SEJARAH ASAL USUL ADANYA MAKANAN ROTI

BELAJAR PRAMUKA - Roti adalah salah satu makanan tertua di global. Sejarah roti yg panjang konon berawal menurut Mesir serta Mesopotamia. Saat mereka menemukan cara lain buat menikmati terigu. Gandum yg awalnya dikonsumsi pribadi ternyata bisa dilumat beserta air sebagai akibatnya membentuk pasta. Pasta yang dimasak diatas barah lalu mengeras serta bisa disimpan beberapa hari.
Teknik paling dasar memasak roti misalnya ini masih digunakan dibeberapa negara walau perkembangan teknik serta jenis roti terbaru semakin majemuk. Sebut saja tortila Mexico, roti canai India, Pita pada Timur Tengah, serta lain-lain. Roti-roti semacam ini dikenal lebih menggunakan nama kata roti datar.
Sementara ragi roti ditemukan waktu mereka menyimpan sedikit adonan menurut hari sebelumnya dan ditambahkan pada adonan yg baru. Kemudian dikembangkan juga jenis terigu yg baru yang memungkinkan terciptanya jenis roti yang baru.
Dari Mesir inilah bangsa Yunani mengambil teknologi pembuatan roti. Teknologi yang lalu menyebar pada seluruh Eropa dan berakibat roti sebagai kuliner yang dipercaya penting oleh masyarakatnya. Di Roma bahkan roti dan gandum lebih penting ketimbang daging.
Saat itu rona roti membedakan ‘kelas’ dalam masyarakat. Semakin gelap warna roti yang dikonsumsi semakin rendah satus sosialnya. Hal ini dikarenakan tepung putih yang mahal. Tetapi jaman sekarang roti berwarna gelap justru lebih mahal karena cita rasanya yang lebih lezat serta kandungan gizinya yang lebih tinggi.
Saat ini roti sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Tidak hanya berbetuk datar, kita sanggup menikmati roti beraneka bentuk, rasa, dan ukuran.
Referensi:
//masukdapur.blogdetik.com/2010/02/22/seri-roti-sejarah-roti/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel