SEJARAH ADANYA MINUMAN TEH DAN PENEMUANNYA

BELAJAR PRAMUKA - Teh menggunakan segala variasinya di global dalam pengejaan serta pengucapan berasal dari asal tunggal.'Te', berarti 'teh' pada dialek China Amoy. Bahasa China nasional dari istilah teh,'cha',jua menghasilkan beberapa turunan kata lain pada dunia.
Teh masuk ke Eropa dalam awal abad ketujuhbelas. Dibandingkan kelebihan teh pada hal pengobatan, bangsa Eropa lebih menentukan aroma kopi. Hanya diantara beberapa golongan kecil menurut kaum bangsawan, yang mempopulerkan teh.
Sejarah Penemuan Teh Pertama Menurut sejarah, teh diperkirakan ditemukan sang seseorang Kaisar Kekaisaran China bernama Shen Nung yang hidup dalam kurang lebih tahun 2737 sebelum Masehi. Kaisar Shen Nung tidak hanya dikenal menjadi seorang Kaisar, tetapi pula sebagai The Divine Healer (Sang Penyembuh menurut Ilahi). Cerita penemuan teh sang sang Kaisar sangat tidak disengaja waktu daun teh pertama menurut flora teh yg ada di kebun Kaisar Shen Nung jatuh ke pada air panas yang sedang dimasak oleh Sang Kaisar.
Ketika daun teh tadi terseduh dengan air panas, aroma sedap langsung timbul menciptakan Sang Kaisar sangat tergoda buat meminumnya. Bukan hanya aromanya yang sedap, rasa sepat serta getir yang disebabkan sang daun teh juga sangat disukai sang Sang Kaisar lantaran dipercaya dapat menciptakan tubuh lebih segar dan menurut penelitian Kaisar Shen Nung, minuman teh bisa menyembuhkan beberapa penyakit. Sejak itu, Kaisar Shen Nung kerap kali meminum teh serta semenjak itu teh sebagai sangat populer pada semua penjuru China.
Untuk pertama kalinya pada tahun 780 Masehi seorang cendekiawan bernama Lu Yu mengumpulkan dan membukukan temuan-temuan akan manfaat serta kegunaan teh kedalam sebuah literatur mengenai teh, yaitu Ch’a Cing atau The Classic of Tea. Buku tersebut mendeskripsikan "Teh adalah minuman yg membuat kita lebih bersemangat bila meminumnya, menentramkan hati, membuka pikiran serta mencegah rasa kantuk, membuat badan terasa ringan dan segar dan menaikkan kepandaian". Pada masa Dinasti Ming (1368–1644), bangsa Cina mulai menyeduh teh menggunakan air mendidih. Dengan sedikit adaptasi, tempat penuang anggur tradisional menurut Cina yg memakai epilog sebagai teko teh yg paripurna.
Referensi:
//www.berbagaihal.com/2011/06/sejarah-dan-mitos-penemuan-teh.html
//www.forumkami.net/sejarah/168302-sejarah-minuman-teh.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel