SEJARAH PENEMUAN SEPEDA DAN PENEMU


Sepeda adalah keliru satu alat transportasi yg paling penting di global, lantaran selain ramah lingkungan, sepeda juga menjadi tonggak keluarnya tunggangan-kendaraan lainya. Tercatat bahwa sepeda lebih dulu diciptakan berdasarkan kendaraan beroda empat. Bahkan banyak yang menyampaikan bahwa sepeda sudah dibuat oleh orang-orang jaman dulu (termasuk oleh Leonardo da Vinci).

Sepeda mempunyai sejarah yang panjang. Pertama kali diciptakan sang Baron von Drais. Baron Karls Drais von Sauerbronn seorang pria berkebangsaan Jerman. Atas dasar pengabdian kerjanya (penjaga hutan), beliau menyempurnakan velocipede.velocipe adalah transportasi roda 2 yang dinamai velocipede dikenal pada negara tadi. Kontruksinya pun masih sangat sederhana, lantaran belum menggunakan besi. Dengan contoh yang masih sangat “primit”, sepeda ketika itu tidak memakai tongkat kemudi (setang), dan konstruksinya berdasarkan kayu.

Sejarah Penemuan Sepeda
Pada awalnya, baron bekerja menjadi pengatur atau mandor taman kerajaan pada Paris. Lantaran taman kerajaan pada Paris sangat luas, Baron kesusahan harus berpindah-pindah menurut bagian taman satu ke taman yang lain. Untuk itulah baron kemudian berinisiatif buat membangun sebuah alat yang bisa memudahkannya berpindah-pindah menggunakan cepat tanpa wajib mengeluarkan poly tenaga.

Pada tahun 1860, Baron berhasil membuat sebuah alat kendaraan berupa kursi yang dilengkapi dengan roda, bentuknya sudah menyerupai sepeda, hanya saja tak mempunyai genjotan. Sepeda pertama ini hanya berjalan dengan tenaga dorong. Karena pedalnya langsung tersambung dengan Ass depan. Sepeda ini dikenal dengan nama Draisienne (berdasarkan nama penemunya). Sepeda inilah yang kemudian ditetapkan sebagai sepeda pertama di dunia.

Sepeda Draisienne ini tidak bertahan lama , karena selesainya itu, mulai timbul jenis-jenis sepeda baru yang lebih effisien bahkan beberapa di antaranya ada yg sudah memakai pedal, walaupun pedal tadi masih belum sempurna misalnya sepeda jaman kini ). Walau begitu, sepeda buatan Baron von Drais ini permanen harus diacungi jempol, lantaran telah sanggup sebagai tonggak keluarnya sepeda-sepeda modern di dunia.

Referensei
//dhammacitta.org/forum/index.php?Topic=13876.0
//pedalsepedaku.wordpress.com/2009/01/03/97/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel