SEJARAH BERDIRI LIGA ITALIA SERIE A

BELAJAR PRAMUKA - Liga Italy atau biasa dianggap Seri A ( Serie A – pada bahasa Italy) merupakan galat satu perserikatan terbaik pada dunia, bukti berdasarkan kehebatan Liga Italy merupakan dalam tahun 90-an dimana transfer gila-gilaan pernah terjadi di Liga ini sebut saja Hernan Crespo, Christian Vieri serta Kiper termahal sampai ketika ini Gianluigi Buffon, bukan itu saja club–club Italy pula sangat merajai eropa pada tahun 90 s/d 95 menggunakan perserta final Liga Champions yg selalu pada ikuti oleh AC Milan dan Juventus.
Seri A terdiri dari 20 club/tim sejak tahun 2004/2005, sebelumnnya Seri A hanya terdiri dari 18 club. Peraturan umum Seri A sama misalnya liga perserikatan lain, tiga tim terbawah diakhir kompetisi akan terdegedrasi serta digantikan tiga tim teratas Seri B, perhitungan nilai yg diberikan merupakan 3 jika memenangi sebuah pertandingan, 1 bila seri, serta 0 bila kalah.
Pada tahun 1898 sampai tahun 1929, Seri A format pertandingannya bukan seperti sekarang ini (kompetisi) namun dibagi pada gerombolan -kelompok dari daerah, format kompetisi seperti sekarang ini baru terjadi pada tahun 1929.
Pada tahun 1927 nir terdapat tim yang diberikan gelar juara sehabis Torino dicabut gelarnya oleh Federasi Sepak bola Italia (FIGC), dalam tahun 2004-2005 Juventus juga dicabut gelarnya karena terkena masalah pengaturan skor. Torino dinyatakan menjadi kampiun pada isu terkini 1948-49 selesainya sebuah kecelakaan pesawat menjelang akhir musim yg merenggut nyawa seluruh anggota tim.
Kontribusi Juara Liga Italy paling banyak pada pegang sang Juvenus sebesar 27 kali, diikuti AC Milan serta Inter Milan sebanyak 17 kali, Genoa C.F.C sebanyak 9 kali. Scudetto yg arti perisai kecil merupakan sebutan bagi Juara Liga Italy, Logo Scudetto – berbentuk bintang selalu dipasang dan digunakan pada pakaian tim yg memenangi Gelar Juara tahun kemudian.
Referensi:
//toglu.wordpress.com/2011/02/04/sejarah-perserikatan-italia-serie-a/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel