RPP KELAS X SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019 BAHASA INDONESIA SMA TEKS DEBAT KD 3.12 DAN 4.12



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)
Sekolah : Sekolah Menengah Atas ……………..
Mata Pelajaran: BahasaIndonesia
Kelas/Semester: X / Genap

Materi Pokok:Debat

Alokasi Waktu:2Minggu x 4 Jam pelajaran @ 45 Menit

A.KompetensiInti

1.menghayati serta mengamalkan ajaran agamayang dianutnya

2.menunjukkan konduite jujur, disiplin,tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi, damai), santun,responsive, serta proaktif menjadi bagian dari solusi atas banyak sekali permasalahandalam berinteraksi secara efektif menggunakan lingkungan social serta alam sertamenempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

3. Memahami, menerapkan,menganalisis pengetahua faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingintahunya mengenai ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora denganwawasan humanisme, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebabfenomena serta kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural dalam bidangkajian khusus menggunakan talenta serta minatnya buat memecahkan masalah.

4. Mengolah, menalar, dan menyajidalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait menggunakan pengembangan berdasarkan apa yangdipelajarinya pada sekolah secara berdikari, dan bisa memakai metoda sesuaikaidah keilmuan.

B.KompetensiDasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi


Kompetensi Dasar
Indikator
      3.12Menghubungkan pertarungan/ isu, sudut pandang serta argumen beberapapihak dan simpulan dari debat buat menemukan esensi dari debat.
4.12Mengonstruksi perseteruan/info, sudut pandang dan argumen beberapapihak, an simpulan menurut debat secara mulut untuk memperlihatkan esensi berdasarkan debat.
·Mengidentifikasipermasalahan, sudut pandang, argumen, pemeran, sikap, pemilihan topik serta simpulan dari simulasi debat yg mengakibatkan pro dan kontra yg diperankan sang peserta didik.
·Melaksanakan debat.
·Mengevaluasi pelaksanaan debat.

C.TujuanPembelajaran

Melalui kegiatanpembelajaran dengan pendekatan saintifik dengan model pedagoge genre,saintifik, serta CLIL peserta didik bisa mengidentifikasi konflik, sudutpandang, argumen, pemeran, sikap, pemilihan topik dan simpulan menurut simulasidebat yg menyebabkan pro dan kontra yg diperankan oleh siswa,melaksanakan debat, dan mengevaluasi aplikasi debat menggunakan rasa ingin tahu, tanggung jawab, displindan kreatif(integritas)selama proses pembelajaran dan bersikapjujur,percaya diri serta pantangmenyerah

D.Materipembelajaran

Debat:

·esensi debat;

·mosi (pertarungan yg didebatkan);@aminyusuf

·argumen untuk menguatkan pendapatsesuai menggunakan sudut pandang yg diambil; dan

·tanggapan (mendukung dan menolakpendapat disertai argumen).


Fakta : Debat

Konsep : Mosi, Argumen, serta Tanggapan

Prinsip :EsesnsiDebat

Prosedur : mosi(perseteruan yg didebatkan);

argumen buat menguatkanpendapat sesuai menggunakan sudut pandang yg diambil; serta tanggapan (mendukung danmenolak pendapat disertai argumen).


E.MetodePembelajaran

Pendekatan: ScientificLearning

Model Pembelajaran:Discovery Learning (PembelajaranPenemuan) serta Problem

Based Learning (PembelajaranBerbasis Masalah )/ projek

F.Media/alat,Bahan

Media :

ØWorksheet atau lembar kerja (siswa)

Ølembar penilaian

ØCetak: buku, modul,brosur, leaflet, dan gambar.

ØManusia dalam lingkungan:pengajar, pustakawan, laboran, serta penutur nativ.

Alat/Bahan :

ØPenggaris, spidol, papan tulis

ØLaptop & infocus

ØAudio: kaset dan CD.

ØAudio-cetak: kaset atauCD audio yg dilengkapi dengan teks.

ØProyeksi visual membisu: OUTdan film bingkai.

ØProyeksi audio visual:film serta bingkai (slide) bersuara.

ØAudio visual mobilitas: VCD,DVD, dan W.

ØVisual mobilitas: film bisu.

ØObjek fisik: Benda konkret,contoh, dan spesimen.

ØKomputer.

G.SumberBelajar

1.Suherli,dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa IndonesiaKelas X Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum serta Perbukuan, Balitbang,Kemendikbud.

2.Suherli,dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XRevisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum serta Perbukuan, Balitbang,Kemendikbud.

3.Kosasih,E. 2014. Jenis-Jenis Teks pada MataPelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya

H.KegiatanPembelajaran

Pertemuan Ke-1 ( 4 x 45 mnt )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
  • Melakukan pembukaan dengan salam pembuka serta berdoauntukmemulai pembelajaran
  • Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai perilaku disiplin
  • Menyiapkan fisik dan psikis peserta didikdalam mengawali aktivitas pembelajaran.
Apersepsi
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatanpembelajaran yg akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik menggunakan materi/tema/kegiatansebelumnya, yaitu : Struktur serta Kebahasaan Teks Negosiasi
  • Mengingatkan balik materi prasyarat dengan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yg ada keterkaitannya menggunakan pelajaran yg akan dilakukan.
Motivasi
  • Memberikan gambaran mengenai manfaat menilik pelajaran yg akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
  • Apabila materi / tema / projek ini kerjakandengan baik dan sungguh-benar-benar ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat mengungkapkan mengenai materiesensi debat dan mosi (perkara yang diperdebatkan)
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran dalam rendezvous yg berlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
  • Memberitahukanmateri pelajaran yg akan dibahas pada rendezvous waktu itu.
  • Memberitahukan mengenai kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM dalam pertemuan yangberlangsung
  • Pembagian gerombolan belajar
  • Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajarsesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

15
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan buat memusatkan perhatian pada topik materiesensi debat dan mosi (perkara yang diperdebatkan) dengan cara :
·Melihat (tanpa atau dengan indera)
Menayangkan gambar/foto/video mengenai materi esensi debat dan mosi (perkara yang diperdebatkan)
“Apa yg kalian pikirkan mengenai foto/gambar tersebut?”
  • Mengamati
Ølembar kerja materi esensi debat serta mosi (perkara yg diperdebatkan)
Øpemberian contoh-contoh materi esensi debat dan mosi (masalah yg diperdebatkan)buat dapat dikembangkan siswa, menurut media interaktif, dsb
  • Membaca (dilakukan pada tempat tinggal sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi esensi debat dan mosi (perkara yg diperdebatkan)dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yg herbi lingkungan
  • Mendengar
pemberian materi esensi debat serta mosi (perkara yang diperdebatkan)sang guru
·Menyimak,
penjelasan pengantar aktivitas secara garis besar /dunia mengenai materi pelajaranmengenai materiesensi debat dan mosi (perkara yang diperdebatkan) , untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari kabar.
vMenulis
Peserta didik menulis resume mengenai apa yang sudah dibaca, diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan pada membaca serta menulis (Literasi)

Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada siswa buat mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang tersaji dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
·Mengajukan pertanyaan mengenai materi esensi debat dan mosi (masalah yg diperdebatkan)yang nir dipahami dari apa yg diamati atau pertanyaan buat mendapatkan keterangan tambahan tentang apa yg diamati (dimulai berdasarkan pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk berbagi kreativitas, rasa ingin memahami, kemampuan merumuskan pertanyaan buat menciptakan pikiran kritis yang perlu buat hidup cerdas serta belajar sepanjang hayat. Misalnya :
ØApa yang dimaksud dengan esensi debat dan mosi (perkara yang diperdebatkan) ?
ØTerdiri berdasarkan apakah esensi debat dan mosi (kasus yg diperdebatkan)tersebut?
ØSeperti apakah esensi debat dan mosi (perkara yg diperdebatkan)tersebut?
ØApa fungsi esensi debat dan mosi (perkara yang diperdebatkan) ?
ØBagaimanakah materi esensi debat serta mosi (perkara yg diperdebatkan)itu berperan dalam kehidupan sehari-hari serta karir masa depan siswa?

Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan warta yang relevan buat menjawab pertanyan yang sudah diidentifikasi melalui kegiatan:
  • Mengamati obyek/peristiwa,
mengamati menggunakan seksama materi esensi debat serta mosi (kasus yang diperdebatkan)yg sedang dipelajari pada bentuk gambar/video/slide presentasi yg disajikan dan mencoba menginterprestasikannya
  • Membaca sumber lain selain kitab teks,
mencari serta membaca berbagai surat keterangan menurut aneka macam asal guna menambah pengetahuan dan pemahaman mengenai materi esensi debat dan mosi (perkara yg diperdebatkan)yg sedang dipelajari
  • Aktivitas
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yg belum bisa dipahami dari kegiatan mengmati serta membaca yg akan diajukan pada guru berkaitan menggunakan materi esensi debat serta mosi (perkara yg diperdebatkan)yang sedang dipelajari
  • Wawancara/tanya jawab menggunakan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi esensi debat dan mosi (perkara yg diperdebatkan)yang tekah disusun pada daftar pertanyaan pada guru

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk pada beberapa kelompok buat:
  • Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi esensi debat dan mosi (perkara yang diperdebatkan)
  • Mengumpulkan informasi
mencatat semua fakta mengenai materi esensi debat serta mosi (kasus yg diperdebatkan)yang telah diperoleh pada kitab catatan dengan goresan pena yg rapi dan memakai bahasa Indonesia yg baik dan benar
  • Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara mulut atau mempresentasikan materiesensi debat serta mosi (kasus yang diperdebatkan)sinkron dengan pemahamannya
  • Saling tukar kabar tentangmateriesensi debat dan mosi (masalah yg diperdebatkan)dengan ditanggapi aktif oleh siswa dari kelompok lainnya sebagai akibatnya diperoleh sebuah pengetahuan baru yang bisa dijadikan sebagai bahan diskusi grup lalu, menggunakan memakai metode ilmiah yang terdapat dalam buku pegangan siswa atau dalam lbr kerja yang disediakan menggunakan cermat buat membuatkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan kabar melalui aneka macam cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan belajar serta belajar sepanjang hayat.

Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) serta CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi memasak data output pengamatan dengan cara :
  • Berdiskusi mengenai datadari materi esensi debat dan mosi (masalah yg diperdebatkan)yang sudah dikumpulkan / terangkum pada kegiatan sebelumnya.
  • Mengolah informasi menurut materi esensi debat dan mosi (masalah yg diperdebatkan)yang telah dikumpulkan dari output aktivitas/pertemuan sebelumnya mau pun output berdasarkan aktivitas mengamati dan kegiatan mengumpulkan warta yg sedang berlangsung menggunakan donasi pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
  • Peserta didik mengerjakan beberapa soal tentang materi esensi debat dan mosi (perkara yang diperdebatkan)

Verification
(verifikasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya serta memverifikasi hasil pengamatannya menggunakan data-data atau teori dalam buku sumber melalui aktivitas :
  • Menambah keluasan serta kedalaman hingga pada pengolahan warta yg bersifat mencari solusi dari aneka macam asal yang mempunyai pendapat yang tidak sinkron hingga pada yang bertentangan buat menyebarkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat anggaran, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur serta kepandaian induktif serta deduktif dalam menandakan mengenai materi : esensi debat dan mosi (perkara yang diperdebatkan) , antara lain dengan : Peserta didik serta guru secara beserta-sama membahas jawaban soal-soal yg telah dikerjakan sang siswa.

Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi buat menyimpulkan
·Menyampaikan output diskusitentang materi esensi debat dan mosi (masalah yg diperdebatkan)berupa kesimpulan berdasarkan output analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya buat membuatkan sikap jujur, teliti, toleransi, akal budi sistematis, menyampaikan pendapat dengan sopan
·Mempresentasikan output diskusi grup secara klasikal mengenai mteri : esensi debat dan mosi (perkara yang diperdebatkan)
·Mengemukakanpendapatatas presentasi yg dilakukan tentanag materi esensi debat dan mosi (masalah yg diperdebatkan)dan ditanggapi oleh grup yang mempresentasikan
·Bertanya atas presentasi mengenai materi esensi debat dan mosi (masalah yg diperdebatkan)yang dilakukan dan siswa lain diberi kesempatanuntuk menjawabnya.

CREATIVITY (KREATIVITAS)
·Menyimpulkantentang point-point penting yg muncul pada aktivitas pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan output pengamatan secara tertulis tentangesensi debat dan mosi (perkara yang diperdebatkan)
·Menjawab pertanyaan mengenai esensi debat dan mosi (masalah yg diperdebatkan)yang terdapat dalam kitab pegangan peserta didik atau lbr kerja yang sudah disediakan.
·Bertanya mengenai hal yg belum dipahami, atau guru melemparkanbeberapa pertanyaan kepada anak didik berkaitan menggunakan materi esensi debat dan mosi (masalah yg diperdebatkan)yang akan selesai dipelajari
·Menyelesaikanuji kompetensi buat materiesensi debat dan mosi (masalah yg diperdebatkan)yang masih ada dalam buku pegangan peserta didik atau dalam lbr lerja yg sudah disediakan secara individu buat mengecek dominasi siswa terhadap materi pelajaran

150
menit
Catatan :
Selama pembelajaran esensi debat dan mosi (masalah yg diperdebatkan)berlangsung, pengajar mengamati perilaku anak didik dalam pembelajaran yang meliputi perilaku: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku amanah, andal menghadapi perkara tanggungjawab, rasa ingin memahami, peduli lingkungan

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat resume menggunakan bimbingan guru mengenai point-point penting yg timbul pada kegiatan pembelajaran esensi debat dan mosi (masalah yg diperdebatkan)yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan tempat tinggal buat bahan ajar esensi debat dan mosi (perkara yang diperdebatkan) yang baru diselesaikan.
  • Mengagendakan materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang wajib mempelajarai pada rendezvous berikutnya pada luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswayang selesailangsung diperiksa buat materi pelajaran esensi debat dan mosi (perkara yang diperdebatkan) .
  • Peserta didik yangselesai mengerjakan tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan sahih diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,buat penilaian tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada bahan ajar esensi debat dan mosi (perkara yang diperdebatkan)
  • Memberikan penghargaan untuk bahan ajar esensi debat dan mosi (masalah yg diperdebatkan)kepada gerombolan yg memiliki kinerja dan kerjasama yang baik

15
menit



Pertemuan Ke-2 ( 4 x 45 mnt )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
  • Melakukan pembukaan dengan salam pembuka serta berdoauntukmemulai pembelajaran
  • Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai perilaku disiplin
  • Menyiapkan fisik dan psikis peserta didikdalam mengawali aktivitas pembelajaran.
Apersepsi
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatanpembelajaran yg akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik menggunakan materi/tema/kegiatansebelumnya, yaitu : esensi debat dan mosi (masalah yg diperdebatkan)
  • Mengingatkan balik materi prasyarat dengan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yg ada keterkaitannya menggunakan pelajaran yg akan dilakukan.
Motivasi
  • Memberikan gambaran mengenai manfaat menilik pelajaran yg akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
  • Apabila materi / tema / projek ini kerjakandengan baik dan sungguh-benar-benar ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat mengungkapkan mengenai materiargumen buat menguatkan pendapat sinkron menggunakan sudut pandang yang diambil; dan tanggapan (mendukung serta menolak pendapat disertai argumen)
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran dalam pertemuan yangberlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
  • Memberitahukanmateri pelajaran yg akan dibahas pada rendezvous waktu itu.
  • Memberitahukan mengenai kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM dalam pertemuan yangberlangsung
  • Pembagian gerombolan belajar
  • Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajarsesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
15
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan buat memusatkan perhatian pada topik materiargumen buat menguatkan pendapat sinkron menggunakan sudut pandang yang diambil; dan tanggapan (mendukung serta menolak pendapat disertai argumen) dengan cara :
·Melihat (tanpa atau dengan indera)
Menayangkan gambar/foto/video mengenai materi argumen buat menguatkan pendapat sinkron menggunakan sudut pandang yang diambil; dan tanggapan (mendukung serta menolak pendapat disertai argumen)
“Apa yg kalian pikirkan mengenai foto/gambar tersebut?”
  • Mengamati
Ølembar kerja materi argumen buat menguatkan pendapat sinkron menggunakan sudut pandang yang diambil; dan tanggapan (mendukung serta menolak pendapat disertai argumen)
Øpemberian model-contoh materi argumen untuk menguatkan pendapat sinkron menggunakan sudut pandang yg diambil; serta tanggapan (mendukung serta menolak pendapat disertai argumen)buat bisa dikembangkan peserta didik, berdasarkan media interaktif, dsb
  • Membaca (dilakukan pada tempat tinggal sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi argumen buat menguatkan pendapat sinkron menggunakan sudut pandang yang diambil; serta tanggapan (mendukung dan menolak pendapat disertai argumen)menurut kitab paket atau kitab -buku penunjang lain, berdasarkan internet/materi yg herbi lingkungan
  • Mendengar
pemberian materi argumen untuk menguatkan pendapat sesuai menggunakan sudut pandang yg diambil; serta tanggapan (mendukung dan menolak pendapat disertai argumen)sang guru
·Menyimak,
penjelasan pengantar aktivitas secara garis besar /dunia mengenai materi pelajaranmengenai materiargumen buat menguatkan pendapat sinkron menggunakan sudut pandang yang diambil; dan tanggapan (mendukung serta menolak pendapat disertai argumen) , untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari kabar.
vMenulis
Peserta didik menulis resume mengenai apa yang sudah dibaca, diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan pada membaca serta menulis (Literasi)

Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada siswa buat mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang tersaji dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
·Mengajukan pertanyaan mengenai materi argumen buat menguatkan pendapat sinkron menggunakan sudut pandang yang diambil; dan tanggapan (mendukung serta menolak pendapat disertai argumen)yang nir dipahami dari apa yg diamati atau pertanyaan buat mendapatkan keterangan tambahan tentang apa yg diamati (dimulai berdasarkan pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk berbagi kreativitas, rasa ingin memahami, kemampuan merumuskan pertanyaan buat menciptakan pikiran kritis yang perlu buat hidup cerdas serta belajar sepanjang hayat. Misalnya :
ØApa yang dimaksud dengan argumen buat menguatkan pendapat sinkron menggunakan sudut pandang yang diambil; dan tanggapan (mendukung serta menolak pendapat disertai argumen) ?
ØTerdiri dari apakah argumen buat menguatkan pendapat sinkron menggunakan sudut pandang yang diambil; dan tanggapan (mendukung serta menolak pendapat disertai argumen)tersebut?
ØSeperti apakah argumen buat menguatkan pendapat sinkron menggunakan sudut pandang yang diambil; dan tanggapan (mendukung serta menolak pendapat disertai argumen)tersebut?
ØApa fungsi argumen buat menguatkan pendapat sinkron menggunakan sudut pandang yang diambil; dan tanggapan (mendukung serta menolak pendapat disertai argumen) ?
ØBagaimanakah materi argumen buat menguatkan pendapat sinkron menggunakan sudut pandang yang diambil; dan tanggapan (mendukung serta menolak pendapat disertai argumen)itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan peserta didik?

Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan warta yang relevan buat menjawab pertanyan yang sudah diidentifikasi melalui kegiatan:
  • Mengamati obyek/peristiwa,
mengamati dengan seksama materi argumen buat menguatkan pendapat sinkron menggunakan sudut pandang yang diambil; dan tanggapan (mendukung serta menolak pendapat disertai argumen)yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya
  • Membaca sumber lain selain kitab teks,
mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman mengenai materi argumen buat menguatkan pendapat sinkron menggunakan sudut pandang yang diambil; dan tanggapan (mendukung serta menolak pendapat disertai argumen)yang sedang dipelajari
  • Aktivitas
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi argumen buat menguatkan pendapat sinkron menggunakan sudut pandang yang diambil; dan tanggapan (mendukung serta menolak pendapat disertai argumen)yang sedang dipelajari
  • Wawancara/tanya jawab menggunakan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi argumen buat menguatkan pendapat sinkron menggunakan sudut pandang yang diambil; dan tanggapan (mendukung serta menolak pendapat disertai argumen)yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk pada beberapa kelompok buat:
  • Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi argumen buat menguatkan pendapat sinkron menggunakan sudut pandang yang diambil; dan tanggapan (mendukung serta menolak pendapat disertai argumen)
  • Mengumpulkan informasi
mencatat semua informasi mengenai materi argumen buat menguatkan pendapat sinkron menggunakan sudut pandang yang diambil; dan tanggapan (mendukung serta menolak pendapat disertai argumen)yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
  • Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materiargumen buat menguatkan pendapat sinkron menggunakan sudut pandang yang diambil; dan tanggapan (mendukung serta menolak pendapat disertai argumen)sesuai dengan pemahamannya
  • Saling tukar kabar tentangmateriargumen buat menguatkan pendapat sinkron menggunakan sudut pandang yang diambil; dan tanggapan (mendukung serta menolak pendapat disertai argumen)dengan ditanggapi aktif oleh siswa dari kelompok lainnya sebagai akibatnya diperoleh sebuah pengetahuan baru yang bisa dijadikan sebagai bahan diskusi grup lalu, menggunakan memakai metode ilmiah yang terdapat dalam buku pegangan siswa atau dalam lbr kerja yang disediakan menggunakan cermat buat membuatkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan kabar melalui aneka macam cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan belajar serta belajar sepanjang hayat.

Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) serta CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi memasak data output pengamatan dengan cara :
  • Berdiskusi mengenai datadari materi argumen buat menguatkan pendapat sinkron menggunakan sudut pandang yang diambil; dan tanggapan (mendukung serta menolak pendapat disertai argumen)yang sudah dikumpulkan / terangkum pada kegiatan sebelumnya.
  • Mengolah informasi menurut materi argumen buat menguatkan pendapat sinkron menggunakan sudut pandang yang diambil; dan tanggapan (mendukung serta menolak pendapat disertai argumen)yang telah dikumpulkan dari output aktivitas/pertemuan sebelumnya mau pun output berdasarkan aktivitas mengamati dan kegiatan mengumpulkan warta yg sedang berlangsung menggunakan donasi pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
  • Peserta didik mengerjakan beberapa soal tentang materi argumen buat menguatkan pendapat sinkron menggunakan sudut pandang yang diambil; dan tanggapan (mendukung serta menolak pendapat disertai argumen)

Verification
(verifikasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya serta memverifikasi hasil pengamatannya menggunakan data-data atau teori dalam buku sumber melalui aktivitas :
  • Menambah keluasan serta kedalaman hingga pada pengolahan warta yg bersifat mencari solusi dari aneka macam asal yang mempunyai pendapat yang tidak sinkron hingga pada yang bertentangan buat menyebarkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat anggaran, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur serta kepandaian induktif serta deduktif dalam menandakan mengenai materi : argumen buat menguatkan pendapat sinkron menggunakan sudut pandang yang diambil; dan tanggapan (mendukung serta menolak pendapat disertai argumen) , antara lain dengan : Peserta didik serta guru secara beserta-sama membahas jawaban soal-soal yg telah dikerjakan sang siswa.

Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi buat menyimpulkan
·Menyampaikan output diskusitentang materi argumen buat menguatkan pendapat sinkron menggunakan sudut pandang yang diambil; dan tanggapan (mendukung serta menolak pendapat disertai argumen)berupa kesimpulan berdasarkan output analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya buat membuatkan sikap jujur, teliti, toleransi, akal budi sistematis, menyampaikan pendapat dengan sopan
·Mempresentasikan output diskusi grup secara klasikal mengenai mteri : argumen buat menguatkan pendapat sinkron menggunakan sudut pandang yang diambil; dan tanggapan (mendukung serta menolak pendapat disertai argumen)
·Mengemukakanpendapatatas presentasi yg dilakukan tentanag materi argumen buat menguatkan pendapat sinkron menggunakan sudut pandang yang diambil; dan tanggapan (mendukung serta menolak pendapat disertai argumen)dan ditanggapi oleh grup yang mempresentasikan
·Bertanya atas presentasi mengenai materi argumen buat menguatkan pendapat sinkron menggunakan sudut pandang yang diambil; dan tanggapan (mendukung serta menolak pendapat disertai argumen)yang dilakukan dan siswa lain diberi kesempatanuntuk menjawabnya.

CREATIVITY (KREATIVITAS)
·Menyimpulkantentang point-point penting yg muncul pada aktivitas pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan output pengamatan secara tertulis tentangargumen buat menguatkan pendapat sinkron menggunakan sudut pandang yang diambil; dan tanggapan (mendukung serta menolak pendapat disertai argumen)
·Menjawab pertanyaan mengenai argumen buat menguatkan pendapat sinkron menggunakan sudut pandang yang diambil; dan tanggapan (mendukung serta menolak pendapat disertai argumen)yang terdapat dalam kitab pegangan peserta didik atau lbr kerja yang sudah disediakan.
·Bertanya mengenai hal yg belum dipahami, atau guru melemparkanbeberapa pertanyaan kepada anak didik berkaitan menggunakan materi argumen buat menguatkan pendapat sinkron menggunakan sudut pandang yang diambil; dan tanggapan (mendukung serta menolak pendapat disertai argumen)yang akan selesai dipelajari
·Menyelesaikanuji kompetensi buat materiargumen buat menguatkan pendapat sinkron menggunakan sudut pandang yang diambil; dan tanggapan (mendukung serta menolak pendapat disertai argumen)yang masih ada dalam buku pegangan peserta didik atau dalam lbr lerja yg sudah disediakan secara individu buat mengecek dominasi siswa terhadap materi pelajaran

150
menit
Catatan :
Selama pembelajaran argumen buat menguatkan pendapat sinkron menggunakan sudut pandang yang diambil; dan tanggapan (mendukung serta menolak pendapat disertai argumen)berlangsung, pengajar mengamati perilaku anak didik dalam pembelajaran yang meliputi perilaku: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku amanah, andal menghadapi perkara tanggungjawab, rasa ingin memahami, peduli lingkungan

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat resume menggunakan bimbingan guru mengenai point-point penting yg timbul pada kegiatan pembelajaran argumen buat menguatkan pendapat sinkron menggunakan sudut pandang yang diambil; dan tanggapan (mendukung serta menolak pendapat disertai argumen)yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan tempat tinggal buat bahan ajar argumen buat menguatkan pendapat sinkron menggunakan sudut pandang yang diambil; dan tanggapan (mendukung serta menolak pendapat disertai argumen) yang baru diselesaikan.
  • Mengagendakan materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang wajib mempelajarai pada rendezvous berikutnya pada luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswayang selesailangsung diperiksa buat materi pelajaran argumen buat menguatkan pendapat sinkron menggunakan sudut pandang yang diambil; dan tanggapan (mendukung serta menolak pendapat disertai argumen) .
  • Peserta didik yangselesai mengerjakan tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan sahih diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,buat penilaian tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada bahan ajar argumen buat menguatkan pendapat sinkron menggunakan sudut pandang yang diambil; dan tanggapan (mendukung serta menolak pendapat disertai argumen)
  • Memberikan penghargaan untuk bahan ajar argumen buat menguatkan pendapat sinkron menggunakan sudut pandang yang diambil; dan tanggapan (mendukung serta menolak pendapat disertai argumen)kepada gerombolan yg memiliki kinerja dan kerjasama yang baik

15
menit

I.Penilaian,Pembelajaran Remedial serta Pengayaan

1.TeknikPenilaian (terlampir)

a.Sikap

-Penilaian Observasi

Penilaianobservasi menurut pengamatan sikap serta konduite peserta didik sehari-hari,baik terkait pada proses pembelajaran juga secara umum. Pengamatan langsungdilakukan sang guru. Berikut contoh instrumen evaluasi sikap

No
Nama Siswa
Aspek Perilaku yang Dinilai
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
BS
JJ
TJ
DS
1
Syaifudin
75
75
50
75
275
68,75
C
2

...
...
...
...
...
...
...


Keterangan:

•BS : Bekerja Sama

•JJ : Jujur

•TJ : Tanggun Jawab

•DS : Disiplin

Catatan:

1.aspek perilaku dinilai dengan kriteria:

100 = Sangat Baik

75= Baik

50 = Cukup

25 = Kurang

2.skor aporisma = jumlah perilaku yang dinilaidikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400

3.skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikapyang dinilai = 275 : 4 = 68,75

4.kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00= Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00= Baik (B)

25,01 – 50,00 = Cukup (C)

00,00 –25,00=Kurang (K)

5.format di atas bisa diubah sinkron dengan aspekperilaku yg ingin dinilai

-Penilaian Diri

Seiringdengan bergesernya pusat pembelajaran berdasarkan guru kepada peserta didik, makapeserta didik diberikan kesempatan buat menilai kemampuan dirinya sendiri.tetapi agar evaluasi tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskanterlebih dahulu tujuan berdasarkan evaluasi diri ini, menentukan kompetensi yg akandinilai, kemudian menentukan kriteria evaluasi yg akan digunakan, danmerumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkanoleh pengajar terlebih dahulu. Berikut Contoh format penilaian :

No
Pernyataan
Ya
Tidak
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
1
Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan.
50

250
62,50
C
2
Ketika kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan buat berbicara.

50
3
Saya ikut dan dalam menciptakan kesimpulan hasil diskusi gerombolan .
50

4
...
100



Catatan:

1.skor evaluasi Ya = 100 serta Tidak = 50

2.skor aporisma = jumlah pernyataan dikalikanjumlah kriteria = 4 x 100 = 400

3.skor perilaku = (jumlah skor dibagi skor maksimaldikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50

4.kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00= Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00= Baik (B)

25,01 – 50,00 = Cukup (C)

00,00 –25,00=Kurang (K)

5.format pada atas bisa jua digunakan untukmenilai kompetensi pengetahuan serta keterampilan

-Penilaian Teman Sebaya

Penilaianini dilakukan dengan meminta siswa buat menilai temannya sendiri. Samahalnya menggunakan penilaian hendaknya guru sudah menyebutkan maksud dan tujuanpenilaian, menciptakan kriteria evaluasi, dan juga menentukan format penilaiannya.berikut Contoh format penilaian sahabat sebaya:

Nama yangdiamati : ...

Pengamat : ...

No
Pernyataan
Ya
Tidak
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
1
Mau mendapat pendapat teman.
100

450
90,00
SB
2
Memberikan solusi terhadap permasalahan.
100

3
Memaksakan pendapat sendiri pada anggota kelompok.

100
4
Marah ketika diberi kritik.
100

5
...

50

Catatan:

1.skor evaluasi Ya = 100 serta Tidak = 50 untukpernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 danTidak = 100

2.skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikanjumlah kriteria = lima x 100 = 500

3.skor perilaku = (jumlah skor dibagi skor maksimaldikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00

4.kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00= Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00= Baik (B)

25,01 – 50,00 = Cukup (C)

00,00 –25,00=Kurang (K)

-Penilaian Jurnal(Lihatlampiran)

b.Pengetahuan

-Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda(Lihat lampiran)

-TesLisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan

Praktek Monolog atau Dialog

PenilaianAspek Percakapan

No
Aspek yg Dinilai
Skala
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
25
50
75
100
1
Intonasi







2
Pelafalan




3
Kelancaran




4
Ekspresi




5
Penampilan




6
Gestur





-Penugasan(Lihat Lampiran)

Tugas Rumah

a.peserta didikmenjawab pertanyaan yg terdapat dalam kitab peserta didik

b.peserta didikmemnta pertanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugasrumah dengan baik

c.peserta didikmengumpulkan jawaban menurut tugas rumah yang sudah dikerjakan buat mendapatkanpenilaian.

c.Keterampilan

-Penilaian Unjuk Kerja

Contohinstrumen evaluasi unjuk kerja dapat dilihat dalam instrumen evaluasi ujianketerampilan berbicara menjadi berikut:

InstrumenPenilaian

No
Aspek yg Dinilai
Sangat
Baik
(100)
Baik
(75)
Kurang
Baik
(50)
Tidak
Baik
(25)
1
Kesesuaian respon dengan pertanyaan




2
Keserasian pemilihan kata




3
Kesesuaian penggunaan tata bahasa




4
Pelafalan






Kriteriapenilaian (skor)

100 = Sangat Baik

75= Baik

50 = Kurang Baik

25 = Tidak Baik

Cara mencari nilai (N) = Jumalahskor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor aporisma dikali skor ideal (100)

InstrumenPenilaian Diskusi

No
Aspek yg Dinilai
100
75
50
25
1
Penguasaan materi diskusi




2
Kemampuan menjawab pertanyaan




3
Kemampuan memasak kata




4
Kemampuan menuntaskan masalah





Keterangan:

100 = Sangat Baik

75= Baik

50 = Kurang Baik

25 = Tidak Baik

-Penilaian Proyek(Lihat Lampiran)

-Penilaian Produk(Lihat Lampiran)

-Penilaian Portofolio

Kumpulansemua tugas yg sudah dikerjakan peserta didik, misalnya catatan, PR, dll

Instrumen Penilain

No
Aspek yg Dinilai
100
75
50
25
1





2





3





4








2.InstrumenPenilaian (terlampir)

a.PertemuanPertama

b.PertemuanKedua

c.PertemuanKetiga

3.PembelajaranRemedial dan Pengayaan

a.Remedial

Bagi peserta didik yang belum memenuhi kriteriaketuntasan minimal (KKM), maka pengajar bisa menaruh soal tambahan misalnyasebagai berikut :

1)Jelaskantentang Sistem Pembagian Kekuasaan Negara!

2)Jelaskantentang Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia serta LembagaPemerintah Non Kementerian!

3)Jelaskantentang Nilai-nilai Pancasila pada Penyelenggaraan pemerintahan!



CONTOH PROGRAM REMIDI

Sekolah:……………………………………………..

Kelas/Semester:……………………………………………..

Mata Pelajaran:……………………………………………..

Ulangan Harian Ke :……………………………………………..

Tanggal Ulangan Harian:……………………………………………..

Bentuk Ulangan Harian:……………………………………………..

Materi Ulangan Harian:……………………………………………..

(KD / Indikator):……………………………………………..

KKM:……………………………………………..



No
Nama Peserta Didik
Nilai Ulangan
Indikator yang Belum Dikuasai
Bentuk Tindakan Remedial
Nilai Setelah Remedial
Keterangan
1






2






3






4






5






6
















































dst









b.Pengayaan

Guru memberikan petuah agar permanen rendah hati, karenatelah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru menaruh soalpengayaan menjadi berikut :

1)Membaca kitab -kitab tentang Nilai-nilai Pancasiladalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang relevan.

2)Mencari warta secara online mengenai Nilai-nilaiPancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara

3)Membaca surat fakta, majalah, dan keterangan onlinetentang Nilai-nilai Pancasila pada kerangka praktik penyelenggaraanpemerintahan Negara

4)Mengamati langsung mengenai Nilai-nilai Pancasiladalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang ada dilingkungan kurang lebih.

Mengetahui, …….., …………

Kepala SekolahGuru Mata Pelajaran



……………………………..……………………………..

…………………………….……………………………..

UNDUH FILE WORD RPP TEKS DEBAT KLIK //drive.google.com/open?Id=1mALIT3pF259WBXuU9wHuY1pcjs1xoSjM

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel