SEJARAH AWAL BERDIRI PERUSAHAAN PESAWAT SUKHOI

Sejarah Awal Berdiri Pesawat Sukhoi - Sukhoi memang lebih dikenal sebagai produsen pesawat tempur. Menilik sejarahnya, Sukhoi merupakan perusahaan yang dibangun sang Pavel Sukhoi, pakar aviasi yang ‘dibuat’ oleh suasana perang. Ini mengakibatkan Pavel Sukhoi mendalami desain pesawat yang dipakai buat kepentingan perang.
Sejarah perusahaan ini tidak sanggup terlepas menurut seorang Pavel Sukhoi, salah seseorang desainer pesawat Soviet terhebat.
Sukhoi lahir pada tahun 1910. Masa awal karirnya banyak didera kegagalan. Sukhoi pernah jadi murid Andrey Tupolev, bapak aviasi terbaru Rusia. Sejak tahun 1920 hingga 1930 Sukhoi bekerja sebagai insinyur senior dalam Tupolev di TsAGI (Institut Pusat Aero-Hidrodinamik), disini Sukhoi sempat merancang beberapa pesawat pengebom serta pesawat tempur.
Pada September 1939 pemerintahan Rusia memilih Sukhoi buat mengepalai sebuah organisasi baru bernama OKB-134 (sebuah biro desain eksperimental) pada kota Kharkov, Ukraina. Selama menjabat di organisasi ini antara tahun 1930 dan 1940an Sukhoi berhasil memproduksi beberapa desain gemilang, tetapi tersandung kecelakaan saat tes, oposisi politik, serta Stalin. Setelah PD Stalin memilih Sukhoi buat bersama beberapa desainer aviasi rusia terkemuka buat menciptakan pesawat tempur Rusia generasi pertama. Sukhoi pun memakai pesawat Jerman Me 262 sebagai fondasi penciptaan pesawat tempur Su-9 miliknya. Namun Stalin menolak Su-9 serta mengecap Sukhoi sebagai seseorang peniru Jerman.
Sukhoi seakan tidak mempedulikan Stalin terus merancang desain yg lebih canggih, termasuk galat satunya Su-17, pesawat supersonik. Stalin lama -usang gerah akan Sukhoi serta menutup OKB-134 pada November 1949.
Setelah kematian Stalin, Sukhoi direkrut untuk bekerja di sebuah pabrik di Moskow pada sebuah organisasi bernama OKB-51. Perusahaan Sukhoi yang dikenal saat ini dari dari organisasi ini.
Selama bekerja dalam organisasi ini rancangan Sukhoi yg paling gemilang adalah T-4, sebuah pesawat penyerang/pengintai supersonic canggih (Mach 3), yang dibentuk untuk merespon B-70 Blackbird milik AS. Lewat pembuatan T-4 ini Sukhoi mempelopori sistem avionics yang lebih compact serta penggunaan rangka titanium. Dari banyak rancangan Sukhoi, mungkin yg paling populer merupakan Su-27, sebuah pesawat tempur jeda jauh yang superior menurut segi fleksibilitas dan kemampuan.
Masa post-komunisme tidak akrab terhadap perusahaan Sukhoi, walau begitu ini tidak membaut mereka urung memproduksi aneka macam jenis pesawat baru sambil terus bersaing ketat menggunakan MiG.
Referensi:
//ceritamu.com/Ceritamu/Kiriman/Sejarah-Singkat-Sukhoi--Pesawat-Rusia
//wartawarga.gunadarma.ac.id/2012/05/sejarah-perusahaan-sukhoi/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel