SEJARAH SEPAK BOLA

Awal mula sejarah keluarnya olahraga sepak bola masih mengundang perdebatan. Beberapa dokumen menyebutkan bahwa sepak bola lahir sejak masa Romawi, sebagian lagi mengungkapkan bahwa sepak bola asal dari Tiongkok. FIFA menjadi badan sepak bola global secara resmi menyatakan bahwa sepak bola lahir menurut daratan Cina yaitu berawal berdasarkan permainan masyarakat Cina abad ke-2 sampai dengan ke-tiga SM. Olah raga ini ketika itu dikenal menggunakan sebutan “tsu chu “.
Dalam keliru satu dokumen militer menyebutkan, pada tahun 206 SM, pada masa pemerintahan Dinasti Tsin serta Han, rakyat Cina sudah memainkan bola yang diklaim tsu chu. Tsu sendiri merupakan “menerjang bola menggunakan kaki”. Sedangkan chu, berarti “bola dari kulit serta ada isinya”. Permainan bola saat itu memakai bola yg terbuat dari kulit binatang, dengan aturan menendang serta menggiring dan memasukkanya ke sebuah jaring yg dibentangkan diantara 2 tiang.
Versi sejarah antik tentang sepak bola yang lain datangnya berdasarkan negeri Jepang, semenjak abad ke-8, masyarakat disana sudah mengenal permainan bola. Masyarakat disana menyebutnya dengan: Kemari. Sedangkan bola yang digunakan merupakan kulit kijang namun ditengahnya telah lubang serta berisi udara.
Menurut Bill Muray, galat seseorang sejarahwan sepak bola, dalam bukunya The World Game: A History of Soccer, permainan sepak bola telah dikenal sejak awal Masehi. Pada waktu itu, masyarakat Mesir Kuno sudah mengenal teknik membawa dan menendang bola yg terbuat dari buntalan kain linen.
Sisi sejarah yang lain merupakan pada Yunani Purba pula mengenal sebuah permainan yg dianggap episcuro, tidak lain merupakan permainan memakai bola. Bukti sejarah ini tergambar pada relief-relief museum yg melukiskan anak belia memegang bola dan memainkannya dengan pahanya.
Sejarah sepak bola terkini serta sudah menerima pengakuan menurut berbagai pihak, aawal mulanya dari Inggris, yg dimainkan dalam pertengahan abad ke-19 pada sekolah-sekolah. Tahun 1857 beridiri klub sepak bola pertama pada dunia, yaitu: Sheffield Football Club. Klub ini adalah asosiasi sekolah yang menekuni permainan sepak bola.
Pada tahun 1863, berdiri asosiasi sepak bola Inggris, yang bernama Football Association (FA). Badan ini yg mengeluarkan peraturan permainan sepak bola, sehingga sepak bola menjadi lebih teratur, terorganisir, serta lezat buat dinikmati penonton.
Selanjutnya tahun 1886 terbentuk lagi badan yg mengeluarkan peraturan sepak bola terkini se global, yaitu: International Football Association Board (IFAB). IFAB dibentuk sang FA Inggris dengan Scottish Football Association, Football Association of Wales, dan Irish Football Association di Manchester, Inggris.
Sejarah sepak bola semakin teruji sampai waktu ini IFAB merupakan badan yg mengeluarkan berbagai peraturan pada permainan sepak bola, baik tentang teknik permainan, syarat serta tugas wasit, bahkan hingga transfer perpindahan pemain.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel