SEJARAH OLAHRAGA TENNIS DI DUNIA

Olahraga Tenis adalah olahraga yg umumnya dimainkan antara 2 pemain atau antara 2 pasangan masing-masing 2 pemain. Setiap pemain memakai raket buat memukul bola karet. Tenis merupakan keliru satu cabang olahraga Olimpiade serta dimainkan dalam seluruh taraf warga di segala usia. Olahraga ini dapat dimainkan sang siapa saja, termasuk orang-orang yg duduk di kursi roda.
Tenis ternyata merupakan olahraga yg telah sangat tua. Terekam pada pahatan yg dibentuk sekitar 1500 tahun sebelum masehi pada dinding sebuah kuil di mesir yg menandakan representasi berdasarkan permainan bola tenis serta dimainkan pada saat upacara keagamaan. Permainan ini lalu meluas ke seluruh daratan eropa dalam abad ke-8

Pada awal perkembangannya tenis dimainkan dengan menggunakan tangan atau sebuah tongkat yg dipukulkan bergantian memakai sebuah bola dari kayu yang padat. Permainan ini lalu berkembang lagi menjadi permainan bola menggunakan dipukulkan melintasi sebuah dinding penghalang. Lantaran pada saat itu dirasakan bahwa kontrol bola lebih terasa memakai tangan, maka media yg berkembang dalam saat itu merupakan menggunakan memakai sarung tangan kulit yang lalu berevolusi kembali menggunakan menambahkan gagang. Inilah cikal bakal lahirnya sebuah raket tenis. Bola pun berevolusi berdasarkan sebuah bola kayu padat sebagai bola dari kulit yg diisi sang dedak kulit padi.
Olahraga ini sangat berkembang pada Perancis saat itu. Pada abad 16-18 telah mulai banyak digandrungi terutama sang kalangan Raja-raja serta para bangsawan menggunakan nama ‘Jeu de Palme’ atau olah raga kepalan tangan. Kata Tenis sendiri dipercaya asal berdasarkan pemain Perancis yg seringkali menyebut istilah ‘Tenez’ yg ialah “Main!” pada waktu akan memulai permainan dan sampai kini istilah tadi dipakai menjadi nama olahraga ini. Tenis kemudian berkembang hingga dataran Inggris dan pula menyebar ke Spanyol, Itali, Belanda, Swiss dan Jerman. Tetapi tenis mengalami kemunduran saat terjadinya revolusi Perancis dan berkuasanya Napoleon Bonaparte pada Eropa.
Pada abad 19 barulah tenis dimunculkan pulang sang para bangsawan Inggris dengan menciptakan fasilitas-fasilitas country club atau lapangan tenis di rumahnya yang besar . Lantaran pada ketika itu tenis terkenal dimainkan pada laman rumput, maka terkenal menggunakan sebutan ‘Lawn Tennis’ atau tenis lapangan rumput. Pada masa ini jua mulai timbul bola berdasarkan karet vulkanisir yg pada saat itu dianggap dapat mengurangi rusaknya rumput pada lapangan tanpa mengurangi elastisitas dari bola itu sendiri.
Sebutan Lawn Tennis asal menurut seseorang Inggris bernama Arthur Balfour. Sejak ditemukannya lawn tennis, orang mulai bereksperimen dengan memainkannya pada permukaan lain misalnya clay court (tanah liat) dan hard court (semen). Menggeliatnya permainan tenis ternyata bisa menggeser permainan Croquet sebagai olahraga isu terkini panas. Puncaknya terjadi dalam tahun 1869 waktu galat satu klub croquet ternama pada Inggris, All England Croquet Club, tidak berhasil menarik poly peminat dan mencoba buat memasukan tenis menjadi olahraga lainnya. Hasilnya klub ini sangat sukses menarik peminat terutama pada permainan Tenis tadi hingga pada tahun 1877 membarui namanya menjadi ‘All Engand Croquet and Lawn Tennis Club’. Sejarah ini berlanjut saat lokasi klub yg bertempat di Wimbledon terjadi kenaikan sewa tanah yg memaksa klub untuk menerima dana lebih menurut umumnya. Oleh karenanya klub mengadakan turnamen tenis pertama di Wimbledon dengan membentuk sebuah panitia buat mengadakan pertandingan dan menciptakan peraturan yang standar pada permainan ini. Turnamen tersebut diikuti sang 20 peserta dengan penonton kurang lebih 200 orang serta ini merupakan cikal bakal turnamen Wimbledon yang merupakan galat satu turnamen grand slam tenis bergengsi di global.
Melanjutkan posting pertama tentang sejarah tenis, kali ini merupakan cerita pasca lahirnya turnamen Wimbledon pertama tahun 1877. Tahun-tahun setelah Wimbledon berlangsung tenis mulai merebak di seluruh Inggris dan mulai menyeberang Amerika.
Turnamen-turnamen pun mulai banyak digelar di daerah-daerah serta bermunculanlah pemain-pemain top lokal yg berkompetisi pada daerahnya masing-masing. Bersamaan dengan ini merupakan jaman revolusi industri yg memacu tenis menjadi sebuah industri olah raga baru. Pabrik-pabrik mulai menghasilkan net, sepatu, bola serta raket tenis. Peraturan-peraturan bermain tenis pun berevolusi seiring menggunakan evolusi teknologi peralatan tenis dan pengalaman berdasarkan menjalankan turnamen-turnamen.
Pada tahun 1881 dibentuklah federasi tenis Amerika, United States National Lawn Tennis Association (sekarang United States Tennis Association), yang menciptakan standardisasi peraturan tenis yg standar pada Amerika serta sebagai panitia pergelaran tenis besar yg pertama di Amerika yaitu U.S. National Men’s Singles Championship (kini US Open) di Newport, Rhode Island. Pertandingan Internasional tahunan pertama terselenggara tahun 1900 yg bernama Davis Cup serta masih dimainkan sampai waktu ini. Tidak hanya pada Inggris serta Amerika, Tenis jua terkenal pada Perancis serta menyelenggarakan turnamen pertamanya pada tahun 1891 yang dinamakan French Open. Ketiga turnamen ini beserta menggunakan Australian Open yang bergabung terakhir (1905) menjadi turnamen paling akbar sedunia sampai waktu ini serta diberi nama Grand Slam.
Dunia Tenis profesional mulai muncul dalam tahun 1926 saat seseorang penganjur bernama CC Pyle mengadakan pertandingan eksibisi yg diikuti dengan pemain menurut Amerika dan Perancis dengan penonton yang ditarik bayaran. Saat itu mulai banyak pemain yang tidak hanya berkompetisi tenis buat mengejar ketenaran saja, tetapi pula mengejar bayaran yang relatif poly.
Olah raga tenis mulai mengalami kemunduran pulang saat Perang Dunia II berkecamuk. Turnamen2 akbar pada empat negara tersebut (Grand Slam-red) tidak dipertandingkan hingga tahun 1946 waktu perang sudah berakhir. Pada saatnya pertandingan tenis mulai muncul kembali, pakaian yang dikenakan pemain pun mengalami evolusi. Yang sebelumnya pemain mengenakan pakaian putih-putih menggunakan celana panjang ala bangsawan berganti dengan celana olahraga pendek yg lebih berkesan sporty.
Generasi selanjutnya pasca perang semakin mengakibatkan Tenis menjadi olah raga yang bergerak maju. Teknologi alat-alat tenis pun berkembang menggunakan pesatnya begitu pun teknik permainan tenis. Hingga waktu ini kita lihat betapa pesatnya kemajuan teknologi tenis dan kualitas permainan yg semakin tinggi. Ini ditambah dengan kemajuan teknologi penyiaran media massa yang memulai debutnya menggunakan menyiarkan siaran eksklusif menggunakan radio transistor dalam tahun 1927 hingga siaran pribadi turnamen Wimbledon tahun 1968 yang disiarkan pertama kali dalam full colour.berkat jasa media massa pula Tenis sebagai olahraga yg mendunia.
Referensi:
//maulaasman.blogspot.com/2008/01/sejarah-permainan-tenis.html
//id.wikipedia.org/wiki/Tenis

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel