SEJARAH ADANYA OLAHRAGA BOLA BOWLING

Bowling adalah suatu jenis olahraga atau permainan yang dimainkan dengan menggelindingkan atau melemparkan bola menggunakan memakai tangan. Bola bowling akan dilemparkan ke pin yg berjumlah sepuluh butir yg sudah disusun sebagai bentuk segitiga apabila dicermati dari atas...
Jika seluruh pin dijatuhkan dalam sekali gelinding atau lemparan maka itu dianggap strike. Apabila pin tidak dijatuhkan sekaligus maka diberikan satu kesempatan lagi buat menjatuhkan pin yang tinggal. Bilamana pada lemparan kedua nir terdapat lagi pin tinggal diklaim spare. Jika selesainya 2 kali masih ada pin yg tersisa maka disebut open frame (missed) yg kesemuanya itu akan memilih perhitungan angka yg diperolehi dalam setiap permainannya. Pin akan pulang disusun seperti semula buat frame selanjutnya.

Bowling, yang nama resminya merupakan 10-pin-bowling, merupakan sebuah olahraga sekaligus permainan yang relatif fun buat tua maupun muda. Tujuan menurut bowling merupakan menjatuhkan kesepuluh pin di ujung lane pada maksimum dua lemparan bola. Panjang lane adalah 60 kaki (18,28 m) serta lebarnya 3,5 kaki (1,07 m), dengan dua butir lajur gutter pada kanan-kirinya.
Di Amerika permainan bowling memang sangat populer dari dulu hingga sekarang. Pada awal-awal kemunculan permainan ini juga memiliki pasang surut. Ada masa-masa dimana orang-orang mulai berjudi untuk permainan ini. Untuk beberapa waktu, bowling sempat dinilai sebagai suatu permainan terlarang yang melanggar hukum. Setelah perjalanan panjang baru sekitar tahun 1900-an bowling kembali diterima dimasyarakat sebagai bagian dari rekreasi. Bahkan di tahun 1895 Amerika membentuk sebuah organisasi resmi American Bowling Congress.
Diluar berdasarkan pada itu, sebenarnya yang pertama kali mempopulerkan olah raga bowling pada Amerika adalah orang-orang Belanda yg tiba kesana dalam tahun 1600-an. Sebelum bernama bowling, permainan ini bernama "Dutch pins". Tetapi di negeri kincir angin bowling pula nir begitu saja terdapat, mereka mengenalnya berdasarkan orang-orang Inggris pada awal tahun 1100-an. Didaratan Eropa nir hanya 2 negara ini saja yg mengenal bowling, Jerman juga memiliki permainan sejenis. Dengan menggunakan bola dan 9 butir tongkat kayu yg diklaim "Keglers", hingga saat ini kebanyakan orang Jerman menyebut pin menggunakan keglers.
Yang relatif menarik berdasarkan sejarah bowling, para arkeolog menemukan homogen bola, pin serta peralatan lain untuk bermain bowling dipemakaman anak-anak Mesir yg berumur 5200 sebelum Masehi. Berdasarkan keterangan tadi menandakan bahwa orang-orang Mesir sudah mengenal bowling semenjak berabad-abad kemudian.
Cara buat melemparkan bola di sepanjang lane tidak diatur secara khusus, selama bola dilempar menggunakan posisi pemain nir melewati garis batas. Anda boleh melemparnya menggunakan memegang bola menggunakan kedua tangan serta mengayunkannya menurut antara kedua kaki Anda, akan tetapi cara itu cenderung minus dari segi energi lemparan serta gaya. Umumnya, bola dipegang memakai 1 tangan, pada mana jari tengah, jari anggun serta ibu jari dimasukkan ke pada ketiga lubang yg ada di bola. Berdirilah tegak, posisikan bola pada depan badan, kira-kira dengan tinggi pinggang, serta pakai tangan satunya yg bebas buat menopang berat bola. Melangkah ke depan sembari mengayunkan tangan yg memegang bola ke belakang untuk mengumpulkan momentum, lalu ayunkan tangan ke depan sambil melepaskan bola ke lane menuju 10 pin yg menunggu pada ujungnya, serta pastikan Anda tidak melewati garis batas.
Jika Anda perhatikan di televisi, kebanyakan pemain bowling nir melemparkan bolanya secara lurus pada lane, akan tetapi memakai hook(lemparan melengkung). Tujuan dari lemparan ini merupakan tentang pin dengan sudut eksklusif, yg akan menaikkan kemungkinan terjadinya strike (jatuhnya kesepuluh pin dengan lemparan pertama).anda pun bisa melatih gerakan pergelangan tangan dan jari Anda ketika melepas bola buat membangun lemparan bola melintir yg akan berubah arah ketika meluncur di lane, alias hook.
Referensi :
//www.facebook.com/topic.php?Uid=102851906428348&topic=6
//loveninasyakina.blogspot.com/2011/01/sejarah-permainan-bowling-pendaftar.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel