SEJARAH BERDIRI BAND GIGI

Band Gigi adalah nama sebuah grup musik yg dari menurut Bandung, Indonesia yg mengusung jenis musik pop serta rock. Kelompok ini berdiri dalam tanggal 22 Maret 1994, dengan format awal Aria Baron, Thomas Ramdhan, Ronald Fristianto, Dewa Budjana serta Armand Maulana.

Setelah beranjak selama 11 tahun di blantika musik Indonesia, gerombolan ini sudah mengalami pergantian personil berkali-kali.

Grup Band Gigi resmi dibentuk dalam lepas 22 Maret 1994. Pada awalnya Grup Band ini terdiri atas Armand Maulana (vokalis), Thomas Ramdhan (bassis), Dewa Budjana (gitaris), Ronald Fristianto (drummer), dan Baron Arafat (gitaris). Nama "Gigi" sendiri timbul sehabis para personilnya tertawa lebar mengomentari nama "Orang Utan" yang nyaris dijadikan nama band ini. Dengan latar belakang musik yg beda-beda, mereka menggabungkannya ke pada satu musik yang menjadi karakteristik spesial Gigi. Album perdana yg bertema "Angan" dilempar ke pasara menggunakan dukungan berdasarkan Union Artist/Musica. Pada saat itu Gigi belum membangun suatu manajemen seniman buat mengelola aktivitas mereka.

Sehingga buat mempromosikan album perdana itu, mereka merilis dua singel yang sekaligus video klip, yaitu Kuingin serta Angan. Tetapi ke 2 lagu andalan tersebut nir banyak mendongkrak angka penjualan. Kurangnya kenaikan pangkat dan nir adanya pengelolaan manajemen sebagai penyebab primer kegagalan album pertama class musik ini. Akhirnya mereka membangun Gigi Managementcopy serta meraih penghargaan sebagai "Kelompok Musik Terbaik".

Pada waktu ini manajeman Gigi terjadi keretakan menggunakan Baron. Video klip lagu andalan ke 2 "Nirwana" dibuat tanpa adanya Baron. Pada September 1995, Baron secara resmi keluar dari Group Band Gigi. Kemudian diikuti keluarnya Thomas dan Ronald yang bulan November 1996. Akhirnya Grup Band Gigi hanya tinggal berdua saja namun tetap berusaha bertahan dan merekrut Opet Alatas (bassis) dan Budhy Haryono drumer). Formasi baru ini memberi warna baru pada Gigi.

Pada tahun 1997 mereka mengeluarkan album keempat yg bertema 2x2 dengan menggandeng sejumlah musisi prominen, lokal serta dunia, Antara lain Billy Sheehan (Mr. Big) yg menyumbang permainan basnya yang dahsyat dalam lagu mereka (Cry Baby), serta Indra Lesmana pula ikut menyumbang pada lagu "Tractor". Lagu andalan "Kurindukan" ternyata kurang direspon rakyat. Keadaan ini tertolong sama menggunakan adanya tur 100 kota yg menampilkan duet Indra Lesmana serta Gilang Ramadhan menjadi pembukanya. Agar mereka jadi lebih profesional. Album ke 2 "Dunia" terbilang sukses di pasaran. Dengan mengandalkan lagu unggulan pertama "Janji", yang terjual lebih kurang 400.000.

Sementara itu Thomas yang baru aja keluar berdasarkan rehabilitasi balik ke Jakarta buat mulai main musik lagi. Thomas bahkan membikin kejutan sewaktu sebagai bintang tamu di konser GIGI "Satu Jam Bersama Gigi" dan konser Gigi di Bandung. Di konser itu dia main pada lagu "Janji" dan "Angan". Di konser itu, mereka serasa bernostalgia menggunakan Thomas. Yang spesialnya lagi, mereka ngebawain satu lagu yg tidak mengecewakan sporadis dibawain, yaitu Hasrat. Pada tanggal 22 Maret 1999 akhirnya Thomas masuk (lagi) ke Group musik Gigi. Tak lama sesudah itu Gigi merilis album keenam yang bertema "Baik" dalam bulan April 1999. Lagu andalan pertamanya adalah "Hinakah".

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel