SEJARAH BERDIRI STADION WEMBLEY INGGRIS

Stadion Wembley (seringkali dianggap hanya sebagai Wembley atau kadang-kadang sebagai New Wembley buat membedakannya menggunakan stadion yg lama , diucapkan /wɛmbli/) merupakan sebuah stadion sepak bola yang terletak pada Wembley Park, London Borough of Brent, Inggris dan merupakan kandang menurut tim nasional sepak bola Inggris.stadion yg dibuka dalam tahun 2007 ini berkapasitas 90.000 bangku dan merupakan stadion terbesar ke 2 di Eropa. Stadion ini juga adalah host laga final piala domestik Inggris, Piala FA.
Stadion Wembley menjadi satu-satunya stadion di Eropa yang pernah menghelat lima final Liga Champions (dulu Piala Champions, red). Dari 5 kesempatan itu, telah 2 kali wakil Inggris tampil, yakni United serta Liverpool, serta keduanya berhasil keluar sebagai juara.

Stadion Wembley awal mulanya adalah sepakbola stadion di Wembley, sebuah suburban dari London utara-barat, yang sekarang berdiri Stadion Wembley baru yang telah direnovasi dan dibuka pada tahun 2007.
Pertama dikenal sebagai Pameran British Empire Stadium atau Empire Stadium, stadion yang aslinya dibangun sang Sir Robert McAlpine buat British Empire Pameran menurut 1923, dengan biaya £ 750,000, di bekas tempat Watkin menurut Tower . Sir John Simpson dan Maxwell Ayrton merupakan arsitek dan Sir Owen Williams adalah Kepala Engineer. Awalnya ditujukan buat dibongkar dalam akhir pameran, lalu diselamatkan atas saran dari Sir James Stevenson yg merupakan kepala menurut panitia buat Pameran Empire.tanah tadi sudah digunakan menjadi sepak bola mulai athun baru 1880-an.
Pada akhir pameran pengusaha membeli sebuah bangunan yg dasar. Arthur Elvin (kemudian menjadi Sir Arthur Elvin) menjadi kontraktor pembongkaran bangunan buat menghapus situs. Dia membeli bangunan ditinggalkan satu per satu serta dijual di bagian memo.
Stadion lalu bangkrut pada akhir Pameran serta sebagai "finansial unviable". Elvin memperlihatkan buat membeli stadion buat £ 127,000, menggunakan £ 12.000 downpayment (uang muka) buat ekuilibrium ditambah bunga yg dibayarkan selama sepuluh tahun.
Perkembangan berikutnya setelah kematian pemilik awal, Elvin membeli Stadion Wembley tersebut dengan pemilik baru, (Perusahaan Wembley). Mereka kemudian membeli kembali dari Elvin dengan keuntungan yang sehat. Sebaliknya, dia menerima uang tunai yang memberinya saham terbesar pancang di Stadion Wembley dan ia menjadi ketua.
Stadion khusus menurut Twin Towers-nya menjadi trademark. Juga dikenal adalah tiga puluh sembilan langkah yg diperlukan buat dinaiki untuk mencapai Royal kotak dan mengumpulkan rampasan (serta pemenang '/ merugi' medali). Wembley pitch adalah yang pertama harus dianggap menjadi "Hallowed gambut", menggunakan banyak stadia di seluruh dunia ini meminjam frase.
Stadion pertama gambut telah dipotong oleh Raja George V, dan itu merupakan pertama kali dibuka untuk umum pada tanggal 28 April 1923. Pada tahun 1934, Kolam Renang Empire dibangun. Koleksi Stadion Wembley diselenggarakan oleh Museum Sepakbola Nasional . Stadion ditutup pada bulan Oktober 2000 dan telah dibongkar pada tahun 2003 untuk renovasi.
Dalam sepakbola internasional, stadion ini adalah komponen sentral pada pencalonan Inggris menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018 serta 2022 serta pula akan sebagai tuan rumah Final Olimpiade London 2012 dalam cabang sepak bola. Selain sebagai tuan tempat tinggal laga final Piala FA, stadion ini pula sebagai tuan rumah laga Community Shield, babak final Piala Liga Inggris, dan tuan tempat tinggal babak final play-off Football League Championship, Final Liga Champions UEFA 2011, Piala Wembley, serta NFL International Series. Stadion ini pula pernah sebagai loka konser seniman-artis ternama, misalnya Green Day, Muse, Oasis, Take That, Metallica, U2, dan Madonna dan menjadi host Konser buat Diana dan Konser Live Earth.
Referensi:
//www.radar-bogor.co.id/index.php?Rbi=fakta.lebih jelasnya&id=74818
//id.wikipedia.org/wiki/Stadion_Wembley
//jeckosatrio.blogspot.com/2011/05/sejarah-stadion-wembley.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel