SEJARAH DAN PENDIRI FACEBOOK

Kita poly tahu bahwasanya orang mengetahui apa itu facebook dan jua orang itu pun jua memiliki facebook,banyak orang banyak memakai facebook berdasarkan kalangan bawah hingga sampai kalangan atas. Disini saya ingin menaruh bagaimana sejarah facebook itu dimulai dan siapa penghasil facebook tadi.
Facebook merupakan sebuah social networking yang baru saja dirintis dalam tahun 2006 sang seseorang mahasiswa Harvard yg bernama Mark Zuckerberg. Mark Elliot Zuckerberg atau Mark Zuckerberg lahir lahir pada 14 Mei 1984 di Dobbs Ferry, Westchester County, New York, Amerika Serikat (Alaihi Salam).
Ide berawal waktu beliau bersekolah di Exeter High School, New HampshireSaat itulah beliau berkenalan dengan Adam D’Angelo. Zuckerberg lulus serta masuk Harvard University, awalnya menciptakan acara Coursematch yg memungkinkan mahasiswa di kelas yg sama sanggup melihat daftar sahabat-teman sekelas. Proyek selanjutnya membuat facemash.com. Lewat situs ini para pengunjung bisa memberi stempel “keren” atau “buruk” foto seseorang murid, serta membuat Zuckerberg dipanggil sang Badan Administrasi Universitas Harvard karena dipercaya membobol sistem keamanan komputer kampus, melanggar peraturan privasi pada internet, dan melanggar copyright.
Oleh karena itu beliau mebuat Facebook dan diluncurkannya pada tahun 2004. Dalam waktu singkat duapertiga mahasiswa Harvard jadi pengguna Facebook. Teman sekamarnya, Dustin Moskovitz dan Chris Hugh, dberhasil menyebarkan sayap ke Universitas Stanford, Columbia, Yale, Ivy College, serta beberapa sekolah lainnya di wilayah Boston. Dalam saat singkat, mereka meluncurkan Facebook ke 30 sekolah.
Zuckerberg beserta Moskovitz dan beberapa teman lain pindah ke Palo Alto, California, liburan demam isu panas 2004 menyewa tempat tinggal kecil buat tempat kerja. Oleh lantaran ingin mengerjakan Facebook dengan serius mereka meninggalkan Harvard. Di kantornya itulah Zuckerberg bertemu Peter Thiel, pendiri Paypal, yang ngasih dana segar sebanyak US$ 500.000 ,merupakan investor pertama mereka sebagai akibatnya mereka sanggup pindah ke tempat kerja yang lebih besar di di Universitas Avenue yang dinamai sebagai kantor “Kampus Urban”
Pada 23 Agustus 2005 Zuckerberg membeli domain facebook.com menurut Aboutface Corporation senilai US$ 200.000 atau sekitar Rp 1,86 miliar. Pada 2 September 2005, Zuckerberg meluncurkan situs Facebook khusus buat anak-anak sekolah menengah atas. Hanya dalam ketika 15 hari sejak peluncurannya, sebagian besar sekolah pada AS sudah sebagai anggotanya. Pada akhir tahun 2005, Facebook telah meliputi sekitar dua.000 kampus dan 25.000 sekolah menengah atas pada Alaihi Salam, Kanada, Inggris, Meksiko, Puerto Riko, Australia, Selandia Baru, dan Irlandia.
Pada 27 Februari 2006, dia mulai mengizinkan para mahasiswa yg menjadi pengguna situs ini buat menambahkan anak didik-anak didik Sekolah Menengah Atas sebagai temannya. BusinessWeek, melansir warta bahwa Zuckerberg tengah bernegosiasi menggunakan calon pembeli potensial Facebook. Tapi, akhirnya, dia menolak tawaran yang diklaim-sebut bernilai US$ 750 juta atau kurang lebih Rp 6,97 triliun. Pasalnya, Zuckerberg menganggap harga itu terlalu murah. Saat itu, beliau memperkirakan nilai Facebook US$ 2 miliar.
Pada April 2006, investor pertama situs ini, yaitu Peter Thiel, Greylock Partners, serta Meritech Capital Partners, menambah investasi di Facebook dengan menyetorkan dana US$ 25 juta. Facebook pun masuk ke India melalui Institut Teknologi India serta Institut Manajemen India.
Dia jua menaruh fasilitas Facebook Notes. Fitur baru ini merupakan fitur blogging yang memungkinkan pengguna menaruh tagging, memasukkan gambar, dan fitur-fitur lainnya. Selain itu, pengguna sanggup mengimpor blog berdasarkan situs Xanga, LiveJournal, Blogger, dan situs blogging lainnya. Berkat fitur baru tadi, pembaca bisa menaruh komentar terhadap tulisan yg dimuat pengguna Facebook. September 2006, Zuckerberg membuka layanan Facebook bagi semua pengguna internet. Tetapi, langkah ini justru menuai protes berdasarkan para pengguna serta pelanggan setianya. Alhasil, dua minggu berselang Facebook terpaksa membenahi layanan baru itu menggunakan membuka pendaftaran bagi pengguna internet yang mempunyai alamat surat atau e-mail yg kentara.
Peter Thiel, memprediksi pendapatan situs ini pada 2015 nanti bisa mencapai US$ 1 miliar. Nah, pada saat itu, nilai perusahaan pun bakal ikut meroket sebagai lebih kurang US$ 8 miliar. Ada jua iklan baris gratis di Facebook. Fitur yang diberi nama Facebook Marketplace ini diluncurkan dalam 14 Mei 2007. Layanan baru ini pun langsung sebagai pesaing perusahaan-perusahaan online lain. Craigslist yang sudah lebih dulu menempatkan iklan baris pada situsnya. Bisnis Zuckerberg pun kian mengalir lancar. Bahkan, Apple rela memperpanjang kerja sama menggunakan Facebook buat memajang contoh musik iTunes.
Facebook membeli perusahaan Parakey Inc., berdasarkan Blake Ross dan Joe Hewitt, dalam Juli 2007. Parakey adalah penghasil aplikasi komputer yang mempermudah transfer data berupa goresan pena, gambar, serta video ke sebuah situs di internet. Bill Gates, pada Oktober 2007 membeli 1,6% saham Facebook seharga US$ 240 juta. Pasalnya, Zuckerberg nir berniat menjual seluruh saham Facebook sekaligus. Alasannya sederhana dan sungguh mulia, beliau ingin Facebook permanen independen.
Pada 7 November 2007, situs ini meluncurkan layanan terkini berupa pemasangan iklan menggunakan sistem yg disebut Facebook Beacon. Triliuner Hongkong, Li Ka-shing, tertarik buat menanamkan duit senilai US$ 60 juta pada Facebook dalam 30 November 2007.
Sekarang jumlah pegawainya sendiri sudah mencapai 400 orang. Tetapi, Facebook merupakan perusahaan unik. Para eksekutif serta petingginya masih berusia belia, antara 24 tahun-37 tahun. Markas akbar Facebook lebih mirip asrama mahasiswa. Para pegawai, yg setiap hari mendapat jatah makan gratis, bekerja sambil melakukan aktivitas favoritnya. Ada yg bermain gitar, bersepeda, main pesawat kontrol, atau bergoyang ditemani musik racikan seorang disc jockey (DJ). Mereka pula tak perlu berpakaian rapi. Celana pendek dan sandal jepit adalah kostum favorit mereka di kantor. Zuckerberg mengaku ogah suasana tempat kerja yang terlalu formal.
Meski sudah mampu menghimpun harta kekayaan hingga US$ tiga miliar atau lebih kurang Rp 27,9 triliun Zuckerberg tetap tampil apa adanya, seperti pemuda kebanyakan yang menggemari sandang kalem.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel