SEJARAH AWAL BERDIRI NEGARA JERMAN

Negara Jerman adalah sebuah negara di yang berada pada Eropa Tengah. Negara menggunakan sejarah panjang ini, di sebelah barat berbatasan dengan Belanda, Belgia, Luxemburg, dan Perancis. Di sebelah selatan berbatasan dengan Swiss dan Austria. Di sebelah timur berbatasan menggunakan Ceko dan Polandia. Di sebelah utara berbatasan menggunakan Denmark.
Wilayah Jerman 357.021 kilometer persegi serta dipengaruhi sang iklim musimdingin. Dengan 82 juta penduduk,Jerman merupakannegara dengan jumlah penduduk terbesar diantaranegara-negara anggota menurut Uni Eropa serta adalahtempat yang ketiga terbesar jumlah migraninternasional di dunia.

Awal Sejarah Berdiri Negara Jerman
Jerman memiliki sejarah kenegaraan yg panjang serta unik. Awalnya, Jerman berbentuk Persatuan Jerman. Pada 1871, Jerman berdiri, berbentuk Kekaisaran Jerman.
Setelah Perang Dunia II, Kekaisaran Jerman terbagi menjadi dua negara, yaitu Jerman Barat (Republik Federasi Jerman) dan Jerman Timur (Republik Demokrasi Jerman). Kedua negara itu memiliki ideologi yang tidak sama.
Sejak penyatuan kembali (reunifikasi) Jerman Barat dan Jerman Timur pada 1990, Jerman mempunyai nama resmi yang dikenal menggunakan kata Republik Federasi Jerman. Saat kini , Jerman terdiri dari 39 Federasi yang berdaulat. Berlin adalah bunda kota negara tersebut.
Masa prasejarah Jerman dianggap menjadi masa sebelum kedatangan bangsa Romawi yg kemudian menuliskan banyak sekali catatan mengenai wilayah itu.
Catatan sejarah tentang daerah yang kini dianggap Jerman dimulai sejak adanya laporan-laporan Romawi serta Yunani tentang kaum biadab ("Barbar") yg mendiami bagian utara Pegunungan Alpen. Masa ini bisa disebut sebagai era protosejarah.
Era sejarah dimulai sejak abad ke-5, biasa dinamakan Abad Pertengahan oleh sejarawan Eropa. Pada masa ini, anjung sejarah didominasi sang suatu federasilonggar banyak sekali kaum feodal yang dikenal sebagai Kekaisaran Suci Romawi, yang membentang selama hampir 10 abad, dari abad ke-9 hingga tahun 1806. Pada masa kejayaannya, teritori kekaisaran ini meliputi daerah modern Jerman, Austria, Slovenia, Ceko, Polandia Barat, Perancis timur, Swiss, dan Italiautara terbaru. Setelah pertengahan abad ke-16, saat kehilangan banyak teritori bangsa non-Jerman, kekaisaran ini disebut sebagai "Kekaisaran Romawi Suci Bangsa Jerman".
Perang Napoleon mengubah alur sejarah, menurut orientasi feodalisme menjadi negara militeristik, dengan terbentuknya Konfederasi Jerman tahun 1815–1866,Kekaisaran Jerman tahun 1871–1918, serta Republik Weimar tahun 1919–1933. Setelah pemerintahan Jerman Nazi Adolf Hitler tahun 1933–1945 yang membawa kehancuran bangsa ini dalam Perang Dunia II, muncullah Republik Federal Jerman (Jerman Barat) serta Republik Demokratik Jerman (Jerman Timur) menjadi simbol Perang Dingin, sampai Jerman manunggal kembali dalam tahun 1990.
Referensi:
//sites.google.com/site/awinkfile/home/sejarah-jerman
//mosselgermany.wordpress.com/profil-jerman/
//www.scribd.com/doc/68056073/Sejarah-Negara-Jerman2

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel