SEJARAH BERDIRI GEDUNG PENCAKAR LANGIT

Sejarah Berdiri Gedung Pencakar Langit - Pencakar langit adalah sebuah bangunan yg sangat tinggi. Sebuah konvensi di Amerika Serikat dan Eropa sekarang telah menggambarkan batas minimum ketinggian bangunan yg bisa disebut pencakar langit yaitu 150 meter (500 kaki). Pencakar langit yg melebihi ketinggian berdasarkan 300 meter dianggap supertall. Beberapa bangunan yang lebih pendek kadang-kadang bisa disebut juga menjadi pencakar langit bila bangunan itu mendominasi wilayah di sekitarnya. Kata pencakar langit pertama kali digunakan dalam bangunan tinggi tadi dalam akhir abad ke-19, mewakilkan kekaguman warga pada gedung-gedung tinggi yg dibangun pada Kota New York. Saat ini, Hong Kong menempati posisi pertama pada global menjadi kota yg paling banyak mempunyai pencakar langit daripada kota-kota lainnya dan sampai kini , Hong Kong sudah memiliki lebih menurut 7.500 pencakar langit.
Gedung pencakar langit tertinggi di global waktu ini adalah Burj Khalifa menggunakan tinggi 828 m yg terletak di Dubai, Uni Emirat Arab (lihat gambar disamping).
Kata "pencakar langit" awalnya merupakan kata bahari yg merujuk pada sebuah layar segitiga mini di atas skysail dalam sebuah kapal layar. Istilah ini pertama kali diterapkan buat bangunan konstruksi baja berbingkai minimal 10 lantai pada akhir abad 19, hasil berdasarkan kekaguman publik pada gedung-gedung tinggi yang dibangun pada kota-kota besar misalnya Chicago, New York City, Detroit, serta St Louis. Gedung pencakar langit bingkai baja pertama merupakan Gedung Asuransi Rumah yang dibangun pada Chicago, Illinois dalam tahun 1885. Dan gedung tujuh lantai New York Life Assurance dibangun dalam tahun 1870 dan itu bisa dibilang gedung perkantoran pertama yg dibangun menggunakan jenis bingkai kerangka.
Definisi struktural dari istilah pencakar langit lalu disaring sang sejarawan arsitektur, menurut perkembangan rekayasa teknik menurut tahun 1880-an yg memungkinkan konstruksi bangunan bertingkat tinggi. Definisi ini didasarkan dalam kerangka baja - menjadi versus dari konstruksi beton, yg melewati batas mudah mereka dalam tahun 1891 pada Gedung Monadnock Chicago. Kerangka baja dikembangkan secara bertahap menaikkan kemampuan diri, dengan beberapa bangunan di Chicago serta New York turut serta memajukan teknologi yang memungkinkan kerangka baja membawa bangunan ke tahap yg semakin tinggi. Hari ini, bagaimanapun, poly gedung pencakar langit tertinggi hampir seluruhnya dibangun dengan beton bertulang.
Referensi:
//simbya.blogspot.com/2011/05/simbya-khas-seri-pencakar-langit.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel