SEJARAH AWAL ADANYA BRA BH BEHA KUTANG DI DUNIA

Sejarah Awal Adanya Bra, BH, Beha, Kutang di Dunia - Beha atau yg disingkat dengan BH adalah pakaian pada yang spesifik dipakaikaum perempuan . Ini jua merupakan kependekan menurut kata Belanda, yakni "Buste Houder", yang diserap pada bahasa Indonesia cuma singkatannya saja.
Sedangkan varian lainnya yang lebih lokal, merupakan : "penutup dada", "kutang", "kacamata" (bahasa gaulnya). Namun sekarang ini kata "BRA" sudah mulai menggeser kata "BH" ini, istilah yg berasal berdasarkan Bahasa Prancis "Brassiere" serta diterima dalm bahasa Indonesia melalui Bahasa Inggris
Sejarah Bra dimulai semenjak 2500 tahun sebelum Masehi, pada mana waktu itu para cewek di pulau Kreta, Yunani telah memakai sandang homogen bra pada luar pakaian mereka buat mengangkat payudara mereka. Tahun 450 sebelum Masehi, cewek Romawi memakai semacam kemben buat mengatur ukuran payudara mereka.

Pada tahun 1893, Marie Tucek tercatat pada tempat kerja hak paten Amerika Serikat menjadi pencipta breast supporter, pakaian yang amat mirip menggunakan terkini bra. Pada tahun 1912 istilah brassiere tercantum dalam Oxford English Dictionary.
Modern bra pertama kali dipatenkan dalam tahun 1914 oleh seorang socialite dari New York bernama Mary Phelps Jacob. Namun, ia menjual hak patennya dalam Warner Brothers Corset Company di Connecticut, Amerika Serikat seharga $1,500 yang lalu membentuk lebih menurut 15 juta dolar 30 tahun setelahnya.
Di tahun 1928, Ida Rosenthal, seseorang imigran asal Rusia menciptakan sistem pengukuran cup pada bra dan mengembangkannya buat tiap termin kehidupan berdasarkan masa puber sampai kedewasaan. Baru pada tahun 1935, Warner membentuk sistem pengukuran cup yg kita ketahui sekarang berdasarkan A sampai D yang segera diterapkan oleh produsen bra lainnya.
Referensi:
//hiburan.kompasiana.com/humor/2010/04/18/antara-bh-bra-kutang/
//startinspiration.blogspot.com/2011/04/sejarah-adanya-bra.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel