SEJARAH NEGARA REPUBLIK ARGENTINA

Republik Argentina adalah sebuah negara Amerika Latin yg terletak pada bagian selatan benua Amerika Selatan, posisinya berada pada antara Pegunungan Andes pada barat serta Samudra Atlantik di selatan. Lokasi ini menciptakan Argentina dikenal sebagai 'negara paling selatan di selatan' (bahasa Spanyol: "Sur del sur"). Argentina memiliki tempat yang luas serta merupakan negara terbesar kedelapan pada dunia, sedangkan ibu kotanya Buenos Aires merupakan keliru satu metropolitan yg terpadat di global. Negara ini berbatasan menggunakan Paraguay serta Bolivia di sebelah utara, Brasil serta Uruguay di timur laut serta Chili pada sebelah barat. Nama resminya buat kepentingan legislatif adalah 'Negara Argentina' (Nacion Argentina).
Sejarah berasal usul nama negara

Nama "Argentina" diambil berdasarkan kata Latin argentum yg berarti 'perak'. Saat penjajah Spanyol mulai berlayar ke Río de la Plata kapal mereka tenggelam, dan pemimpin ekspedisi Juan Díaz de Solís yg selamat diberi hadiah perak oleh para orang pribumi. Berita tentang legenda Sierra del Plata "gunung perak" sampai ke Spanyol sekitar tahun 1524. Orang Spanyol pun mulai menamakan sungai Solís, Río de la Plata ("Sungai Perak"). Nama Argentina sendiri pertama kali dipakai pada buku Sejarah Penemuan, Populasi dan Penaklukan Río de la Plata (Historia del descubrimiento, población, y conquista del Río de la Plata) sang Ruy Díaz de Guzmán's pada tahun 1612. Serta menamakan daerah tersebut sebagai wilayah Tierra Argentina (Tanah Perak).
Sejarah Argentina
Penjelajah Eropa yg pertama telah datang pada sini pada awal abad ke-16 (yg pertama buat melihat dan menjelajah tanah air ini adalah seorang pelayar Spanyol bernama Juan Díaz de Solís dalam 1516 namun terbunuh dalam tahun yg sama). Ini diikuti dengan penjajahan Spanyol yang lain dan berakhir menggunakan penempatan mereka pada Buenos Aires dalam tahun 1580. Selepas Revolusi Mei 1810 dan kemerdekaan berdasarkan Spanyol pada 1816, suatu permasalahan sudah tercetus antara gerombolan centralist serta federalist serta berlarut-larut hingga berdirinya lembaga baru pada 1853.
Pada awal abad ke-20 ekonomi Argentina adalah keliru satu yang termaju pada global dan berada di urutan ke-10 negara paling kaya di dunia. Selepas berakhirnya Perang Dunia II, berlaku jua kebangkitan gerakan warga Perónisme satu gerakan yg didirikan oleh Juan Perón, tokoh terkemuka di Argentina dan di Amerika Selatan pada abad ke-20. Ia telah menyokong gerakan buruh di Argentina tetapi akhirnya telah mempolarisasikan negara itu. Pada tahun 1955, beliau digulingkan oleh pihak militer. Sejak itu, pihak ini telah mengatur negara Argentina serta saling tukar-menukar menggunakan pemerintahan yang demokratis. Rezim militer yg paling zalim sekali telah memerintah Argentina antara tahun 1976 dan 1983. Regim tersebut kerap melanggar hak asasi insan dan membunuh beribu-ribu orang yang dikenal menjadi “desaparecidos” (bahasa Spanyol buat “mereka yg lenyap”)—pada satu insiden yang dipanggil “dirty war” atau ‘perang kotor’. Pada awal tahun 1980-an, rakyat semakin bosan menggunakan pemerintahan lantaran kasus ekonomi yang semakin meruncing, korupsi merajalela serta kekalahan pada tangan tentara Britania Raya pada “Perang Falkland” (di Argentina dikenal sebagai Perang Malvinas yaitu nama Argentina buat pulau tadi) pada tahun 1982. Selepas pemerintahan militer jatuh dalam 1983, pemerintahan Argentina telah berusaha untuk sebagai demokratis namun terpaksa berhadapan dengan masalah ekonomi yang parah.
Demografi
Argentina merupakan negara multi-kultural. Penduduknya terutama terdiri dari orang-orang keturunan Italia, Spanyol, Jerman serta Wales. Tetapi poly jua orang Timur Tengah misalnya menurut Lebanon serta Suriah, yang jumlahnya sekitar 500.000 jiwa. Di Argentina didapati pula komunitas Yahudi terbesar di Amerika Selatan.
Sebagian besar penduduk beragama Katolik, namun banyak juga penganut agama Islam, Protestan serta Yahudi. Agama terakhir ini mempunyai penganut sebesar 300.000 jiwa. Penduduk orisinil, suku Indian berjumlah sekitar 700.000, serta umumnya ditemukan di daerah utara, barat laut serta selatan.
Pendidikan
Walaupun ekonomi negara ini relatif mundur, penduduk Argentina mempunyai kemampuan baca-tulis yg tinggi dibandingkan menggunakan kebanyakan negara lain pada Amerika Selatan. Selain itu, negara ini boleh berbangga karena melahirkan 3 pemenang Nobel pada bidang sains: Luis F. Leloir, Bernardo Houssay dan César Milstein. Pendidikan awal di Argentina bermula dalam usia lima tahun di mana seorang itu akan belajar pada tahap prasekolah. Selepas itu, pelajar akan melalui 3 termin pendidikan harus selama 3 tahun bagi setiap tahap.
Tahap pertama dan ke 2 yang dipanggil EGB1 dan EGB2 merupakan pada sekolah dasar dalam usia 6 hingga 11 tahun. Kemudian termin ketiga ialah di sekolah menengah rendah atau EGB3 (pada usia 11 hingga 14 tahun). Di Argentina, rakyatnya tidak harus melalui pendidikan menengah tinggi. Oleh karena faktor ekonomi, banyak masyarakat Argentina terutama dari kelas bawahan nir melanjutkan pelajaran mereka ke universitas. Tetapi, pada tahun 1930-an, negara ini populer dengan sistem pendidikannya yang maju. Kini, pada ibu kotanya saja terdapat lebih kurang 50 butir perguruan tinggi. Pada 1996, dalam bisnis pada usaha merapatkan jurang disparitas antara golongan kaya menggunakan miskin, pemerintah Argentina telah memulai program dipanggil “Programa Nacional de Becas Estudiantiles” (PNBE), yg memberi subsidi kepada pelajar-pelajar miskin yg ingin meneruskan pelajaran ke sekolah menengah.
Budaya
Argentina adalah sebuah negara yg unik lantaran adalah galat satu negara di Amerika Latin pada mana orang Eropa diterima dan nir merasa terpinggirkan. Ini terjadi karena imbas budaya Spanyol serta Italia yang bertenaga. Spanyol merupakan bahasa resminya tetapi bahasa lain pula dituturkan pada sini termasuk Jerman, Inggris, Italia dan Perancis. Anggota perdagangan di sini menggunakan bahasa Inggris menggunakan meluas.
Walaupun, dampak Eropa telah menyatu menggunakan kesenian, penulisan serta gaya hayati warga Argentina, negara ini masih bisa melestarikan identitasnya yg tersendiri. Ini jelas kelihatan menurut tulisan karyawan Argentina yg tersohor seperti Jorge Luis Borges dan Manuel Puig, dan pemain bola sepaknya yg artistik seperti Diego Maradona.
Dari segi kuliner, daging lembu merupakan makanan yg utama dan terdapat dalam hampir semua jenis kuliner. Teh juga merupakan minuman yg popular serta salah satu budaya Argentina artinya pemberian teh mate, menjadi indikasi penerimaan seorang.
Argentina juga relatif terkenal dengan tarian ‘tango’nya, terutamanya di kota-kota seperti Buenos Aires. Tarian hot ini amat populer di seluruh global. Spanyol merupakan bahasa resmi negara tetapi kaum pendatang masih menggunakan bahasa mereka masing-masing. Di samping itu masih ada 17 bahasa orang asli yg primer, termasuk Quechua, Mapuche, Guaraní, Tobas dan Matacos.
Wisata
Beberapa lokasi wisata yg terkenal di Buenos Aires diantaranya :
Florida Street
(Dalam bahasa Spanyolnya: Calle Florida), merupakan jalan rapi buat pejalan kaki yg berada pada Pusat Kota Buenos Aires, di Argentina. Jalan ini sudah terdapat sejak tahun 1913.
Jalan ini menjadi populer menjadi tempat kunjungan wajib jika anda ke kotanya Evita Peron ini. Sebagian besar pembaca mungkin pernah mendengar lagu Madonna ‘Don’t Cry For Me Argentina”, adalah lagu latar dari film Eva Peron, The True Story.
Jalan yang berlantaikan keramik-keramik mini lebih kurang 5x5 sentimeter ini, terlihat sangat rapi. Drainase atau saluran pembuangan air berdasarkan besi berlubang berada di tengah-tengah.
Pertokoan disepanjang jalan Florida ini berjejer, terlihat para pelayan toko dengan berbagai cara buat menarik ribuan turis serta pejalan kaki yg melewati depan toko mereka. Dengan brosur dengan menggelar model barang dan lain-lain. Jalan yang selebar sekitar lima belas meter ini sangat ramai dengan pengunjung menurut kedua arah. Tempat ini mampu dijangkau dengan gampang baik berdasarkan terminal pelabuhan atau menurut pusat kota.
Casa Rosada
Casa Rosada atau Pink House merupakan sebutan buat Istana Presiden Argentina. Gedung ini telah menjadi tempat kerja kepresidenan Sejak berdirinya negara Argentina dalam tahun 1810, dalam tahun 1873, Presiden Sarmiento memutuskan gedung ini di cat rona merah belia sebagai simbol persatuan dua kubu politik yang pernah bertikai pada Argentina, yaitu warna merah buat kubu federal dan rona putih buat kubu Unionist.
San Telmo
Kawasan obyek wisata dengan gedung-gedung antik yg jua merupakan sentra perdagangan barang-barang antik souvenir kerajinan tangan khas Argentina.
Avenida Corientes
Avenida Corientes merupakan galat satu jalan primer di kota Buenos Aires yg terdiri dari 69 blok. Sepanjang jalan ini beberapa tempat yg menarik buat dikunjungi diantaranya Obelisco atau tugu utaman kota Buenos Aires (terletak pada persimpangan Avenida 9 de julio), pusat perbelanjaan barang murah Once dan shopping Mall Abasto dan kumpulan toko buku (rata-homogen tiga toko setiap bloknya). Avenida Corientes jua dikenal menjadi Broadway-nya Buenos Aires dengan formasi teater, termasuk beberapa loka pertunjukan spesifik Tango.
La Boca
Daerah Obyek wisata, pelabuhan tua serta kuno yang sudah tidak berfungsi lagi sebagai pelabuhan. La boca adalah salah satu sentra asal Tango. Daya tarik La Boca terletak dalam tempat tinggal -rumah penduduk yg berwarna-warni,”el Caminito” (loka pejalan kaki dimana dijual output-hasil kerajinan dan souvenir spesial Argentina, lukisan-lukisan serta pertunjukan tarian tango) serta Stadiun salah satu club sepak bola terbaik pada Amerika Latin, Boca Junior.
Museo Nacional de Bellas Artes
Museum seni yg berdiri dari tahun 1896 ini mempunyai 32 ruangan pameran. Koleksi permanen Museum ini antara lain merupakan lukisan-lukisan karya Goya, Rendir, Van Gogh serta Rodin. Museum ini jua memiliki perpustakaan yang terbuka buat generik, tepatnya di jalan Libertador Y Recoleta.
Tigre
Kota obyek wisata yg terletak sekitar 45 mnt berdasarkan sentra kota Buenos Aires. Obyek wisata yg bisa dinikmati di Tigre merupakan pemandangan sungai menggunakan deltanya yang dijelajahi dengan perahu Catamarán. Di kota ini pula terdapat Parque de la Costa (Amusing Park) serta juga ada pasar kerajinan tangan dan buah-buahan.
Referensi;
//blogkaryawan-adr.blogspot.com/2011/06/negara-argentina.html
//id-id.facebook.com/pages/Argentina/108509769172843?Viewas=0&sk=informasi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel