SEJARAH DAN ISTILAH WARNET DI INDONESIA

RMS Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto  adalah beberapa nama-nama legendaris di awal pembangunan Internet Indonesia yg mungkin kurang poly dikenal sang khalayak Internet Indonesia pada tahun 2000 ini. Masing-masing personal telah mengkontribusikan keahlian serta dedikasinya pada membangun cuplikan-cuplikan sejarah jaringan personal komputer di Indonesia. Pada waktu itu di athun baru 1990-an jaringan Internet di Indonesia lebih dikenal menjadi paguyuban network. Semangat kerjasama, kekeluargaan  & gotong royong sangat hangat dan terasa diantara para pelakunya. Agak tidak sama menggunakan suasana Internet Indonesia hari ini yang terasa lebih komersial serta individual pada sebagian aktifitasnya terutama yang melibatkan perdagangan Internet.

Aktivitas pembuatan warnet mulai lebih kurang tahun 1996-1998. Wasantara berdasarkan PT Pos Indonesia dan Pointer yg merupakan spin-off berdasarkan CNRG ITG adalah segelintir pioner warnet pada Indonesia. Pointer bahkan sempat bereksperimen dengan VW Combi untuk warnet keliling.

Istilah Warnet
Warung internet merupakan sebuah istilah yang berkembang di antara para aktifis internet Indonesia di tahun 1997-1998 buat sebuah kios yg mempunyai banyak personal komputer yg disewakan bagi pengakses internet. Pada masa itu secara tidak sadar terjadi perebutan singkatan berdasarkan warung internet antara warin serta warnet. Seharusnya, bila kita konsisten dengan proses menyingkat kata, misalnya warteg menjadi warung tegal dan wartel menjadi warung telekomunikasi, maka yg seharusnya pada pilih merupakan warin.

Karena net sebagai akhiran yg sangat menarik pada jaringan internet, maka kebanyakan rekan-rekan pada masa itu lebih memilih kata warnet daripada warin. Oleh karena itu, nir heran hingga ketika ini warnet diadopsi sang masyarakat Indonesia.

Mailing List
Awalnya, seluruh kegiatan dilakukan di mailing list asosiasi-warnet@itb.ac.id di server ITB. Dengan pertimbangan bandwidth ITB yg terbatas ke internet, pada lepas 14 April 2000 rekan-rekan pindah ke asosiasi-warnet@egroups.com yang kemudian sebagai asosiasi-warnet@yahoogroups.com.

Asosiasi Warnet Indonesia
Tanggal 25 Mei 2000 adalah hari bersejarah bagi rekan-rekan penggiat warnet, lantaran telah lahir Asosiasi Warnet Indonesia yang terdapat secara fisik dalam pertemuan pada tempat kerja Ditjen Dikmenjur Depdiknas. Asosiasi ini terbentuk dalam sebuah kedap buat melihat kemungkinan kerjasama rekan-rekan warnet menggunakan Sekolah Menengah Kejuruan, dipimpin oleh Dr Gatot HP (Direktur Menengah Kejuruan Diknas) dalam saat itu. Asosiasi Warnet Indonesia lalu di kenal sebagai AWARI.

Ketua Asosiasi Warnet pertama merupakan Rudy Rusdiah, Bendahara Adlinsyah, serta Sekretaris Abdullah Koro. Akhir 2001 dilakukan rendezvous rekan-rekan aktivis warnet yang berakhir dengan digantinya pengurus usang menggunakan presidium AWARI yang dipimpin sang Judith MS, Michael Sunggiardi, serta Abdullah Koro. – wikibooks

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel