SEJARAH AWAL BERDIRI NEGARA BAHRAIN

Sejarah Awal Berdiri Negara Bahrain - Kerajaan Bahrain (Arab: مملكة البحرين) adalah sebuah negara kepulauan pada Teluk Persia yang nir mempunyai perbatasan. Teluk Bahrain memisahkan negara ini dengan Qatar dan Arab Saudi.
Bahrain (= mempunyai arti Dua Lautan) sebagai bagian berdasarkan peradaban antik “Dilmun”. Karena letaknya yg strategis, semenjak 3000 tahun SM telah dikenal sang bangsa-bangsa lain misalnya Yunani, Mesopotamia, Mesir, Assyria dan India. Dalam perkembangan selanjutnya Bahrain menjadi tempat persinggahan serta penghubung utama perdagangan antara Sumeria serta Lembah Indus.
Sejak akhir abad 18, Bahrain sudah diperintah sang famili Al Khalifa yg masih satu keturunan menggunakan suku bani Utbah yg menguasai Bahrain sejak abad ke-18.
Tahun 1820, Bahrain pada bawah pimpinan Shaikh Sulman serta Abdullah menandatangani perjanjian dengan Inggris yang dikenal menggunakan “The General Treaty of Peace”. Perjanjian menyebutkan bahwa penguasa Bahrain tidak dibenarkan mengatur teritorial kecuali menggunakan Inggris dan tidak diperbolehkan memiliki interaksi dengan pemerintahan asing manapun tanpa ijin berdasarkan Inggris. Sementara itu Inggris berjanji akan melindungi Bahrain dari segala agresor.
Pada tahun 1968 Bahrain bergabung dengan delapan negara lain (Qatar dan tujuh Trucial Shaikhdoms, yg sekarang dikenal PEA) pada bawah perlindungan Inggris pada usaha untuk membentuk Uni Arab Emirates. Karena pertentangan yg tidak terselesaikan khususnya menyangkut kekuasaan diantara kesembilan Shaikhdoms, Bahrain melepaskan diri mencari kemerdekaan serta baru pada lepas 15 Agustus 1971, Bahrain sebagai sebuah negara yg merdeka penuh dan sekaligus secara resmi mengakhiri hubungan khusus menggunakan Inggris tentang tanggung jawab atas pertahanan dan urusan luar negeri Bahrain.
Referensi:
//www.kemlu.go.id/manama/Pages/CountryProfile.aspx?L=id
//subpokbarab.wordpress.com/2009/03/17/bahrain/#more-1350

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel