SEJARAH MAKANAN/MASAKAN RENDANG MINANGKABAU

Pencarian mengenai sejarah rendang, yang sempat diklaim sang malaysia, dimulai menggunakan pencarian melalui mesin pencari google. Hal yg mengejutkan memang yang poly mengulas tentang rendang serta sejarahnya adalah blog berbahasa melayu malaysia. Saya makin tertantang buat mencari sejarah rendang kebanggaan bangsa Indonesia.
Pada tahun atau era apa awal rendang dikenal pada Indonesia nir poly dokumen sejarah yang bisa ditemukan. Pada situs wikipedia dikatakan bahwa rendang berawal dalam tahun 1550, "Rendang pula dianggap pada poly kesusasteraan Melayu klasik misalnya Hikayat Amir Hamzah yang menerangkan dia adalah masakan Melayu semenjak 1550-an".

Etnis Minangkabau, mempunyai poly resep kuliner dan minuman tradisonal sebagai kekayaan budaya kuliner Indonesia.makanan menurut etnis, lebih seringkali diklaim Masakan Padang, umumnya memiliki cita rasa yang pedas berbumbu serta pada pengolahannya poly menggunakan santan kelapa. Wanita (padusi) minang, sangat terkenal dengan keahlian memasaknya. Demikian jua kaum lelaki minang pun mempunyai keahlian pada masak-mengolah. Dalam setiap kesempatan acara serta kenduri ; Upacara sepanjang kehidupan manusia, Upacara Yang Berkaitan menggunakan Perekonomian, Upacara keselamatan, selalu terhidang aneka ragam masakan. Diantara seluruh ragam kuliner itu, maka rendang adalah pilihan menu primer disetiap kesempatan.
Rendang,merupakan masakan tradisional bersantan dengan daging sapi sebagai bahan utamanya. Masakan spesial berdasarkan ranah Minang ini, sangat digemari di seluruh kalangan rakyat baik itu pada Indonesia sendiri ataupun di luar negeri.
Bahannya :- daging sapi,- kelapa(karambia),- bumbu : Cabai (lado), lengkuas, serai, bawang serta aneka bumbu lainnya yg umumnya disebut sebagai (Pemasak).cara pengolahannya dapat ditinjau pada kitab -kitab resep.
Secara filosofi adat dan budaya Minangkabau, Rendang memiliki posisi terhormat. Rendang yg terdiri menurut 4 bahan utama, mengandung makna, yaitu:
1. Dagiang (Daging Sapi), menjadi bahan primer, pelambang Niniak Mamak serta bundo kanduangyang akan memberi kemakmuran dalam anak kemenakan serta anak pisang.
2. Karambia (Kelapa), merupakan lambang Cadiak Pandai (Kaum Intelektual), yang akan merekatkebersamaan grup dan individu
3. Lado (Sambal), adalah lambang Alim Ulama yang pedas, tegas buat mengajarkan syarak(kepercayaan ),4 Pemasak (Bumbu), peran funsional setiap individu dalam kehidupan berkelompok serta dimerupakan unsur yg krusial dalam hayati kebersamaan rakyat Minang.
Referensi:
//www.facebook.com/note.php?Note_id=163104950392712
//rendangpadangenak.blogspot.com/2010/12/rendang-serta-sejarahnya.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel