SEJARAH BERDIRINYA MENARA EIFFEL

Kita telah poly mengetahui menara effiel yg adalah menara kebanggaan Perancis.menara Eiffel merupakan sebuah menara besi yg di bangun pada Champ de Mars pada tepi Sungai Seine di Paris. Menara ini telah sebagai ikon dunia Perancis serta salah satu struktur populer di dunia.


Struktur ini dibangun antara 1887 serta 1889 sebagai pintu masuk Exposition Universelle, Pameran Dunia yang merayakan seabad Revolusi Perancis. Eiffel sebenarnya berencana membangun menara di Baecelona, buat Pameran Universal 1888, akan tetapi para pihak yang bertanggung jawab pada balai Kota Barcelona menganggapnya aneh serta mahal, dan nir cocok dengan kota itu. Setelah penolakan Rencana Barcelona, Eiffel mengirim drafnya pada pihak yg bertanggung jawab buat Pameran Universal di Paris, dimana dia membangun menaranya setahun kemudian, yaitu dalam tahun 1889. Menara ini diresmikan dalam tanggal 31 Maret 1889, dan dibuka lepas 6 Mei. Tiga ratus pekerja menggabungkan beserta 18.083 bagian besi benam (bentuk murni dari besi struktural), menggunakan 2 1/2 juta paku, dalam bentuk struktural oleh Maurice Koechelin. Resiko kecelakaan sangat akbar, buat pencakar langit modern yg tidak biasa menara ini terbuka tanpa taraf tengah kecuali 2 platform. Namun karena Eiffel mengambil sikap hati-hati, termasuk penggunaan takal berkiprah, rel bantu serta layar, dan dalam hal ini hanya satu yg tewas.

Menara ini mendapat berbagai kritik dari masyarakat waktu di bangun, menyebutnya mengganggu mata. Surat berita harian dipenuhi dengan surat kritik berdasarkan komunitas seni pada Paris.

Eiffel memiliki izin berdiri menara selama 20 tahun, yang berarti harus dibongkar tahun 1909, saat kepemilikannya diserahkan kepada Kota Paris. Kota sudah berencana meruntuhkannya (bagian dari peraturan kontes orisinil buat merancang menara yg mudah di runtuhkan) akan tetapi sesudah menara ini terbukti mendatangkan laba berdasarkan segi komunikasi, menara ini dibiarkan berdiri sesudah biar tersebut kadaluwarsa. Sebagai contoh, Militer menggunakannya untuk mengatur taksi Paris pada garis depan selama Pertempuran Marne Pertama, dan sebagai monomen kemenangan pertempuran itu

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel