SEJARAH BERDIRI PERUSAHAAN APPLE INC

Sejarah Apple Inc.

Siapa yg tidak memahami menggunakan APPle ,Apple Computer (sekarang dikenal sebagai Apple, Inc) adalah kekuatan primer dalam revolusi Personal Computer (PC) yg berlangsung di tahun 1970-an dan’80s. Dan bahkan revolusi itu terus menerus berlangsung sampai kini berkat inovasi yg terus-menerus dilakukan sang pihak pengembang Apple. Namun tahukah Anda, Apple pernah mengalami kebangkrutan, atau hal hal lain sepanjang karir gemilang Apple inc.

Pada tahun 1976, ketika bekerja pada perusahaan personal komputer temannya yang memproduksi Video TeleType Terminal (VTT), Wozniak mulai menggabungkan desain VTT dengan desain komputer yg sudah dia buat sebelumnya, terutama menggunakan menggantikan panel layar lampu kedip menggunakan layar video.

Kemudian beliau mencoba buat menunjukkan desain barunya itu kepada perusahaan Hewlett-Packard (HP), akan tetapi ketika itu pihak HP mengira itu barang rongsokan yg nir terdapat gunanya, dan bahkan ketika itu Wozniak terus-terusan diejek Disaat Wozniak merasa nir bermanfaat, Steve Jobs mencoba buat menghibur dan meyakinkan Wozniak bahwa mereka berdua mampu saja membuat perusahaan personal komputer sendiri buat menyebarkan desain Wozniak itu. Akhirnya mereka putusan bulat untuk menciptakan perusahaan sendiri, serta Steve Jobs mengusulkan buat memberi nama komputer pertamanya dengan sebutan Apple.

Pada bulan Agustus 1976, Wozniak melihat sebuah pameran layar berwarna yg ketika itu dianggap the Dazzler, dan ketika itu Wozniak sangat terobsesi untuk menyempurnakan personal komputer Apple dengan menambahkan layar berwarna. Pada ketika yg sama, beliau juga ingin menyederhanakan arsitektur memori personal komputer Apple menjadi lebih sederhana namun nir mengurangi performa, serta hal ini menandai pertama kali dibuatnya prosesor yang memorinya dibagi (share) menggunakan memori video.

Komputer Apple yg pertama resmi dibentuk serta dirakit di garasi di tempat tinggal orang tua Steve Jobs. Steve Jobs mentargetkan menjual komputernya itu buat para penggemar personal komputer yang telah ada. Programnya dioperasikan dengan menggunakan pita kaset biasa. Pada waktu itu telah terdapat software utuk pemrograman, yaitu BASIC, tetapi waktu dicoba dijalankan pada personal komputer Apple namun gagal, lalu Wozniak membuat sortware pemrograman sendiri. Pada waktu pertama kali menjual personal komputer Apple, mereka memakai jargon "Byte into Apple" sanggup mempunyai 2 arti, pertama yaitu "Makanlah Buah Apel, tetapi arti lainnya merupakan "Silahkan Coba Komputer Apple". Tetapi usaha tidak pribadi berjalan lancar. Para penggemar personal komputer ketika itu lebih tertarik pada produk "the Altair" dan brand-merk yg lainnya

Pada tahun 1976, Steve Jobs menetapkan untuk melebarkan sayap perusahaan, lalu dia mengontak beberapa pengusaha lokal. Setelah beberapa usang akhirnya beliau berhasil memikat seseorang pengusaha bernama Armas Clifford markkula yg bersedia memberikan pinjaman uang berdasarkan bank sebanyak $ 250.000 untuk memenuhi angan-angan Steve Jobs serta Stephan Wozniak membuat perusahaan komputer yg lebih akbar serta akan menghasilkan Apple II. Sejak saat itulah pertama kali Perusahaan Apple Inc. Resmi berdiri, tepatnya lepas tiga Januari 1977.

Perusahaan baru yg dibuat Jobs serta Wozniak kemudian pindah dari garasi rumah Jobs ke markas barunya pada Cupertino, serta mulailah tantangan buat menjalankan perusahaan menggunakan sebaik-baiknya. Mereka harus memikirkan buat mencari peluang buat menjual komputer personal kepada para pengguna komputer yang sudah lebih dulu menggunakan personal komputer brand lain. Akhirnya mereka mulai dengan strategi mempermudah cara kerja personal komputer sebagai semudah mungkin dan mengotomatisasikan aplikasi-aplikasi yang selama ini dilakukan secara manual.

Jobs memprakarsai penggunaan bahan plastik sebagai bahan utama cangkang komputer (casing) serta langsung dipakai pada peluncuran pertama personal komputer Aplle II, karena dia mempercayai bahwa penampilan jua sanggup menggoda para pengguna.
Pada tahun 1978, Apple memperkenalkan komputer Apple II+, yang merupakan komputer pertama yang memiliki dan menggunakan Floppy Disk.

Pada tahun 1981, Jobs mempunyai ilham gila untuk membuat personal komputer Apple yang mempunyai ukuran nir lebih menurut sebuah kitab , dan akhirnya komputer itu dinamakan Apple IIb. Tapi prodak Apple IIb beliau batalkan lantaran dikhawatirkan penjualannya akan mempengaruhi penjualan Macintosh. Namun nir lama dari ketika itu ada komputer Toshiba Portable, lalu Jobs tidak kalah cerdik dengan menciptakan personal komputer portable yang telah dilengkapi dengan diskdrive.

Disaat-waktu zenit kejayaan Apple Inc, terdengar warta bahwa manajemen perusahaan mengalami perkara yg dikarenakan oleh egoisme serta antagonisme Steve Jobs yang ketika itu merasa bahwa beliau telah merajai global. Pihak perusahaan akhirnya menetapkan buat menyewa ketua perusahaan baru buat menghandel manajemen, dan dipilihlah John Sculley, mantan eksekutif perusahaan Pepsi.

Setelah menghadapi terpaan badai selama bertahun-tahun, sekarang Apple Inc. sedang menikmati hasilnya. Steve Jobs boleh berlega hati karena masih dapat menyelamatkan perusahaannya yang dulu nyaris hancur karena kurang bisa mengendalikan diri. Sejarah Apple Inc. telah diwarnai dengan berbagai penemuan-penemuan yang jenius yang dibarengi dengan strategi pemasaran yang kurang bagus, berbeda dengan perusahaan Microsoft yang mempunya desain yang kurang bagus tetapi memiliki strategi pemasaran yang cemerlang. Saat ini Apple Inc. kurang bisa menguasai pasar karena mereka masih kurang mampu untuk merespon kebutuhan pasar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel