SEJARAH TERBENTUK BAND MUSE

Siapa yg nir memahami menggunakan band asal Inggris yaitu Muse. Band Muse yg beranggotakan 3 orang yaitu Matthew Bellamy (vokalis, gitaris, pianis), Dominic Howard (drummer), dan Chris Wolstenholme (bassis). Band ini dibentuk pada Devon dalam tahun 1994. Aliran Musik Muse ini merupakan musik yang memadukan rock, rock progresif, musik klasik, serta elektronik.

Muse juga dikenal menggunakan konser live yg memukau, bercirikan permainan yang energik dan imbas visual yang bagus. Muse sudah merilis empat album rekaman, dimulai dengan Showbiz dalam tahun 1999, diikuti Origin of Symmetry di tahun 2001, Absolution di tahun 2003, serta album terbarunya Black Holes & Revelations pada tahun 2006. Sepanjang karirnya, Muse telah memenangkan banyak sekali penghargaan termasuk 5 MTV Europe Music Awards, lima Q Awards, 4 NME Awards dan 2 Brit Awards.

Sejarah MUSE

Pembentukan (1992-1997)
Pada tahun 1990-an awal, anggota-anggota Muse memiliki kelompok musik masing-masing di sekolah mereka. Pembentukan MUSE berawal waktu Matthew Bellamy yang berumur 14 tahun berhasil lulus audisi buat masuk grup Dominic Howard. Ketika bassis mereka memutuskan untuk keluar, mereka meminta sahabat baik mereka, Chris Wolstenholme, untuk bergabung dan menyelidiki gitar bass. Chris sempat menolak, akan tetapi akhirnya menetapkan buat bergabung. Band baru ini sempat banyak berganti nama, diantaranya 'Gothic Plague', 'Carnage Mayhem', 'Fixed Penalty', serta 'Rocket Baby Dolls', sampai akhirnya memakai nama Muse yang dikenal kini . Urutan kronologis pergantian nama band ini tidak kentara, karena Muse memberikan keterangan yang nir konsisten dalam wawancara-wawancara mereka.

Pada tahun 1994, masih menggunakan nama band 'Rocket Baby Dolls', mereka memenangkan kompetisi Battle of the Bands lokal. Dan tidak usang setelah ini, mereka mengganti nama sebagai Muse, berpindah dari Teignmouth serta mulai tampil di beberapa klub seperti Cavern di Exeter.

Setelah beberapa tahun menciptakan komunitas penggemar, Muse memainkan konser-konser pertama mereka di London serta Manchester. Band ini lalu bertemu menggunakan Dennis Smith, pemilik perusahaan rekaman Sawmills, yg berkantor di Cornwall, Inggris.

Pertemuan ini akhirnya dilanjutkan menggunakan rekaman resmi pertama Muse, yaitu E.P. Self-titled (berjudulkan nama band) yg menggunakan label Sawmills, Dangerous. Lalu E.P. Ke-dua mereka, Muscle Museum, meraih peringkat ke-tiga dalam tangga lagu indie serta mendapat perhatian menurut jurnalis musik Inggris yg berpengaruh, Steve Lamacq, dan majalah musik mingguan Inggris, NME. Dennis Mills kemudian membantu membangun perusahaan musik Taste Media, yg dibuat khusus untuk Muse (Muse memakai label ini untuk tiga album pertama mereka). Ini merupakan hal yang sangat menguntungkan buat Muse karena mereka dapat mempertahankan keunikan musik mereka dalam awal karir mereka.

Walaupun E.P. Ke-2 mereka relatif sukses, poly perusahaan rekaman Inggris permanen enggan mendukung Muse, dan banyak orang pada industri musik menduga musik Muse terlalu seperti menggunakan Radiohead sebagaimana halnya band-band baru dari Inggris lain ketika itu. Tetapi, perusahaan Amerika Serikat Maverick Records mempromosikan Muse buat tampil beberapa kali pada Amerika Serikat sampai akhirnya mengontrak mereka pada lepas 24 Desember 1998. Sepulangnya dari Amerika, Taste Media menerima kontrak untuk Muse pada perusahaan-perusahaan rekaman pada Eropa dan Australia. John Leckie, yg sebagai produser album buat Radiohead, Stone Roses, "Weird Al" Yankovic dan The Verve, dijadikan produser album pertama Muse, Showbiz

Peluncuran album ini diikuti menggunakan penampilan pendukung pada tur band Foo Fighters serta Red Hot Chilli Peppers pada Amerika Serikat. Pada tahun 1999 dan 2000, Muse bermain pada beberapa festival musik pada Eropa dan Australia, serta mengumpulkan poly penggemar baru di Eropa Barat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel