SEJARAH ALIRAN MUSIK RAP/HIP HOP

SIAPA yang tidak kenal musik rap yang juga seringkali disebut musik hip-hop? Zaman kini bila kita menyampaikan musik jenis ini kita mungkin akan pribadi terbayang rapper-rapper yang tak jarang kita dengar, misal Puff Daddy atau Diddy, Kanye West, Nelly, 50 Cent, ataupun Eminem. Mereka masing-masing memang menaruh sentuhan khas ke rap mereka, akan tetapi mereka sama sekali bukan pencipta atau pencetus jenis musik ini. Mereka hanyalah cucu atau bahkan cicit pada sejarah musik rap. Ini lantaran asal muasal rap timbul dari tahun 1970-an.
Sejarah Aliran Musik RAP/Hip Hop
Akar hip hop ditemukan pada musik Afrika-Amerika serta akhirnya musik Afrika. The griots Afrika Barat merupakan grup penyanyi dan penyair perjalanan yang merupakan bagian menurut tradisi verbal semenjak ratusan tahun. Gaya vokal mereka adalah sama menggunakan rapper. The-Amerika tradisi Afrika signifyin ' , lusinan , dan puisi jazz semua keturunan dari griots. Selain itu, 'musik' komedi tindakan seperti Rudy Ray Moore dan Blowfly dipercaya sang beberapa orang menjadi nenek moyang rap.
Dalam New York City, seperti pertunjukan griot of-kata yang diucapkan puisi serta musik sang para artis seperti The Last Poets , Gil Scott-Heron dan Jalal Mansur Nuriddin mempunyai dampak yang signifikan terhadap hak-hak sipil era pasca- budaya tahun 1960-an serta 1970-an.
1520 Sedwick Avenue merupakan sebuah daerah pada New York yg dianggap sebagai tempat awal lahirnya komunitas HipHop. “Disinilah kami berasal”, cetus Clive Campbell, keliru seorang yang merelakan lantai satu pada rumahnya dijadikan sebuah markas buat berkumpul. “Kebudayaan Hip Hop berawal dan lahir disini, yang nantinya akan tersebar di seluruh global, pada sinilah kami barasal lantaran memang kami tidak mempunyai loka lain buat bertemu, bukan di tempat lain” sahutnya. Selain nama tersebut, masih ada pula nama DJ Kool Herc yang memperkenalkan turntable pada saat itu pada sebuah party dalam tahun 1973. Pada awal penampilannya, DJ Kool Herc membawakan lagu-lagu berdasarkan James Brown, Jimmy Castor, serta Babe Rooth. Kool Herc jua lah yg akhirnya membangun scratch dan suara-bunyian aneh yang menimbulkan sebuah sensasi yang luar biasa dalam waktu itu.
HipHop terasa kurang lengkap tanpa MC. Celah inilah yang ditinjau sang Melle Mel, MC pertama dalam global Hip Hop. Pada awalnya Melle Mel merasa gundah apa yang akan diucapkannya pada penampilan pertamanya tersebut, tetapi lantaran dirinya sudah dipenuhi kebosanan dengan peraturan-peraturan berdasarkan pemerintah yang mengekang, akhirnya Melle Mel mengeluarkan rasa bencinya dalam pemerintah dan pandangannya mengenai kehidupan lewat lirik-liriknya. Mulai saat itu lah musik HipHop lebih banyak menceritakan mengenai kehidupan disekitar masyarakat kulit hitam dan teriakan-teriakan serta protes bunyi hati mereka pada pemerintahan yg berlaku tidak adil. Lirik-lirik musik Hip Hop cenderung keras serta tegas. Itulah Hip Hop.
Hip Hop sebagai kebudayaan diperjelas lagi dalam tahun 1983 oleh Black Spades yang merupakan anggota dari Afrika Bambaataa dan The Soulsonic Force lewat track yang berjudul “Planet Rock”. Lagu ini merupakan sebuah musik Hip Hop yg menarik karena memiliki gugusan antara rap yg sederhana serta irama musik disko yang diciptakan melalui drum electronic dan synthesizer. Pada tahun 1985 berulah dengan teknologi stereo, Run DMC, LL Cool J, The Fat Boys, Herbie Hancock, Soulsonic Force, Jazzy Jaz, dan Stetsasonic yang mengeluarkan album-album andalannya sehingga menjadi legenda musik Hip Hop hingga waktu ini.
Referensi:
//agballers.blogspot.com/2009/10/sejarah-musik-hip-hop.html
//indonesiaindonesia.com/f/38190-sejarah-musik-rap-hip-hop/
//www.kaskus.us/showthread.php?P=384667895
//www.kautau.com/2011/11/sejarah-musik-rap-pada-indonesia.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel