatterasadalamperkembangankosakatabahasaIndonesia.
D.Adat,kebiasaan, tradisi, tatanilai,dankebudayaanmasyarakatterekamdalambahasadaerahmasyarakattersebut.
E.Kebudayaanbahasadaerahberkembanghanyadi daerahtempatbudayadanbahasaitudiakui.

Paragrafberikutuntuksoalnomor 26 dan 27
Indonesia menjadibuahbibirpadasaatpelaksanaanSidangTahunanInternational Monetery Fund( IMF ) /World Bank ( WB ) 2012 Tokyo, 9 – 14 Oktober 2012 kemudian. Newsletterresmi yg dibagikan IMF padaseluruhpesertasidangmengangkatsatutopickhususmengenaiIndonesia. Media itumengangkathasilrisetdariMcKinsey danStandartChartered yg mengatakanbahwaekonomiIndonesia akanmelampauiJermandanInggrispadatahun2030.

26.Dialogyang sinkron menggunakan teks ekposisi tersebut pada atas adalah ….
A.Awang:Pak,SidangTahunanIMF di Tokyo tahun 2012 lalutanggalberapayaPak?
Bapak:tanggal9 – 14 Oktober, adaapa to Nak?
Awang: inidapat PR daribapakguru.
Bapak: Oo…begitu!
Awang:MengapapadasidangituIndonesia menjadibuahbibirPak?
Bapak:KarenahasilrisetdariMcKinsey serta Standard Chartered mengatakanbahwaekonomiIndonesiaakanmelampauiJermandanInggrispadatahun2030.
Awang:TerimakasihBapaktelahmembantusaya.
Bapak: Sama-samaNak!

B.Awang:Pak, SidangTahunan IMFtahun 2012 kemudian Indonesia jadi butir bibirya?
Bapak: katanya begitu.
Awang:MengapaIndonesia jadi buah bibr Pak?
Bapak: Bapak kurangtahu Nak.
Awang:Tanggalberapa ya Pak SidangTahunan tadi berlangsung?
Bapak:Maaf Nak,itu Bapak ya kurang tahu.
Awang: yasudah Pak kalaubegitu.

C.Awang:Apa kepanjangan menurut IMFPak?
Bapak: International Monetery Fund
Awang:TanggalberapaSidangTahunanIMF tahunlaluPak?
Bapak:9 –14 Oktober 2012
Awang:DiNegaramanaSidangTahunanIMF tahunlaluPak?
Bapak: Tokyo
Awang:TerimakasihPak hanyainiyang sayatanyakan.

D.Awang: Pak aku mau bertanya.
Bapak: BertanyaapaNak?
Awang:MengapaSidangTahunanIMF tahunlaluIndonesia menjadibuahbibirPak?
Bapak: Karenatahun 2030 ekonomiIndonesia akanmelampauiJermandanInggris.
Awang:Siapayang mengatakandemikianPak?
Bapak: WahBapakkoklupaya!
Awang: Yasudah Pak kalaubegitu.

E.Awang:Pak ucapnya tahun 2030ekonomi Indonesia akan melampaui Jerman ya?
Bapak: YatidakhanyaJermanNak.
Awang: Oo…samaNegaramanaPak?
Bapak: Inggris
Awang:SelainJermandanInggrisNegaramanalagiPak?
Bapak:HanyaJermandan Inggris.
Awang: Oo…begitu Pak!

27.Pendapatpenulis pada teks tersebut ditunjukkan pada kalimat ….
A.IndonesiamenjadibuahbibirSidangTahunanInternational Monetery Fund ( IMF )
B.Indonesia menjadibuahbibirSidangTahunanInternational Monetery Fund ( IMF ) / World Bank (WB )2012 Tokyo, 9 – 14 Oktober 2012
C.Newsletterresmi yg dibagikan IMF padaseluruhpesertasidangmengangkatsatutopickhususmengenaiIndonesia.
D.Media itumengangkathasilrisetdariMcKinsey danStandartChartered yang mengatakanbahwaekonomiIndonesia akanmelampauiJermandanInggrispadatahun2030.
E.Ekonomi IndonesiaakanmelampauiJermandanInggrispadatahun2030.

Bacalah puisi berikut!
KaranganBunga
Tigaanakkecil
Dalamlangkahmalu-malu
DatangkeSalemba

Sore itu
Inidari kami bertiga
Pita hitamdalamkaranganbunga

Sebab kami ikutberduka
Bagikakak yg ditembaksiangtadi

28.Isipuisi tersebut merupakan ….
A.Menceritakan tiga adnak kecil datang
B.Menggambarkan anak mini yangmalu-malu
C.Menceritakan insiden soreitu
D.Menunjukkan pita hitam pada karanganbunga
E.Menggambarkan peristiwa kedukaan

Bacalah pargraf berikut dengansaksama!
Bus eksekutive yang kamitumpangi melaju menggunakan hening membawa kami menuju obyek wisata. Bus tersebut sudahbiasa membawa penumpang antar-provinsi .mesinnya pun halus bunyinya karenamesinnya menggunakan tekhnologi canggih.

29.Katabaku yang tepat buat mengganti kata yg dicetak miring dalam paragraf tersebutadalah ….
A.Eksekutif, antarprovinsi, tekhnologi
B.Eksekutif, antarprovinsi, teknologi
C.Eksekutip, antarpropinsi, tehnologi
D.Eksekutip, antar-propinsi,tekhnologi
E.Eksekutip,antarprovinsi, tekhnologi

30.Urutanstruktur teks laporan output observasi yg tepatadalah ....
A.definisi generik, deskripsibagian, pelukisan kegunaan atau manfaat.
B.Pendahuluan, deskripsi generik, deskripsibagian, pelukisan kegunaan atau manfaat.
C.deskripsi bagian, deskripsikegunaan atau manfaat, definisi umum.
D.definisi generik, deskripsikegunaan atau manfaat, deskripsi bagian.
E.definisi umum, pendahuluan,deskripsi kegunaan atau manfaat, deskripsi bagian.

31.Keteranganatau informasi yang dikumpulkan melalui pengamatan atau observasi, kemudiandiolah, dan tersaji secara tertulis dianggap ….
A.notula
B.laporan output observasi
C.rangkuman
D.simpulan hasil pengamatan
E.artikel
32.Dibawah ini adalah pernyataan tentang struktur teks laporan output observasi…
A.Pembukaan dilanjutkan denganisi dan ditutup dengan suatu kesimpulan
B.Kata pengantar dilanjutkandengan pembukaan, isi, serta ditutup dengan kesimpulan
C.Pembukaan yg berupa isikemudian dilanjutkan dengan anggota-anggotanya.
D.Pembukaan yg berupapernyataan generik, kemudian dilanjutkan dengan aspek-aspek atau anggota yangingin dilaporkan
E.Pembukaan dilanjutkan denganisi dan diakhiri menggunakan konklusi serta saran.

Bacalah pargraf berikut dengansaksama!
Wisatawan domestik maupun mancanegara dapat memakai transportasi buat menikmatikeindahan alam pada Pulau Bali.

33.Maknakata domestik pada paragraf tadi merupakan ….
A.asli Indonesia
B.pribumi
C.dalam negeri
D.luar negeri
E.kenegaraan


Cermatilah kutipan laporan berikut!
Pada saat jam pelajaran BahasaIndonesia siswa kelas X sos 1 SMA Maju Jaya diminta sang gurunya keluar kelas.para murid disuruh mengamati tentang lapangan fut sall yang ada pada sekolah itu.setelah mengadakan pengamatan diakhir aktivitas murid diminta buat membuatsuatu laporan.

34.laporanyang dibentuk sang anak didik tadi termasuk laporan hasil ….
A.penelitian
B.percobaan
C.kegiatan
D.eksperimen
E.pengamatan

Bacalah paragraf berikutdengan saksama !
Bupati Boyolali menyampaikan bahwasannya kitaharus menanamkan pada generasi muda kecintaan terhadap kebudayaan serta harusmengenalkan aneka macam bentuk lagi pula jenis kebudayaan itu. Jika hal ini nir dilakukan, mereka tidak akan tertarik agarsupaya mencintai kebudayaan milik negaranya sendiri.

35.Katapenghubung atau konjungsi yang tepat buat membarui kesalahan pemakaiannyadalamparagraf tersebut merupakan …
A.bahwa, serta, apalagi
B.bahwa, serta, buat
C.bahwa, serta, untuk
D.bahwa, serta, agar
E.bahwa, serta, atau

Cermati kutipan puisi berikut!
Pohon-pohonbesar bak super besar kala malam
Memberinuansa tenang pengantar tidur lelap
manusia
….membasahi kesuburan pertiwi yg hijau
menyilau
Siapakahpenikmat ala mini ?
Jinkah,syetankah, atau manusia yg berlabel
katapandai
Ditulis oleh JackEffendi

36.Kalimatbermajas yg tepat buat melengkapi bagian rumpang pada puisi tadi adalah….
A.Alam yang latif sangatmemesona kita semua
B.Di sanalah aku dibesarkanbersama mak tercinta.
C.Hidup kita tenang pada alam yangsangat subur.
D.Keindahan alam tidakmenjemukan memandang.
E.Rayuan-rayuan air terjunmenggelinding pada tebing

Cermatilah kalimat-kalimat berikut!
1) Kerbau itu sangat gemuk. Dua) Kerbauadalah keliru satu binatang mamalia. 3) Kerbau Pak Diyon terlalu kecil dan kurus.4) Ayam adalah unggas yg berkembang biak dengan bertelur. Lima) Harimau adalahhewan pemakan daging. 6) Harimau hewan sangat buas.

37.Kalimatdi atas yang tergolong kalimat definisi adalah ….
A.1),dua), tiga)
B.2),4), lima)
C.1),tiga), 5)
D.2),tiga), 4)
E.1),4), lima)

Perhatikan penggalan laporan berikut!
Rupanyakecepatan angin sangat mensugesti keras lemahnya suara kincir, makin kerasangin bertiup, makin cepat baling-baling berputar. Gesekan sumbu kincir punbertambah keras.

38.Informasiutama yang dikemukakan dalam penggalan laporan pengamatan di atas merupakan ….
A.Jenis-jenis kecepatan angin
B.Pengaruh kecepatan anginterhadap kincir angin
C.Hubungan antara kecepatanangin dengan perputaran kincir angin
D.Tiupan angin yg dapatmenyebabkan berputarnya kincir angin
E.Gesekan sumbu kincir sebagaiakibat menurut tiupan angin
Bacalahkalimat berikut menggunakan saksama !
Perkembanganekonomi kita berada dalam masa transisi, ditandai aneka macam masalah yg traumatis.

39.Katatraumatis dalam kalimat di atas bermakna ….
A.lukaberat
B.lukamata
C.tekananjiwa
D.keadaanjiwa
E.menggoncangkanjiwa

perhatikan kalimat-kalimat berikut!
1)Tumbuh-tumbuhantergolong ke dalam makhluk hayati. Dua) Vertebrata hewan yang mempunyai tulangbelakang, sedangkan invertebrata hewan yg tidak bertulang belakang. Tiga) Semuabenda di dunia ini bisa diklasifikasi sebagai dua gerombolan . 4) Benda matidibedakan berdasarkan benda hayati, lantaran benda mati nir dapat berkecimpung. Lima) Bendahidup membutuhkan makanan.

40.Kalimatdi atas yg merupakan kalimat simpleks merupakan….
A.1), 3), 5)
B.1), 2), 3)
C.1), 2), 5)
D.2),3), 5)
E.2),4), lima)

Bacalah pargraf berikut dengansaksama!
Binatang bisa dibagi menjadivertebrata serta invertebrata. Vertebrata mempunyai tulang belakang yang meliputimanusia, burung, anjing, katak, serta lain-lain, sedangkan invertebrata tidakmempunyai tulang belakang yg mencakup ubur-ubur, kupu-kupu, serta keuntungan-keuntungan.

41.Berdasarkanwacana di atas yang termasuk kalimat definisi merupakan ....
A.Vertebrata merupakan binatangyang memiliki tulang belakang.
B.Binatang vertebratadiantaranya insan, burung, dan anjing.
C.Vertebrata merupakan binatangyang memiliki kaki.
D.Vertebrata adalah binatangyang seringkali keluar malam.
E.Semua binatang vertebratatermasuk hewan mamalia.

Paragraf berikut buat soal no. 2) dan 3!
Kambing dapatmencapai tinggi 75 centimeter, panjang 80 centimeter, dan berat 40 kg. Bulunya berwarna putihdan hitam agak coklat. Panjang telinganya 1,5 centimeter. Giginya berwarna putihkekuningan. Kakinya berjumlah empat.

42.Kalimat-kalimatdi bawah ini termasuk kalimat deskripsi, kecuali ....
A.Bulu kambing berwarna putihdan hitam kecoklatan.
B.Kambing bisa mencapai tinggi75 cm, panjang 80 centimeter, serta berat 40 kg.
C.Kambing termasuk binatangmamalia.
D.Panjang pendengaran kambing 1,5cm.
E.Kaki kambing berjumlah empat.

43.Pokokmasalah yg dilaporkan pada paragraf di atas merupakan ....
A.Mendiskripsikan tentangkambing
B.Mendefinisikan mengenai kambing
C.Menceritakan tentang kambing
D.Menjelaskan tentang kambing
E.Membahas mengenai kambing.

Bacalah paragraf pada bawah ini!
Indonesia adalah negara yangkaya akan keanekaragaman hayati. Diperkirakan sebanyak 300.000 jenis satwa liaratau sekitar 1)7% satwa di global terdapat pada Indonesia, walaupun luas Indonesiahanya 1),tiga% menurut luas daratan global. Indonesia nomer satu dalam hal kekayaanmamalia (51)5 jenis) dan menjadi daerah asal dari kurang lebih 1).539 jenis burung.sebanyak 45% ikan di dunia, hayati di Indonesia.

44.Kalimatutama paragraf di atas adalah ....
A.Indonesia adalah negara yangkaya akan keanekaragaman hayati
B.Di Indonesia pada perkirakan ada300.000 jenis satwa liar
C.Luas Indonesia hanya 1),3persenberdasarkan luas daratan dunia
D.Indonesia angka satu pada halkekayaan mamalia
E.Sebanyak 45% ikan di duniahidup di Indonesia.

Bacalah paragraf di bawah berikut!
Indonesia merupakan negara yangkaya akan keanekaragaman hayati. Diperkirakan sebesar 300.000 jenis satwa liaratau sekitar 1,7% satwa di global terdapat di Indonesia, walaupun luas Indonesiahanya 1,3% dari luas daratan global. Indonesia nomer satu pada hal kekayaanmamalia (515 jenis) dan menjadi daerah asal berdasarkan lebih kurang 1.539 jenis burung.sebanyak 45% ikan di dunia, hayati di Indonesia.
Indonesia jua menjadi habitatbagi satwa-satwa endemik atau satwa yang hanya ditemukan di indonesia saja.jumlah mamalia endemik Indonesia terdapat dua)59 jenis, lalu burung 382) jenis,dan amfibi 1)72) jenis.
Saat ini jumlah jenissatwa liar Indonesia yang terancam punah menurut International Union for Conservation of Nature and Natural Resources(IUCN) 2)01)1) merupakan 1)84 jenis mamalia, 1)1)9 jenis burung, 32) jenis reptil,32) jenis amfibi. Jumlah total spesies Indonesia yg terancam punah dengankategori kritis (critically endangered)ada 68 spesies, kategori endangered 69spesies serta kategori rentan(vulnerable) ada 51)7 jenis.

45.Intisariteks pada atas adalah ....
A.Indonesia kaya akankeanekaragaman biologi, pada samping itu jua menjadi tempat asli satwa endemik maupunyang hanya ditemukan pada Indonesia saja, namun waktu ini jumlah satwa liarIndonesia terancam punah.
B.Diperkirakan terdapat 300.000 jenissatwa liar di Indonesia dan jumlah mamalia endemik terdapat 259 jenis dan masih ada 119jenis burung.
C.Indonesia menjadi habitat 1.539jenis burung, 184 jenis mamalia, dan 32 jenis reptil, serta 32 jenis amfibi.
D.Luas Indonesia hanya 1,3% dariluas daratan global, jumlah mamalia endemik Indonesia ada 259 jenis serta yangterancam punah terdapat 184 jenis mamalia.
E.Indonesia angka satu pada halkekayaan mamalia, kemudian burung, reptil, dan amfibi.

Perhatikan tabel berikut!
Jumlah Jenis Satwa Liar yg TerancamPunah Menurut IUCN 2011

No.
Jenis binatang
Jumlah
1.
Mamalia
184
2.
Burung
119
3.
Reptil
32
4.
Amfibi
32

46.Daritabel pada atas jumlah jenis hewan yang terancam punah paling banyak adalah....
A.Amfibi
B.Burung
C.Mamalia
D.Reptil
E.Unggas

Bacalah teks di bawah ini!
Jantung adalah organ yangberbentuk misalnya kerucut. Jantung terletak di tengah dada bagian dalam.jantung merupakan organ yang tebal, berotot, serta memiliki empat bilik.rata-homogen jantung mempunyai berukuran panjang kira-kira 13 centimeter, lebar 9 centimeter, dantebal 6 centimeter. Berat jantung sekitar 300 gram.
Harimau dapat mencapai tinggi 1,5m, panjang tiga,3 m, dan berat 300 kg. Bulunya berwarna putih dan coklatkeemas-emasan menggunakan belang atau loreng berwarna hitam. Gigi taringnya bertenaga dantajam buat mengoyak daging. Kakinya berjumlah empat dengan cakar yg kuatuntuk menerkam mangsanya.

47.Perbedaanantara teks laporan dengan teks pelukisan merupakan ....
A.Teks laporan ditulisberdasarkan hasil observasi sedangkan teks deskripsi ditulis menurut dayaimajinasi.
B.Teks laporan berisi kabar,sedangkan teks deskripsi berisi opini.
C.Teks laporan bersifat globaldan universal, sedangkan teks pelukisan bersifat unik dan individual.
D.Teks laporan menggunakanbahasa baku, sedangkan teks deskripsi menggunakan bahasa nir standar.
E.Teks laporan bersifat formal,teks pelukisan bersifat non formal.

Perhatikan ilustrasi berikut!
Sekarang ini banyak sekali penebanganhutan secara liar dan tidak bertanggung jawab. Hal tadi menyebabkan hutanmenjadi gundul. Ketika trend penghujan datang pasti terjadi banjir dimana-mana.

48.Berdasarkanilustrasi di atas pantun yg sinkron merupakan ....
A.Galau hati buatku sesak
Melihatdirimu yg sendiri
Kalaubumi ini rusak
Manusiajuga yang merugi
B.Jalan-jalan ke kota Mekah
Janganlupa membeli kurma
Perbanyaklahberibadah
Agarkelak masuk surga
C.Kue bolu rasanya manis
Buahsemangka merah warnanya
Hatiini terasa teriris
Kalaukamu jalan bersamanya
D.Jalan-jalan ke Surabaya
Janganlupa membeli roti
Kalauorang jatuh cinta
Hanyasi dia yg pada hati
E.Burung Bango burung Gelatik
Terbangke sawah tinggi-tinggi
Gadisitu sangatlah cantik
Tidakada yg menandingi


Perhatikan pantun berikut!
Mengalir anginserasa tertahan
Di tepi kota yangtercemari
.................................
49.Kelanjutanpantun pada atas yg sempurna adalah....
A.Kalau kita merasa stress
Pasti terasa tersakiti
B.Air serta udara anugrah Tuhan
Tapi kita sering mengotori
C.Kalau kita merasa segan
Pasti kita akan menghormati
D.Ayo mitra atur barisan
Untuk menjaga bumi ini
E.Jangan senang bermalas-malasan
Agar hayati tidak merugi

Bacalah pargraf berikut dengansaksama!
1) Darah merupakan cairan merahyang kental. Terdapat kurang lebih tiga,5 liter darah pada rata-rata tubuh insan dandapat digolongkan menjadi golongan A, B, O, serta AB.
2) Terdapat3 jenis pembuluh darah, yaitu arteri, vena, serta kapiler. Pembuluh darah arteriadalah pembuluh darah yg lebar. Pembuluh darah jenis ini menyalurkan darah keseluruh bagian tubuh. Darah pada pembuluh arteri berwarna merah cerah danmengandung oksigen. Pembuluh darah vena merupakan pembuluh darah yang sempit.pembuluh darah jenis ini mempunyai dinding yg tipis serta nir elastis. Adapunpembuluh darah kapiler merupakan pembuluh darah yang sangat mini .
3) Sistemperedaran darah manusia terdiri atas darah, pembuluh darah, dan jantung. Semuaitu bisa diperinci menjadi berikut.jantung merupakan organyang berbentuk misalnya kerucut. Jantung terletak pada tengah dada bagian dalam.jantung merupakan organ yg tebal, berotot, dan mempunyai empat bilik.rata-rata jantung mempunyai berukuran panjang kira-kira )tiga cm, lebar 9 cm, dantebal 6 centimeter. Berat jantung kurang lebih 300 gr.

50.Paragrafdi atas susunannya masih rambang atau belum urut. Urutan yg tepat adalah....
A.1) – dua) – tiga) – 4)
B.2) – 1) – 4) – 3)
C.3) – 1) – 2) – 4)
D.4) – 2) – tiga – 1)
E.2) – tiga) – 4) –1)

   SOAL-SOAL PERSIAPAN PENILAIAN AKHIR SEMESTER 1 KELAS X

A. TEKS LAPORAN HASILOBSERVASI

Pilihlah jawaban yangpaling sahih!
(Teksdi bawah ini dipakai buat menjawab soal nomor 1‑dua)

Alunan nada yg membangun harmonisasi lagu menggema pada laman kampus Universitas
Padjadjaran Jln. Dipati Ukur Bandung, Senin (27/8) siang. Lebih dari sepuluh ribu pasang
tangan memainkan indera musik tradisional angklung serta memanjakan ribuan pasang telinga
yang mendengarnya. Ribuan mahasiswa baru dan “civitas academica” Unpad memainkan alat musik tradisional angklung. Mereka begitu kompak. Permainan mereka begitu memukau para penonton. Acara yg merupakan rangkaian acara Dies Natalis ke-50 Unpad itu menciptakan Menteri Kebudayaan serta Pariwisata Jero Wacik itu ikut terpukau.
(www.angklung‑web‑institute.com)


1. Teks di atas merupakan contoh laporan output observasi karena ....
A. Menceritakan suatu kegiatan
B. Menggunakan kata-kata sifat buat suatu benda
C. Membicarakan pendapat penulisnya
D. Nir menurut khayalan atau khayalan
E. Mengemukakan liputan-keterangan yang diperoleh melalui pengamatan
2. Fakta-warta yg diungkapkan dalam cuplikan tadi diperoleh melalui ....
A. Survei
B. Wawancara
C. Penyebaran angket
D. Observasi lapangan
E. Pencatatan
(Teks pada bawah ini dipakai buat menjawab soal nomor 3‑4)

Rombongan ini terbagi menjadi beberapa gerombolan . Paling depan, gugusan siswi-siswi imut.
Mereka asyik memainkan mayoret, melakukan koreograf memakai benderanya masing
masing. Kelompok mayoret ini diikuti menggunakan marching band, disusul menggunakan sejumlah pelajar yg menempeli tubuh mereka dengan papan yg bertuliskan hak-hak yang patut dituntut remaja. Rombongan diakhiri menggunakan sekelompok pelajar yang berbaris di dalam “selimut” berbentuk spanduk yang diisi petisi berupa pertanda tangan pelajar dari sejumlah sekolah di Bandung.


3. Teks pada atas disusun dengan pola ....
A. Perbandingan
B. Pengklasifkasian
C. Penyebaban
D. Kronologis
E. Keruangan
4. Dalam struktur teks laporan observasi teks tersebut tergolong ke dalam ....
A. Tesis
B. Abstrak
C. Defnisi umum
D. Deskripsi per bagian
E. Pelukisan manfaat
(Teks di bawah ini digunakan buat menjawab soal nomor lima‑6)

Upacara adat tradisional Grebek yg diadakan setahun sekali, yakni dalam Lebaran atau
Lebaran hari ke 2, berlangsung sekitar 40 mnt, semenjak pukul 09.50 WIB sampai pukul 10.30 WIB. Berbagai uborampe (barang) dan bodoh-terbelakang (sesaji), berupa jenis sayuran, buah-buahan dan makanan tradisional yg ditata serta disusun seperti bentuk gunung, dikirab sang para prajurit abdi dalem Kraton Yogyakarta menggunakan rute menurut dalam kraton (Pagelaran).


5. Teks pada atas mengungkapkan hal-hal berikut, kecuali ....
A. Macam-macam kegiatan
B. Nama kegiatan
C. Pelaku kegiatan
D. Manfaat kegiatan
E. Proses pelaksanaan kegiatan
6. Fakta pada cuplikan tersebut diperoleh melalui ....
A. Perekaman
B. Proses pencatatan
C. Wawancara menggunakan narasumber
D. Pengamatan lapangan
E. Penyebaran angket
(Teks di bawah ini digunakan untuk menjawab soal angka 7‑8)

Pada saat dibawa keluar dari dalam Keraton Yogyakarta, dikirabkan di alun-alun utara kraton
tadi, dan dibawa ke Pengulon atau galat satu gedung yang berada di sebelah Masjid Besar keraton itu, gunungan (sesaji berbentuk gunung) sebagai tontonan menarik ribuan penonton. Sesampainya di Pengulon, sesaji berupa apel, jeruk, kacang panjang, telur panaskan dan jadah (kuliner tradisonal yang terbuat menurut beras ketan) itu didoakan sang para abdi dalem terlebih dahulu, baru selanjutnya diperebutkan oleh para warga yang menonton.


7. Teks pada atas disusun menggunakan pola ....
A. Spasial
B. Kronologis
C. Kausalitas
D. Generik khusus
E. Komparasi
8. Dalam struktur teks laporan observasi, cuplikan tersebut termasuk ke dalambagian ....
A. Abstrak D. Krisis
B. Pelukisan umum E. Koda
C. Deskripsi per bagian
(Teks di bawah ini digunakan buat menjawab soal angka 9‑11)

Setiap malam berpuluh ribu tikus menyerbu desa-desa pada Kecamatan Pracimantoro. Segala
macam flora, sampai pada pohon petai cina yg sudah tua, habis digerogoti tikus.
Binatang piaraan misalnya ayam, kambing, serta sapi, nir luput menurut agresi tikus yang ganas itu. Apalagi bahan kuliner. Memang itu yang dicari. Habis tandas ditelan tikus. Bahkan penduduk beberapa desa terpaksa diungsikan lantaran ketakutan. Sampai kini terdapat orang yg nir mau pergi ke kampung halamannya.


9. Teks pada atas melaporkan ….
A. Keganasan ribuan tikus
B. Ketakutan penduduk desa
C. Keadaan suatu perkampungan
D. Syarat tanaman di suatu tempat
E. Kehidupan penduduk pedesaan
10. Cuplikan pada atas disusun menggunakan pola ....
A. Sebab dampak D. Spesifik umum
B. Akibat karena E. Pengklasifkasian
C. Umum khusus
11. Kata yg mendeskripsikan tindakan atau perilaku merupakan ....
A. Menyerbu D. Berbentuk
B. Ketakutan E. Terbuat
C. Tandas
(Teks di bawah ini dipakai buat menjawab soal nomor 12‑13)

Peserta perubahaan inti masyarakat (PIR) kelapa sawit, pada Desa Suka Makmur bukan hanya
memerlukan tempat tinggal yg layak huni. Mereka memahami benar arti tempat tinggal yang sehat dan latif. Untuk mampu menentukan rumah, mereka melakukan arisan pada antara grup tani. Sekarang di desa itu telah berdiri 200 tempat tinggal permanen menggunakan ukuran rata-rata 12 × 14 meter. Dua puluh anggota kelompok tani Bunga Kantil mempunyai rumah baru serta tetap.


12. Teks pada atas melaporkan ….
A. Keperluan peserta PIR akan rumah
B. Jenis-jenis rumah buat peserta PIR
C. Peserta PIR yang nir punya rumah
D. Kehidupan peserta PIR di Desa Suka Makmur
E. Arisan peserta PIR buat sanggup mempunyai rumah
13. Kalimat terakhir cuplikan pada atas menyebutkan ....
A. Perilaku
B. Kebiasaan
C. Kepemilikan
D. Keadaan per bagian
E. Komponen-komponen
14. Contoh pernyataan yang tidak mengandung liputan ….
A. Para murid merayakan tahun baru bersama menggunakan mengadakan pentas seni pada sekolahnya.
B. Masyarakat Desa Sukamaju melakukan gotong royong dalam membersihkan selokan yangsering tersumbat ketika hujan.
C. Para pengendara bermotor mendapat pelayanan kesehatan gratis selesainya mereka terhambatperjalanannya gara-gara sebuah truk yg mogok pada Tanjakan Nagreg.
D. Terjadi tawuran antarkampung di daerah tengah sehingga beberapa tempat tinggal ikutporak poranda.
E. Acara kejutan seharusnya ditiadakan dalam perayaan itu lantaran dikhawatirkan menimbulkansalah pengertian dalam penduduk setempat.
(Teks pada bawah ini dipakai buat menjawab soal angka 15‑17)

(1) Sebagai loka hayati, laut mempunyai kelebihan dibandingkan darat. (2) Kelebihan
kelebihan bahari, diantaranya, suhu sporadis berubah-ubah, dukungan yg lebih banyak untuk
melawan gravitasi bumi, air yang relatif tersedia. (3) Dengan air yg relatif tadi, makhluk hidup pada laut bisa menyerap air langsung masuk sistem tubuh. (4) Makhluk hidup di laut dapat memperoleh oksigen dan karbon.


15. Untuk menulis teks pada atas, observasi harus dilakukan terhadap ….
A. Kondisi generik bahari dan darat
B. Keadaan permukaan bumi
C. Makhluk hidup di bumi
D. Ketersediaan air dalam sistem tubuh
E. Perubahan suhu di bahari dan darat
16. Gagasan primer teks pada atas dinyatakan pada kalimat ….
A. (1) D. (4)
B. (dua) E. (1), (4)
C. (tiga)
17. Kata teknis dalam cuplikan teks di atas merupakan, kecuali ….
A. Oksigen D. Makhluk
B. Karbon E. Sistem tubuh
C. Gravitasi
18. (1) Kayu ramin diimpor oleh pedagang-pedagang Singapura serta KalimantanBarat.
(dua) Di sana diolah sebagai perabot rumah tangga
(tiga) Tentu saja harga sudah tujuh atau delapan kali lipat harga pada KalimantanBarat.
(4) Kemudian dikirim ke Jakarta, dan populer sebagai kayu jati Singapura.
Susunan kalimat sempurna merupakan ....
A. (2) – (tiga) – (1) – (4)
B. (1) – (2) – (4) – (3)
C. (tiga) – (2) – (1) – (4)
D. (1) – (2) – (tiga) – (4)
E. (1) – (tiga) – (4) – (dua)
19. Topik : Pantai Natsepa
(1) Pantai Natsepa terletak lebih kurang sepuluh kilometer menurut pusat kota.
(2) Pantai ini terlihat jelas lantaran letaknya hanya seratus meter menurut jalanutama.
(3) Di Pantai Natsepa ini, terdapat dua loka yg telah dilengkapi fasilitaspenginapan.
(4) Di beberapa tempat yg agak condong ke bahari mengalami kerusakan.
(5) Pantai ini tak jarang dikunjungi wisatawan asing.
(6) Bahkan umumnya pengunjung hingga ke Pantai Liang.
Kalimat laporan yg sesuai menggunakan topik di atas adalah ....
A. (1), (dua), (tiga), dan (lima)
B. (1), (dua), (tiga), serta (4)
C. (1), (tiga), (lima), serta (6)
D. (dua), (3), (5), dan (6)
E. (3), (4), (lima), dan (6)
20. Contoh kalimat laporan yang mengungkapkan suatu masalah ….
A. Para murid merayakan tahun baru bersama menggunakan mengadakan pentas seni pada sekolahnya.
B. Masyarakat Desa Sukamaju melakukan gotong royong buat membersihkan selokan yangsering tersumbat ketika hujan.
C. Para pengendara bermotor mendapat pelayanan kesehatan gratis selesainya mereka terhambatperjalanannya gara-gara sebuah truk yg mogok pada Tanjakan Nagreg.
D. Terjadi tawuran antarkampung di daerah tengah sehingga beberapa tempat tinggal ikutporak
poranda.
E. Acara kejutan ditiadakan pada seremoni itu karena dikhawatirkan menimbulkansalah
pengertian dalam penduduk setempat.



B. TEKS EKSPOSISI

Pilihlah jawaban yangpaling sahih!
(Cuplikandi bawah ini dipakai buat menjawab soal nomor 1‑tiga)

Prasangka baik aku , bukannya mereka nir memahami akan perlunya ketertiban berbahasa
pada lingkungan sekolah. Saya berkeyakinan bahwa doktrin mengenai “berbahasa Indonesialah
yang baik dan benar” telah mereka peroleh jauh-jauh sebelumnya, sejak SLTP atau bahkan
sejak mereka Sekolah Dasar. Saya melihat ketidakberesan mereka berbahasa, diantaranya, disebabkan sang kekurangwibawaan bahasa Indonesia itu sendiri pada mata mereka.


1. Teks tadi digolongkan ke dalam jenis eksposisi karena ....
A. Menceritakan proses terjadinya cara berbahasa siswa
B. Mengungkapkan ihwal terjadinya kekurangwibawaan berbahasa
C. Mendeskripsikan keadaan kemampuan berbahasa siswa
D. Meyakinkan pembaca mengenai perlunya berbahasa baik dan benar
E. Mendorong pembaca untuk selalu mengasihi bahasa Indonesia
2. Pernyataan yang sinkron menggunakan teks tersebut adalah ....
A. Seluruh pernyataan di dalam teks tersebut dari pendapat pribadi
B. Gagasan dalam teks tersebut sangat jelas serta meyakinkan
C. Perlu ditunjang oleh tabel buat menjelaskan fakta itu
D. Banyak memakai istilah pendidikan pada pada cuplikan itu
E. Teks itu tergolong ke dalam jenis berita
3. Contoh konjungsi yang ada pada cuplikan di atas merupakan ....
A. Bahwa D. Bukan
B. Sang E. Disebabkan
C. Tentang
(Cuplikan pada bawah ini dipakai buat menjawab soal nomor 4‑6)

(1) Makin maraknya tawuran di global pendidikan ini tentu menambah berat beban kerja polisi yang telah menggunung. (dua) Bagi aparat terdepan penegak hukum ini, kenyataan tawuran pelajar yg makin deras pula membuat korps polisi ekstra hati-hati jangan hingga dijadikan kambing hitam dan dievaluasi tidak sanggup menangani. (3) Sementara itu, poly sekali masalah lain yang jua harus menerima prioritas. (4) Hal itu ditegaskan Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya Inspektur Jenderal Untung S Radjab, Rabu kemudian.


4. Kata teknis pada cuplikan tadi merupakan ….
A. Tawuran
B. Fenomena
C. Beban kerja
D. Kambing hitam
E. Mendapat prioritas
5. Tesis dalam cuplikan teks pada atas dinyatakan pada kalimat bernomor ….
A. (1)
B. (dua)
C. (tiga)
D. (4)
E. (1), (4)
6. Fakta dinyatakan dalam kalimat bernomor ….
A. (4)
B. (dua)
C. (tiga)
D. (1)
E. (lima)
(Cuplikan di bawah ini digunakan buat menjawab soal nomor 7‑9)

Jika Anda hobi membaca tentu membaca sebuah novel yg disukai merupakan hal yang
menyenangkan. Apalagi dengan menyelami isi cerita sehingga menciptakan otak menjadi hidup
dengan terbawa emosi dan bahkan mengaktifkan indra.
Dilansir menurut page Fitnea, para peneliti menemukan bahwa penggambaran visual terjadi
secara otomatis. Orang-orang sanggup mengidentifkasi penggambaran objek lebih cepat jika
mereka hanya membaca kalimat yg menggambarkan objek secara visual. Dengan begitu,
saat membaca kalimat, Anda secara otomatis memunculkan gambar objek dalam pikiran
Anda.


7. Teks pada atas dapat digolongkan ke dalam teks eksposisi karena ….
A. Mengandung imajinasi yg meyakinkan
B. Mengungkap perkara yg faktual
C. Menyajikan pendapat-pendapat penulis
D. Menggunakan warta yang jelas
E. Membicarakan kabar tentang suatu peristiwa
8. Sumber kabar yang dipakai dalam teks pada atas berupa ….
A. Output observasi
B. Penelitian para ahli
C. Konklusi berdasarkan wawancara
D. Penyebaran angket
E. Pendapat pribadi
9. Cuplikan di atas disusun dengan pola ….
A. Kausalitas
B. Generalisasi
C. Komparasi
D. Kronologis
E. Spasial
(Cuplikan di bawah ini dipakai buat menjawab soal angka 10‑12)

Olahraga dirgantara termasuk olahraga mahal. Inilah barangkali salah satu hambatan dalam
mengembangkan olahraga dirgantara pada negara kita. Untuk melakukan olahraga terjun paying diharapkan payung atau parasut. Harga sebuah parasut bisa mencapai lima juta rupiah. Untuk
terjun berdasarkan udara diharapkan pesawat terbang yg menerbangkan para penerjun ke ketinggian. Penerbangan pesawat udara ini memerlukan porto yang mahal. Walaupun tidak semahal olahraga terjun payung, olahraga layang gantung pula memerlukan porto yang tidak sedikit. Sebuah layang gantung berharga seratus ribu lebih rupiah. Bahkan, terdapat yg berharga pada atas satu juta rupiah.


10. Teks di atas mengandung argumen mengenai ....
A. Mahalnya olahraga dirgantara
B. Bisnis pengembangan olahraga dirgantara
C. Tujuan olahraga dirgantara
D. Biaya buat menjadi seorang penerjun
E. Perangkat yang digunakan buat terjun payung
11. Konjungsi yg berfungsi memperjelas dalam cuplikan tadi adalah ….
A. Walaupun
B. Bahkan
C. Atau
D. Juga
E. Untuk
12. Tesis dinyatakan dalam kalimat .....
A. Pertama
B. Kedua
C. Keempat
D. Kelima
E. Ketujuh
(Cuplikan pada bawah ini digunakan buat menjawab soal nomor 13‑14)

Memang sangatlah layak jika peristiwa yg sungguh-benar-benar luar biasa itu selalu
diperingati sang kita pada era kekinian. Peringatan yang sejati tentu saja nir sekadar baris
di lapangan terbuka, menengadah serta menghormati bendera, lalu mengeja kembali teks Sumpah Pemuda dengan suara lantang. Kegiatan upacara serta majemuk kegiatan seremonial lainnya belum sanggup menandingi peristiwa yang sesungguhnya terjadi pada masa itu.


13. Kesimpulan cuplikan pada atas adalah ....
A. Peristiwa Sumpah Pemuda adalah insiden yang sangat luar biasa
B. Upacara nir relatif menggunakan hanya menghormati bendera
C. Nir perlu lagi ada aktivitas seremonial di era sekarang
D. Perlu terdapat perubahan dalam rapikan program upacara bendera
E. Teks Sumpah Pemuda nir perlu dibacakan, tapi dilaksanakan
14. Fakta pada cuplikan tadi dinyatakan pada kalimat ….
A. Pertama D. Kesatu dan kedua
B. Kedua E. kedua dan ketiga
C. Ketiga
(Cuplikan pada bawah ini digunakan buat menjawab soal angka 15‑16)

Bahasa, seni, serta output-hasil budaya dari bangsanya sendiri dianggap kurang pandai, ketinggalan zaman.bahkan, pemberian eksklusif menurut Tuhan pun tak jarang kali dicampakkan lantaran dianggap tidakideal. Kulit sawo matang menjadi karakteristik spesial lain dari bangsa ini wajib memutih atau kuninglangsat. Hidung wajib mancung, rona mata biru, rambut harus pirang atau kriwil-kriwil.


15. Konjungsi bahkan dalam cuplikan di atas bermakna ….
A. Menambahkan D. Melanjutkan
B. Mempertentangkan E. Menegasikan
C. Membandingkan
16. Argumentasi dinyatakan pada kalimat ….
A. Kesatu serta kedua
B. Kesatu serta ketiga
C. Kedua dan ketiga
D. Kesatu
E. Ketiga
(Cuplikan pada bawah ini dipakai buat menjawab soal nomor 17‑18)

Seorang remaja berinisial AAL, gara-gara mencuri sandal, ia wajib dimejahijaukan, kemudian divonis bersalah. Masyarakat memandang bahwa aparat penegak aturan telah keterlaluan,berlaku sistem tebang pilih. Kasus aturan yg ecek‑ecek diperkarakan, ad interim masihbanyak kejahatan serius yang dicermati sebelah mata. Koruptor yang menggasak uangnegara miliaran, bahkan triliunan rupiah, dibiarkan melenggang bebas, tidak diotak-atik, tanpatersentuh hukum.


17. Cuplikan tadi bertopik tentang ….
A. Ketidakadilan hukum
B. Kriminalitas di masyarakat
C. Aparat penegak aturan yang korup
D. Syarat peradilan di Indonesia
E. Separuh remaja yang berbuat kriminal
18. Argumentasi dalam cuplikan pada atas dinyatakan pada kalimat ….
A. Pertama dan kedua
B. Kedua dan ketiga
C. Ketiga dan keempat
D. Ke 2 serta keempat
E. Pertama serta ketiga
(Cuplikan di bawah ini dipakai buat menjawab soal angka 19‑20)

(1) Banyak pejabat wilayah, bahkan anggota dewan, tampak berlomba-lomba ingin menerangkan perhatian terhadap prestasi mereka. (dua) Itulah hal yg diberitakan poly media akhir-akhir ini. (3) Namun, sayangnya sangat kurang pemberitaan yg menyoroti pola pendidikan yang diterapkan di Sekolah Menengah Kejuruan tadi selama ini. (4) Seberapa akbar juga biaya yg dipungut sekolah pada para siswanya? (5) Masyarakat tentunya sangat bertanya-tanya dengan semuanya itu. (6) Penularan pola pendidikan yg berlaku di sana sangat penting supaya terjadi penyebaran prestasi dan kreativitas. (7) Kalau toh kurikulumnya sama, fasilitas serta kompetensi gurunya juga tidak jauh berbeda, seharusnya prestasi misalnya itu muncul juga dari sekolah-sekolah menengah atas (SLTA) lainnya.


19. Pernyataan yg bersifat persuasif pada cuplikan tadi dinyatakan dalamkalimat bernomor ….
A. (1), (dua) D. (4), (5)
B. (dua), (3) E. (6), (7)
C. (tiga), (4)
20. Konjungsi kontradiksi dinyatakan dalam kalimat bernomor ….
A. (1) D. (5)
B. (dua) E. (7)
C. (tiga)

TEKS ANEKDOT

Pilihlah jawaban yangbenar!
1.“Kamu itu justru sangat kolot,” kata hakim itu menggunakan tenangnya. “Mau-maunyabertengkar
dengan orang tolol, yg mengatakan bahwa empat kali tujuh merupakan 2 puluhtujuh.
Bukankah engkau yg seharusnya dieksekusi?”
Peristiwa yang dialami tokoh “kamu” lebih sempurna dianggap ....
A. Konyol D. Tragis
B. Ironis E. Kontradiktif
C. Sarkastis
2. Pelajaran yg bisa dipetik dari cuplikan anekdot pada soal angka 1 di atasadalah ....
A. Berdebatlah secara jujur
B. Jangan melawan aparat hukum
C. Taatilah aturan menggunakan sewajarnya
D. Hargailah pendapat sesama menggunakan adil
E. Uruslah sesuatu yg krusial serta bermanfaat
3. Orang Indonesia : “Nah, itulah….! Masing-masing orang kan punya kenalansendiri-sendiri! Jangan paksakan saya mengenal orang-orang yang Anda sebutkantadi itu! Emang gue pikirin”
Pesan yg terdapat dalam cuplikan anekdot di atas adalah ....
A. Setiap orang mempunyai pendapat masing-masing
B. Pengetahuan setiap orang selalu tidak sama
C. Jangan memaksakan kehendak kepada orang lain
D. Perlunya mengenal kebiasaan serta kemampuan orang lain menggunakan baik supaya tidakterjadi konflik
E. Setiap orang memiliki kenalan yang bhineka dan jangan dipaksakan untukmengenal
orang lain
4. Kemudian, beliau turun menurut mimbar serta berjalan pulang. Kali ini orang-orangbenar-benar dibuat
bingung serta akhirnya mereka tetapkan buat mencoba sekali lagi danmengundangnya
agar tiba lagi pada minggu depan untuk membicarakan khotbah.
Dalam struktur anekdot, bagian itu lebih tepat dianggap dengan ....
A. Abstrak D. Reaksi
B. Orientasi E. Koda
C. Krisis
5. Contoh bagian reaksi adalah ....
A. Seseorang dosen memberikan kuliah Hukum Pidana
B. Suasana kelas biasa-biasa saja
C. Kelas kembali berlangsung normal
D. Kitab undang-undang hukum pidana dipelesetkan sebagai “Kasih Uang Habis Perkara”
E. Mahasiswa tercengang dan tertawa, sedangkan dosen menggeleng-gelengkankepala
6. Pada suatu saat mereka mampir ke sebuah restoran. Ketika memesan kuliner,mereka
bingung menggunakan menu-menu kuliner yg disediakan. Mereka pun nir bisaberbahasa
Inggris dengan baik.
Bagian itu dianggap menjadi orientasi anekdot lantaran ....
A. Mengarahkan pada terjadinya krisis
B. Bertokohkan antagonis
C. Menjadi unsur konflik utama
D. Mengandung kelucuan
E. Tidak beralur maju
7. “Kamu itu justru sangat udik” istilah hakim itu dengan tenangnya. “Mau-maunyakamu
bertengkar menggunakan orang tolol, yang menyampaikan bahwa empat kali tujuh adalahdua puluh
tujuh. Bukankah engkau yg seharusnya dieksekusi?”
Reaksi pada cuplikan anekdot di atas lebih bersifat ....
A. Menghibur
B. Mencela
C. Menggurui
D. Mengarahkan
E. Menghardik
8. “Nah, itulah….! Masing-masing, orang punya kenalan sendiri-sendiri! Janganpaksakan saya
mengenal orang-orang yg Anda sebutkan tersebut itu!”
Koda di atas lebih tepat dianggap menggunakan ....
A. Pernyataan
B. Persetujuan
C. Pembelaan
D. Pengakuan
E. Penjelasan
9. Sebuah bus penuh dengan (1) para politikus keluar (dua) berdasarkan marka jalan.akhirnya (tiga), menabrak (4) sebuah pohon akbar pada ladang seseorang petani tua.hampir semua (5) penumpang
menjadi korban dalam kecelakaan tadi.
Kata yg bermakna kronologis ditandai dengan nomor ....
A. (1) D. (4)
B. (dua) E. (lima)
C. (tiga)
10. Petani tua segera menaruh bantuan (1). Tetapi, apalah daya, (2) ia tidakbisa berbuat apa
pun (3) lantaran memang para penumpang bus itu dianggap telah tidak bisatertolong lagi (4).
Petani tua lalu menguburkan politikus-politikus itu di kebunnya. (lima)
Kalimat yg mengandung konjungsi kronologis merupakan nomor ....
A. (1) D. (4)
B. (dua) E. (lima)
C. (tiga)
11. Berikut ini yang nir termasuk kalimat yg menggunakan berita saat,yaitu ....
A. “Duh, Pak Jin, sepi banget pada sini,” keluh orang Indonesia.
B. Dua orang itu pada akhirnya bertengkar hebat.
C. “Nah, sekarang tinggal engkau orang Indonesia. Sebut saja apa maumu.”
D. Ketika memesan kuliner, mereka resah menggunakan pilihan menu-menu kuliner yg disediakan.
E. Beberapa hari lalu, petugas berdasarkan kepolisian mendatanginya dan menanyakanperistiwa kecelakaan itu.
12. Contoh penggunaan kalimat tidak pribadi yang benar ....
A. Bahkan, beberapa di antara mereka ada yg mengatakan bahwa mereka belummeninggal.
B. Bahkan, beberapa pada antara mereka ada yang menyampaikan, “Mereka belummeninggal.”
C. Bahkan, beberapa pada antara mereka terdapat yang berkata, Mereka belum meninggal!
D. Bahkan, beberapa di antara mereka ada yang mengungkapkan mereka belummeninggal.
E. Bahkan, beberapa di antara mereka terdapat yg menyampaikan, “Bahwa mereka belummeninggal!”
13. Kalimat yg nir menggunakan kata kerja material ...
A. Petani tua segera menaruh donasi.
B. Mereka merasa seorang diri di tempat itu.
C. Keduanya akhirnya dibawa menemui hakim setempat.
D. Petani tua lalu menguburkan politikus-politikus itu di kebunnya.
E. Beberapa hari lalu, petugas berdasarkan kepolisian mendatanginya dan menanyakanperistiwa kecelakaan itu.
14. (1) Pada zaman dahulu di suatu negara (yg pasti bukan negara kita) adaseorang tukang pedati yang rajin serta tekun. (2) Setiap pagi beliau membawa barangdagangan ke pasar dengan
pedatinya. (tiga) Suatu pagi beliau melewati jembatan yg baru dibangun. (4) Namunsayang, ternyata kayu yg dibentuk untuk jembatan tersebut tidak bertenaga. (5)Akhirnya, tukang pedati itu
jatuh ke sungai. (6) Kuda bersama dagangannya hanyut.
Cuplikan anekdot di atas disusun dengan pola ....
A. Kronologis
B. Komparatif
C. Kausalitas
D. Spasial
E. Generik khusus
15. Kalimat yang nir menggunakan kata penunjuk warta saat dalam soalnomor 14
ditandai dengan nomor ....
A. (1), (dua)
B. (dua), (3)
C. (tiga), (4)
D. (4), (6)
E. (lima), (6)
Perhatikan kutipan teks anekdot pada bawah ini buat menjawab soal nomor 16dan 17!
Kemudian Si Pembantu yg berbadan pendek, kurus, dan punya uang bertanyakepada hakim,
“Wahai, Yang Mulia Hakim. Apa kesalahan hamba sehingga wajib dipenjara?” Denganentengnya Sang Hakim menjawab, “Kesalahanmu merupakan pendek, kurus, dan punyauaaaaang!!!!”
16. Berdasarkan kaidah kebahasaannya, teks di atas memiliki karakteristiksebagai anekdot
karena ....
A. Mengandung kalimat langsung
B. Poly memakai kata benda
C. Adanya humor yg menggelitik
D. Memakai istilah bermakna penyebaban
E. Diakhiri menggunakan suatu koda
17. Konjungsi bermakna urutan ketika di pada cuplikan anekdot pada atas adalah....
A. Lalu D. Adalah
B. Pada E. Sehingga
C. Dengan
Perhatikan cuplikan teks anekdot di bawah ini buat menjawab soal nomor 18dan 19!
Setelah Si Pembantu yg berbadan pendek, kurus, serta punya uang itudimasukkan ke penjara
dan uangnya disita, Sang Hakim bertanya pada khalayak ramai yang menyaksikanpengadilan
tersebut, “Saudara-saudara seluruh, bagaimanakah dari pandangan kalian,peradilan ini sudah
adil?” Masyarakat yg ada serempak menjawab, “Adiiill!!!”
18. Cuplikan teks anekdot pada atas termasuk ke dalam ....
A. Koda D. Orientasi
B. Reaksi E. Abstrak
C. Krisis
19. Fungsi kabar pada cuplikan anekdot di atas diawali menggunakan penggunaankata ....
A. Sesudah D. Kepada khalayak
B. Oleh hakim E. Sudah adil
C. Ke penjara
20. Pemuda itu menjawab lagi, “Sayangnya, pada kenyataannya kebanyakan orangsenang
disanjung, Pak. Hanya beberapa laki-laki yg benar-sahih sejati seperti Anda yangtidak
menyukai sanjungan.”
“Mungkin engkau benar,” pejabat senior itu mengangguk sembari tersenyum.
Kemudian, pemuda tersebut menceritakan pengalaman itu pada temannya, “sayasudah
menggunakan satu dari persediaanku. Sekarang saya mempunyai sembilan puluhsembilan
ungkapan ABS yg tersisa.”
Pelajaran yang dapat dipetik menurut cuplikan anekdot itu merupakan ….
A. Betapa susahnya melihat kelemahan diri sendiri
B. Poly kesalahan dalam diri orang lain yang mudah kita lihat
C. Tidak ada orang pada dunia ini yg mau mengakui kelemahannya
D. Perlu terdapat saling menghargai antara orang yg satu dengan orang lain
E. Setiap orang memiliki sudut pandang yg tidak sinkron di pada tahu sesuatu

(Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks pada Mata Pelajaran BahasaIndoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya)

TEKS HIKAYAT
1. Sebelum raja hindustan itusediakala pekerjaanya pergi berburu juga makapada suatu hari raja hindustan itu sedang berburu, kemudian bertemu dua ekorular adapun ular yg betina itu terlalu baik rupanya; maka yg jantansangatjahat rupanya. Maka dalam hati baginda, “ bukan pula jodohnya ular itu karenayang jantan itu amat dursila rupanyadanyang betina itu elok rupanya.”makadihunusnya pedangnya, lalu diparangkan kepada ular jantan itu. Maka ular jantanitu matilah. Maka ular betina itu pun putus ekornya sedikit.
Nilai moral pada kutipan tersebutyang masih bisa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah...
A.Marahmelihat sesuatu yg nir sinkron pada pandangannya.
B.Menghukumyang berperilaku jahat.
C.Lebihmempercayai ular.
D.Melakukanperburuan dihutan tanpa mengenal batas.
E.Berlakukasar pada orang yg tidak disukai.
2.setelah sudahlah baginda bertitah demikian itu maka anaknda Cendera Hasan punmenangislah terlalu sangat ,setra dengan tersedu-sedu suara tangisnya,serayamengengeluarkan kata,”Aduh Ayah serta Bunda,sebelum lagi anaknda bercerai denganayah serta ibu ke 2,anaknda minta halalkan air susu mak menurut dunia sampaike akhirat. Apakah untung anaknda yang malangini, yg tiada serupa pula menggunakan makhluk yang poly? Apatah gunanya pulaanaknda ini telah dilahirkan Allah Subhanahu wataala, maka anaknda patutmerasai dan menanggung azab dan kesukaran pada taiap-tiap masa serta ketika didalam sepanjang umur anaknda ini? Wahai ayah serta bunda, menerima kasihlahanaknda pada ayah serta mak , serta anaknda minta halalkan barang suatu penatdan kesukaran sebab sudah memeliharakan anaknda ini.
Nilai-nilaimoral dalam kutipan sastra Melayu klasik tadi merupakan...
A.Anak-anaktidak boleh melepaskan diri menurut orangtua
B.Orangtua harus memberikan makanan yg baik bagi anaknya.
C.Memupukkasih sayang antara orang tua menggunakan anaknya.
D.Setiapanak yang dilahirkanakan menglamikesulitan.
E.Orangtua melepas kepergian anaknya menggunakan lapang dada.
3.kemudian,panglima peringgi berjalan diatas titian menuju dermaga bunga melurkembang cina.ia berdiri diujungtitimenunggu kedatangan gadis cik inam.sedangkan raja petukal dan hulubalang yg bertujuhmenunggu pada geladak kapal dipangkal titi.
Rajapetukal menunggu gadis cik inam dengan perasaan gelisah.sementara waktu-sebentar iamemanjang lehernya memendang keujung jalan buat mebelum.kadang-kadang iamerasa gerah.dia meminta sebuah kipas menurut pengawalnya,kemudian berkipassendiri.”jangan lupa tugas masing-masing,”hardik raja petukal mengingatkanhulubang yang bertujuh satu persatu.”jikalau kalian berbuat ndeso,aku penggalleher kalian.mengerti?”
“mengerti,tuanku,”merekamenyahut menggunakan suara gemetar.
Amanatyang masih ada dalam kutipan hikayat tadi......
A.Berbicaralah menggunakan sopan kepadaorang lain.
B.Berlakulahadil pada bawahan
C.Berkatalahjujur kepada pimpin.
D.Janganmenunggu sesuatu yg belum pasti
E.Janganmelakukan sesuatu seorang diri
4.maka adapun saudaraku seibu- sebapa itu, empat orang pria, semuanya ituabangku , maka aku inilah yg bungsu. Adapun kakak-abangku yang tersebut itusemuanya tewas tatkala lagi mini , ada yg meninggal umur enam bulan,ada umursetahun, ada yang dua tahun, ada yg 3 tahun. Demikianlah halnya sehinggabunda pun misalnya laku orang gila karena mangkat anak-anaknya itu. Maka senantiasaduduk menangis serta sedih cita pula. Maka beberapa lamanya dalam hal yangdemikian, datanglah seorang-orang arab, sayyid yang bernama Habib Abdullah,bangsa hadad. Maka adalah beliau itu aulia. Maka sangat dipermuliakan orang akandia pada malaka; maka segala pria dan perempuan pergilah bergurukepadanya dari hal-hal masalah kepercayaan islam. Maka bundaku jua yg tiada pergisenantiasa duduk menangis karena terkenangkan anak-anaknya yang tewas itu makasehari-hari dia mendengar bundaku menangis : maka disuruhnya panggil bundaku,diperiksakannya akan bundaku itu duduk menangis-nangis. Maka sang bapakudiceritakannyalah segala hal anak-anaknya habis tewas itu. Maka kata tuan itu, “baiklah engkau katakan kepada istrimu, janganlah ia menangis, insyAllah nantidiberi Allah kepadanya seseorang anak pria. Maka apabilaberanak kelak engkau namakan dengan namaku.
Amanatyang terkandungdalam kutipanhikayattersebut adalah...
A.Rawatlahanak itu sejak mini agar tetap sehat
B.Dukacita hiperbola lantaran kematian tidaklah baik.
C.Tolonglahtetangga yang mengalami kesulitan.
D.Terimalahtakdir yg diberi Tuhan kepada kita.
E.BerdoalahkepadaTuhan agar kita diberi keturunan.
5.esok harinya Raja Indra Dewi hendak berangkat masuk ke pada hutan. Maka sampaikepada pagi hari esok, sekaliannya hulubalang serta warga semuanya sudah hadirmenanti dengan senjata. Maka Raja Indra Dewa itu pun berjalanlah masuk hutankeluar hutan, masuk rimba keluar rimba, masuk padang keluar padang. Maka dengantakdir Allah Taala lalulah seekor kijang emas terlalulah elok rupanya tiadadapat dihingga akan kijang itu. Maka Raja Indra Dewa pun lalu mengejarlahkijang itu masuk hutan keluar hutan, masuk rimba keluar rimba, masuk padangkeluar padang.tiba-datang berjumpalah satu kolam di tengah hutan yang akbar itu.maka kijang itu pun masuk ke pada kolam itu. Tiadalah dapat Indra Dewa ituakan kijang masuk kolam itu,akan namun Raja Indra Dewa itu pun tiadalah msuindra lagi di tepi kolam itu. Beberapa hulubalang, warga mencarikan kijang itutiada bisa. Maka Raja Indra Dewa itu pun tiadalah hendak balik lagi keistana.
Halyang tidak mungkin dalam kutipan hikayat tersebut adalah....
A.Pemburumembunuh hewan yang dijumpai di hutan
B.Seekorhewan bisa bercakap-cakap dengan manusia
C.Seorangmanusia menghukum fauna yang jahat
D.Seorangmanusia membunuh,namun salah target.
E.Seekorhewan yg dapat menghilang ditengah kolam.
6.sebelum raja hindustan itu sediakala pekerjaanya pulang berburu pula makapada suatu hari raja hindustan itu sedangberburu, kemudian bertemu dua ekor ular adapun ular yang betina itu terlalu baikrupanya; maka yg jantansangat dursila rupanya. Maka pada hati baginda, “ bukanjuga jodohnya ular itu karena yang jantan itu amat jahat rupanyadan yang betina itu elok rupanya.”maka dihunusnya pedangnya, kemudian diparangkankepada ular jantan itu. Maka ular jantan itu matilah. Maka ular betina itu punputus ekornya sedikit.
Halyang mustahil pada kutipan tersebut adalah.....
A.Seorangmanusia yg menghukum fauna yang dursila.
B.Seorangmanusiamembunuh tetapi salah target.
C.Menilaijahat seekor hewan dari wajahnya.
D.Pemburumembunuh hewan yang dijumpai dihutan.
E.Seorangmanusia bisa bercakap-cakap dengan hewan
(Catatan:Kunci jawaban LENGKAP dalam proses) tunggu ya……MAAF
                                                                  

BAHAN LENGKAP PERSIAPAN PENILAIANAKHIR SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019 BAHASA INDONESIA KELAS X, XI, XII:KISI-KISI, SOAL, PEMBAHASAN, RINGKASAN MATERI



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel