SEJARAH TRADISI PERMAINAN PINATA

Sejarah Tradisi Permainan Pinata - Kata pinata berasal menurut bahasa Italia "pignatta" yg berarti bejana yang gampang pecah, karena saat itu pinata dibuat dari bahan tanah liat yang berbentuk misalnya buah nanas (guci). Italia? Ya, ternyata permainan pinata awalnya berasal berdasarkan Italia. Kemudian permainan tersebut menyebar sampai ke Spanyol. Masyarakat Spanyol menyebutnya pinata (dibaca : pin-yata). Saat bangsa Spanyol menduduki daerah Meksiko, permainan tadi diserap oleh orang Meksiko. Kebetulan bangsa Aztec, nenek moyak bangsa Meksiko, sudah memiliki permainan serupa yg dimainkan ketika seremoni ulang tahun ilahi perang mereka.
Jika diteliti lebih jauh, ternyata berasal muasal pinata datang menurut daratan Cina. Marco Polo-lah yg memperkenalkan pinata kepada bangsa Italia dalam abad XII selesainya beliau melihatnya waktu mengunjungi Cina. Ternyata bukan hanya spaghetti yg dibawa Marco Polo menurut Cina ke Italia. Bangsa Cina memakainya buat seremoni menyambut datangnya demam isu semi yang bertepatan dengan tahun baru Cina. Bentuk pinata tadi bisa beragam tetapi tidak lepas berdasarkan tema global pertanian, misal lembu serta sapi. Pinata tersebut terbuat menurut kertas serta diisi dengan 5 macam biji-bijian.
Bentuk pinata di masa sekarang bisa bermacam-macam. Yang paling populer adalah pinata berbentuk bundar mirip bola. Namun waktu kini ini apabila kita membeli pinata ke toko pada Amerika, maka bentuk bola jarang ditemui. Yang terdapat justru aneka macam bentuk pinata menggunakan gambar Barbie, Winnie The Pooh, Sponge Bob, Dora dan aneka macam macam tokoh kartun yang disukai anak-anak. Dan coba tengok pada kertas mini mengenai keterangan produksi yang menempel pada keliru satu sisi pinata, maka akan kita temui goresan pena ?Made in China?. Harap maklum, sebagian besar barang pada Amerika diimport dari China, termasuk mainan-mainan mini yang dimasukkan ke pada pinata.
Cara Permainan Pinata
Biasanya pinata akan digantung, terus si yg ulang tahun akan ditutup matanya dengan blindfold serta dikasih semacam stik kayu (atau stik baseball) buat memukul pinata itu. Begitu kena, si pinata akan musnah dan berhamburanlah isi dalemnya yang umumnya adalah masih ada macam-macam cokelat serta permen dll.
Referensi:
//dashtea.blogspot.com/2011/04/pinata.html
//duniapinata.com/pinata_artikel/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel