SEJARAH AWAL BERDIRI LIGA EROPA UEFA

BELAJAR PRAMUKA - Liga Eropa UEFA sebelumnya dikenal menggunakan nama Piala UEFA merupakan kompetisi resmi yang diadakan sang UEFA menjadi badan tertinggi pada persepak bolaan Eropa. Piala UEFA mulai diadakan mulai isu terkini kompetisi tahun 1971-1972 sebagai bagian dari kegiatan UEFA buat mempertemukan tim-tim berdasarkan semua Eropa. Kompetisi ini diadakan buat menggantikan kompetisi Inter-Cities Fairs Cup yg diadakan antara tahun 1955-1971 menggunakan total penyelenggaraan sebesar 13 kali. Mulai tahun 2000 juara dari kompetisi ini akan diadu menggunakan kampiun Piala/Liga Champions buat memperebutkan gelar juara Piala Super Eropa buat menggantikan juara Piala Winners yg sudah dihapus oleh UEFA pada ekspresi dominan kompetisi 1999-2000.
Ajang ini sendiri mempertemukan klub-klub sepak bola pada seluruh Eropa yg memiliki peringkat yang cukup baik namun nir sebagai kampiun, kampiun piala domestik menurut masing-masing negara (misalnya Piala FA), tim paling bersih pada bermain (pada hal perolehan kartu kuning maupun merah), serta tim yg kalah dalam babak kualifikasi maupun peringkat 3 pada babak penyisihan grup Piala/Liga Champions.
Juara bertahan saat ini adalah FC Porto yg berhasil mengalahkan SC Braga dengan skor 1–0 dalam pertandingan final yang diselenggarakan pada Stadion Aviva, Dublin, Irlandia.
Format Saat Masih Bernama Piala UEFA
Format yg digunakan saat masih bernama Piala UEFA merupakan babak awal memakai format kelompok yang terdapat 8 gerombolan yg tiap grupnya terdapat 5 tim, 3 tim dari masing-masing gerombolan melanjutkan ke fase berikutnya menggunakan sistem gugur dan ditambah menggunakan tim penghuni masing-masing peringkat ketiga grup berdasarkan Piala/Liga Champions. Di sistem gugur peraturannya, tiap tim akan bermain dua kali, dan di babak inilah mampu berlaku skor agregat/keunggulan gol tandang. Di partai final, pertandingan akan digelar sekali dan berada di loka yg telah ditunjuk sebelumnya oleh UEFA. Sebelum 1997-98, Piala UEFA memakai sistem gugur murni, yaitu tiap laga dimainkan 2 kali, termasuk babak final.
Format Kini
Selain Piala UEFA berganti nama Menjadi UEFA Europa League yg kualitasnya jauh lebih baik menurut Piala UEFA, mulai demam isu 2009-10 format 8 grup dengan lima tim akan diganti format baru berupa 12 grup yg masing-masing berisi 4 tim. Selain itu, bila sebelumnya dalam babak tersebut setiap tim akan memainkan dua pertandingan lawatan dan 2 pertandingan kandang (total 4 pertandingan), dalam format baru setiap tim akan menghadapi lawannya baik di sangkar maupun tandang (total 6 pertandingan). Perubahan lainnya merupakan dimasukkannya tim-tim yg sebelumnya harus bermain pada Piala Intertoto ke babak penyisihan karena Piala Intertoto ditiadakan mulai tahun 2009.
Serba Serbi
Piala UEFA ketika ini mempunyai piala yg dinamakan Piala Bertoni, memiliki berat 15 kilogram serta berwarna abu-abu. Piala ini dibentuk sang Bertoni di kota Milan dalam tahun 1972. Total harga pembuatannya ketika itu adalah sekitar 23.000 Euro.
• Hanya ada 2 tim yg berhasil juara dua kali berturut-turut pada Piala UEFA dan uniknya 2 tim tersebut adalah rekan senegara, yaitu Sevilla FC dan Real Madrid. Kedua tim itu saat ini sama-sama asal dari Spanyol serta sekarang bermain di La Liga.
• Tim yg pertama kali berhasil juara sejak turnamen ini diubah namanya (dari Inter-Cities Fairs Cup sebagai Piala UEFA) merupakan Tottenham Hotspur kampiun pada animo 1971/72 dan tim yg terakhir kali menjuarai kompetisi waktu masih bernama Fairs Cup adalah Leeds United (1970/71). Kedua tim ini dari dari Inggris.
Distribusi Juara Berdasarkan Negara
• Spanyol (12 gelar juara)
• Italia (10 gelar kampiun)
• Inggris (10 gelar juara)
• Jerman (6 gelar juara)
• Belanda (4 gelar juara)
• Swedia (2 gelar juara)
• Rusia (2 gelar juara)
• Belgia (1 gelar juara)
• Hungaria (1 gelar juara)
• Kroasia (1 gelar juara)
• Portugal (1 gelar juara)
• Turki (1 gelar juara)
• Ukraina (1 gelar kampiun)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel