SEJARAH AWAL BERDIRI NEGARA IRAN

BELAJAR PRAMUKA - Sejarah awal Iran mencakup negara Iran dan juga negara-negara tetangganya yg mempunyai persamaan dalam kebudayaan dan bahasa. Ketika itu, negara-negara ini diperintah oleh kekaisaran-kekaisaran seperti Media dan Akhemenid. Sassania adalah kekaisaran Persia terakhir sebelum kedatangan Islam. Kemudian Persia bergabung sebagai sebagian khilafah Islam awal.
Bangsa Iran asal dari Ras Arya yg adalah salah satu ras Indo-European. Migrasi bangsa Arya ke aneka macam belahan bumi misalnya ke Asia mini serta India dimulai pada 2.500 Sebelum Masehi (SM). Peradaban pada dataran tinggi Iran dimulai 600 tahun SM pada mana ketika itu terdapat 2 kerajaan yakni Parsa pada sebelah Selatan serta Medes pada Timur Laut Iran.
Pada tahun 550 SM, Cyrus the Great berhasil merebut dua kerajaan Persia tadi, tetapi tidak berhasil memperpanjang kekuasaannya. Pada 521 SM Raja Darius mendirikan Dinasti Achaemenid hingga Darius III. Pada 323 SM, Alexander the Great berhasil menaklukan Dinasti Achaemenid. Di masa Dinasti Parthian (Raja Mirthridates II) berhasil menjalin hubungan menggunakan Cina serta Roma yang dikenal dengan perdagangan sutranya (Silk Road). Pada 220 SM, Dinasti Sassanid mengakhiri kejayaan Dinasti Parthian.
Setelah peperangan selama 4 abad, seiring memudarnya Kerajaan Romawi, Kerajaan Persia hancur dan diinvasi sang Kerajaan Mesir serta Arab lainnya dan berhasil menyebarkan kepercayaan Islam.
Dari abad 7 hingga abad 16 Masehi, aneka macam Dinasti keturunan Arab, Turki serta Mongol saling berkuasa yakni Dinasti Abbasid, Dinasti Saffarian, Dinasti Samanid. Pada abad ke 16 khususnya pada masa Kerajaan Savafid, tercapai masa kejayaan pada bidang kerajinan dan pembuatan karpet. Pada abad 17 Dinasti Afshar berkuasa, namun lalu digantikan oleh Karim Khan Zand yg mendirikan Dinasti Zand pada Selatan. Di sebelah Utara Suku Qajar berhasil mematahkan Dinasti Zand dan mendirikan Dinasti Qajar hingga abad 19 menggunakan Rajanya yg terakhir bernama Ahmad Shah.
Pada tahun 1921, terjadi kudeta militer yg dipimpin oleh Reza Shah Pahlevi yg lalu menjatuhkan Ahmad Shah serta mengangkat dirinya sebagai Raja Iran. Pada 1941, anaknya bernama Mohammad Reza Shah naik tahta hingga terjadi Revolusi Islam yg dipimpin oleh Ayatollah Imam Khomeini dalam 1979. Berbagai insiden menonjol semenjak itu merupakan pendudukan Kedubes Amerika Serikat, 1979-1981, Invasi Irak terhadap Iran pada 1980 yg menyebabkan perang selama 8 tahun (1980-1988) serta sanksi ekonomi (tenaga) Amerika semenjak 1996.
Referensi:
//www.serbanews.com/2011/12/10-negara-menggunakan-populasi-muslim.html
//ekoteguh23.blogspot.com/2010/10/sejarah-singkat-negara-iran.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel