SEJARAH ASAL USUL MAKANAN DONAT DI DUNIA

Sejarah Asal Usul Makanan Donat di Dunia - Donat memang kuliner yg paling disukai sang seluruh orang. Siapa yang nir kenal Donat ? Cita rasa yang manis serta lembut menggunakan berbagai topping yg sedap ditinjau membuat makanan ini semakin poly diminati.
Di dalam sejarah adanya makanan Donat, ternyata berasal-usul Donat masih sebagai perdebatan. Konon,donat dibawa ke Amerika Utara sang imigran menurut Belanda selain hidangan seperti kudapan manis kering,pai krim,serta pai buah atau cobbler. Donat jua diklaim ditemukan oleh leluhur suku Indian Wampanoag. Akan tetapi, National Dunking Association of America(NDAA) menyatakan bahwa penemu kue donat adalah Hanson Crocket Gregory.
Namun,oleh penemu kudapan manis donat ini pun mempunyai 2 versi cerita tidak sama.
1. Hanson Gregory adalah seorang kapten kapal berasal Denmark. Ketika menakhodai kapal dengan 2 tangan,kudapan manis yang beliau bawa ditusukkan dalam roda kemudi kapal sebagai akibatnya berlubang.
2. Hanson Gregory merupakan nama seorang anak laki-laki berumur 15tahun asal Maine,Amerika Serikat. Ketika ibunya menciptakan kudapan manis,Hanson melihat bagian tengah kue tersebut belum matang. Hanson pun mencungkil bagian tengah kue dengan pisau sehingga berlubang. Saat dewasa,Hanson menjadi seseorang nakhoda kapal dan kudapan manis buatannya tersebar hingga ke aneka macam global,termasuk Indonesia.
Namun,sekarang donat tidak hanya berbentuk bulat menggunakan lubang pada tengah.bentuk bulatan berlekuk(atau ring) ataupun bulat tanpa lubang ditengah juga mulai banyak dijumpai. J.co,Dunkin' Donuts,Krispy Kreme,merupakan sejumlah merek donat pada Indonesia.tak hanya itu,industri-industri kecil yang memproduksi donat serta menjajakannya secara eceran pada tempat generik atau dengan sepeda motor pun banyak dijumpai pada berbagai kota di Indonesia.
Beberapa Fakta Tentang Donat
* Donat terbesar pada dunia adalah donat berisi jelly yg dibentuk seberat 1,7 ton, berdiameter 4.9 meter, dan setinggi 40.6 metet ang dibentuk di Utica, New york dalam lepas 21 januari 1993.
* Donat tidak cuma dijadikan kuliner favorit dalam kehidupan konkret, didalam film kartunpun donat ikut ambil peran. Salah satu tokoh kartun yang digambarkan menjadi donat mania merupakan Homer Simpson.
* Sebanyak 10 milyar donat diproduksi setiap tahunnya, buat diwilayah Amerika Serikat saja.
Referensi:
//cocober.mwb.im/asal-asul-kudapan manis-donatcopas.xhtml
//www.vivaborneo.com/donat-makanan-ringan-paling-trendy.htm

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel