SEJARAH ADANYA MAKANAN BAKSO DI DUNIA

Dalam bahasa Indonesia, Bakso itu dari dari bahasa china yang terdiri berdasarkan 2 istilah Bak serta So. Dimana Bak artinya DAGING melainkan daging secara keseluruhan sedangkan so-misalnya air sup/kuah sedangkan di Indonesia ditmbahkan jadi miso dan jadi mie+bak+so.
Di Indonesia, meatballs dipanggil "bakso" yg umumnya tersaji dalam mangkuk, seperti sup, dengan mi, (tahu), telur, 'siomay', serta /atau digoreng daging. Di indonesia sendiri, bakso sudah banyak macamnya.

Sejarah Awal Adanya Bakso
Pada akhir Dinasti Ming (awal abad ke-17) di Fuzhou, terdapat seorang pria bernama Meng Bo, tinggal di sebuah desa mini . Dia berkepribadian baik serta berbakti kepada orang tuanya. Bakti Meng Bo dalam ibunya sangat diketahui oleh para tetangga. Suatu hari, ibunya yg sudah mulai tua sudah tidak dapat makan daging lagi, lantaran giginya telah mulai nir sanggup makan sesuatu yg relatif keras. Ini sedikit mengecewakan karena beliau senang sekali makan daging.
Meng Bo ingin membantu ibunya agar sanggup mengonsumsi daging lezat lagi. Sepanjang malam duduk, memikirkan bagaimana mengolah daging yang sanggup dimakan sang ibunya. Hingga suatu hari, beliau melihat tetangganya menumbuk beras ketan buat dijadikan kudapan manis mochi. Melihat hal itu, timbul idenya. Meng Bo pribadi pulang ke dapur serta memasak daging dengan cara yg digunakan tetangganya pada membuat kue mochi. Setelah daging empuk, Meng Bo membentuknya sebagai bulatan-bulatan mini sehingga ibunya dapat memakannya menggunakan mudah. Kemudian ia merebus campuran itu, tercium aroma daging yang lezat .
Meng Bo menyajikan bakso itu pada ibunya. Sang mak merasa gembira lantaran nir hanya baksonya yg enak, tapi pula gampang buat dimakan. Meng Bo sangat senang melihat ibunya bisa makan daging lagi.
Kisah berbaktinya Meng Bo dalam ibunya bersama resep baksonya, cepat menyebar ke semua kota Fuzhou. Penduduk berdatangan buat belajar menciptakan bakso lezat dalam Meng Bo.
Referensi:
//www.indowebster.web.id/showthread.php?T=59102&laman=1
//kampoeng-bugis.blogspot.com/2011/02/sejarah-bakso.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel