SEJARAH BERDIRI STADION STAMFORD BRIDGE CHELSEA

Nama: Stadion Stamford Bridge
Klub: Chelsea FC
Peresmian: 28 April 1877
Kapasitas: 42.500 kursi
Alamat: Fulham Road, London, SW6 1HS
Stadion Stamford Bridge adalah stadion sepak bola pada London Borough of Hammersmith serta Fulham yg adalah homebase bagi Chelsea Football Club. Kapasitasnya merupakan 42.449, sehingga stadion terbesar di London sampai baru Arsenal Emirates Stadium dibuka dalam tahun 2006.

Nama Stadion Stamford Bridge seringkali dikait-kaitkan menggunakan kejadian pertempuran bersejarah pada tanah Inggris yang pada pimpin Raja Harold tahun 1066 melawan bangsa Viking.namun diyakini nama itu nir terdapat kaitannya dengan kejadian itu.nama Stamford bridge lebih mengarah pada letak stadion.peta abad 18 mengambarkan bahwa stadion terletak diantara Fulham Road – King Road serta pada jalan tadi ada sebuah sungai yaitu Thames.sungai itu melintasi little chelsea bridge yg awalnya bernama Sandford Bridge.sementara di sisi King Road sungai itu melintasi Stanbridge. Kemudian menurut kedua nama jembatan itu digabung menjadi Stanford Creek berkembang lagi sebagai Stanford Bridge serta yg terakhir berubah sebagai Stamford Bridge.
Stadion itu dibuka pada tahun 1877, dan digunakan menjadi laga atlet sampai tahun 1904, saat diakuisisi sang pemilik baru yg ingin menarik sebuah klub sepak bola profesional. Pada awalnya ditawarkan ke Fulham, namun mereka menolaknya. Sebaliknya, Chelsea dibuat sebagai sebuah klub baru serta ditawari masuk ke The Football League buat ekspresi dominan 1905-06.
Kapasitas awalnya direncanakan buat menjadi 100.000 kursi, sebagai akibatnya sebagai stadion terbesar ke 2 di Inggris sehabis The Crystal Palace, tempat Piala FA akhir. Stamford Bridge sendiri sebagai tuan rumah piala akhir selama tiga tahun 1920-1922, setelah itu digantikan sang Wembley.
Stadion ini jua stadion 'homebase' bagi tim XI London yg bermain pada Inter-Cities Fairs Cup , yang kini dianggap Piala UEFA.
Referensi:
//rieztokho.wordpress.com/2011/10/19/sejarah-nama-stadium-stamford-bridge/
//ideterbelakang.blogspot.com/2011/01/stamford-bridge-stadium.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel