SEJARAH TERBENTUK BAND PETERPAN

Peterpan adalah sebuah band beraliran poprock berdasarkan Bandung, Indonesia yang sekarang anggotanya tinggal 4. Band ini dibentuk pada tahun 1997 dan terkenal berkat lagu-lagunya "Ada Apa Denganmu", "Topeng", dan "Kukatakan Dengan Indah". Pada awalnya kelompok Peterpan terdiri dari Ariel, Uki, Loekman, Reza, Andika, dan Indra. Namun di bulan November 2006, dua anggotanya, Andika dan Indra dipecat dari grup musik tersebut. Perpecahan ini dipicu adanya perbedaan prinsip kreativitas.

Group Band Peterpan terbentuk berawal menurut rendezvous Uki dan Ariel yang pernah satu kelas di SMPN 14 Bandung. Tadinya mereka nggak saling kenal. Bahkan keduanya nyaris adu jotos. Maklum Ariel menjadi anak baru udah bikin Uki kesel. Soalnya Ariel kalau ke sekolah suka bawa gitar segala. Udah gitu ikut-ikutan mampu menggambar juga sama misalnya Uki.
Dari sinilah, mereka mulai meengasah kemampuannya pada bermusik. Bersama gank-nya Uki, Ariel akhirnya jadi teman baik plus patner nge-jamnya. Puncaknya, mereka tergabung dalm band yg menamakan dirinya Papermint. Sayang, band yang diharapkan mampu bicara banyak ini malah kandas pada tengah jalan. Keduanya pun putusan bulat untuk jalan sendiri-sendiri.
Cerita berlanjut ketika band kesayangan Andika, Beat Jr (biasa membawakan lagu-lagu The Beatles) dan Stupid Cupid (biasa membawakan musik-musik beraliran Britpop), terpaksa bubar. Andika yang waktu itu cinta tewas sama band menciptakan sebuah band lagi. Uki yg jago main gitar semenjak kenal Ariel dirangkulnya. Karena kekurangan personil Uki najak sohibnya pada SMP, ariel. Sementara gara-gara dikenalin temen tetangganya Andika, doi pun ngajak gabung Indra dan Ari. Tahun 1997, band ini pun resmi terbentuk menggunakan nama Topi. Anggotanya terdiri dari Ariel (vocal/gitar), Andika (vocal/keyboard), Uki (gitar), Indra (bas), dan arie (drum).
Tadinya, kumpulan bakalan solid. Maklum awalnya semua personil rajin buat latihan. Sayang, gara-gara terdapat personil yg nggak serius, band ini terpaksa bubar. Semua personil menciptakan band sendiri-sendiri. Memang dasar jodoh, Andika pun memanggil seluruh personil kembali.
Lagi-lagi naas. Saat hati telah sreg, Arie bubut karena alasan pribadi. Reza dan Loekman yang pernah main bareng menggunakan indra serta kakaknya, digandengnya.
Karena udah ganti personil baru, maka namanya diganti menjadi Peterpan. Arti nama Peterpan simpel banget, band ini ingin terbang seperti cerita dongeng Peterpan.

Pada tahun 1997, Andhika (kibor) menciptakan band Topi dengan mengajak adik kelasnya di SMU 2 Bandung, Uki (gitar), dan teman mainnya, Abel (bas) serta Ari (drum). Uki pun mengajak sahabat SMP-nya Ariel yang mengisi posisi vokal. Dengan perpaduan seperti itulah, mereka mulai manggung dan memainkan musik beraliran Brits cara lain . Kemudian Ari mengundurkan diri dan Topi pun bubar tanpa karena yg niscaya.

Andika mengumpulkan pulang personel Topi pada tahun 2000. Namun kali ini, posisi drum dipegang sang Reza. Untuk memberi warna musik yang lebih dewasa dan lebih kaya melody, maka diajaklah Loekman, teman saudara tertua Indra, yg akhirnya jadi lead guitar (gitar utama). Setelah terbentuk dengan formasi enam orang, mereka pun merogoh nama peterpan. Tanggal 1 September 2000 secara resmi peterpan terbentuk.

Perjalanan profesional peterpan dimulai tahun 2001 dengan merambah berdasarkan café ke café pada Bandung. Mereka bermain pada café O'Hara dan Sapu Lidi menggunakan membawakan lagu-lagu top 40, dan alternative rock seperti Nirvana, Pearl Jam, Cold play, U2, Creed, dll. Saat pada café Sapu Lidi-lah potensi mereka terlihat sang Kang Noey (basis Java Jive) yang sedang mencari band buat mengisi album kompilasi. Dari 3 lagu yg dikirim buat demo, "Sahabat", "Mimpi Yang Sempurna", dan "Taman Langit", terpilih lagu "Mimpi Yang Sempurna" buat dimasukan ke album kompilasi Kisah 2002 Malam yang dirilis Juli 2002. Tak disangka lagu tadi menjadi jagoan album ini serta mendongkrak penjualan hingga pada atas 150.000 kopi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel