SEJARAH AWAL BERDIRI NEGARA BELANDA

Sejarah Awal Berdiri Negara Belanda - Belanda merupakan salah satu negara yang pernah menguasai Indonesia serta baru mengakui kedaulatan Indonesia pada tanggal 27 Desember 1949, namun sekarang mengakui Indonesia merdeka dalam 17 Agustus 1945. Belanda merupakan keliru satu negara maju terkecil pada global.
Di Bawah Permukaan Laut
Belanda termasuk galat satu negara tua, karena secara resmi lahir dalam 1581. Bentuk negaranya bukan republik melainkan monarki konstitusional, menggunakan kepala negara seorang raja atau ratu. Sedangkan, ketua pemerintahan dipegang oleh seseorang perdana menteri. Meski luas daerahnya sangat sempit, yaitu sekitar 40 ribu km2, tidak lebih luas daripada propinsi Jawa Timur, tetapi negara ini termasuk negara maju menggunakan pendapatan per kapita hampir US $30 ribu. Bandingkan menggunakan Indonesia yg pendapatan per kapitanya baru mencapai US $2 ribu.
Orang Belanda termasuk grup insan yg sangat rajin, pandai , ulet , dan terbuka. Sejak pertama kali warganya tinggal di daerah tersebut, mereka sadar sedang mendiami daerah yg nir normal. Bayangkan saja, hampir seluruh wilayah Belanda berada di bawah permukaan laut. Rata-homogen lebih kurang 1 meter di bawah bahari. Bahkan, salah satu daerahnya lebih rendah 7 meter dibanding laut.
Akan namun, otak mereka bekerja keras buat menemukan cara terbaik mengatasi kasus tadi. Hasilnya bisa dilihat sampai sekarang. Hampir seluruh wilayah yang berbatasan menggunakan bahari Utara, kini disekat oleh dinding yang sangat kokoh, menyerupai sebuah benteng atau bendungan yg mampu menunda air. Berkat dinding-dinding tadi, Belanda permanen aman dari ancaman air laut yg sewaktu-saat bisa mendatangkan bala.
Pernah Dikuasai Nazi
Pada masa-masa awal berdirinya, Belanda nir luput berdasarkan rintangan yg tiba silih berganti. Mulai menurut perang pada Eropa, perang Dunia, sampai kolonialisasi. Mereka pernah dicaplok Prancis, yang menguasai hampir seluruh Eropa pada masa kepemimpinan Napoleon Bonaparte. Belanda pula sempat dikuasai Nazi Jerman menjelang Perang Dunia II, dan terpaksa tunduk pada aturan Nazi. Ratusan ribu rakyat keturunan Yahudi pada negeri itu sebagai korban kekejaman Nazi.
Namun, meskipun sempat dikuasai sejumlah negara, Belanda tetap leluasa melakukan kolonialisasi di negara lain. Salah satunya di Indonesia. Meski awalnya dilakukan oleh perusahaan partikelir, yaitu VOC, namun pemerintah Belanda kemudian secara resmi mengakibatkan Indonesia menjadi wilayah koloninya. Sama seperti yang mereka lakukan terhadap Suriname, sebuah negara kecil pada Amerika Tengah.
Punya Tokoh Hebat
Selain dikenal menjadi penjajah oleh bangsa Indonesia dan Suriname, Belanda sesungguhnya dikenal pula menjadi produsen tokoh-tokoh hebat. Pada beberapa abad silam, mereka memiliki seniman-seniman kelas dunia, khususnya di bidang seni lukis. Anda mungkin pernah mendengar Rembrant atau Van Gogh. Kedua maestro lukis global itu lahir serta akbar di Belanda. Di bidang olahraga, khususnya sepakbola, siapa yg tak kenal Johan Cryuff, galat satu pemain legendaris yg dikagumi pada seluruh dunia.
Sampai kini , Belanda masih terus bertahan sebagai negara maju, seperti hasrat para pendirinya. Simbol-simbol kepopuleran bangsa itu masih kokoh bertahan pada antara kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan. Datanglah ke sana, maka setiap ekspresi dominan semi bunga tulip mekar menggunakan indahnya serta kincir-kincir angin super besar terus berputar sepanjang saat.
Data & Fakta mengenai Belanda
Holland atau The Netherlands
The Netherlands merupakan kerajaan. Nama resmi berdasarkan Kingdom of the Netherlands (Kerajaan Belanda). Yang terdiri berdasarkan Belanda itu sendiri dan enam pulau Aruba serta the Netherlands Antilles di laut Karibia. Nama resmi berdasarkan negara Belanda adalah ‘Nederland’, yg berarti negara berdataran rendah. ‘Rendah’ karena kebanyakan dataran terletak di bawah bagian atas bahari. Saat ini the Netherlands diklaim ‘Holland’, yang berasal berdasarkan 2 nama teluk pada bagian barat provinsi, Utara dan Selatan Belanda, yang adalah bagian paling makmur serta berkembang serta mempunyai sejarah paling berpengaruh di abad ke-17.
Geografi
Belanda terletak di wilayah Eropa Barat. Di sebelah timur berbatasan menggunakan Jerman, Selatan menggunakan Belgia serta buat bagian utara serta barat dibatasi sang Laut Utara. Negara ini adalah pertemuan budaya Jerman, Inggris, dan Perancis. Begitu datang di Belanda, Anda akan gampang buat mengunjungi kota-kota besar negara lian pada Eropa. Brussels hanya ditempuh pada waktu dua jam dengan kereta barah, dan Anda akan mencapai Paris, Madrid atau Berlin dari Amsterdam melalui penerbangan yang singkat. Pertama kali yg akan Anda sadari ketika sampai di Belanda merupakan betapa datarnya daratan negara ini. Air pada mana-mana, pada danau, sungai, serta kanal. Lebih berdasarkan 16 juta jiwa tinggal di Belanda yg mempunyai luas 41.000 km2.
Masyarakat
Masyarakat Belanda sangat multikultur. Sejak beberapa dasarwarsa yang kemudian sejarah negara ini menyebabkan poly warga dari negara lain hayati pada Belanda. Orang Belanda sangat terbiasa berinteraksi serta bekerja sama dengan orang-orang dari negara lain menurut semua global. Beragamnya budaya mengakibatkan Belanda sebagai negara rendezvous ilmu pengetahuan, wangsit-wangsit, serta budaya menurut semua global. Beragamnya budaya menyebabkan Belanda sebagai negara pertemuan ilmu pengetahuan, ilham-ilham serta budaya berdasarkan semua global. Walaupun Belanda adalah bahasa utamanya, namun dominan masyarakatnya bisa berbicara denga bahasa Inggris dan sanggup berbahasa asing lainnya, seperti Jerman atau Perancis.
Mentalitas
Belanda adalah negara ‘self-service country’. Ini berarti bahwa masyarakat Belanda berusaha buat mengatur semuanya sendiri, yang membuat mereka sangat mandiri dan teratur. Satu hal lain yg membedakan rakyat Belanda adalah mereka terbuka serta berterus terperinci pada perilaku dan bicara. Anda akan mengetahui bahwa Anda dapat berkata apa yang ada pada pikiran karena orang Belanda tidak mudah tersinggung. Kemasyarakatan nir diatur dari birokrasi. Sebagai model, setiap waktu dosen bisa dihubungi dan menjadi sahabat bicara Anda. Anda akan sangat gampang menganggap orang lain sebagai sahabat.
Keamanan
Menurut standard internasional, Belanda adalah negara paling kondusif menggunakan tingkat kekerasan dan kejahatan kriminal di jalan yang rendah. Petugas polisi sangat ramah dan bahagia menolong, polisi mempunyai tugas buat melindungi setiap individu. Apabila Anda menghubungi polisi, jangan khawatir tentang hambatan bahasa, lantaran polisi akan membantu mencari seseorang yang bisa mengerti serta berbicara bahasa Anda tanpa dikenakan biaya . Dalam kondisi darurat pada mana bahaya mengancam hidup atau terlihat adanya kejahatan, Anda dapat menghubungi polisi, pemadam kebakaran atau ambulan menggunakan menghubungi angka telepon bebas pulsa 112 berdasarkan saluran telepon manapun. Sangatlah krusial bagi Anda memiliki iuran pertanggungan saat berada pada Belanda untuk menghindari kerugian dampak kecurian dan kerusakan akibat kecelakaan.
Referensi:
//www.anneahira.com/sejarah-belanda.htm
//sosbud.kompasiana.com/2012/05/16/mahadaya-negara-belanda/
kuliahinformatika.wordpress.com/2010/01/30/data-liputan-mengenai-belanda-holland-atau-the-netherlands-geografi-warga -mentalitas-dan-keamanan/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel