SEJARAH AWAL ASAL USUL MAKANAN GUDEG

BELAJAR PRAMUKA - Makanan Gudeg adalah kuliner khas Jogja yang relatif populer yg terbuat menurut nangka belia atau menurut bunga kelapa.

Sejarah Awal Asal Usul Makanan Gudeg

Di sebuah sudut kota jogja dalam jaman penjajahan Inggris tinggalah seseorang rakyat negara Inggris yang tinggal pada Indonesia (maaf aku lupa namanya akan tetapi dalam majalah yang aku baca ada namanya) dan mempunyai istri seseorang perempuan jawa (aku pula lupa namanya maaf), Warga negara Inggris tadi memanggil istrinya dengan sebutan "dek" lantaran memang panggilan "dek" sudah menjadi tradisi pada jawa umumnya untuk memanggil istri yg notabene sebagai mak rumah tangga.. Pada suatu hari waktu oleh suami sedang pergi bekerja oleh istri gundah ingin memasak apa akhirnya dia teringat resep turun temurun keluarganya yang memakai bahan menurut nangka muda tadi..

Akhirnya mulai lah dia mengolah, lantaran mungkin sudah sangat lapar sesampainya dirumah sang suami pribadi menuju ke meja makan dan makan menggunakan lahapnya masakan yang dimasakkan istrinya tersebut terselesaikan makan oleh suami brkata relatif keras "good dek.." "it's good dek" menggunakan ekspresi senang .. Sang istri terkejut dan mulai menceritakan ke tetangga dan sahabat-temannya kalau oleh suami bahagia sekali dimasakkan resep turun temurun itu dan setiap kali terselesaikan makan-kuliner itu dia selalu bilang "good dek" dan berdasarkan situlah kuliner itu mulai dianggap GUDEG menjadi metomorfosis dari istilah "good dek".

Referensi:

//keripiku.blogspot.com/2010/10/dari-usul-nama-makanan-gudeg.html

//darkofjoker.blogspot.com/2010/12/sejarah-gudeg-kuliner-khas-yogyakarta.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel